1 ) Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un
Anak Guru Besar UNPAR Tewas Ditembak
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/488194/

Saturday, 21 April 2012
BANDUNG – Belum terungkap kasus perampokan yang menimpa Resminta Sriyani, 47, istri perwira TNI AD Kolonel Donal Sitorus, 50, kasus serupa kembali terjadi di Bandung, Jawa Barat. Kemarin giliran Harindaka Maruti, 20, mahasiswa Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, ditembak perampok. Anak dari guru besar Ilmu Hukum Unpar Prof Koerniatmanto tersebut akhirnya meninggal dunia saat dibawa ke Rumah Sakit Borromeus Bandung. Kasus perampokan berawal di kediaman Koerniatmanto, Jalan Cigadung Indah No 68, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler,Kota Bandung. Saat itu rumah hanya dihuni Sri, seorang pembantu rumah tangga. “Pukul 11.00 WIB,saya pergi ke warung,dan pintu terkunci. Begitu saya pulang, di depan rumah ada dua sepeda motor dan tiga pria.Kemudian satu pria keluar dari dalam rumah lalu melarikan diri,” ungkap Sri di lokasi kejadian. Sri yang saat itu tak bisa bermuat banyak lalu menelepon pemilik rumah.Tak lama kemudian, Narni, istri Koerniatmanto, disusul kedua anaknya,Hari dan Danan Daka Mumpuni,24, pun tiba. Setelah isi rumah diperiksa, pelaku diketahui menggondol satu laptop dan uang USD6.000.

…dst

2 ) Delegasi AS Tertarik Program Kuliah Kerja Nyata UGM
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/20/1424595/Delegasi.AS.Tertarik.Program.Kuliah.Kerja.Nyata.UGM

Jumat, 20 April 2012 | 14:24 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Delegasi pendidikan tinggi Amerika Serikat mengunjungi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta untuk menjajaki kemungkinan kerjasama pendidikan. Selain UGM, rencananya delegasi tersebut juga akan bertemu dengan 15 perguruan tinggi Indonesia lainnya. Brook Ross, Managing Director of Indonesia Education Partnership mengatakan bahwa Dewan Kerjasama Indonesia-Amerika untuk Kemitraan Pendidikan Tinggi (Indonesia-US Joint Council on Higher Education Partnership) saat ini telah mengandeng 13 perguruan tinggi di berbagai negara bagian di AS untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta. “Kerjasama antar AS dan Indonesia itu bisa dalam bentuk pertukaran mahasiswa, penelitian bersama dan lainnya,” kata Brook, Jumat ( 20/4/2012 )

…dst

3 ) UGM Buka Program S2 Geografi untuk Guru SMA
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/20/m2s2tt-ugm-buka-program-s2-geografi-untuk-guru-sma

Jumat, 20 April 2012, 19:32 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta membuka program strata dua (S2) bagi guru bidang studi geografi pada jenjang sekolah menengah atas (SMA). “Program itu merupakan wujud komitmen kami terhadap pengembangan sumber daya manusia guru geografi tingkat sekolah menengah atas (SMA),” kata Dekan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), Suratman di Yogyakarta, Jumat (20/4). Suratman menjelaskan, pembukaan program itu bertujuan untuk mempercepat peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia para guru geografi tingkat SMA. Selain itu, kata dia, program yang khusus diselenggarakan untuk guru itu merupakan bagian dari diseminasi dan penyebaran ilmu pengetahuan geografi. Selama ini, masih terdapat gap yang besar antara pengetahuan ilmu geografi di tingkat pendidikan dasar dan menengah dengan ilmu pengetahuan geografi di tingkat perguruan tinggi. “Bagi para guru, program strata dua (S2) geografi sangat berguna untuk pengembangan materi pendidikan dan pengajaran ke depan dan mendukung proses sertifikasi bagi para guru,” katanya.

…dst

4 ) Pusat studi nasional zoonosis didirikan di IPB
http://www.antaranews.com/berita/306929/pusat-studi-nasional-zoonosis-didirikan-di-ipb

Kamis, 19 April 2012 19:59 WIB
Bogor (ANTARA News) – Sebuah pusat studi berskala nasional/internasional dalam bidang zoonosis didirikan di Institut Pertanian Bogor sebagai mitra dari Komisi Nasional Zoonosis. “Meski sekretariatnya berada di IPB, namun pusat studi ini bersifat nasional dengan pendekatan holistik, transdisiplin dan integratif,” kata pakar kesehatan hewan yang juga staf pengajar Fakultas Kedokteran Hewan IPB Prof Dr drh Heru Setijanto di Bogor, Jawa Barat, Kamis. Komisi Nasional Zoonosis pengganti Komisi Nasional Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza. Komnas Zoonosis aktif bekerja usai Komnas Pengendalian Flu Burung berakhir masa tugasnya 13 Maret 2010 Disela-sela seminar nasional zoonosis sekaligus pencanangan Pusat Kajian Pengendalian Zoonosis Nasional yang dibuka Rektor IPB Prof Herry Suhardijanto dan diikuti ilmuwan nasional dan mancanegara, ia menjelaskan bahwa dengan kompetensi yang ada IPB disebutnya memanfaatkan peluang dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10/2011.

…dst

5 ) Menteri Terjebak Korupsi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/488265/38/

MOH MAHFUD MD
Guru Besar Hukum Konstitusi
Saturday, 21 April 2012

Adalah mengejutkan ketika awal pekan ini tibatiba Kejaksaan Agung dan kepolisian mengonfirmasi bahwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari telah ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi di Kementerian Kesehatan yang pernah dipimpinnya. Mengejutkan, karena selama memimpin kementerian itu, Siti Fadilah dikenal sebagai menteri yang vokal,blak-blakan,dan berani. Orang yang berani dan vokal itu biasanya relatif bersih karena kalau tidak bersih sulit untuk berani.Tetapi bukan berarti orang yang pendiam itu tidak bersih. Dalam kenyataannya banyak juga orang pendiam yang bersih, tapi mereka tidak suka ngomong atau tampil secara meledak-ledak. Namun, keberanian dan sikap Siti Fadilah saat menjadi menteri biasanya dimiliki oleh orangorang yang bersih dari korupsi dan kolusi.Apa yang sebenarnya terjadi dengan Siti Fadilah hingga dia jadi tersangka? Kita tentu tak bisa tahu persis apa yang sebenarnya menimpa Siti Fadilah sebab kejaksaan maupun kepolisian belum mengungkap keterlibatannya secara detail.Namun,secara samar- samar kita mendengar dari mediamassa, kesalahan yang disangkakan kepada Siti Fadilah adalah keterlibatannya dalam penunjukan langsung sebuah proyek di kementeriannya.

…dst

6 ) Tim UGM Uji Kendaraan BBG Jarak Jauh
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/21/02545019/tim.ugm.uji.kendaraan.bbg.jarak.jauh

Sabtu, 21 April 2012
Jakarta, Kompas – Tim perekayasa dari Universitas Gadjah Mada menguji coba kendaraan berbahan bakar compressed natural gas untuk menempuh perjalanan sejauh 600 kilometer dari Yogyakarta ke Jakarta. Dengan kendaraan jenis sedan, Tim Semar dari Fakultas Teknik Mesin dan Industri UGM, Jumat (20/4), tiba di pelataran parkir Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Pada paparan di depan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta, Ketua Tim Yayan Sentanuhady menjelaskan, penggunaan compressed natural gas (CNG) lebih hemat 30 persen dibandingkan premium. Dengan tangki CNG berkapasitas 16 liter skala premium, mobil berkapasitas 1600 cc dapat mencapai jarak 224 km atau sepertiga perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta. Sejak dikembangkan tahun 2009, kata Yayan, dicapai beberapa peningkatan pada konverter, yakni menurunkan tekanan gas dari 200 bar menjadi 2 bar-3 bar sebelum masuk ke bagian injeksi dan manipol. Penurunan tekanan dicapai dengan merancang sistem injeksi gas ke mesin dengan katup tiga tingkat. Dengan demikian, tekanan diturunkan secara bertahap. Untuk pengamanan, dipasang material yang dapat meleleh untuk mengurangi tekanan dan mengeluarkan gas agar tak terjadi ledakan. Menurut Yayan, gas metana berpotensi dikembangkan sebagai bahan bakar transportasi. Beberapa keunggulan gas metana, adalah emisi gas buang lebih bersih daripada bensin dan harga lebih murah 45 persen dibandingkan bensin.

…dst

7 ) Politeknik Negeri Gelar Ujian Masuk Nasional
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/21/02464856/politeknik.negeri.gelar.ujian.masuk.nasional

Sabtu,21 April 2012
Jakarta, Kompas – Politeknik negeri akan menerapkan seleksi ujian masuk mahasiswa baru secara nasional. Nantinya, calon mahasiswa di seluruh Indonesia bisa memilih politeknik di daerah lain seperti yang berlaku dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri.”Tidak jauh beda dengan yang ada di perguruan tinggi negeri,” kata Bambang Wasito Adi, Direktur Politeknik Media Kreatif Negeri (PoliMedia) Jakarta, Kamis (19/4). Pendaftaran ujian masuk politeknik negeri (UMPN) dibuka hingga 7 Juli 2012. Pelaksanaan ujian pada 14 Juli. Ada ujian gambar untuk program studi tertentu. Adapun pengumuman lulus dilaksanakan pada 18 Juli. Tipri Rose Kartika, Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PoliMedia Jakarta, mengatakan, UMPN diikuti 33 politeknik negeri. Pembuatan soal dilakukan tim secara nasional. Peserta dapat memilih program bidang nonrekayasa dan rekayasa (SMA/MA jurusan IPA), sedangkan non-IPA hanya bisa memilih bidang nonrekayasa. Harga formulir pendaftaran Rp 200.000 untuk satu pilihan program studi dan Rp 250.000 untuk dua program studi. “Peserta bisa memilih politeknik di luar daerahnya. Ada forum direktur yang akan memutuskan calon mahasiswa yang diterima lintas daerah,” kata Tipri. Menurut dia, porsi penerimaan mahasiswa baru lewat jalur UMPN di PoliMedia mencapai 60 persen. Adapun yang lewat jalur penelusuran minat dan kemampuan porsinya 40 persen.

…dst

8 ) Beasiswa Belajar di Turki, Santri Harus Hafal Juz’ Amma
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/20/15552844/Beasiswa.Belajar.di.Turki.Santri.Harus.Hafal.Juz.Amma

Jumat, 20 April 2012 | 15:55 WIB
KOMPAS.com – Kementrian Agama Republik indonesia bekerja sama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-Turki (United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey) menawarkan program beasiswa belajar di pesantren Turki bagi para santri Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan Qira’atil Qur’an dan Tahfidzul Qur’an; memberikan pendidikan Bahasa Arab dan Bahasa Turki; dan ketiga, memberikan pendidikan Fiqih dan Akidah Islamiyah. Terdapat dua program beasiswa yang diberikan, yaitu Program tahfidz Al-Quran dan Bahasa, serta program Bahasa. Untuk program tahfidz Al-Quran diutamakan untuk peserta yang minimal telah menghafal Al-Quran Juz Amma. Sementara itu untuk program bahasa, diperuntukkan bagi peserta yang telah menghapal Al-Quran 30 juz.

…dst

9 ) Sertifikasi Guru Dipercepat
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/488073/

Saturday, 21 April 2012
SEMARANG– Sekretaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jateng Muhdi menginformasikan tahun ini jadwal proses sertifikasi guru dipercepat. Kebijakan ini dimaksudkan agar pemerintah dapat menghitung pasti guru bersertifikasi sehingga pembayaran tunjangan dapat lebih cepat diberikan. “Tahun ini September semua harus sudah selesai. Kemudian segera dapat ditindaklanjuti dengan penerbitan NRG (nomor registrasi guru) bagi guru yang sudah lolos sertifikasi.Dengan begitu,pembayaran dapat langsung diberikan mulai awal 2013,”kata Muhdi kemarin. Mulai 2012 memang ada penambahan kebijakan pada proses sertifikasi, seperti diberlakukannya ujian kompetensi awal (UKA) sebagai salah satu proses sertifikasi yang harus diikuti.” UKA kan sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu dan saat ini guru yang lulus UKA harus mempersiapkan diri ikut Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Untuk mengikuti PLPG,mereka akan ikut di Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK) sesuai rayon masing-masing,”paparnya. Rektor IKIP PGRI Semarang itu menambahkan, kampusnya sebagai LPTK rayon 39 yang membawahi wilayah Demak, Kudus, Jepara, Pati, dan Rembang akan memulai pelaksanaan PLPG pada pekan pertama Mei mendatang.

….dst

10 ) Peringatan Hari Kartini di Berbagai Daerah
http://berita.liputan6.com/read/390993/peringatan-hari-kartini-di-berbagai-daerah

21/04/2012 07:10
Liputan6.com, Surabaya: Menyambut Hari Kartini, SD Al-Azhar, Syifa Budi, di Sidosermo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (20/4), menggelar acara khusus. Selain mengenakan aneka busana daerah, para guru dan siswa juga menggelar peringatan hari lahir pahlawan emansipasi wanita asal Jepara itu, dalam balutan nuansa Jawa. Sementara nun jauh di Desa Skipi, Lampung Utara, Hari Kartini tak terpikirkan oleh perempuan warga desa tersebut. Mereka sibuk dengan aktivitas keseharian mencari dan memecah batu demi menopang kehidupan keluarga masing-masing. Kemiskinan telah memaksa Syaodah dan rekan sedesanya tidak dapat mengenyam pendidikan sebagaimana yang diperjuangkan Kartini. Karenanya ia kini hanya bisa bekerja sebagai pemecah batu yang hasilnya untuk menambah penghasilan meski diakuinya tak seberapa.

…dst

11 ) Semangat Kartini dan Ekofeminisme
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/20/367/615402/semangat-kartini-dan-ekofeminisme

Jum’at, 20 April 2012 18:19 wib
“DOOR duisternis tot licht” yang dalam bahasa Indonesia “Habis gelap terbitlah terang” adalah suratan RA Kartini kepada sahabat-sahabat penanya di Belanda. Catatan tersebut merupakan cita-cita, harapan, dan pemikiran RA Kartini melawan bentuk kesewenangan dan penindasan terhadap harkat wanita pribumi (Jawa) yang selalu mendapatkan perlakuan diskriminatif secara kultural. Pemikiran yang lahir dari rahim perempuan Jawa yang mencoba memperjuangkan hak perempuan pribumi ini pun menginspirasi pergerakan wanita Indonesia untuk mencapai harkat yang `setara dengan laki-laki’. Gerakan yang akhirnya menjadi faham feminis ini memberikan perubahan revolusioner pada cara pandang dunia terhadap kaum perempuan. Wanita yang dulu hanya berperan dalam sektor domestik mampu menunjukkan eksistensinya dalam ranah publik. Hingga tak ayal banyak kita jumpai wanita menduduki posisi penting, baik di sektor birokrasi sampai swasta.

…dst

12 ) Keadilan untuk Pak Raden
http://www.antaranews.com/berita/307029/keadilan-untuk-pak-raden

Jumat, 20 April 2012 11:51 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Tak mudah memang mencari rumah Drs. Suyadi atau yang lebih akrab disapa Pak Raden. Bagaimana tidak, rumahnya ada di gang sempit di daerah Petamburan, Slipi. Sungguh tak mencerminkan kebesaran nama Pak Raden yang melekat pada Suyadi, sang pencipta karakter Unyil yang terkenal ke seantero negeri, dan bertahan lebih dari dua dekade. Rumah bernomor 27 di RT 003 RW 04 gelap dan kusam. Halamannya yang tidak seberapa dipenuhi kaleng cat dan sisa-sisa kayu untuk membuat boneka. Kesan penuh juga ada di ruang tamu. Berbagai lukisan berekamkan cerita-cerita pewayangan dan boneka-boneka ciptaan Suyadi si Pak Raden, memenuhi ruang itu. Tumpukan buku menghiasi sudut rumah pria yang pernah menjadi pengajar seni ilustrasi di Institut Teknologi Bandung itu.Jauh dari karakter suaranya dulu yang memesankan seorang gagah nan angkuh bersuara besar, sosok asli Pak Raden kini jauh dari itu.Tubuhnya sudah tidak lagi sekuat dulu. Umurnya sudah menginjak umur 80 pada 28 November nanti. Dia pun sakit-sakitan.

…dst

13 ) Sekilas dalam Negeri
Kasus Wina Nidaul
Kasus Nazar
Sekilas Luar Negeri
Iran
Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.