1 ) Rembuk Nasional Dorong Peningkatan Kinerja dan Integritas Layanan Pendidikan dan Kebudayaan
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/242

02/23/2012
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menyelenggarakan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) pada tanggal 26 s.d 28 Februari 2012. Kegiatan ini diselenggarakan di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (d/h. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai) Kemdikbud, Bojongsari, Depok. Rembuknas kali ini rencananya akan dihadiri Wakil Presiden RI, Boediono, pada hari Selasa 28 februari 2012. Acara pembukaan akan disertai dengan pencanangan Zona Integritas, yang ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Mendikbud dengan Ketua BPKP; penandatangan Kontrak Kerja Pelaksanaan APBN 2012 antara Pimpinan Unit Utama dengan Penanggung Jawab Satuan Kerja (Satker), Penandatangan Pakta Integritas UN Jujur Berprestasi 2012, Deklarasi UN Jujur Berprestasi dan Pendidikan Anti Korupsi, serta peluncuran e-Monitoring Pendidikan dan Kebudayaan. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im, saat menggelar jumpa pers di Gerai Informasi, Kemdikbud, Kamis (23/02)….dst

ada link Website Rembuk nasional tapi seperti belum bisa akses …^_^
http://rembuknas.kemdikbud.go.id/

>>>

2 ) Kemdikbud Akan Mulai Pencanangan Zona Integritas
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/240

02/23/2012
Jakarta – Dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2012, akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Ketua Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), untuk menandai dimulainya pencanangan Zona Integritas. Hal tersebut dikemukakan Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im, dalam jumpa pers di Gedung C Kemdikbud, (23/02). Nota kesepahaman ini menjadi langkah awal dalam pencanangan Zona Integritas untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Zona Integritas (ZI) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu kementerian/lembaga/Pemda yang pimpinannya mempunyai niat (komitmen) mencegah terjadinya korupsi dan mempunyai program kegiatan pencegahan korupsi, peningkatan kualitas pelayanan publik, dan reformasi birokrasi di lingkungan kerja yang menjadi tanggungjawabnya, yang diawali dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh pegawainya.

…dst

3 ) Kemendikbud Berlakukan Zona Integrasi Layanan Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/24/300737/293/14/Kemendikbud-Berlakukan-Zona-Integrasi-Layanan-Pendidikan

Jumat, 24 Februari 2012 02:09 WIB
JAKARTA–MICOM: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan pemangku kepentingan pendidikan akan mencanangkan komitmen zona integrasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan pendidikan. Komitmen itu akan dicanangkan pada pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan pada 26-28 Februari mendatang. “Pencanangan Zona Integrasi itu akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Mendikbud dan Ketua BPKP,” kata Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im di Jakarta, Kamis (23/2).

…dst

4 ) Kemdikbud Klaim Zona Bebas Korupsi
http://www.jpnn.com/read/2012/02/23/118326/Kemdikbud-Klaim-Zona-Bebas-Korupsi-

Kamis, 23 Februari 2012 , 15:20:00
JAKARTA–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mendeklarasikan sebagai instansi pemerintah bersih atau zona bebas dari tindakan korupsi. Sekjen Kemdikbud, Ainun Naim menerangkan dalam hal ini Kemdikbud akan bekerjasama dengan KPK dan BPKP. Rencananya, deklarasi itu akan kami realisasikan pada acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan pada 26–28 Februari 2012. “Dengan adanya deklarasi ini, kami berharap agar lebih gencar untuk bisa mensosialisasikan gerakan anti korupsi dan pengendalian gratifikasi,” terang Ainun di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (23/3).

…dst

5 ) Wapres Akan Beri Arahan di Rembuk Nasional Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/23/13292843/Wapres.Akan.Beri.Arahan.di.Rembuk.Nasional.Pendidikan

Kamis, 23 Februari 2012 | 13:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono dijadwalkan akan menghadiri Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada 26-28 Februari 2012, di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kemdikbud, Bojongsari, Depok.Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Naim mengatakan, Boediono akan hadir pada Selasa, 28 Februari 2012. Dalam kesempatan itu, Boediono yang juga merupakan Ketua Komite Pendidikan akan memberi pengarahan terkait dengan pembangunan dan pencapaian pendidikan nasional.”Wapres akan hadir di hari terakhir. Belum pasti apa yang akan disampaikan, tapi yang jelas Beliau pasti akan memberikan pengarahan,” kata Ainun kepada para wartawan, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (23/2/2012).

…dst

6 ) Banyak Kelemahan, Pendidikan Dipusatkan
http://www.jpnn.com/read/2012/02/24/118384/Banyak-Kelemahan,-Pendidikan-Dipusatkan-

Jum’at, 24 Februari 2012 , 05:50:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai gerah dengan desentralisasi pendidikan. Dalam agenda Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2012 pekan depan, akan dipastikan nasib kebijakan pendidikan nasional. Apakah tetap desentralisasi sesuai dengan semangat otonomi daerah. Ataukan akan ditarik lagi menjadi sentralisasi ala orde baru dulu. Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemendikbud Ananto Kusuma Seta di Jakarta, Kamis (23/2). Ananto mengatakan, evaluasi desentralisasi pendidikan akan menjadi salah satu isu penting dalam rembuk nasional yang bakal dimulai Minggu malam depan (26/2) itu.

…dst

7 ) DPR: Pendidikan Dokter Harus Diatur Undang-Undang
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/24/079386068/DPR-Pendidikan-Dokter-Harus-Diatur-Undang-Undang

JUM’AT, 24 FEBRUARI 2012 | 00:13 WIB
TEMPO.CO, Jakarta-Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Mahyuddin mengatakan sudah menjadi keharusan secara yuridis untuk Dewan Perwakilan Rakyat membuat, merumuskan dan menetapkan Undang-undang tentang Pendidikan Kedokteran. “Ini sesuai amanat Undang-undang Dasar Negara RI Tahun 1945 pada pasal 20 dan 21 DPR memegang kekuasaan membentuk Undang-undang,” kata Mahyuddin dalam seminar Relevansi Jenjang Formal Pendidikan kedokteran Indonesia di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kamis, 23 Februari 2012. Menurut Mahyuddin, UU tentang pendidikan kedokteran bukan hanya sebagai bentuk pelaksanaan amanat konstitusi. “UU ini penting untuk mengisi transisi hukum pendidikan kedokteran,” ujarnya. Selama ini, kata dia, hukum mengenai pendidikan kedokteran belum ada dalam bentuk ketentuan peraturan perundang-undangan.

…dst

8 ) Indonesia dalam Kondisi Bahaya Narkoba
http://nasional.kompas.com/read/2012/02/24/06374797/Indonesia.dalam.Kondisi.Bahaya.Narkoba

Jumat, 24 Februari 2012 | 06:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia dalam keadaan bahaya narkoba dilihat dari kualitas dan kuantitas kejahatan serta kerugian yang ditimbulkan. Kerugian ekonomi lebih dari Rp 50 triliun per tahun. Jenis narkoba yang diperdagangkan kini meliputi heroin, kokain, dan sabu kualitas baik. Jumlah kejahatan meningkat dari 26.000 kasus pada 2010 menjadi 29.000 kasus pada 2011.Menurut Direktur Kejar Tangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) Benny Mamoto kepada Kompas, Rabu (22/2/2012) malam, di Kantor BNN, kerugian Rp 50 triliun dihitung dari uang yang disedot ke luar negeri oleh bandar narkoba. Selain itu juga biaya rehabilitasi medis korban narkoba, dampak sosial, turunnya kualitas sumber daya manusia sebab cacat permanen otak, dan dampak samping berupa kejahatan dari mencuri hingga kekerasan.

…dst

9 ) Jurnal Ilmiah Mengubah Budaya Tutur ke Tulis
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/23/079386041/Jurnal-Ilmiah-Mengubah-Budaya-Tutur-ke-Tulis

KAMIS, 23 FEBRUARI 2012 | 20:39 WIB
TEMPO.CO, Jakarta-Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan jurnal ilmiah mengubah Bangsa Indonesiadari bangsa bertutur menjadi bangsa yang menulis. “Ini urusan besar, kami harus ubah budaya tutur menjadi menulis,” kata Djoko kepada Tempo di gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis, 23 Februari 2012. Menurut Djoko, harus ada yang berani memberlakukannya. “Saya sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi berani, kan untuk kemajuan bangsa,” tuturnya. Kata dia, bangsa yang pintar adalah bangsa yang memiliki karya ilmiah dalam jumlah besar.

…dst

10 ) Membuat Artikel Ilmiah Tak Sulit
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/472110/

Friday, 24 February 2012
SEMARANG– Untuk membuat Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) yang dibiayai oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DP2M Dikti) Jakarta tidaklah sulit. “Sangat mudah sekali tinggal cari laporan-laporan, ganti formatnya, kirimkan, tunggu, kemudian ambil reward-nya,” ujar staf ahli Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Tommi Yuniawan di sela workshop Wujudkan Karya Intelektual Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tulis (PKM-GT) di Gedung C7 Fakultas Ilmu Sosial, Kampus Sekaran, kemarin.

…dst

11 ) ‘Sosialisasi Jurnal Ilmiah Kurang Jelas’
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/23/lztwt5-sosialisasi-jurnal-ilmiah-kurang-jelas

Kamis, 23 Pebruari 2012 11:36 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Meski gencar dilakukan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sosialisasi terkait kewajiban mahasiswa membuat jurnal ilmiah dinilai kurang jelas. Sebab, menurut Rektor Universitas Atmajaya, Lanny Pandjaitan, kebijakan tersebut sebenarnya merupakan hal yang baik. “Rasanya kontroversi itu disebabkan miskomunikasi saja. Saya sudah menyarankan (kepada Kemendikbud) supaya kebijakan tersebut diperjelas,” kata Lanny kepada wartawan usai bertemu Wapres Boediono di Istana Wapres, Kamis (23/2) pagi. Letak permasalahannya, kata Lanny, adalah persepsi sebagian besar orang bahwa jurnal yang dimaksud harus dalam bentuk hard-copy. Padahal sebenarnya jurnal tersebut boleh dalam bentuk tulisan di jurnal elektronik. “Pemerintah harus menjelaskan hal ini. Sangat disayangkan karena peraturan semacam itu dilontarkan tanpa penjelasan yang baik,” ujarnya.

…dst

12 ) Publikasi Karya Ilmiah Jangan Tergesa-gesa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/24/178201/Publikasi-Karya-Ilmiah-Jangan-Tergesa-gesa

24 Februari 2012
JAKARTA – Pemerintah diminta untuk tidak tergesa-gesa dalam menerapkan kebijakan bagi mahasiswa untuk memublikasikan karya ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan. Rektor Universitas Al Azhar Indo nesia, Zulhar mengatakan, pada dasarnya pihaknya setuju dan mendukung program pemerintah untuk menaikkan jumlah karya tulis di Indonesia akan tetapi jangan dijadikan syarat kelulusan. Masih banyak kendala dan hal yang belum dipersiapkan secara matang dimana salah satunya adalah masih terbatasanya jumlah jurnal ilmiah. “Itu yang saya katakan bahwa penerapannya tergesa-gesa. Seharusnya, hal itu dilakukan secara bertahap. Setelah sekian tahun berjalan, baru bisa dijadikan sebagai syarat (kelulusan),” ujar Zulhar kepada Suara Merdeka, kemarin.

…dst

13 ) SNMPTN Jalur Undangan
Rekayasa Nilai Siswa, Akses 10 SMA Ditutup
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/24/08162527/Rekayasa.Nilai.Siswa.Akses.10.SMA.Ditutup

Jumat, 24 Februari 2012 | 08:16 WIB
PADALARANG, KOMPAS.com – Sekitar 10 SMA tidak memperoleh kesempatan mengikuti jalur undangan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri karena terbukti merekayasa nilai rapor siswa tahun lalu. Akses sekolah-sekolah itu diblokir oleh panitia seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung, Akhmaloka mengatakan, sekolah- sekolah itu berada di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. “Lamannya diblokir sehingga sekolah itu tidak bisa mengakses. Kata kuncinya (password) dinonaktifkan,” kata Akhmaloka seusai mendampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Rabu (22/2) malam, di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

…dst

14 ) Palsukan Data, Sekolah Diblacklist SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/24/373/581631/palsukan-data-sekolah-diblacklist-snmptn

Jum’at, 24 Februari 2012 09:10 wib
BANDUNG – Sejumlah sekolah tidak dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan pada tahun ini lantaran memalsukan data pada 2011 lalu. Menurut Ketua Panitia SNMPTN Akhmaloka, sekolah tersebut diindikasikan melakukan kecurangan. “Bisa dihitung dengan jari kok jumlahnya karena kurang dari 10 sekolah saja dan tersebar di berbagai daerah,” kata Akhmalokas saat dihubungi kemarin.Dia menyebutkan, black list dilakukan panitia SNMPTN karena sekolah melakukan kecurangan terhadap data siswa yang akan mengikuti jalur undangan. Hal ini juga menyebabkan munculnya komplain dari para siswa yang merasa dirugikan atas kecurangan yang dilakukan sekolah dan melaporkannya ke panitia lokal setempat.

…dst

15 ) Paseban Gelar Try Out Online SNMPTN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/23/lzufbh-paseban-gelar-try-out-online-snmptn

Kamis, 23 Pebruari 2012 18:16 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Paseban.com menyediakan layanan try out SNMPTN secara online. Melalui try out, akan didapatkan prediksi dan seberapa besar peluang untuk masuk ke Universitas yang telah Anda pilih sebelumnya.Try out merupkan salah satu fitur yang ada aplikasi aplikasi Latihan SNMPTN Online Paseban. Untuk latihan, ada sekitar 3.000 database soal yang terus di-update hingga saat ini. Soal-soal yang dihadirkan pada aplikasi ini antara lain berasal RExa Education Care Bandung. Chairman Paseban.com Arief Hidayat menyatakan bahwa aplikasi SNMPTN online merupakan wujud kepedulian terhadap dunia Pendidikan di Indonesia.

…dst

16 ) Perekrutan Guru Disiapkan Khusus
http://www.jpnn.com/read/2012/02/23/118335/Perekrutan-Guru-Disiapkan-Khusus-

Kamis, 23 Februari 2012 , 16:16:00
JAKARTA—Bagi mahasiswa atau lulusan sarjana yang ingin menjadi seorang guru akan melewati proses seleksi yang semakin ketat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, hal itu disebabkan karena pemerintah akan melakukan perekrutan guru secara khusus yang lebih mengedepankan kemampuan dan tingkat kompetensi guru. Dari adanya kebijakan tersebut, lanjut Nuh, maka ke depannya tidak semua mahasiswa yang masuk di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan lainnya dapat menjadi guru.”Tidak semua yang masuk di LPTK otomatis menjadi guru. Kita ingin menyiapkan guru secara khusus. Demikian juga profesi akan melekat dalam sistem pendidikan,” jelas Nuh di Jakarta, Kamis (23/2).

…dst

17 ) Rahasia Sukses Tembus Beasiswa Fulbright
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/22/368/580666/rahasia-sukses-tembus-beasiswa-fulbright

Kamis, 23 Februari 2012 09:11 wib
JAKARTA – Tidak bisa dimungkiri, menembus program beasiswa favorit adalah suatu tantangan berat. Salah satunya adalah beasiswa Fulbright dari The American Indonesian Education Foundation (Aminef).Tetapi, tidak perlu khawatir, Wakil Direktur AMINEF, Piet Hendrardjo, ketika melakukakn presentasi tentang beasiswa Fullbright di Universitas Lampung (Unila) baru-baru ini membeberkan rahasia sukses menembus program beasiswa ini. Rahasia sukses pertama adalah jangan melamar di ujung masa pendaftaran. “Tahun ini, deadline pendaftaran beasiswa Fulbright adalah 15 April 2012. Jika berminat, jangan tunggu hingga 14 April untuk mendaftar,” kata Piet seperti disitat dari situs Unila, Kamis (23/2/2012),

…dst

18 ) Penyebab ITS Belum Jadi Acuan Teknologi RI
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/23/373/580950/penyebab-its-belum-jadi-acuan-teknologi-ri

Kamis, 23 Februari 2012 12:16 wib
JAKARTA – Kampus teknik di Jawa Timur ini telah menghasilkan banyak produk teknologi canggih. Tetapi, hingga saat ini nama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) belum menjadi kiblat bagi perkembangan teknologi di Tanah Air. Padahal, kreativitas para civitas academica ITS dalam berbagai inovasi teknologi patut diacungi jempol. Sebut saja dalam bidang otomotif. Salah satu guru besar ITS dalam bidang Teknik Mesin, I Nyoman Sutantra, berhasil membuat teknologi Condensor Discharge Ignition (CDI) untuk mobil. Dia juga dapat berkolaborasi dengan Kanzen. Kerja sama ITS dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) bahkan menghasilkan berbagai teknologi pertahanan dan keamanan (hankam) seperti peledak, sistem radar, war game, dan masih banyak lagi. Meski demikian, TNI justru tetap mengimpor produk hankam. Menurut guru besar ITS, Profesor Gamantyo Hendrantoro, salah satu penyebab ITS tidak menjadi acuan dalam dunia teknologi di Indonesia adalah kendala dalam pendanaan penelitian. Jumlah dana penelitian yang diterima ITS, tidak sejalan dengan pendapatan dari kerja sama dengan lembaga atau pihak di luar ITS.

…dst

19 ) ITB Ditantang Buat Converter Kit
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/23/373/581066/itb-ditantang-buat-converter-kit

Kamis, 23 Februari 2012 12:28 wib
BANDUNG – Institut Teknologi Bandung (ITB) diminta membuat converter kit untuk menghadapi konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG). Direktur Bisnis Sistem Transportasi Perkotaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Eli Sinaga mengatakan, pembuatan alat konversi tersebut sebenarnya mudah. Saat ini pemerintah menargetkan 1.000 unit converter kit per tahun. “Bengkel ITB tidak kalah dengan Esemka. Masa Esemka bisa bikin mobil, ITB tidak bisa bikin converter kit?” kata Eli dalam Seminar Konversi Gas Untuk Kendaraan Bermotor: Optimalisasi Harga Bahan Bakar Minyak dan Gas di Aula Barat ITB, Kamis (23/2/2012).

…dst

20 ) Senat dan FKK Usakti Sepakat Tolak Eksekusi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/24/00435825/Senat.dan.FKK.Usakti.Sepakat.Tolak.Eksekusi

Jumat, 24 Februari 2012 | 00:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pengadilan Negeri Jakarta Barat akan kembali melaksanakan eksekusi atas senat Universitas Trisakti (Usakti), Jalan Kyai Tapa No.1, Grogol, Jakarta Barat, pada 28 Februari 2012. Menanggapi rencana tersebut Senat Usakti bersama Forum Komunikasi Karyawan (FKK) Usakti sepakat untuk mengadakan aksi penolakan. “Para Dekan dan Ketua Jurusan dari seluruh Fakultas di Usakti hadir dalam rapat tadi yang juga diikuti oleh seluruh pimpinan admistratif yang membawahi sekitar 2.000 orang dosen dan staf tegas menolak rencana eksekusi tersebut,” kata Advendi Simangunsong, Juru Bicara FKK Usakti dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Kamis (23/2/2012).

…dst

21 ) Wow, Mahasiswa Indonesia Timur Kuliah via Skype
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/23/lzuunw-wow-mahasiswa-indonesia-timur-kuliah-via-skype

Kamis, 23 Pebruari 2012 23:47 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR – Paguyuban Konsorsium PTN Kawasan Timur Indonesia (KPTN KTI) menggagas Pengajaran Jarak Jauh (PJJ) memanfaatkan teknologi skype yang memungkinkan dosen dengan mahasiswa bertatap muka meski lokasinya berjauhan. Hal itu dilakukan untuk menyiasati keterisolasian geografis dan memacu terpenuhinya sumberdaya manusia yang berkualifikasi magister dan doktor yang berkualitas. Gagasan tersebut mengemuka pada Rapat Kerja KPTN KTI di Kupang, Nusa Tenggara Timur yang dibuka Ketua KPTN KTI Prof Frans Umbu Data yang juga Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang, kata Kepala Humas Universitas Hasanuddin (Unhas) Dahlan Abubakar melalui telepon selular Kupang-Makassar, Kamis (23/2) malam. Kuliah yang memanfaatkan skype , para mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan para dosen. “Tinggal mahasiswa memiliki laptop yang diperlengkapi dengan kamera dan program studi mana yang akan dijadikan program unggulan tiap perguruan tinggi,” ujar Wakil Rektor I Unhas Prof Dr Dadang Ahmad Suriamiharja, yang memimpin rapat Komisi Pendidikan dan Pengajaran Raker.

…dst

22 ) Kemenristek kembangkan kawasan sentra peternakan di NTB
http://www.antaranews.com/berita/298544/kemenristek-kembangkan-kawasan-sentra-peternakan-di-ntb

Kamis, 23 Februari 2012 12:56 WIB |
Mataram (ANTARA News) – Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) hendak mengembangkan kawasan sentra peternakan nasional di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), guna mendukung pencapaian target swasembada daging 2014. “Pengembangan kawasan sentra peternakan nasional itu patut didukung ilmu pengetahuan dan teknologi, agar bersinergi dengan program pemberdayaan ekonomi lainnya,” kata Asisten Deputi Iptek Industri Kecil Menengah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Santosa Yudo Warsono, ketika menjelaskan upaya pengembangan kawasan sentra peternakan nasional itu, di Mataram, Kamis. Ia mengatakan, Indonesia memiliki daerah unggulan untuk dijadikan pusat daging nasional, dan wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) berpotensi untuk itu karena telah menjadi kawasan pembibitan sapi sejak lama.

…dst

23 ) Dosen Bersertifikasi Masih Minim
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/24/373/581645/dosen-bersertifikasi-masih-minim

Jum’at, 24 Februari 2012 10:11 wib
PALEMBANG – Kopertis Wilayah II mencatat dosen di wilayah kerjanya yang memiliki sertifikasi masih sangat minim. Padahal, hal itu berpengaruh terhadap akreditasi perguruan tinggi.Minimnya sertifikasi juga berdampak bagi kesejahteraan tenaga pengajar di perguruan tinggi (PT), khususnya swasta di daerah tersebut. “Hal ini memang masih menjadi permasalahan kita, padahal sertifikasi dosen itu berpengaruh terhadap kualitas pendidikan pada sebuah perguruan tinggi. Ini juga yang sedang didorong oleh Dikti, dengan memfasilitasi beasiswa untuk jenjang pendidikan S- 2,” kata Sekretaris Pelaksana Kopertis II H Abdurrahim pada pada pembukaan seminar dan pendidikan dokter pendidik klinik (preceptor) di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang (FK UMP), kemarin. Seminar tersebut akan berlangsung hingga 25 Februari mendatang.

…dst

24 ) MIP Undip Disarankan Ambil Kekhususan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/02/24/178198/MIP-Undip-Disarankan-Ambil-Kekhususan

24 Feberuari 2012
SEMARANG – Magister Ilmu Politik (MIP) Undip disarankan ambil kekhususan. Lang kah tersebut dinilai bisa membawa lembaga pendidikan pasca sarjana itu beda dibanding kampus lain. Usulan itu terung kap dalam Lokakarya Updating Kuriku lum yang diadakan di Hotel Grasia Senin (20/2).Prof FX Sugiyanto misalnya, memberi saran agar MIP memasukkan kurikulum kajian korupsi secara mendalam. “Jadi korupsi bi sa dikaji dari berbagai pende kat an seperti budaya atau politik,” ujarnya. Usulan tersebut mendapat sambutan dari akademisi lain, seperti Dr Turnomo Rahardjo dan Dr Hedi Pudjo Santoso. Me nurut mereka, cakupan kuri kulum saat ini harus ditambah dengan sesuatu yang membuat MIP Undip unggul.

…dst

25 ) IBM Berkomitmen Kembangkan Pendidikan Berbasis Digital
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/24/lzvdsc-ibm-berkomitmen-kembangkan-pendidikan-berbasis-digital

Jumat, 24 Pebruari 2012 06:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–IBM Indonesia berupaya mengembangkan pendidikan nasional menuju era digital karena memiliki solusi teknologi informasi yang terintegrasi bagi industri pendidikan di Tanah Air. “Kami yakin dengan memfasilitasi akses menuju dunia pendidikan yang lebih pintar dapat mewujudkan ekonomi yang lebih pintar dan memperluas pembangunan ekonomi di Indonesia,” kata “Territory Leader Central Indonesia” IBM Indonesia, Tienniwaty, di Surabaya, Kamis. Menurut dia, beragam upaya memenuhi kebutuhan sistem pendidikan pintar melalui berbagai inovasi dari perangkat keras, piranti lunak, layanan yang mudah diinstal dapat dikelola dengan harga terjangkau.

…dst

26 ) Pakar: ‘E-Learning’ Cocok Untuk Geografis Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/24/lzvqtq-pakar-elearning-cocok-untuk-geografis-indonesia

Jumat, 24 Pebruari 2012 11:33 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Sistem e-learning atau pembelajaran elektronik cocok dengan kondisi geografis Indonesia yang terpisah antarpulau, kata pakar teknik informatika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Yudi Prayudi. “Oleh karena itu, sistem e-learning perlu diterapkan dalam pelaksanaan proses pendidikan di Indonesia, khususnya di jenjang perguruan tinggi,” katanya di Yogyakarta, Jumat (24/2).

…dst

27 ) “Belanja” Informasi di Pameran Pendidikan Selandia Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/24/06213147/.Belanja.Informasi.di.Pameran.Pendidikan.Selandia.Baru.

Jumat, 24 Februari 2012 | 06:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 13 perguruan tinggi Selandia Baru akan hadir dalam pameran pendidikan Selandia Baru (New Zealand Education Fair) yang akan berlangsung di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, pada 25 Februari mendatang. Berminat “belanja” informasi studi di Selandia Baru? Program Manager New Zealand Education Fair Christina Dewi mengungkapkan, banyak informasi menarik yang bisa didapatkan pengunjung dalam pameran pendidikan Selandia Baru yang baru pertama kali digelar ini. Ia mengungkapkan, kualitas pendidikan di negara tersebut juga tinggi. Setidaknya, delapan dari dua puluh perguruan tinggi di Selandia Baru masuk dalam jajaran perguruan tinggi di dunia.

…dst

28 ) Mau S-3 Murah? Ke Selandia Baru Saja
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/23/373/581256/mau-s-3-murah-ke-selandia-baru-saja

Kamis, 23 Februari 2012 15:35 wib
JAKARTA – Kamu tengah mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan program doktoral di luar negeri? Dengan biaya sekira USD4.000 kamu sudah bisa mendapatkan gelar PhD dari Selandia Baru.Hal ini disampaikan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia David Taylor dalam acara diskusi pendidikan tinggi di Selandia Baru. “Untuk mendapatkan gelar PhD di Selandia Baru, para pelajar Indonesia cukup mengeluarkan biaya USD4.000 yang mungkin lebih murah dibandingkan kuliah S-3 di dalam negeri,” kata Taylor di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat, Kamis (23/2/2012).

…dst

29 ) Pameran Pendidikan Jepang di Jakarta
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/24/11142090/Pameran.Pendidikan.Jepang.di.Jakarta

Jumat, 24 Februari 2012 | 11:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Jepang melakukan jemput bola dalam pengenalan institusi pendidikannya. Minggu (26/2/2012) lusa akan digelar Japan Education Fair in Indonesia (JEFI) ke-8 di Hotel Sari PanPacific yang digagas PT Pandan International. Richard Susilo, Komisaris Pandan College dan Pandan International, Jumat (24/2/2012), menjelaskan, dalam pameran kali ini Menteri pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh direncanakan hadir. Program JEFI ini bisa dikatakan sebagai upaya jemput bola Jepang di bidang pendidikan karena lembaga pendidikan. Sebab, institusi pendidikan Jepang mulai kekurangan pelajar akibat jumlah penduduk mudanya yang praktis jauh semakin sedikit saat ini.

…dst

30 ) 286 Ribu Peserta Ikuti Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/241

02/23/2012
Kab. Bandung Barat, Rabu (22 Februari 2012)– Kegiatan uji kompetensi awal bagi para guru yang telah memenuhi syarat akan dilaksanakan serentak pada 25 Februari 2012 dipusatkan di kabupaten kota seluruh Indonesia. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) akan mengkoordinasikan bersama dengan Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan dinas pendidikan di kabupaten kota. Uji kompetensi diikuti oleh sebanyak 286 ribu peserta.Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad NUh pada pada Rapat Koordinasi Terpadu Penjaminan Mutu Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kota Se Jawa Barat di LPMP Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, Rabu (22/02/2012).

…dst

31 ) Inilah 9 Pungutan ‘Modus Korupsi’ BOS
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/02/23/lzurrg-inilah-9-pungutan-modus-korupsi-bos

Kamis, 23 Pebruari 2012 22:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, GARUT – Sembilan jenis pungutan penyebab dugaan korupsi bantuan operasional sekolah (BOS) tahun anggaran 2010 berhasil terangkum oleh Garut Governance Watch (GGW). Laporan tersebut kemudian dibawa ke Kejaksaan Negeri Garut, Jawa Barat untuk ditindaklanjuti. “Ada sembilan jenis pungutan dugaan korupsi dana BOS tahun 2010 yang dilakukan oknum birokrat Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, dengan kerugian negara diperkirakan Rp3 sampai Rp7 miliar,” kata Sekjen GGW, Agus Rustandi, Kamis (23/2). Jenis pungutan yang berhasil terungkap oleh GGW berdasarkan laporan sejumlah sekolah, kata Agus, yakni oknum birokrat Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut yang meminta sejumlah uang kepada setiap sekolah tingkat SD dan SDLB penerima dana BOS.

…dst

32 ) Esemka Mantap Jalani Uji Akhir
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/472293/

Friday, 24 February 2012
SOLO– Mobil Esemka akan segera mengakhiri penantian panjangnya. Pagi ini, mobil buah karya pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) bidang automotif di Solo ini memulai perjalanannya ke Jakarta dan Tangerang guna mendapat pengakuan akhir dari pemerintah. Selembar sertifikat lulus uji emisi dari Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Tangerang Selatan Banten merupakan dambaan siswa SMK untuk mewujudkan mimpi mobil Esemka menjadi mobil nasional. Semenjak Tadi malam,mobil Esemka berada di Solo Technopark (STP) untuk menjalani prosesi Jamasan, sebuah ritual tradisional Jawa terhadap benda yang dianggap pusaka.

…dst

33 ) Sukiyat Rela Kata Kiat Dihapus dari Mobil Esemka
http://www.tempo.co/read/news/2012/02/24/079386127/Sukiyat-Rela-Kata-Kiat-Dihapus-dari-Mobil-Esemka

JUM’AT, 24 FEBRUARI 2012 | 10:38 WIB
TEMPO.CO, Surakarta – Mobil rakitan siswa sekolah menengah kejuruan di Surakarta, yang kemudian menjadi mobil dinas Wali Kota Solo Joko Widodo dan Wakil Wali Kota Hadi Rudyatmo, dipatenkan dengan nama Esemka. Awalnya nama mobil yang dibandrol dengan harga Rp 95 juta per unit itu adalah Kiat Esemka. Sukiyat, pemilik bengkel Kiat Motor, yang ikut membidani lahirnya mobil itu, rela identitasnya dicabut.
Nama Kiat memang merujuk kepada Kiat Motor, bengkel bodi dan finishing mobil di Klaten, Jawa Tengah. Belakangan, nama Kiat dihapus dari bodi mobil sehingga namanya menjadi Esemka saja.

…dst

34 ) Sekilas dalam Negeri
Media TV diadukan
BBM naik
Polri:Tak ada dosa tak terampun
Bentrok Berdarah di RSPAD
Moratorium pendaftaran Haji
Daftar Tunggu Jamaah Menumpuk
Sekilas Luar Negeri
Argentina
Filipina
Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.