1 ) RI Dominasi Lomba Robot Cerdas di Amerika Serikat
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/236

04/02/2012
Hartford — Indonesia boleh bangga. Tim robot dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Telkom (ITTelkom), dan Universitas Komputer Indonesia (Unikom), semuanya asal Bandung, Jawa Barat mendominasi lomba robot cerdas Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC), yang berlangsung di Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Tim robot Indonesia yang dikirim dalam ajang ini adalah hasil seleksi nasional dalam Kontes Robot Cerdas Indonesia 2011. Dalam lomba ini, tim robot Indonesia berhasil membawa pulang delapan gelar juara internasional. Pemerinciannya juara satu dan dua untuk kategori robot pemadam api divisi beroda dari ITTelkom. Juara ketiga untuk kategori ini diraih tim Shepherd University Amerika Serikat. Kemudian, juara satu, dua, dan tiga untuk kategori robot pemadam api divisi berkaki berturut-turut dari ITTelkom dan ITB; juara satu kategori RoboWaiter divisi Entry Level diraih Unikom; juara satu dan dua RoboWaiter divisi Advanced diraih Unikom. Ajang ini diikuti 130 tim. Selain Amerika Serikat, negara lain yang ikut antara lain Portugal, Israel dan China.

…dst

2 ) Indonesia dominasi lomba robot di AS
http://www.antaranews.com/berita/304377/indonesia-dominasi-lomba-robot-di-as

Senin, 2 April 2012 17:29 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Tim robot dari tiga perguruan tinggi Indonesia, ITB, ITTelkom, dan Unikom (Bandung), mendominasi lomba robot cerdas “Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC)” di Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Staf khusus Mendikbud Sukemi kepada ANTARA melalui surat elektronik, Senin, menyatakan bahwa tim robot Indonesia berhasil membawa pulang delapan gelar juara internasional. Kedelapan gelar meliputi: juara satu dan dua (robot pemadam api divisi beroda/ITTelkom); juara satu, dua, dan tiga (robot pemadam api divisi berkaki/ITTelkom dan ITB); juara satu (RoboWaiter divisi Entry Level/Unikom); serta juara satu dan dua (RoboWaiter divisi Advanced/Unikom). TCFFHRC 2012 diikuti oleh 130 tim yang bertanding pada berbagai kategori.

…dst

3 ) ITB dan Unikom Genapi Kemenangan IT Telkom
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/02/17473433/ITB.dan.Unikom.Genapi.Kemenangan.IT.Telkom

Senin, 2 April 2012 | 17:47 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com- Institut Teknologi Bandung serta Universitas Komputer Indonesia menggenapi kemenangan Institut Teknologi Telkom dalam Trinity Fire Fighting Home Robot Contest and Robo Waiter 2012 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Tim Indonesia dari tiga universitas di Bandung itu berhasil menyabet berbagai gelar yang dipertandingkan. Berdasarkan rilis yang diterima Kompas, IT Telkom meraih juara pertama dan ke dua dalam kategori fire fighting senior division. Untuk kategori fire fighting walking division, juara pertama disabet IT Telkom, sementara juara ke dua dan ke tiga diraih tim dari ITB. Robot dari Unikom berhasil meraih gelar juara dari dua kategori robo waiter, yakni juara pertama kategori robo waiter entry level serta juara pertama dan ke dua kategori robo waiter advanced.

…dst

4 ) Kemenangan IT Telkom di Luar Dugaan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/02/17231011/Kemenangan.IT.Telkom.di.Luar.Dugaan

Senin, 2 April 2012 | 17:23 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com- Tampilnya tiga robot dari Institut Teknologi Telkom Bandung sebagai juara dalam Trinity Fire Fighting Home Robot Contest and Robo Waiter 2012 memang di luar dugaan. Selain diraih dalam partisipasi perdana mereka, berbagai kebetulan sudah menyertai mereka sejak di Indonesia. Hal itu dikemukakan Ketua Program Studi Teknik Elektro IT Telkom, Ahmad Rizal, Senin (2/4/2012), mengomentari kemenangan tim IT Telkom dalam kompetisi tersebut.Dalam event yang berlangsung 30 Maret-1 April itu, tiga robot meraih gelar juara yakni Hamazar yang menjuarai divisi beroda, dan Garuda 1 yang menyabet juara ke dua di divisi yang sama. Untuk divisi berkaki, robot bernama Arjuna keluar sebagai jawara.

…dst

5 ) PTN Diminta Cari Dana Riset Mandiri
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/482900/

Tuesday, 03 April 2012
JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta perguruan tinggi negeri (PTN) untuk mencari kerja sama riset sendiri, sebagai tanggung jawab mereka dalam Tridarma Perguruan Tinggi.Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, Tridarma Perguruan Tinggi sebagai pijakan dasar sebuah perguruan tinggi dalam mengelola pendidikan bagi mahasiswanya. Tridarma itu sendiri mengamanatkan perguruan tinggi untuk mendidik, meneliti, dan mengabdi kepada masyarakat. ” Kalau sampeyanlihat, prinsip perguruan tinggi itu ya ketiganya, itu saja,” katanya di Gedung Kemendikbud kemarin. Karena itu, jika ada program studi yang kesulitan melakukan kerja sama riset maka PTN itu gagal mengamalkan tiga prinsip wajib tadi. Menurut Mendikbud, riset menjadi wajib dikelola oleh suatu PTN karena sudah termasuk sumber pemasukan dana selain subsidi dari pemerintah dan dari masyarakat dalam bentuk sumbangan pendidikan dan pembangunan (SPP). Bahkan, PTN seharusnya merasa tertantang agar seluruh program studi mendapat kerja sama riset dan bukan hanya mengandalkan riset dari program studi teknik.

…dst

6 ) Beasiswa Endeavour Awards 2013 Sudah Dibuka
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/02/16261481/Beasiswa.Endeavour.Awards.2013.Sudah.Dibuka

Senin, 2 April 2012 | 16:26 WIB
Kompas.com – Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty, mengumumkan pembukaan program beasiswa Endeavour Awards untuk tahun 2013. Endeavour Awards adalah program beasiswa Pemerintah Australia yang memberikan kesempatan untuk melakukan studi, penelitian dan pengembangan profesi di Australia.”Dua puluh enam warga Indonesia dianugerahi beasiswa Endeavour Awards tahun 2011 dan kami berharap dapat menerima lebih banyak aplikasi dari Indonesia untuk berpartisipasi dalam program beasiswa yang kompetitif secara internasional ini dan berdasarkan prestasi,” ujar Dubes Moriarty. Beasiswa Endeavour Awards terdiri dari Endeavour Postgraduate Awards, Endeavour Research Fellowships, Endeavour Executive Awards dan Endeavour Vocational Education and Training Awards.

…dst

7 ) Beasiswa Kuliah ke Jepang Dibuka
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/02/13403567/Beasiswa.Kuliah.ke.Jepang.Dibuka

Senin, 2 April 2012 | 13:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia mulai membuka pendaftaran beasiswa kuliah ke Jepang untuk tahun 2013. Pendaftaran sebagai research student mulai dibuka Senin (2/4/2012). Mahasiswa yang diterima dalam program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) ini belajar di Jepang pada April 2013-Maret 2014. Peminat bisa melamar ke program degree(master/doctor/professional graduate cource) atau meneruskan program doktor setelah menyelesaikan program master atau professional graduate courseapabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan.Penerima beasiswa mendapatkan tiket pergi dan pulang, uang masuk universitas, dan uang kuliah yang dibiayai dengan beasiswa Monbukagakusho. Selain itu, para mahasiswa juga mendapat uang sebesar 143.000 yen per bulan untuk biaya kehidupan sehari-hari.

…dst

8 ) Jepang Tawarkan Program Beasiswa Monbukagakusho
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/03/182183/Jepang-Tawarkan-Program-Beasiswa-Monbukagakusho

03 April 2012
SEMARANG- Kedutaan Besar Jepang mulai 2 April membuka penawaran beasiswa kepada mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan sebagai research student di universitas di Jepang, pada tahun akademik 2013, mulai April 2013-Maret 2014. Dalam program beasiswa Pemerintah Jepang atau Monbukagakusho tersebut, peminat bisa melamar program degree (master/doctor/professional graduate course) atau meneruskan program doctor degree setelah menyelesaikan master degree/professional graduate course, apabila lolos seleksi tes ujian yang diberikan universitas bersangkutan. Kedubes Jepang dalam siaran persnya menjelaskan, informasi dan formulir pendaftaran bisa diakses melalui website Kedutaan Besar Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html). Formulir pendaftaran juga bisa diambil secara gratis di Kedubes Jepang bagian pendidikan, pukul 08.30-12.00, 14.00-15.30, serta Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan. Dokumen lamaran harus dikembalikan kepada Kedubes Jepang sebelum 2 Mei 2012, baik diserahkan secara langsung maupun dikirim melalui pos.

…dst

9 ) UMM Jadi Kampus Terbaik
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/02/m1up0v-umm-jadi-kampus-terbaik

Senin, 02 April 2012, 18:53 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MALANG — Kali kelima, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih Anugerah Kampus Unggul (AKU) dari Kopertis VII Jawa Timur. UMM dinyatakan sebagai universitas swasta terunggul dalam tiga kategori, yakni penelitian dan pengabdian masyarakat, pembinaan kemahasiswaan dan tatakelola. Sejak 2008, ketika kali pertama AKU digelar, posisi UMM belum bergeser sebagai kampus terbaik. Bahkan tahun lalu, setelah UMM unggul tiga kali berturut-turut, Kopertis menambahkan satu anugerah lagi yang diberi nama AKU Kartika untuk UMM. Tahun ini ada tujuh universitas yang diberi penghargaan oleh Kopertis. UMM meraih peringkat I, sedangkan peringkat berikutnya secara berturut-turut adalah UK Petra Surabaya, UPN Surabaya, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Jember, Unmer Malang, dan Uwiga Malang.

…dst

10 ) Jadi Master di IPB dalam 5 Tahun
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/02/373/604020/jadi-master-di-ipb-dalam-5-tahun

Senin, 02 April 2012 16:03 wib
JAKARTA – Umumnya, kita membutuhkan waktu minimal enam tahun untuk meraih gelar master, empat tahun untuk menyelesaikan S-2, dan dua tahun menamatkan studi S-2. Tetapi, di Institut Pertanian Bogor (IPB), rumus ini berubah. Dalam lima tahun, mahasiswa IPB, khususnya di Fakultas Peternakan (Fapet) bisa meraih gelar master. Hal ini dimungkinkan melalui kurikulum yang tengah dikembangkan oleh Fapet IPB. Dekan Fapet IPB Dr. Luki Abdullah mengatakan, rencana ini merupakan upaya fakultas menurunkan usia kiprah lulusan Fapet IPB. Dengan demikian, usia para alumni ketika terjun ke masyarakat pun lebih muda. “Ini untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang berharap alumni Fapet IPB bisa segera mengabdi ke masyarakat dengan kualitas yang cukup. Selama ini ada anggapan pendidikan sarjana Fapet belum cukup matang mengabdi masyarakat,” kata Luki seperti dikutip dari keterangan resmi IPB, Senin (2/4/2012).

…dst

11 ) DPR Belum Putuskan Hapus SNMPTN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/02/m1umzw-dpr-belum-putuskan-hapus-snmptn

Senin, 02 April 2012, 18:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan akan menghapus jalur ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 2013. Namun, di pihak DPR, belum ada keputusan soal kebijakan tersebut. Anggota Komisi X DPR, Dedi Gumelar, menegaskan hal itu. “Penghapusan ujian tulis belum kami putuskan. Yang kami dorong adalah keterbukaan akses PTN (perguruan tinggi negeri), khususnya dari segi pembiayaan agar tidak memberatkan masyarakat miskin,” kata Dedi, Senin (2/4). Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR, Raihan Iskandar, mendukung kebijakan penghapusan ujian tulis tersebut. “Ini sebenarnya sebagai upaya penerapan Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) yang mau disahkan. Insya Allah,” katanya.

…dst

12 ) RUU Pendidikan Tinggi Rawan Dibatalkan
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/03/079394321/RUU-Pendidikan-Tinggi-Rawan-Dibatalkan

SELASA, 03 APRIL 2012 | 08:03 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Peneliti Pusat Hukum dan Kebijakan, Fajri Nursyamsi, menyatakan Rancangan Undang-Undangan Pendidikan Tinggi rawan diuji materiil. “Beleid ini rawan dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi,” kata Fajri dalam diskusi publik tentang Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi di Universitas Negeri Jakarta, Senin, 2 April 2012. Ia menuturkan, dari segi muatan hukum, beleid tersebut tidak memiliki dasar hukum yang jelas dan mengamanatkannya untuk disahkan. JAdi jika ada pihak yang berkeberatan dengan undang-undang tersebut, Mahkamah Konstitusi dapat dengan mudah membatalkannya karena tidak ada dasar hukum pembentukannya. Dalam paparannya, Undang-Undang Dasar tidak menyebutkan diperlukan sebuah undang-undang pendidikan tinggi. “Konstitusi mengamanatkan satu sistem pendidikan,” kata dia. Dengan begitu, menurut dia, sistem pendidikan seharusnya diatur dalam satu undang-undang. Sedangkan pelaksanaan teknisnya baru diatur dalam peraturan pemerintah.

…dst

13 ) PTS Kritik RUU Pendidikan Tinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/03/08161663/PTS.Kritik.RUU.Pendidikan.Tinggi

Selasa, 3 April 2012 | 08:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Rancanagn undang-undang pendidikan tinggi (RUU PT) mendapat kritik dari perguruan tinggi swasta. RUU PT ini dinilai hendak mengatur perguruan tinggi negeri, namun falam beberapa hal berimbas buruk pada perguruan tinggi swasta. Ketua Umum Asosiasi Badan PenyelenggaraPerguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPTSI) Thomas Suyatno, di Jakarta, Selasa (3/4/2012) mengatakan RUU PT ini berpotensi digugat masyarakat ke Mahkamah Konstitusi (MK)karena ada pemaksaan dan diskriminasi. “Tidak jelas ini mengikat PTN saja, atau PTS juga. Karena, beberapa ketentuan merugikan kelangsungan PTS,” kata Thomas.

…dst

14 ) Pengesahan RUU PT Jangan Kejar Tayang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/03/08171738/Pengesahan.RUU.PT.Jangan.Kejar.Tayang.

Selasa, 3 April 2012 | 08:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pengesahan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi pada April ini seolah-olah menunjukkan DPR hendak kejar tayang. Padahal, masih banyak pihak yang belum puas dan sepakat dengan ketentuan dalam RUU PT, terutama terkait dengan perguruan tinggi swasta. Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) Edy Suandi Hamid, Selasa (3/4/2012), mengatakan, pihaknya masih terus mengkaji RUU PT karena ada perubahan terbaru lagi. “Soal sepertiga biaya operasional. Kalau PTSdigitukan, ya mampus. Ini belum jelas. Padahal RUU ini dominan untuk pengaturan PTN. Tetapi ada kerancuan antara PTN dan PTS,” kata Edy.

…dst

15 ) Sekolah Tak Sepenuhnya Dukung Hanya Jalur Undangan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/02/18372954/Sekolah.Tak.Sepenuhnya.Dukung.Hanya.Jalur.Undangan

Senin, 2 April 2012 | 18:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Sekolah-sekolah tidak sepenuhnya mendukung perubahan pola baru seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang mulai tahun 2013 hanya lewat jalur undangan. Penyelenggaraan SNMPTN diminta untuk tetap terbuka bagi semua lulusan SMA sederajat yang berprestasi baik maupun yang biasa-biasa saja. SNMPTN dipandang lebih memberikan akses bagi banyak lulusan SMA sederajat untuk mengakses PTN pilihan dengan biaya kuliah yang terjangkau. Adapun jalur mandiri yang digelar tiap PTN dinilai mahal, sehingga terbatas bagi calon siswa dari keluarga berada.

…dst

16 ) Ratusan Produk Inovasi IPB Dipamerkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/02/14332284/Ratusan.Produk.Inovasi.IPB.Dipamerkan

Senin, 2 April 2012 | 14:33 WIB
Kompas.com – Lebih dari 131 produk inovasi unggulan penelitian mahasiswa Insitut Pertanian Bogor dipamerkan kepada publik dalam ajang Agrinex Expo 2012 yang bekerja sama dengan Kementrian Pertanian yang berlangsung pada 30 Maret – 1 April 2012 lalu. Produk yang ditampilkan antara lain pengeringan “3 in 1” sederhana, biodigester portable penghasil biogas, gedhek (dinding bambu) modern, serta papan semen gipsum dari tanaman kenaf. Sementara itu hasil pertanian dan herbal lainnya antara lain cabai besar, formula sari buah murbai sebagai minuman kesehatan, pelangsing dari formula asam gelugur dan kunci pepet, teh jawa berkhasiat, dan masih banyak lagi. Produk unggulan lainnya adalah telur ayam “3 in 1” antiflu burung dan antidiare, pati resisten bahan baku pangan fungsional penghambat kanker kolon, suplemen omega-3 pakan ayam, dan biskuit ikan lele.

…dst

17 ) ITB Rekomendasikan Bahan Bakar Alternatif
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/02/373/603903/itb-rekomendasikan-bahan-bakar-alternatif

Senin, 02 April 2012 13:08 wib
BANDUNG – Cepat atau lambat, harga bahan bakar minyak (BBM) akan naik. Untuk itu, pemerintah harus mengembangkan sejumlah bahan bakar alternatif. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka menyatakan, kenaikan harga BBM bisa menjadi pelajaran supaya Indonesia tidak tergantung bahan bakar dari fosil itu.”Jadi orang jangan selalu tergantung kepada BBM. Di sini pemerintah berperan bagaimana perlu mengembangkan energi alternatif minyak dan gas,” kata Akhmaloka, baru-baru ini di ITB, Jalan Ganseha, Bandung. Akhmaloka pun mengungkapkan beberapa energi alternatif yang bisa dikembangkan pemerintah, misalnya gas yang harganya lebih murah. Menurutnya, pengembangan gas juga lebih gampang, hanya perlu mempersiapkan konverternya. “Tinggal problem praktisnya,” ucapnya. Energi alternatif lainnya yang layak dikembangkan adalah biofuel dan biosolar, energi listrik yang memakai tenaga matahari dan gelombang, serta energi air.

…dst

18 ) Universitas Negeri Semarang Bangun Gelanggang Renang Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/03/10383697/Universitas.Negeri.Semarang.Bangun.Gelanggang.Renang.Internasional

Selasa, 3 April 2012 | 10:38 WIB
Kompas.com – Universitas Negeri Semarang berencana membangun gelanggang renang bertaraf internasional dengan bantuan dana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga senilai Rp24,760 miliar. “Proses pembangunan gelanggang itu sudah dimulai akhir Maret 2012, targetnya lima bulan ke depan pembangunan rampung,” kata Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes Harri Pramono di Semarang, Senin (2/4/12).
Ia menjelaskan, sebenarnya usulan pembangunan gelanggang renang di Unnes itu sejak lama, bahkan pada 1998 proses pengusulannya sempat mandek karena ada peristiwa besar, yakni reformasi. Tetapi baru pada bulan November 2011 usulan itu disetujui dan mendapat kucuran dana dari Kemenpora. “Ya kami bersyukur karena usulan kami ini disetujui. Sebab, selama ini para mahasiswa memang kesulitan untuk praktik renang karena ketiadaan tempat kolam renang di lingkungan kampus Unnes,” katanya.

…dst

19 ) UNY Terus Berbenah-Penyimpangan Akademik Harus Ditekan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/482886/

Tuesday, 03 April 2012
YOGYAKARTA – Univeritas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam mewujudkan good university governance dan clean university government terus melakukan berbagai pembenahan. Salah satunya di bidang sumber daya manusia (SDM), pengelolaan dan kualitas UNY. “Selain, akan memberikan pelayanan prima, efektif dan efisien pembenahan ini juga untuk memantapkan UNY menuju world class university,” ungkap rektor UNY Rochmat Wahab saat memberikan sambutan dalam pelantikan jajaran pejabat teras UNY di auditorium kampus,kemarin.

…dst

20 ) Tak Ada Ulangan, Gagal UN Ikut Tahun Depan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/482884/

Tuesday, 03 April 2012
SEMARANG– Anggota Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Prof Mungin Eddy Wibowo mengatakan, pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini tidak ada pelaksanaan UN ulangan.Dengan demikian, bagi yang tidak lulus UN pada tahun ini, harus mengulang pada pelaksanaan UN tahun berikutnya atau mengikuti ujian pendidikan kesetaraan. Hal ini berbeda dengan pelaksanaan UN pada tahun-tahun sebelumnya yang sempat beberapa kali digelar UN ulangan untuk mengakomodir bagi siswa yang tidak lulus pada UN utama dapat mengikuti UN ulangan. “Aturan ini memang sebagai pembelajaran.Lulus dan tidaknya semua bergantung dari peserta itu sendiri.Cukup baik atau tidak kompetensinya dalam pembelajaran di sekolah,” katanya. Meski ujian ulang ditiadakan, lanjut dia, UN susulan tetap digelar untuk mengakomodir bagi para peserta yang tidak dapat mengikuti UN utama dikarenakan alasan tertentu, seperti karena sakit dan lainnya. “Ujian susulan ini diselenggarakan seminggu setelah ujian utama,”paparnya.

…dst

21 ) Sertifikasi Digelar Juni
Tidak Lulus UKA Menjalani Diklat Khusus
http://www.jpnn.com/read/2012/04/03/122983/Sertifikasi-Digelar-Juni-

JAKARTA – Para guru calon peserta sertifikasi guru yang lulus Uji Kompetensi Awal (UKA) harus bersabar untuk ikut PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru). Sebab, Kemendikbud menjadwalkan PLGP bakal digelar Juni nanti. Sama dengan UKA, PLGP ini dikomando oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dihubungi di Jakarta kemarin (2/4), Kepala BPSDMP-PMP Kemendikbud Syawal Gultom menuturkan, saat ini persiapan pelaksanaan PLGP periode 2012 terus dijalankan. Gultom menuturkan, pada pertengahan April mendatang pihaknya menandatangani kontrak pelaksanaan PLPG dengan seluruh LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan). Ikatan kontrak ini perlu mengingat LPTK adalah pihak yang terlibat teknis dalam pelaksanaan PLPG.

…dst

22 ) BEM Unila Tantang Gubernur Dialog BBM
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/04/03/m1vtnt-bem-unila-tantang-gubernur-dialog-bbm

Selasa, 03 April 2012, 09:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG — Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lampung (Unila), menggelar diskusi akbar soal batalnya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di ruang perpustakaan Unila, Selasa (3/4) pukul 09.30 WIB. Menurut Menteri Komunikasi dan Informasi BEM Unila, Sri Wahyuni, dialog akbar mahasiswa ini mengundang gubernur dan para bupati/wali kota se Lampung dan anggota DPRD. “Dialog akbar ini sangat penting terkait batalnya kenaikan harga BBM,” kata Sri Wahyuni kepada Republika, Selasa (3/4). Ia mengatakan meski dialog ini bersifat akbar, namun pesertanya terbatas kalangan stakes holders yang dapat menemukan solusi terbaik bagi bangsa ini.

…dst

23 ) Empat Mahasiswa akan Bertarung di Kompetisi Memasak STP Bandung
http://www.pikiran-rakyat.com/node/183039

Selasa, 03/04/2012 – 06:05
BANDUNG, (PRLM).- Sebanyak empat orang mahasiswa Bandung lolos di ajang kompetisi memasak “Chef of The Year” yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Jln.Dr.Setiabudhi No. 186 Bandung, Senin (2/4/12). Mereka adalah Suhardono dari AKPAR, Rangga Prabu Wiguna dari Stiepar Yapari Aktripa, Samuel Rikki Lumban Tobing dan Tri Bima Putra dari STP Bandung. Keempat mahasiswa tersebut akan bertarung untuk menjadi dua besar mewakili regional Bandung untuk berkompetisi di Grand Final yang akan berlangsung di Jakarta. Sebelumnya kompetisi memasak “Chef of The Year” juga berlangsung di Jakarta, Kamis (26/3/12), bertindak sebagai tuan rumah STP Tri Sakti. Acara serupa juga akan dilangsungkan di Surabaya untuk memilih dua orang juara regional.

…dst

24 ) Pembunuh Mahasiswi Telkom Ditangkap
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/482755/

Tuesday, 03 April 2012
BANDUNG – Setelah buron hampir tiga pekan, pelaku pembunuhan Diayu Eritasari, 19, mahasiswi Institut Teknologi (IT) Telkom Bandung berhasil ditangkap Satuan Reserse Kriminal Polres Bandung. Dari tangan pelaku, berinisial IL, 23, petugas menyita barang bukti berupa laptop serta telepon genggam serta sebilah pisau dan gunting yang digunakan untuk menghabisi nyawa korban. Saat ditangkap, pelaku mengakui telah membunuh Ayu, sapaan korban, di kamar kosnya di kawasan Kampung Sukabirus, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung pada 7 Maret lalu.

…dst

25 ) Sekilas dalam negeri
Mantan Menkominfo
Syamsul Muarif Wafat
BBM
BBM Tak Jadi Naik, Harga Telanjur Melambung
Demokrat Yakin Mahfud Setuju BBM Naik
Kasus Nazaruddin
Banggar DPR Disebut Terima Uang Grup Permai
Nazaruddin Tuding Jimly Asshiddiqie
Lagi-lagi, Nazar Disemprot Hakim
Angelina Terlibat Pengaturan Proyek Wisma Atlet
Setelah Nazar, Kapan Giliran Angie?  
Nazaruddin Sebut Proyek Fiktif Merpati
Nazaruddin Dituntut Tujuh Tahun Penjara
Sekilas Luar Negeri
Inggeris
Inggris Perketat Pengawasan Email, Website, dan Telepon
California
Penembakan di Kampus, Tujuh Tewas

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.