Update Status Kemahasiswaan di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, selain terarsip biodata dosen juga tersimpan data para mahasiswa yang lulus terhitung sejak periode akademik 2003-2004. Para lulusan penting cek apakah status mahasiswa mereka sudah sesuai/update ? apakah sudah terupdate LULUS atau masih tercantum AKTIF bagi yang sudah lulus, itu penting untuk karir ke depan, baik bagi yang berminat peroleh kesempatan  serdos atau beasiswa, yang mana status kemahasiswaan turut jadi penentu.

Cara ceknya klik http://forlap.dikti.go.id/ di menu horizontal PENCARI DATA, klik Profil Mahasiswa yang paling bawah akan muncul tampilan ini:

Screenshot_48

Masukan nama perguruan tinggi dan  nama mahasiswa atau NIM ke kata kunci, lalu klik cari mahasiswa akan keluar biodata mahasiswa anda.

Sebagai contoh saya ambil kasus dinda Zulkifli, adik ini sudah lulus S1 di UIT tahun  dan S2 di UIT tahun , tapi penampilan Status Mahasiswa Saat Ini tertera AKTIF (seharusnya LULUS), kekeliruan ini menyebabkan adik ini gagal lolos seleksi BPPDN program S3 2014 karena dianggap Dikti belum lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya, perlu dipahami rujukan resmi Dikti adalah data yang terdapat di PDDikti.
Screenshot244
Screenshot243

Jadi bagaimana solusinya ?

Baik mari kita ajukan Perubahan Data Mahasiswa melalui forlap.dikti.go.id yang tentunya perlu ajuan oleh operator asal dan validasi operator kopertis (bagi dosen yayasan) baru diteruskan ke Dikti untuk diproses hasilnya (disetujui atau ditolak atau ditangguhkan)

Ok ini tahap yang perlu dilaksanakan operator PT Penerbit Ijazah (kalo dik Zul lulus di UIT ya diajukan oleh operator UIT):

1 ) Login laman PT yang terdapat di forlap.dikti.go.id

2 ) Setelah login akan nampak laman ini, klik menu Kemahasiswaan akan nampak penampilan ini:

Screenshot252

3 ) Klik Data Mahasiswa, selelah tampil masukkan nama atau NIM dosen ybs akan muncul tampilan seperti ini (sudah dilengkapi NIM, nama, jenjang, nama PT dan kotak aksi ) :

Screenshot253

 

4 ) Klik di tulisan edit yang terdapat di kotak aksi akan keluar format isian, isilah dengan cermat, semua yang ada tanda bintang merah wajib diisi (nama ibu kandung, tanggal masuk, tanggal lulus, tanggal lahir, jenis kelamin jangan salah klik,  kota tempat tinggal) yang tidak ditandai bintang merah boleh diisi atau tidak diisi. YANG PALING PENTING JANGAN LUPA SET STATUS MAHASISWA KE  LULUS ) dan jangan tak pilih jenis kelamin.

Screenshot245
Screenshot246

5 ) Setelah lengkap diisi, klik ajukan, kalo berhasil akan keluar tulisan ” Proses sunting data mahasiswa berhasil ” di bawah NIDN dan Nama pengusul. (hati-hati selalu ada tanda – di kotak nama ibu kandung harus dihapus dulu baru isi nama ibu kandung, begitu juga kota tempat tinggal kata ” tidak ada”  itu dihapus dulu.

6 )  Klik Menu horizontal Kemahasiswaan dan pilih Perubahan Data Mahasiswa, akan keluar tampilan ini:

Screenshot247

7 )  Menuju kotak aksi klik kotak kecil paling kiri (detil usulan) akan keluar detail perubahan data dan file pendukung, ingat upload file maksimal 500 KB dengan format pdf, dan jangan lupa tulis NOMOR SURAT (KTP, IJAZAH) setiap upload KTP dan Ijazah.  Berkas yang wajib upload KTP, Ijazah dan Transklip.
.Screenshot251
8 )  Bila sudah berhasil upload ketigas dokumen tsb sudah nampak di nomor 1, 2 dan 3 lengkap nomor surat (kalo ada kesalahan masih bisa hapus di upload kembali) klik manajemen usulan PDM di sudut kanan atas.

9 ) Akan keluar tampilan ini:

Screenshot247

10 ) Dik Kotak Aksi ada 3 kotak kecil, kalo semua sudah ok klik kotak nomor dua DIAJUKAN, itu akan langsung terkirim ke laman Kopertis (bagi usulan PTS) atau Dikti (oleh usulan PTN), di laman kopertis, operator akan validasi dengan menambah keterangan di laman kesimpulan dengan status valid atau tidak valid atau ada kecurangan (black list) yang akan kelihatan di laman PT pengusul, kalo tidak valid atau ada kecurangan juga akan ada penjelasan operator kopertis yang tampil di kolom keterangan:

Screenshot250

11 ) Menanti validasi kopertis dan approval dari Dikti. Semoga berhasil diusulkan, aamiin.

12 ) Ulangi langkah ini dari nomo 1 sampai nomor 10 untuk ijazah S2.

Setelah selesai silakan lakukan Update Riwayat Pendidikan Dosen bagi yang tak update di PDDnya dengan merujuk penjelasan saya sebelumnya di :

Diajukan oleh Operator kampus tempat anda mengabdi saat ini, kalo dosen yayasan harus melalui validasi kopertis setelah diajukan oleh operator kampus, baru kemudian diproses Dikti.

Ayo Update Riwayat Pendidikan Anda, saat ini juga 

13 ) Bagi yang tidak peroleh respon baik dari kopertisnya silakan copy usulannya dan diteruskan ke forlap/PDPT Diktendik Dikti yang alamat emailnya terdapat di helpdesk  http://forlap.dikti.go.id/

Helpdesk PDDIKTI

http://tanya.dikti.go.id/

Screenshot_47

 

Bagikan :
  •  
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.