Mari Update Riwayat Pendidikan Anda Saat ini juga ! Jangan Tunggu Sampai Sudah Butuh Baru Panik!

Sangat prihatin saya perhatikan Data Dosen di http://forlap.dikti.go.id/dosen banyak yang data dasarnya sudah menunjukkan Pendidikan S2 atau S3 tapi di file dosen submenu riwayat pendidikannya kosong melompong, ini sangat merugikan karir dosen ke depan, karena untuk usulan beasiswa, serdos dan kenaikan jabatan/pangkat dosen riwayat pendidikan merupakan salah satu komponen yang menentukan keberhasilan usulan. Pernah ada beberapa calon pengusul GB dan LK sudah lama mengusulkan kenaikan jafung tak pernah berhasil, selalu ditolak padahal berkas pendukung sudah lengkap, terakhir mereka baru sadar, letak kegagalan usulan mereka ada di PDPT, yang mana di submenu Riwayat Pendidikan mereka tidak update, gimana mau mengusulkan GB yang mewajibkan S3 pada saat riwayat pendidikan di forlap/pdpt menunjukkan S1. Alhamdulillah setelah mereka menyadarinya dan segera lengkapi riwayat pendidikan di forlap sudah berhasil peroleh yang mereka usulkan.

Saya perhatikan di salah satu kopertis bertumpuk ratusan usulan riwayat pendidikan yang belum valid, jangankan disetujui Dikti yang sudah valid dan diajukan operator kopertis = nol.  Muncul pertanyaan di hati apakah operator kampus atau operator kopertis yang belum memahami proses ajuan riwayat pendidikan ? maka saya pandang perlu beri sedikit panduan semoga bermanfaat untuk operator atau dosen yang membutuhkannya.

File Pendukung untuk ajuan Riwayat Pendidikan:

– Ijazah
– Transkrip Nilai
– SK penyetaraan bagi lulusan Luar Negeri

Diajukan oleh Operator kampus tempat mengabdi, sepanjang tahun boleh diajukan, validasi oleh operator kopertis bila dosen Yayasan, approval oleh operator Dikti.

Cara mengajukan usulan:

1 )  Operator kampus login http://forlap.dikti.go.id

2 )  Klik Perubahan Data Dosen (PDD) di Menu Diktendik

3 )  Klik Buat Usulan Baru yang ada di kanan atas

4 ) Masukkan nama atau NIDN dosen yang akan diajukan ke Cari Dosen

5 )  Setelah tampil klik Riwayat Pendidikan yang terdapat di submenu Horizontal

6 )  Klik Edit yang terdapat di Kotak Aksi

7 )  Akan tampil format isian seperti ini:

Screenshot239

8)  Lengkapi Format isian ini dengan baik-baik, bagi yang riwayat ijazahnya kosong maka harus diisi mulai dari S1, nanti baru dilanjuti dengan data S2.

9 )  Setelah sudah lengkap diisi klik simpan

10 ) Apabila berhasil, akan keluar tulisan  ” Sukses! Usulan perubahan riwayat pendidikan dosen berhasil disimpan. Silakan upload dokumen pendukung usulan Anda lewat menu Manajemen Usulan PDD. ” Di bawah tulisan Riwayat Pendidikan Dosen

11 ) Klik Manajemen Usulan PDD yang terdapat di kanan atas, akan tampil laman Manajemen PDD-Data Pokok

12 ) Klik submenu Riwayat Pendidikan yang terdapat di sebelah kiri laman

13 ) Klik Kota Detail Usulan yang terdapat di kotak Aksi (kotak kecil paling kiri )

14 ) Klik File Pendukung untuk upload dokumen, akan tampil gambar seperti ini:

Screenshot238

15 ) Upload ijazah dan transkrip nilai sesuai usulan kita (bila sedang mengajukan usulan S1 ya upload yang S1)

16 ) Periksa apakah hasil upload sudah benar, kalo ada kesalahan masih bisa hapus dan upload ulang. Bila sudah ok klik Manajemen Usulan PDD yang terdapat di kanan atas untuk kembali ke laman Manajemen PDD-Riwayat Pendidikan Dosen.

17 ) Klik kotak kecil nomor 2  di kotak aksi untuk diajukan

18 ) Bagi yang ingin update jenjang pendidikan lain, umpamanya yang tadi S1, ini mau lanjut upload yang S2 silakan klik Buat Usulan Baru di Sudut kanan

19 ) Masukkan nama dosen atau NIDN ybs

20 ) Setelah tampil klik lagi submenu riwayat pendidikan

21 ) Di sebelah kiri di bawah biodata umum ada tulisan Biru ” TAMBAH BARU” diklik aja akan keluar format isian

22) dan seterusnya silakan lakukan langkah nomor 8 s/d nomor 17 dengan data jenjang pendidikan yang ditambah (umpamanya S2 atau S3)

23 ) Setelah data di ajukan, bagi usulan dari PTS masih perlu menanti valdasi kopertisnya, yang valid akan diteruskan ke Dikti untuk disetujui, bagi yang tak valid akan dikembalikan untuk dilengkapi. Tampilan laman kesimpulan di kopertis seperti ini:

Screenshot_18

Semoga bermanfaat , Salam, Fitri.

Bagikan :
  •  
  • 63
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    63
    Shares
 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.