1. Username dan password forlap

Account di laman Forlap.dikti.go.id diperuntukan hanya untuk operator PD Dikti di lingkungan PTN/PTS, account tersebut akan otomatis diberikan saat pendirian PTN/PTS, dimana operator tersbut sudah ditentukan oleh PImpinan PTN/PTS. Dan selain itu tidak mendapatan account login.

Bagi operator yang kehilangan username, bila operator PTS silakan ajukan surat permintaan password ttd pimpinan PT ke Kopwil. Bila operator PTN langsung dikirimkan ke dikti atas nama Ses Ditjen DIKTI.

2. NIDN tidak terdata di SIMLITABMAS

Itu karena SIMLITABMAS belum lakukan sinkronisasi data dosen, bisa diatasi dengan cara:
1. Minta operator lemlit/LPPM login laman simlitabmas, di situ ada menu pesan…
kirim pesan ke bag IT untuk sinkronisasi data…berkasnya hasil cetak kartu dosen atau biodata yang didapat dari forlap, bisa minta operator forlap bantu cetak.
2. atau dosen sendiri yang email ke simlitabmas@dikti.go.id, beritahukan nama lengkap, institusi asal, NIDN, dan hibah yang akan didaftar, minta bantuan sinkrionisasi data. Lampirankan hasil cetak kartu dosen atau biodata di forlap.

Layanan Litabmas lumayan bagus, 1-2 hari sudah bisa peroleh jawaban dan nidn langsung terkoneksi dengan simlitabmas.

3. Kewajiban Pelaporan dengan Aplikasi Feeder

Untuk periode 2014-1 PT masih diberikan kesempatan untuk memilih jenis pelaporan menggunakan EPSBED atau PD DIKTI Feeder. Jika ingin menggunakan Feeder. Silahkan Bapak/Ibu meminta akses ke Admin Dikti (PTN) atau Kopertis (PTS) untuk membuka akses sinkronisasi ke Perguruan Tinggi Bapak/Ibu. Dengan melampirkan surat permohonan (format dapat didownload di forlap.dikti.go.id)

Pelaporan boleh dilakukan dua2nya, per prodi maupun seluruh prodi.

4. Bagaimana kami mendapatkan file prefill dan kode registrasi ?

  • User terlebih dahulu login pada halaman forlap.dikti.go.id.
  • File prefill dan kode registrasi didapatkan dari menu Sinkronisasi-> Generate Prefill.
  • Jika kode registrasi belum ada, silahkan melakukan update kode.
  • Kemudian lakukan generate prefill , tunggu sampai proses selesai dan siap didownload.
  • Download prefill dan letakan file tersebut pada direktori C:\prefill_pddikti, Jalankan aplikasi feeder versi 1.1 yang sudah diinstall.
  • Generate data awal dengan menggunakan Kode Registrasi yang telah didapatkan dari forlap.dikti.go.id.
  • Login dengan menggunakan username dan password yang digunakan pada saat login di forlap.dikti.go.id.

5. Langkah Kode Registrasi dan  Generate Prefill

Yth Bapak / Ibu Operator PT,

Silahkan mengikuti tahapan sebagai berikut : 
1. Update kode registrasi pada forlap.dikti.go.id (jika kode registrasi masih kosong)
2. Lakukan generate prefill , tunggu sampai proses selesai dan siap didownload
3. Download prefill dan letakan file tersebut pada direktori C:\prefill_pddikti
4. Jalankan aplikasi feeder versi 1.1 yang sudah diinstal
5. Silahkan eksekusi data prefill dengan menggunakan Kode Registrasi yang telah didapatkan dari forlap.dikti.go.id
6. Login dengan menggunakan username dan password yang digunakan pada saat login di forlap.dikti.go.id

note:
jika prosenya generate prefill selanjutnya update kode registrasi, maka ketika push data awal akan gagal. Mohon lakukan langkah diatas secara berurut.

6. Bagaimana cara mengakses web service ?

Untuk webservice bisa mengakses di url :

  1. http://localhost:8082/ws/sandbox.php(database coba).
  2. http://localhost:8082/ws/live.php (database live).

mohon mengikuti panduan untuk penggunaan webservice yang disediakan oleh “http://forlap.dikti.go.id/files/feeder” dan download file pendukung “Mapping Webservice vs ESPBED”.

Note:

Khusus http://localhost:8082/ws memang muncul error
Tapi untuk http://localhost:8082/ws/live.php seharusnya muncul tampilan wsdl
Untuk memperbaharui web service, aplikasi feeder ada fitur update secara online.
Silakan akses menu Setting > Sandbox kemudian tekan tombol “Update Aplikasi Web Service”, setelah itu dicoba lagihttp://localhost:8082/ws/live.php

Panduan Aplikasi Feeder bisa unduh di SINI

7. Cara memindahkan instalasi Feeder ke Laptor/Komputer Lain

Berikut langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk memindahkan instalasi Feeder dari satu komputer ke komputer lain 

1. Pastikan akses sinkronisasi sudah dibuka (melalui surat permohonan via Kopertis / Dikti)
2. Lakukan sinkronisasi online untuk semua data pastikan hasil sinkronisasi telah berhasil sync ke Dikti / Forlap
3. Uninstall Aplikasi Feeder di komputer Asal, Hapus folder2 terkait
4. Install Aplikasi Feeder di komputer Tujuan / Baru. dan lakukan proses Generate Prefill baru (lewat Forlap)
5. Lakukan Push Prefill ke Instalasi Feeder yang baru
6. Login dengan user & password sesuai forlap ke aplikasi Feeder baru
7. Data2 PT anda seharusnya sudah masuk kembali

Prosedur ini memakan resource dan waktu yang cukup signifikan sehingga disarankan tidak dilakukan berulang kali, kecuali jika ada kerusakan fatal pada komputer asal.

Terimakasih

8. Cara Menambah Hak Akses User Feeder

Bapak/Ibu Operator PT, 

Untuk penggunaan aplikasi Feeder, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut : 
1. Install Aplikasi Feeder pada Komputer Server PT, sehingga user dapat akses aplikasi feeder melalui jaringan lokal kampus dengan menggunakan IP server
   contoh : http://192.168.1.1:8082 
2. Untuk menambahkan Hak Akses User Prodi, maka admin PT harus mendaftarkan ke forlap.dikti.go.id dengan cara :
   a. Login sebagai admin PT
   b. Akses menu Manajemen -> Setting Akses -> User
   c. Daftarkan User Prodi dan tambahkan role user 
3. Lakukan sinkronisasi online melalui aplikasi Feeder 

Terima Kasih

Note: Halaman forlap hanya dapat diakses oleh Admin PT saja, sedang untuk feeder dapat di akses oleh Admin PT dan Admin Prodi. Hak Akses User Prodi masih dalam pengembangan oleh Tim Dikti,sehingga data yang dikelola oleh user prodi saat ini masih sama tampilannya dengan data yang dikelola oleh admininstrator PT. 

9. Cara Mengakses Web Service Feeder
?Selamat pagi

Untuk webservice bisa di akses url :
1. http://localhost:8082/ws/sandbox.php (database coba)
2. http://localhost:8082/ws/live.php (database live) 

mohon mengikuti panduan untuk penggunaan webservice yang disediakan oleh http://forlap.dikti.go.id/files/feeder dan download file pendukung ” Mapping Webservice vs ESPBED”. 
?
Terima Kasih

10. Impor data

Untuk dapat import data melalui fitur webservice, maka silahkan baca panduan webservice di halaman publik forlap.dikti.go.id pada menu download.

11. Impor Data Mahasiswa

Saat ini untuk metode pemasukan data selain input di Aplikasi Feeder hanya difasilitasi melalui Web Service

Untuk webservice bisa di akses url :
1. http://localhost:8082/ws/sandbox.php (database coba)
2. http://localhost:8082/ws/live.php (database live)

mohon mengikuti panduan untuk penggunaan webservice yang disediakan oleh http://forlap.dikti.go.id/files/feeder dan download file pendukung ” Mapping Webservice vs ESPBED”.

12. Cara Penggunaan  patch V1.1 #20150206

Yth Bapak/Ibu Operator PT

DIKTI telah merelease patch #20150206 untuk mengatasi problem Prefill di aplikasi feeder v.1.1.  

Bpk  / Ibu Operator dimohon mendownload patch tersebut dan melakukan instalasi patch, jika sukses silahkan mencoba untuk melakukan eksekusi file prefill. 

File patchnya bisa di download di halaman forlap.dikti.go.id, pada menu Download->Download Installer Aplikasi PDDIKTI atau bisa unduh di SINI

Catatan : 
Patch pada halaman forlap hanya untuk aplikasi Feeder versi 1.1 

Terima Kasih

13. Cara Membuka Ijin/Akses Sinkronisasi 

Bapak/Ibu Operator ysh,

Silahkan Bapak/Ibu meminta akses ke Admin Dikti (PTN) atau Kopertis (PTS) untuk membuka akses sinkronisasi ke Perguruan Tinggi Bapak/Ibu. Dengan melampirkan surat permohonan (format dapat didownload di forlap.dikti.go.id)

Terima Kasih

14. Cara Konvers Nilai Mahasiswa Transfer

Yth.Bapak/Ibu operator PT. 

Silahkan mengikuti tahap – tahap mengisi nilai mahasiswa transfer berikut ini : 
1. Buatlah matakuliah baru sesuai dengan rincian dari Transkip Mahasiswa Transfer tersebut ( Menu Perkuliahan -> Matakuliah)
2. Tambahkan matakuliah tersebut ke Kurikulum yang berlaku ( Menu Perkuliahan -> Kurikulum) 
3. Masukkan Nilai Transfer mahasiswa ( Menu mahasiswa (pilih Mhs Transfer tersebut) -> tambahkan nilai transfer) 
4. Inputkan kode MK, Mata kuliah asal ( sesuai transkip), Nilai Huruf asal, matakuliah Diakui ( Matakuliah yang telah diinputkan sebelumnya), Nilai huruf diakui, nilai angka diakui). 
5. Simpan Nilai.  

15. SKS  yang Diakui

Data yang belum valid dikarenakan data tersebut merupakan Mahasiswa Pindahan yang “sks diakui masih berisi 0”, sehingga untuk itu mohon mengikuti langkah – langkah berikut ini :

1. Download Patch v1.1 Rev B di forlap.dikti.go.id dan install Patch tersebut dikomputer.
2. Jalankan aplikasi Feeder dan akses menu Setting -> Validasi ( tab Valid Mahasiswa)
3. Catat mahasiswa dengan status Pindahan dan sks diakuinya masih 0
4. Cari data mahasiswa tersebut pada menu Mahasiswa
5. Ubahlah History Pendidikan mahasiswa dan Isikan kolom “SKS Diakui”
contoh terlampir.

*note : Ikuti dengan berurutan sesuai tahap diatas.

16. Pengisian Nilai Mahasiswa Pindahan

Bapak/Ibu Operator PT Yth, 

Untuk mengisi nilai mahasiswa pindahkan, maka tahap yang harus dilakukan adalah : 
1. Sebelum memasukan nilai transfer dan jadwal perkuliahan maka harus membuat kurikulum pada menu Perkuliahan -> Kurikulum
2. Mengisikan matakuliah yang digunakan pada kurikulum tersebut
3. Masukkan Nilai pada menu detail mahasiswa -> Nilai Transfer

Silahkan dicoba
Terima Kasih

Note: Untuk tabel nilai mahasiswa transfer pada webservice, saat ini masih belum tersedia. Untuk itu nillai mahasiswa transfer dapat diinputkan melalui Aplikasi Feeder PDDikti.

17. Cara Input Nilai di Aplikasi Feeder 1.1

1. Silahkan bapak/ ibu operator login pada aplikasi Feeder sbg administrator
2. Ikuti petunjuk panduan Aplikasi Feeder dari Menu Download di http://forlap.dikti.go.id/
3. Akses menu Perkuliahan -> Nilai kuliah ( pilih periode 2014/2015 ganjil)
4. Isikan nilai mahasiswa pada matakuliah yang ada pada periode tersebut.

Note: Data yang dapat diubah adalah data yang masuk pada periode berlaku di Perguruan Tinggi saat ini. Misalnya, periode berlaku 201/2014 ganjil maka yang dapat diubah adalah data mahasiswa pada 2013/2014 ganjil, jika data sudah lampau maka tidak dapat diubah, Hal ini sesuai ketentuan dari DIkti.

Untuk Input nilai mahasiswa, silahkan dapat mengikuti tahap – tahap berikut ini :
1. Tambahkan skala nilai pada menu Pelengkap -> Skala Nilai
2. Masukkan Nilai Mahasiswa dengan memasukan Nilai angka & Nilai Huruf (refensi dari menu skala nilai)
Silahkan dicoba.

Terima Kasih

18. Mahasiswa Ganda

Terkait dengan data ganda yang ada pada menu validasi -> tab mahasiswa ganda. Jika data mahasiswa teridentifikasi ganda dan seharusnya hanya ada satu data mahasiswa ybs, maka bapak/ibu bisa langsung menghapusnya di menu mahasiswa. Namun jika memang sebenarnya data mahasiswa ybs ganda, maka tidak perlu dihapus.

19. Prosedur perubahan data mahasiswa:
1. ybs mengajukan permohonan perubahan data kepada operator di PT ybs
2. operator PT akan melakukan pengajuan perubahan data melalui aplikasi di laman forlap
3. approval dari admin forlap

20. Hapus Data Mahasiswa

Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Kompleks Kemdikbud, Gedung D Lantai 9
Jl. Pintu Satu, Senayan, Jakarta
10270

21. Pengisian Nilai semester 2014/2015 semester ganjil

1. Silahkan bapak/ ibu operator login pada aplikasi Feeder sbg administrator
2. Ikuti petunjuk panduan Aplikasi Feeder dari Menu Download di http://forlap.dikti.go.id/
3. Akses menu Perkuliahan -> Nilai kuliah ( pilih periode 2014/2015 ganjil)
4. Isikan nilai mahasiswa pada matakuliah yang ada pada periode tersebut.

22. Pesan Error: An Error Occurred When Push Prefill

Bapak/Ibu Operator,

Silahkan cek di services apakah servis PDDIKTIDB sudah berjalan (start), apabila belum silahkan lakukan langkah-langkah berikut :

1. Unistall feeder.
2. Install lib microsoft vc90 atau download dari link berikut.
3. Install feeder v 1.1 (Run as Administrator).
4. Install patch (Run as Administrator).
5. Pastikan servis PDDIKTIDB sudah berjalan (start).
6. Silahkan eksekusi data prefill kembali.

Terima kasih

23. Pesan Error : Gagal Push Prefill: ” Maaf Beberapa Data Tak Masuk “

Yth. Bapak/Ibu Operator,

Kami telah melakukan perbaikan, silahkan mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Install Patch terbaru.
2. Generate Prefill baru (jangan download yang sudah ada).
3. Jika file hasil download ada akhiran seperti (1) atau (2) silahkan dihapus.
4. Letakan file prefill di c:/prefill_pddikti/
5. Silahkan eksekusi prefill menggunakan feeder.

Terima kasih

24. Pesan Error : ” File Prefill Tidak Ditemukan

Silahkan untuk generate ulang data prefillnya tanpa update kode registrasi. Selanjutnya download prefill dan lakukan push data awal  pada aplikasi Feeder.

25. Mengapa pengisian data prefill pada feeder gagal ?

Pengisian data prefill gagal bisa disebabkan banyak hal.

  • File prefill tidak ditemukan. Silakan cek Kode Registrasi. Peringatan ini bisa disebabkan karena belum mengopykan file prefill ke direktori C:\prefill_pddikti. Jika masih tetap gagal, maka memang kode registrasi yang salah, sehingga diharapkan melakukan update kode dan generate data prefill lagi.

Silahkan mengikuti tahap-tahap sebagai berikut ini : 
1. Download prefill dan letakkan pada c:\prefil.
2. Jalankan aplikasi Feeder v1.1 
3. Lakukan push data awal dgn kode registrasi yang terbaru. 
Jika kode registrasi diupdate kembali, maka prefill harus digenerate ulang juga pak. Sehingga kode registrasi tersimpan pada Prefill tersebut. Apabila yang terjadi, prosesnya adalah download prefill kemudian update kode, maka ketika push prefil akan gagal.  Silahkan mencoba generate ulang prefill pada forlap.dikti.go.id tanpa update kode registrasi. 

26. Mengapa proses instalasi patch terhenti pada ‘Proses Update Struktur Database ?

Untuk dapat melakukan proses install patch, mohon melakukan click kanan pada patch kemudian ‘run sebagai administrator’.

27. Mengapa tidak bisa login pada feeder ?
  • Pastikan registrasi data prefill sudah sukses.
  • Kemudian login dengan menggunakan username dan password yang digunakan pada saat login di forlap.dikti.go.id

28. Perlukah generate terus ?

Mohon petunjuk/langkah-langkah sehubungan dengan masalah:

1. beberapa kali berusaha generate selalu keluar kalimat “Terjadi kesalahan dalam pengambilan data” apa maksudnya ?

2. file prefill yang telah dicopy setiap kali log out hilang, mengapa ?

3. Apakah dalam setiap kali log in PDDikti harus dilakukan melalui data awal, terus generate dulu, isi kode registrasi, baru login, atau bagaimana seharusnya ?

Bapak/Ibu Operator ysh,

1. Silahkan clear cookies di browser Anda.
2. File prefill akan hilang apabila feeder sudah berhasil mengeksekusinya.
3. Tidak perlu, prefill hanya dilakukan sekali. Kecuali dalam keadaan tertentu, semisal komputer terformat dan semua data hilang, maka silahkan prefill kembali.

29. Uninstall aplikasi Feeder v.1.0

Penggunaan patch yang  di download di halaman forlap.dikti.go.id adalah patch yang khusus untuk installer feeder versi 1.1, sehingga jika bapak/ibu operator PT masih menggunakan installer versi 1.0, silahkan di uninstall terlebih dahulu kemudian install feeder versi 1.1 kemudian install patchnya.

Silahkan mengikuti langkah – langkah berikut ini :

1. Uninstall aplikasi Feeder v.1.0
2. Install Aplikasi Feeder v.1.1 (Run As Administrator)
3. Install Pacth (Run As Administrator)
4. Login pada forlap.dikti.go.id untuk
a. update “kode registrasi”
b. generate ulang “Data Prefill” dan tunggu proses hingga selesai hingga siap didownload
5. Prefill terbaru yang telah didownload letakan pada “C:\prefill_pddiktiti”
6. Lakukan push prefill pada tahap “Data Awal” dengan menggunakan Kode Registrasi
7. Jika push prefill berhasil, maka selanjutnya silahkan Login dengan username dan password yang digunakan pada forlap.dikti.go.id

Ketika aplikasi Feeder 1.1 diinstal ulang maka secara otomatis icon PDDikti akan muncul di desktop komputer. Kilk double pada Icon Aplikasi Feeder tersebut sehingga secara otomatis akan dibuka pada browser. Apabila langsung membuka browser maka url yang digunakan adalah http://localhost:8082/login.

30. Install Feeder di Linux 

Untuk saat ini Feeder masih berbasis Windows jadi kalau ingin diinstall di linux bisa menggunakan Tools virtualisasi seperti VirtualBox. Untuk menambah user lain bisa melalui forlap.dikti.go.id

31. Setting Priode Aktif di Feeder

Yth. Bapak/ Ibu Operator PT, 

Untuk periode yang masih dibuka oleh Dikti adalah 
– 2010 ganjil dan genap
– 2011 ganjil dan genap
– 2012 ganjil dan genap
– 2013 ganjil dan genap
– 2014 ganjil dan genap

Selain periode diatas, oleh Pihak PDDikti belum dibuka. Saat ini periode yang berlaku adalah 2014 ganjil namun jika ingin memperbaiki data pada periode semester sebelumnya maka silahkan akses menu Setting -> Setting Periode ( periode aktif dapat dirubah). 

Terima Kasih

32. Tahun angkatan

Kami memasukkan data mahasiswa melalui Sub Menu Program Studi. ternyata setelah semua data mahasiswa masuk kok tertera satu angkatan semua yaitu 2014. bagaimana kami harus merubahnya? terimakasih sebelumnya.

Berdasarkan kebijakan dari DIKTI, kami menyediakan beberapa opsi perubahan semester aktif yang bisa dipilih. Perubahan semester tsb terkait dengan angkatan.

Langkah- langkah perubahan angkatan dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Terlebih dahulu hapus data history Pendidikan untuk setiap data mahasiswa pada menu Detail Mahasiswa -> History Pendidikan.
  2. Setelah memastikan data history pendidikan mahasiswa sudah terhapus semua, kemudian bapak/ibu dapat merubah semester aktif yang akan digunakan sebagai acuan penambahan history pendidikan mahasiswa yang terkait dengan angkatan mahasiswa.  Perubahannya bisa dilakukan pada menu Setting->Setting Periode.
  3. Kemudian inputkan data history Pendidikan untuk tiap mahasiswa.

33. Tips untuk sharing feeder :

1. Install feeder di server.
2. Akses dengan ip dari server tersebut. contoh : http://192.168.1.1:8082
3. Silahkan login menggunakan login Admin PT atau Admin Prodi yang didapat dari forlap.
4. Untuk menambahkan user silahkan menambahkan di forlap kemudian sinkronisasi untuk mengupdate ke feeder.
5. Ketika login prodi aksesnya masih sama dengan Login Admin PT.

Terima kasih,
Admin Support

34. Web Service Feeder: Info Bagi PT yang sudah memiliki SIAKAD

Yth Bpk/Ibu Operator PT

Bagi PT yang sudah punya SIAKAD bisa menggunakan Web Service yang sudah ada dalam installer Aplikasi PD DIKTI v.1.1. 
Untuk lebih lengkapnya silahkan Download  dan Dipelajari Dokumentasi Paduan Web Service dan Mapping Web Service

Terimakasih

35. kode unik (GUID UUID)

Untuk field bertipe data GUID tidak perlu dipersoalkan karena dari aplikasi feeder dan web service sudah dibuat dengan otomatis. Field2 ini dipakai sebagai primary key di banyak table sehingga tidak diijinkan dibuat dari luar.

36.  Web Service Feeder : Problem Tabel Kebutuhan Khusus

Bapak/Ibu Operator PT Yth, 

Untuk nilai yang diambil dari tabel kebutuhan_khusus diisikan “0”. Hal ini karena tabel kebutuhan_khusus belum dipakai. 

Terima Kasih

37. Bagaimana men-aktifkan prodi yang non-aktif ?

PT Non Aktif ada 4 kategori & solusinya:

1. Non Aktif : karena memang di hapus prodinya dan secara SADAR PT pernah minta dihapus.Supaya tidak ikut diperhitungkan dalam rekap pelaporan maka syaratnya harus mengirimkan:

  • SK Pendirian PRODI awal
  • Surat Pernyataan Penutupan Prodi
dikirimkan ke DIKTI lemkerma tembusan ke forlap dan kopwil pembina PT

2. Non Aktif : karena PT itu tidak melapor beberapa semester.

3. Non Aktif: karena PT tidak memiliki/tidak memutakhirkan data dosen tetap. Sehingga rasio dosen mahasiswa 0:xxxx meskipun rekap nya 100% tetap di non aktifkan.

4. Non Aktif: Karena rasio dosen mahasiswa tidak memenuhi ketentuan 

untuk kondisi no 2, 3 dan 4 segera saja PT bersurat ke kopwil “Surat Pernyataan” perbaikan pelaporan.
lalu kopwil akan bersurat ke DIKTI, bahwa PT akan memperbaiki pelaporannya 3 hari setelah diubah statusnya menjadi Aktif, perihalnya adalah “Surat Permohonan Perubahan Status Prodi”.

Terima kasih.

38. Prosedur Pindah Homebase  External

Perubahan homebase dosen antar Perguruan TInggi dalam laman forlap dilakukan pada menu Perubahan Data Dosen (PDD).

Menu PDD berdasarkan beberapa kategori, untuk pindah antar PT pilih kategori Homebase Eksternal.

Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • PT Asal membuat draft usulan perpindahan dosen ybs dengan mengupload surat lolos serta dokumen pendukung
  • PT asal mengusulkan
  • Usulan akan tampil pada draft PT Tujuan dan harus dilengkapi dengan surat penetapan dosen ybs serta dokumen pendukung
  • PT tujuan mengusulkan

Usulan akan divalidasi dan verifikasi oleh kopertis dan dikti

Note: Terkait dengan usulan perubahan data dosen perpindahan Homebase Ekstern,  tidak dapat dilakukan karena masih ada usulan PDD jenis lain yang sedang diajukan atas nama dosen ybs. Setelah dilakukan pengecekan bahwa dosen tersebut masih memiliki ajuan PDD Data Pokok yang sedang diusulkan. Mohon usulan tersebut dibatalkan terlebih dahulu. 

Terima kasih

39. Guru PNS ke Dosen PTN/PTS

Guru PNS tidak dibenarkan mutasi jadi dosen, silakan baca pasal 6 Permendikbud no. 8 tahun 2014.

Dosen Berstatus Ganda

40. Sanksi Pembinaan

Mengapa masih disanksi padahal kami sudah mengklarifikasi mengeluarkan dosen berstatus ganda. 

  • Menurut data kami, PT Saudara masih terdapat guru aktif yang ber NUPTK sebagai contoh LITMALEM SITEPU. Silahkan cek kembali data2 dosen Saudara karena mash terdapat beberapa yang berstatus Guru dan berNUPTK.
    Jika sudah diketemukan, silahkan dosen2 tersebut dikeluarkan melalui PERUBAHAN DATA POKOK dengan menset status menjadi KELUAR. Jika dosen tersebut memilih menjadi dosen, maka yang harus dilakukan adalah :
    1. Mencabut/menghapus NUPTKnya melalui dinas pendidikan setempat
    2. Menghapus/mengeluarkan NIDN lamanya dan mengajukan NIDN baru dengan melampirkan bukti penghapusan NUPTK dan pengangkatan kembali menjadi dosen tetap.

41. Kode NIDN salah

Kode NIDN 00 atau bukan, mohon diabaikan dan jangan dijadikan perbedaan. Memang dulu Dosen PNS diberikan 00 dan Non PNS diberikan 2 digit awal kode wilayahnya. Skrg tidak melihat kearah sana dan tidak ada bedanya.
Yang membedakannya adalah status. Disana statusnya DPK, padahal menurut Ibu adalah bukan. Sebaiknya ajukan PERUBAHAN DATA POKOK untuk mengubah statusnya menjadi Dosen yayasan.

42. Ditolak karena masa laku KTP tak sesuai

Mohon klarifikasi dengan kelurahan atau kantor catatan sipil setempat dengan karena di Undang2 memang 5 tahun. Lampirkan keterangan jika memang betul adanya dan ajukan ulang.

43. Dosen Luar

Untuk menggunakan data dosen luar di inputkan pada menu Diktendik -> Penugasan -> Inquiry Dosen
Menu tersebut dimaksudkan untuk menginputkan data penugasan dosen pada tahun ajaran tertentu, baik itu dosen yang berhomebase di PT bapak atau dosen dari PT lain yang mengajar di PT bapak.

44. Data Tidak Sesuai

RIwayat pendidikan dapat dilakukan pemutahiran data oleh operator PD Dikti di institusi Saudara menjadi dosen.

45. Gelar Tak Ada

Gelar M.Med.Kom… Lulusan dari Universitas Airlangga Surabaya.. jurusan media dan komunikasi tidak tersedia

Mohon di lampirkan ijazah terkait hal tersebut, nanti tim kami akam menambahkan gelar tersebut.

46. Melihat Angka dari Grafik

Untuk melihat data Dosen dan mahasiswa berupa angka silahkan mengarahkan kursor mouse pada grafik tersebut.

Data tersebut merupakan data rekapitulasi dari pelaporan Perguruan Tinggi di Indonesia yang dilaporkan melalui PDPT kurun waktu 1997 sampai gasal 2014.

Sumbernya dari pelaporan PT berkala setiap semester kepada DIKTI melalui mekanisme EPSBED/PDPT

47. Permohonan Merubah Kategori BPPLN

Sesuai dengan surat Direktur Diktendik (http://dikti.go.id/blog/2015/02/16/studi-lanjut-s2…, disampaikan bahwa Ditjen Dikti hanya akan berkonsentrasi pada pemberian beasiswa bagi yang telah bekerja sama dengan DIKTI atau U-to-U. Bagi pelamar yang telah memiliki LOA dan PT tujuannya tdk ada di Kategori 1, maka kami sarankan agar Sdr dapat melamar beasiswa lain, seperti LPDP.
Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

48. Data hilang

1. Q: Data sdh input semua tp setelah syc data hilang?

A: data tsb tdk hilang dg syarat slm proses syc koneksi tdk terputus. Silahkan logout dan login lg setiap seles syc. Klik syc lg tanpa lakukan input data apapun. Di tunggu max 24jam mk server dikti n server lokal PT akan berproses.

2. Q: sdh lapor 20141 via Kopertis dan di laman forlap sdh muncul rekapanx 100%. Tp knp di Feeder lokal sy data nilai-nilai dll pd semester 20141 tdk muncul?a

A: ada 2 cara yg pertama download prefil terbaru kembali lalu generate ulang ke dlm Feeder, jgn lupa generate jg kode prefil terbaru. Yg kedua login ke Feeder lalu klik syc dan tunggu migrasi data dr server Dikti ke lokalhost kita.

Syarat: semua proses di lakukan dlm keadaan ada koneksi internet.

Bagikan :
  •  
  • 23
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    23
    Shares
 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.