Institut Teknologi Kalimantan Mulai Dibangun Tahun 2012

http://www.kemdiknas.go.id/laman/berita/168

06 Januari 2012

Balikpapan – Pemerintah pusat bersama dengan pemerintah daerah Kalimantan Timur sedang menggodok rencana untuk membangun Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada tahun 2012. Kampus yang siap dibangun di Kota Balikpapan ini rencananya akan membebaskan lahan seluas 300 hektar. Dan sampai akhir tahun 2011, pemerintah daerah telah membebaskan 60 hektar, sisanya segera dibebaskan sebelum pembangunan dimulai.

Di hadapan Mendikbud, Gubernur Kalimantan Timur, dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Walikota Balikpapan menjelaskan bahwa lokasi yang dipilih untuk pembangunan ITK sangat strategis. Dekat dengan freeway Balikpapan-Samarinda, hutan lindung, dan kebun raya Balikpapan.angunan

Untuk pembangunan ITK, pemerintah telah mengalokasikan anggaran 55 miliar rupiah, termasuk di dalamnya untuk pembebasan lahan. Dirjen Dikti Djoko Santoso juga meminta agar segera ada hitam di atas putih dalam pembebasan lahan tersebut, agar proses perencanaan selanjutnya bisa terlaksana.

Saat ditanya kenapa harus 300 hektar, Menteri Nuh menjelaskan bahwa berdasarkan model yang sudah ada, ITS misalnya, saat dibangun mengambil lahan seluas 180 hektar. Dan saat ini lahan tersebut hampir habis untuk menampung 20 ribu mahasiswa. Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan lahan yang luasnya hampir dua kali lipat ITS untuk pembangunan jangka panjangnya.

“Intinya, harus lebih baik dr ITB dan ITS. Kita harapkan bertahap, akhir 2013 awal 2014 sudah bisa diresmikan presiden,” ujar Menteri Nuh usai meresmikan Politeknik Negeri Balikpapan, Jumat (6/01/2012).

Gubernur Kaltim, Awang Ishak, menyampaikan, pembangunan ITK disesuaikan dengan kebutuhan Kaltim. Kaltim disiapkan menjadi lumbung energi dan lumbung pangan. ITK akan memiliki 5 fakultas dan 26 program studi (prodi). Dengan 26 prodi itu diharapkan mencukupi kebutuhan nantinya.

“Diharapkan politeknik dan ITK dapat memenuhi kebutuhan SDM Kaltim,” katanya.

Selain ITK, pemerintah juga akan membangun Institut Seni dan Budaya indonesia (ISBI) di Kutai Kartanegara pada tahun 2012. Untuk itu, Institut Seni  Jogja dan Institut Kesenian Jakarta akan menjadi pendamping pembangunan fisik dan sumber daya manusianya. (Aline)

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 

Artikel Terkait :

6 Comments

  1. rika fitriyani harahap says:

    Assalammuallaikum bapak/ibu yang terhormat. Saya rika anak asli balikpapan yang baru saja lulus tahun 2011 dari smkn 1 bpp. Saya ingin melanjutkan studi yang sesuai dengan jurusan saya sewaktu di smkn 1 bpp yaitu jurusan “geologi pertambangan”. Dengan akan diadakannya ITK(Institut Teknologi Kalimantan) saya berharap agar jurusan “geologi pertambangan” dapat diadakan di salah satu jurusan di ITK nantinya. Karena status saya sekarang sudah bekerja di salah satu perusahaan di bpp, jadi saya bermaksud untuk kuliah sambil bekerja di bpp. Saya yakin dengan adanya ITK yang mengadakan jurusan “geologi pertambangan” minat anak-anak balikpapan yang baru saja lulus smk/sma untuk melanjutkan studi dengan jurusan geologi pertambangan akan tersalurkan dan pastinya jurusan “geologi pertambangan” tersebut sesuai dengan kebutuhan SDM dan SDA di kalimantan. Karena selama ini kita para lulusan sma/smk harus kuliah di luar bpp jika ingin mengambil jurusan geologi pertambangan, jadi dimohon kebijaksanaannya. Terima kasih sebelumnya atas perhatian Bapak/Ibu. Wassalammuallaikum.

  2. fuji amalia says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Saya seorang alumnus s1 Jurusan fakultas Teknik aritektur UNSRI Palembang dan s2 jurusan Teknik arsitektur Magister desain kawasan binaan UGM Yogyakarta, berminat menjadi staf pengajar/dosen kopertis di balikpapan. Melalui forum ini saya ingin bertanya bagaimana cara menjadi staf/ dosen kopertis? Mohon informasinya ke email saya di vhu_jie@yahoo.com. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalamu’alaikum Wr. WB

    • Fitri says:

      Walaikumsalam W.Wb. Bu Fuji Amalia mohon maaf saya sangat sibuk hari ini dan dalam kondisi kurang sehat, sampai saat ini sama sekali tak sempat makan siang selain hanya sempat ambil air wudhu laksanakan kewajiban ibadah shalat Zhuhur. Ini aja pergunakan jam kerja kantor sejenak untuk memberi tanggapan, sebaiknya cari tanggapanku di web ini jangan minta saya serve dengan japri lagi ke ke alamat email anda.
      Seandainaya anda adalah masyarakat umum non PNS bila ingin jadi staf/dosen Kopertis harus menunggu pembukaan formasi CPNS karena staf/dosen kopertis adalah PNS. Seandainya adalah PNS non dosen ingin alih fungsi, sudah banyak kali tanggapanku tentang topik ini, bisa diperoleh dengan pergunakan menu search yang terdapat di sudut kanan laman ini.
      Salam, Fitri

  3. Fajar says:

    Harus dibikin dulu websitenya tuh,lengakap dgn FB dan twitter sebagai update center dan media soisalisai untuk yg pengin cari informasi mulai sekarang mesti sudah dipersiapkan selengkap mungkin

  4. Mau tanya kapan yah terbuka jurusan biologi FMIPA. Saya alumni biologi S1 UNTAD dan sementara S2 di jurusan parasitologi dan entomologi kesehatan IPB

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.