1 ) Dirjen Dikti bantah ilmu sosial dinomorduakan
http://www.antaranews.com/berita/278790/dirjen-dikti-bantah-ilmu-sosial-dinomorduakan

Jumat, 7 Oktober 2011 23:18 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Prof Dr Djoko Santoso membantah bahwa ilmu sosial dinomorduakan di Indonesia, karena sebenarnya mayoritas sarjana di Indonesia berasal dari ilmu sosial.”Saya pernah disodori data bahwa 70 persen dari doktor kita dari ilmu-ilmu sosial, jadi hanya 30 persen saja yang berasal dari Ilmu Alam. Setelah dicek, memang hanya 15 persen mahasiswa belajar di bidang Ilmu Alam,” kata Djoko pada pembukaan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial (Hispisi) XIII di Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) di Jakarta, Jumat malam.Karena itu, ujar mantan Rektor ITB itu di hadapan dewan pakar, pengurus Hispisi serta guru-guru IPS, tidak seharusnya Hispisi mengeluhkan bahwa selama ini ilmu-ilmu sosial dinomorduakan oleh pemerintah.Menurut dia, justru ilmu sosiallah yang seharusnya mampu memecahkan berbagai persoalan di masyarakat, misalnya bagaimana supaya antarmahasiswa tidak lagi berkelahi.

…dst

2 ) Olimpiade Sains
12 Mahasiswa Terpilih Jadi Pemenang OSN 2011
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/07/18285079/12.Mahasiswa.Terpilih.Jadi.Pemenang.OSN.2011

Jumat, 7 Oktober 2011 | 18:28 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Sebanyak 12 pemenang terpilih dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2011. Keduabelas pemenang ini terpilih setelah menyisihkan 36 finalis yang bertarung di empat bidang yang dikompetisikan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.Mereka yang terpilih sebagai pemenang adalah, Bernard Immanuel (juara I), Yudistira (Juara II), dan Arman Haggi Anna Zili (juara II) untuk bidang Matematika. Pemenang pada bidang Fisika adalah Munayzi (juara I), Syukur Daulay (juara II), dan Ali Ikhsanul Qauli (juara III).Sementara pemenang pada bidang Kimia adalah, Irkham (juara I), Dwi Wahyu Nugroho (juara II), dan Bayu Ardiansyah (juara IIII). Di bidang Biologi, Ardiantiono (juara I), Teguh Prasetia Teja (juara II), dan Angga Pratama (juara III), terpilih sebagai pemenang.Ketua pelaksana OSN 2011, Abdul Haris mengatakan, secara kebetulan seluruh pemenang dalam kompetisi ini merupaka para mahasiswa UI. Namun, menurutnya, para peserta yang berhasil menjadi pemenang masih jauh dari apa yang diharapkan oleh dewan juri.

…dst

3 ) Ikut Kompetisi Olah Raga dan Seni PIASTRO Yuk!
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/07/373/512335/ikut-kompetisi-olah-raga-dan-seni-piastro-yuk

Jum’at, 07 Oktober 2011 18:00 wib
DEPOK – Kalau kamu mahasiswa yang gemar berolahraga dan seni, enggak ada salahnya kalau kamu mengikuti kompetisi olahraga yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (BEM FPsi UI).Kompetisi olahraga dan seni yang dinamakan yaitu PIASTRO (Psychology in Art and Sport through Competition). Acara yang sudah menginjak tahun ke-5 tersebut tahun ini mengusung tagline: “One Piastro Our Piastro”.Adapun kategori dalam kompetisi yang diadakan oleh PIASTRO yaitu futsal, basket, modern dance, tari tradisional, dan fotografi. Demikian dikutip dari keterangan tertulis yang diterima okezone, Jumat (7/10/2011).PIASTRO mengundang seluruh mahasiswa/i Fakultas Psikologi dari berbagai Universitas se-Indonesia dan SMA se-Jabodetabek untuk pertandingan futsal dan basket. Sedangkan modern dance, tari tradisional, dan fotografi terbuka untuk umum.

…dst

4 ) Mahasiswa Unpad Raih The Best Poster di Ajang Geologi Nasional
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/07/373/512092/mahasiswa-unpad-raih-the-best-poster-di-ajang-geologi-nasional

Jum’at, 07 Oktober 2011 11:01 wib
JAKARTA – Dua mahasiswa Fakultas Teknologi Geologi (FTG) Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung menyabet jawara pertama dalam lomba poster besutan lembaga geologi se-Indonesia di Makassar belum lama ini.Pada ajang The 36th Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) dan 40th Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Annual Convention and Exhibition tersebut, Jonatan Kristian dan Tadeo Ditia menyandang predikat Best Poster Presentation Student.Poster yang berjudul Potensi Gas Metana Batubara pada Formasi Muara Enim, Sub-cekungan Palembang, Cekungan Sumatera Selatan Berdasarkan Coal Rank tersebut terpilih menjadi karya terbaik dari 83 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan profesional yang turut berpartisipasi.”Pengirim poster pada lomba waktu itu ada sejumlah 83 peserta. Setelah itu ada penyaringan hingga terpilih 30 poster untuk semua kategori yang berhak tampil di acara puncak. Kami akhirnya terpililh menjadi yang terbaik untuk kategori mahasiswa,” ujar Jonatan seperti dikutip dari laman Unpad, Jumat (7/10/2011).

…dst

5 ) Trauma, Mahasiswi Lompat dari Angkot
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/434178/38/

Saturday, 08 October 2011
JAKARTA– Putri Novinda, 18, mahasiswi Institut Musik Indonesia (IMI), kemarin, nekat melompat dari angkot M27 jurusan Pulogadung–Kampung Melayu karena khawatir diculik dan diperkosa. Akibat tindakannya tersebut, juara 1 lomba vokal pada World Choir Grand Champion Beijing, China,2010 lalu itu mengalami geger otak ringan dengan lima jahitan di kepala. Hanya, sayang, perempuan yang akrab dipanggil dengan sapaan Putri itu tidak mengingat nomor angkot yang dia tumpangi. Putri yang kemarin menjalani perawatan di rumah sakit juga belum bisa memberikan keterangan kepada wartawan. “Dia lompat karena takut diculik karena dia sering lihat di media pemberitaan tentang kasus pelecehan di angkot,” kata Ika, 41, ibu kos korban, saat ditemui di RS Harapan Jayakarta, Jalan Raya Bekasi Timur Raya,No 6,Km 18, Pulogadung,kemarin. Kapolsek Metro Pulogadung, Kompol Ary Purwanto, saat dimintai konfirmasi mengaku belum mendapat laporan dari korban. “Kita akan telusuri siapa sopir angkotnya. Yang jelas dari cerita tadi, kita belum menemukan adanya unsur percobaan pemerkosaan atau penculikan. Dan sampai saat ini kita masih menunggu korban untuk membuat laporan,” katanya.

…dst

Baca juga:
Takut Diperkosa, Terjun dari Angkot
Minta Berhenti Tak Diindahkan Sopir
http://www.jpnn.com/read/2011/10/08/105071/Takut-Diperkosa,-Terjun-dari-Angkot-

Sabtu, 08 Oktober 2011 , 03:05:00
JAKARTA – Heboh berita pemerkosaan perempuan di dalam angkot rupanya membekas di hati mahasiswi Institut Musik Indonesia (IMI), Novinda Parantika alias Putri,18. Takut sopir angkot yang dia naiki melakukan kejahatan, dia nekat melompat dari kendaraan yang sedang berkecepatan tinggi tersebut. Dia mengalami luka dan polisi memburu pengemudi angkot yang misterius tersebut.

…dst

6 ) Keberlanjutan Peneliti Muda Jadi Tantangan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/07/09300182/Keberlanjutan.Peneliti.Muda.Jadi.Tantangan

Jumat, 7 Oktober 2011 | 09:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kompetisi ilmiah remaja yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sejak 1969 berhasil melahirkan peneliti-peneliti muda berpotensi berikut temuannya. Namun, pengembangan potensi mereka tidak dilakukan secara optimal, bahkan terkesan diabaikan.”Kendala sekarang ini, para peneliti muda yang berprestasi hingga tingkat internasional pun tidak pernah diketahui keberlanjutannya sebagai peneliti. Padahal, diharapkan ketika menjadi peneliti berprestasi sejak remaja bisa berlanjut sampai sepanjang masa hidupnya,” kata Kepala Biro Kerja Sama dan Pemasyarakatan Iptek (BKPI) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bogie Sudjatmiko Eko Tjahjono, Kamis (6/10) di Jakarta. Setiap tahun, sejak 1969, LIPI menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) tingkat nasional. Tahun 2011, baru saja diselesaikan, 4 Oktober lalu.

…dst

7 ) 2-3 Kementerian Dicengkeram Mafia Anggaran
http://nasional.kompas.com/read/2011/10/08/00004095/2-3.Kementerian.Dicengkeram.Mafia.Anggaran

Sabtu, 8 Oktober 2011 | 00:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, mengungkapkan bahwa dua hingga tiga kementerian sekarang ini dicengkeram oleh jaringan mafia anggaran. Jaringan itu melibatkan oknum parlemen, pengusaha, calo, pejabat daerah, dan sebagian besar pejabat di beberapa kementerian. Salah satu kementerian itu, ungkap Nazaruddin, adalah Kementerian Pendidikan Nasional melalui pengadaan barang dan jasa. Nilai proyeknya mencapai triliunan rupiah. Demikian disampaikan deklarator Pos Pengaduan Praktik Mafia Anggaran, Laode Ida dan Zainal Bintang, kepada Kompas, seusai menerima pengaduan dari Nazaruddin di pintu gerbang Markas Komando Brigade Mobil, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (7/10/2011) sore.

…dst

8 ) Kasus Kemendiknas, Giri Sxxxx Diperiksa
http://nasional.kompas.com/read/2011/10/07/18042649/Kasus.Kemendiknas.Giri.Suryatmana.Diperiksa

Jumat, 7 Oktober 2011 | 18:04 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Anton Bachrul Alam mengungkapkan saat ini penyidik Badan Reserse dan Kriminal Polri melakukan pemeriksaan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi Kementerian Pendidikan Nasional, Giri Suryatmana. Ia diperiksa sejak pukul 11.00 WIB siang tadi.”Hari ini diperiksa tersangka dari Kemendiknas memang dimulai sebelum shalat Jumat sekitar jam 11,” ujar Anton di Gedung Humas Polri, Jumat (7/10/2011).Anton belum dapat memastikan apakah penyidik akan melakukan penahanan terhadap Giri usai menjalani pemeriksaan. “Yang jelas masih dalam pemeriksaan. Kita tunggu saja hasil pemeriksaannya,” jelasnya.Seperti yang diketahui, mantan Sekretaris Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Kemendiknas itu dijadikan tersangka dalam kasus proyek pengadaan barang di Kementerian Pendidikan Nasional. Saat itu, ia merupakan Pejabat Pembuat Komitmen yang bekerja sama dengan rekanan perusahaan swasta yang terkait proyek itu.

…dst

9 ) M Nuh Maju Bila Diminta
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/434069/

Saturday, 08 October 2011
JAKARTA – Kabar mundurnya Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh dari bursa kandidat ketua umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Ika-ITS) mendapat respons luas dari kalangan alumni, terutama mereka yang memiliki hak suara dalam kongres.Kemarin,di sela pelaksanaan hari pertama Kongres Ika- ITS 2011,perwakilan beberapa komisariat jurusan dan pengurus wilayah mendatangi M Nuh di kantornya. Secara resmi, mereka meminta Nuh tetap maju sebagai calon ketua umum Ika-ITS 2011–2015. Sekretaris Komjur Elektro ITS Imron Yuatno mengklaim, sekitar 10 dari 23 komjur mendukung Nuh menjadi ketua umum.

…dst

10 ) Dukungan ke M Nuh Kian Menguat
http://www.jpnn.com/read/2011/10/08/105079/Dukungan-ke-M-Nuh-Kian-Menguat-

Sabtu, 08 Oktober 2011 , 06:06:00
JAKARTA – Ribuan alumni ITS di penjuru tanah air sedang menunggu sosok Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITS (PP IKA ITS) 2011-2015. Teka-teki siapa penggati bos Semen Gresik Dwi Soetjipto sebagai ketua umum PP IKA ITS bakal terjawab pada penutupan kongres IKA ITS di Jakarta hari ini (8/10). Hingga Jumat (7/10), sosok yang disebut paling kuat memenangkan persaingan untuk menjadi ketua umum PP IKA ITS periode 2011-2015 adalah Mendiknas Mohammad Nuh. Alumni Teknik Elektro 1978 itu, sementara bakal bersaing ketat dengan Ridwan Hisyam yang sekarang menjabat sebagai Wakil Bendaraha Umum DPP Partai Golkar

…dst

11 ) Tersedia Pinjaman Lunak untuk Kuliah
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/07/21163519/Tersedia.Pinjaman.Lunak.untuk.Kuliah

Jumat, 7 Oktober 2011 | 21:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Calon mahasiswa dari keluarga prasejahtera tak perlu berkecil hati soal peluang berkuliah. Calon mahasiswa prasejahtera yang tidak mendapat beasiswa kuliah tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dengan pinjaman lunak.Siswa Bangsa, salah satu inisiatif Putera Sampoerna Foundation yang berbentuk koperasi dan menyediakan bantuan finansial untuk siswa-siswi berprestasi Indonesia dari keluarga prasejahtera. Lewat program Dana Siswa Bangsa, calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu dapat memperoleh pinjaman lunak dana pendidikan berjangka panjang. Pinjaman lunak berjangka panjang untuk pendidikan lewat program Dana Siswa Bangsa merupakan program pertama di Indonesia. Baru-baru ini, program Dana Siswa Bangsa memperoleh dukungan dana sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 45 miliar.

…dst

12 ) 19 Ribu Siswa Ikuti Program Mandiri Edukasi
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/10/08/266439/293/14/19-Ribu-Siswa-Ikuti-Program-Mandiri-Edukasi

Sabtu, 08 Oktober 2011 06:48 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Bank Mandiri menggelar program edukasi di 198 sekolah dan 14 perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan. “Program tersebut diikuti 19.800 siswa SD, SMP, dan SMA, serta 7.500 mahasiswa,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini di Yogyakarta, Jumat (7/10). Menurut dia, usai memberikan kuliah umum di Universitas Gadjah Mada (UGM), program Mandiri Edukasi merupakan program yang dilakukan untuk mempertegas komitmen Bank Mandiri terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Air. “Kegiatan Mandiri Edukasi merupakan bukti keseriusan kami untuk meningkatkan pengetahuan dan karakter generasi penerus bangsa. Hal itu juga merupakan salah satu grand strategy program bina lingkungan di bidang pendidikan yang menyokong kemajuan Indonesia,” katanya. Ia mengatakan, lebih dari 1.000 pegawai Bank Mandiri di seluruh Indonesia secara serentak turun langsung memberikan edukasi di perguruan tinggi maupun sekolah-sekolah untuk memperkaya pengetahuan perbankan dan kepemimpinan.

…dst

13 ) Bank Mandiri Berikan Beasiswa Rp 960 Juta ke Mahasiswa UNHAS
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/07/17440689/Bank.Mandiri.Berikan.Beasiswa.Rp.960.Juta

Jumat, 7 Oktober 2011 | 17:44 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com — Bank Mandiri mengucurkan dana Rp 960 juta untuk program beasiswa Mandiri Edukasi kepada 20 mahasiswa Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Para penerima beasiswa diwajibkan menyelesaikan kuliah paling lambat selama empat tahun.Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin, Jumat (7/10/2011), mengemukakan, setiap mahasiswa mendapat jatah Rp 48 juta yang akan diberikan sebesar Rp 1 juta setiap bulan selama masa kuliah empat tahun. Penerima beasiswa akan ditentukan pihak rektorat Universitas Hasanuddin.

…dst

14 ) Mahasiswa Unsrat Dapat Beasiswa Rp 960 Juta dari Bank Mandiri
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/10/07/lsott1-mahasiswa-unsrat-dapat-beasiswa-rp-960-juta-dari-bank-mandiri

Jumat, 07 Oktober 2011 15:48 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MANADO – Bank Mandiri menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado sebesar Rp 960 juta dengan target mencetak 20 sarjana hingga kurun waktu empat tahun ke depan sebagai bagian program Mandiri Edukasi yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Direktur Treasury, Financial Institution and Special Asset Management PT Bank Mandiri Persero Tbk, Royke Tumilaar seusai penyerahan beasiswa yang diterima Rektor Unsrat Prof Dr Donald Rumokoy SH MH, di Manado, Jumat (7/10) mengatakan, beasiswa ini diberikan kepada setiap mahasiswa sebesar Rp 48 juta, yang disalurkan setiap bulan Rp 1 juta, dan akan diterimakan selama empat tahun atau selama kuliah di universitas ini.”Mandiri menyalurkan beasiswa Mandiri Prestasi serupa kepada 320 mahasiswa di 18 perguruan tinggi di Indonesia dan untuk Sulut dapat alokasi 20 mahasiswa, tujuannya agar mereka mampu menyelesaikan pendidikan dalam empat tahun,” kata Royke.

…dst

15 ) Mandiri Serahkan Beasiswa Mahasiswa UGM
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/434074/

Saturday, 08 October 2011
YOGYAKARTA – PT Bank Mandiri (Tbk) menyerahkan beasiswa Rp960 juta kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) kemarin. Beasiswa itu diperuntukkan bagi 20 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu. Setiap mahasiswa mendapatkan Rp12 juta per tahun, selama empat tahun. Dirut Bank Mandiri Zulfikri Zaini mengatakan, pemberian beasiswa ini merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap pendidikan nasional. Beasiswa diberikan kepada 20 mahasiswa berprestasi di 14 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia termasuk UGM. “Mahasiswa ini tidak hanya akan menerima uang kuliah, namun kebutuhan hidup sehari- hari selama menempuh studi juga akan kami berikan,” kata Zulkifli, sesuai memberikan kuliah umum bagi mahasiswa UGM di Graha Sabha Pramana (GSP),kemarin. Zulkifli mengatakan,syarat mahasiswa untuk menerima beasiswa ini ada dua,yakni harus memiliki prestasi akademis terbaik dan berasal dari keluarga kurang mampu.

…dst

16 ) Mahasiswa UNS Terima Beasiswa BRI
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/10/08/161903/Mahasiswa-UNS-Terima-Beasiswa-BRI-

08 Oktober 2011
SOLO – Sebanyak 75 mahasiswa dari berbagai fakultas di UNS menerima beasiswa dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Mereka akan menerima Rp 400.000 per bulan selama setahun. Penyerahan secara simbolis dilakukan Kepala Kanwil BRI Yogya dan Jateng Selatan Eko Wahyu Andriastono kepada Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Drs Dwi Tiyanto SU. “Ini merupakan perkenalan kami, karena baru sekarang kami bisa bekerja sama dengan UNS. Ini juga bagian dari corporate social responcibility (CSR) kami di bidang pendidikan,” kata Eko, Jumat pagi.

…dst

17 ) Dosen Ubaya Raih ‘Endeavour Awards’ dari Australia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/10/07/lsobt5-dosen-ubaya-raih-endeavour-awards-dari-australia

Jumat, 07 Oktober 2011 09:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Dosen Jurusan Teknik Industri (TI) Fakultas Teknik (FT) Universitas Surabaya (Ubaya), Gunawan PhD, meraih “Endeavour Awards 2011″ dari pemerintah Australia.”Saya mendapat penghargaan pada kategori ‘Post Doctoral Research Fellowship’, setelah dia bersama tim Ubaya merancang ‘e-business’ bagi klaster industri alas kaki di Jawa Timur,” katanya di kampus setempat, Jumat (7/10).Ketika ditemui sepulang dari Australia, ia menjelaskan dirinya berada di Negeri Kangguru selama enam bulan, untuk meneliti dinamika klaster industri di negara bagian Victoria yang beribu kota di Melbourne. “Di sana, saya meneliti bagaimana klaster industri menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung aktivitasnya,” paparnya.

…ds

18 ) Lagi, Jusuf Kalla Dianugerahi Doctor Honoris Causa
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/07/1032028/Lagi.Jusuf.Kalla.Dianugerahi.Doctor.Honoris.Causa

Jumat, 7 Oktober 2011 | 10:32 WIB
MALANG, KOMPAS.com — Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla kembali meraih gelardoctor honoris causa. Kali ini, gelar tersebut diberikan oleh Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. Kalla mendapatkan doctor honoris causauntuk bidang ekonomi. Wakil Dekan Bidang Akademik, Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya (UB), Dr Khusnul Ashar, mengatakan, Kalla dinilai memiliki visi dan misi yang sama dengan fakultas ekonomi dalam pengembangan ekonomi di Tanah Air.”Selain itu juga sebagai seorang pelaku bisnis yang sukses dan peduli terhadap masyarakat. Banyak hal yang melatarbelakangi kami untuk memberikan gelar doktor HC ini kepada Pak JK,” ujar Khusnul di Malang, Jumat (7/10/2011).

…dst

19 ) Universitas Asal Selandia Baru Lebih Baik dari Australia
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/07/373/512220/universitas-asal-selandia-baru-lebih-baik-dari-australia

Jum’at, 07 Oktober 2011 16:04 wib
AUSTRALIA – Sistem pendidikan tinggi Selandia Baru berhasil mengungguli Australia. Ini terlihat dalam daftar 400 universitas dunia versi majalah asal Inggris, Times Higher Education (THE). Berdasarkan data THE, secara persentase, Selandia Baru sukses dalam besaran 75 persen. Sementara Australia, yang menempatkan 21 universitas dalam daftar THE, secara persentase kesuksesannya mencapai 50 persen.Selandia Baru merupakan negara `kecil’ yang hanya memiliki delapan perguruan tinggi. Meski universitas asal Negara Kiwi sukses secara persentase, tapi jika berbicara soal kualitas, mereka masih kalah dari Australia.Dalam daftar 400 besar, Universitas Auckland `hanya’ ada di posisi 173, tertinggal jauh 136 di belakang universitas terbaik asal Australia, University of Melbourne (ada di peringkat 37).

…dst

20 ) FTI Undip Resmikan Laboratorium Baru
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/07/373/512303/fti-undip-resmikan-laboratorium-baru

Jum’at, 07 Oktober 2011 17:30 wib
SEMARANG – Jurusan Teknik Industri Universitas Diponegoro meresmikan Laboratorium Perancangan Teknik Industri.Ketua Program Studi Teknik Industri, Bambang Purwanggono menyatakan, pendirian laboratorium tersebut adalah bagian dari kegiatan dan program pengembangan diri teknik Industri dalam memberikan pelayanan untuk mahasiswa.”Sehingga diharapkan bisa memperkuat dan memberikan tambahan kompetensi bagi mahasiswa Teknik Industri,” kata Bambang seperti dilansir keterangan tertulis yang diterima okezone, Jumat (7/10/2011).

…dst

21 ) Portal Komputasi Awan Pertama di Papua
http://cetak.kompas.com/read/2011/10/08/05112426/portal.komputasi.awan.pertama.di.papua

08 Oktober 2011
Jakarta, Kompas – Untuk pertama kali di Indonesia, melalui bantuan teknis Microsoft Indonesia, Pemerintah Provinsi Papua memiliki portal pemerintahan yang menggunakan sistem komputasi awan. Komputasi awan merupakan layanan sistem data berbasis internet dengan kapasitas sangat besar.”Sistem komputasi awan itu untuk mempersatukan sarana informatika melalui internet yang selama ini dikembangkan sendiri-sendiri di tiap dinas atau unit layanan pemerintahan. Komputasi awan di Papua ini memberi nilai efisiensi atau penghematan sampai 95 persen,” kata National Technology Officer PT Microsoft Indonesia Tony Seno Hartono, Jumat (7/10), di Jakarta.Ia mengatakan, peresmian portal komputasi awan Provinsi Papua dijadwalkan 10 Oktober 2011. Publik dapat mengaksesnya melalui www.papuadev.info.

…dst

22 ) Hasil Kuliah di Harvard Harus Diterapkan
http://www.jpnn.com/read/2011/10/07/105061/Hasil-Kuliah-di-Harvard-Harus-Diterapkan-

Jum’at, 07 Oktober 2011 , 23:33:00
JAKARTA — Sebanyak 19 bupati/walikota yang mengikuti kuliah singkat di Harvard University akan mengakhiri perkualiahannya pada 12 Oktober mendatang. Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (kaban Diklat) Kemendagri, Tarmizi A Karim mengatakan, begitu para kepala daerah pulang, maka mereka harus menularkan ilmunya kepada para anak buahnya.Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dari 19 kabupaten/kota yang ikut ke Harvard, kata Tarmizi, juga harus menerapkan materi-materi kuliah itu begitu sampai ke daerah masing-masing.”Kepala Bappeda misalnya, dia harus mentransfer pemahaman materi-materi yang sudah didapat kepada para SKPD-SKPD. Materi kuliah tentang transparansi misalnya, sejauh mana nanti terakomodir mulai dari perencanaan hingga proses pembangunan di daerah,” ujar Tarmizi kepada wartawan di Kemendagri, Jumat (7/10).

…dst

23 ) Ini Dia 10 Kelas Paling Keren
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/07/373/512183/ini-dia-10-kelas-paling-keren

Jum’at, 07 Oktober 2011 14:02 wib
JAKARTA – Seperti yang kamu ketahui, ada begitu banyak kelas yang unik di kampus-kampus Amerika Serikat (AS). Di sana, mahasiswa bebas untuk memilih kelas yang dia inginkan sekalipun kadang tidak berkaitan dengan jurusan kuliah yang dia ambil.Baik di universitas, institut, maupun community college di AS, kampus mereka selalu memfasilitasi mahasiswa tidak hanya muatan akademis dasar saja, melainkan juga muatan akademis yang kadang menurutmu kurang masuk akal atau kurang berguna. Berikut ini, merupakan kelas yang dianggap paling keren seperti dikutip dari Her Campus, Jumat (7/10/2011):

…dst

24 ) Guru
Solidaritas Bagi Guru Vini yang Dibui
http://www.pikiran-rakyat.com/node/161119

Jumat, 07/10/2011 – 16:13
BANDUNG, (PRLM).- Sebuah aksi solidaritas terhadap Vini Noviani digelar Forum Komunikasi Guru Honorer (FKGH) dan Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI), di depan Gedung Sate, Jln. Diponegoro Kota Bandung, Jumat (7/10) siang. Vini Noviani adalah guru honorer SDN Regol 13 Kian Santang Kab. Garut yang ditahan Kejaksaan Garut atas laporan seorang pengusaha.Aksi solidaritas itu mengambil tema “Koin Peduli Guru Vini Noviani”, mengekor kekuatan aksi “Koin Peduli Prita” beberapa waktu silam. “Ini merupakan bentuk keprihatinan kami atas cobaan yang menimpa Vini. Gerakan pengumpulan koin peduli ini nantinya akan kami sebarkan kepada semua guru PNS dan honorer di Kota Bandung,” kata Ketua Forum Komunikasi Guru Honorer (FKGH) Yan Yan Herdiyan, kepada wartawan, di sela-sela aksi.

…dst

25 ) FKGH dan FAGI Bikin Koin Peduli Guru Vini Noviani
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/07/20490858/FKGH.dan.FAGI.Bikin.Koin.Peduli.Guru.Vini.Noviani

Jumat, 7 Oktober 2011 | 20:49 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Forum Komunikasi Guru Honorer (FKGH) dan Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) membuat gerakan “Koin Peduli Guru Vini Noviani”, guru honorer SDN Regol 13 Kiansantang Kabupaten Garut, Jabar, yang ditahan oleh Kejaksaan Garut akibat pengaduan seorang pengusaha.”Kami juga akan mengumpulkan koin peduli untuk Guru Vini. Gerakan pengumpulan koin peduli ini nantinya akan kami sebarkan kepada semua gunu PNS dan honorer di Kota Bandung,” kata Ketua Forum Komunikasi Guru Honorer (FKGH) Yanyan Herdiyan, saat melaksanakan aksi unjuk rasa beserta beberapa orang guru di depan Gedung Sate Jalan Diponegoro Nomor 22 Kota Bandung, Jumat (7/10/2011).

…dst

26 ) Guru Dipenjara, Ribuan Siswa Gelar Doa Bersama
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/07/13481566/Guru.Dipenjara.Ribuan.Siswa.Gelar.Doa.Bersama

Jumat, 7 Oktober 2011 | 13:48 WIB
GARUT, KOMPAS.com — Ribuan siswa SMK Negeri 1 Garut, Kabupaten Garut, menggelar doa bersama untuk mendoakan Vini Noviyanti (33), seorang guru honorer yang dijebloskan ke balik jeruji besi dan diseret ke pengadilan setelah dilaporkan seorang pengusaha dengan tuduhan melakukan penganiayaan. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman SMKN 1 Garut, Jalan Cimanuk, Kota Garut, Jumat (7/10/2011), diikuti ribuan siswa dan para guru SMKN 1 Garut.

…dst

27 ) Guru Kota Bandung Galang Dana untuk Vini
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/434155/38/

Saturday, 08 October 2011
BANDUNG– Simpati untuk Vini Noviani, guru honorer yang dijebloskan ke penjara karena tuduhan penganiayaan, terus mengalir.Kemarin, organisasi guru di Kota Bandung menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Sate.Mereka juga meluncurkan gerakan dompet peduli sebagai bentuk solidaritas sesama guru. “Penggalangan dana ini akan kami lakukan di setiap sekolah mulai dari TK hingga tingkat SMA. Selain dari guru honorer dan PNS, siswa juga bisa membantu.Tidak ada target berapa dana harus terkumpul, terpenting kami ingin menunjukkan bahwa guru di Kota Bandung memberikan perhatian kepada Bu Vini,”ujar Ketua Forum Komunikasi Guru Honorer (FKGH) Kota Bandung Yanyan Herdian di sela-sela aksi kemarin.

…dst

28 ) Guru Ditahan karena Melempar Segenggam Pasir
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/06/2153124/Guru.Ditahan.karena.Melempar.Segenggam.Pasir

Kamis, 6 Oktober 2011 | 21:53 WIB
GARUT, KOMPAS.com — Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut, Jawa Barat, tidak dapat membantu penangguhan penahanan seorang guru SD Negeri Kiansantang Garut, Vini Noviani (33), terdakwa kasus tuduhan penganiayaan dengan melempar segenggam pasir terhadap pelapor.”Kami kedinasan tidak bisa membantu guru yang ditahan karena tersandung tuduhan kasus penganiayaan,” kata Kepala Disdik Kabupaten Garut Elka Nurhakimah saat dimintai tanggapannya, Kamis (6/10/2011), terkait adanya permintaan siswa, guru, dan sekolah bersangkutan membantu pembelaan pembebasan penahanan guru.

…dst

29 ) Sekilas dalam Negeri

Pendidikan Dasar & Menengah
BOS Lambat, Sekolah Terpaksa Berutang
2012, Penyaluran Dana BOS via Provinsi
Penyaluran BOS dalam Bentuk Hibah
Tahun Depan, Dana BOS Disalurkan dari Provinsi ke Sekolah   
Tunjangan Profesi Diusulkan Dibayar Per 3 Bulan
kasus Nazaruddin
2-3 Kementerian Dicengkeram Mafia Anggaran
Nazarudin Ikut-ikutan Mengadu
Penyidik Belum Tahan Tersangka 
Kasus Kemendiknas, Giri Suryatmana Diperiksa
Disebut Pembohong, Nazaruddin Tuntut Ketua Komite Etik
Suap di kemenakertrans
Kasus Suap di Kemenakertrans
Aturan Kemenkeu Dibocorkan Ke Sindu Ma …
Ditjen Pajak: Sindu Malik Tak Pernah Jadi Pegawai Ditjen Pajak
Dany Nawawi Sebut Uang Rp 1,5 M untuk Muhaimin
Moerdiono Berpulang
Moerdiono Berpulang 
Keluarga Berduka Atas Kepergian Moerdiono
Gerindra Kehilangan Sosok Moerdiono
Marak Perkosa di Angkot
Tiga Pemerkosa Karyawati di Angkot Ditangkap di Bukittinggi
Perkosaan Marak, Pengaduan ke LPSK Minim
Takut Diperkosa, Terjun dari Angkot (mahasiswi IMI)
Steve Jobs
Era Baru Apple Tanpa Steve Jobs 
Gaji Steve Jobs Hanya 1 Dollar AS Per Tahun
Steve Jobs dan Keluarga yang Terpecah
Steve Jobs Dulu Anak yang Diadopsi
Steve Jobs Ternyata Keturunan Arab-Muslim  
Visi Steve Jobs Definisikan Abad XXI
Novel Perdamaian
Tiga perempuan meraih Nobel Perdamaian
Tawakkul Karman, Perempuan Arab Pertama Raih Nobel Perdamaian
Gerakan Perdamaian Leymah Gbowee untuk Liberia
Ellen Johnson Sirleaf Inspirasi Perempuan Liberia
Libya hari ini
NTC Mulai Gempur Sirte
Jibril: Gaddafi berada di Libya selatan
Gaddafi desak rakyat Libya lakukan demonstrasi 
Yaman
Gerilyawan ledakkan pipa minyak Yaman

 

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.