Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Pelataran Kantor LLDikti Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara

 

Ambon – Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila diselenggarakan secara nasional dan serentak pada hari ini, termasuk di seluruh lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan mengusung tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XII menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 yang dilaksanakan di Kantor LLDikti Wilayah XII Ambon dengan Dr. Muhammad Bugis, SE., M.Si selaku Kepala LLDikti Wilayah XII bertindak sebagai pembina upacara.

Pada kesempatan ini, dalam sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia yang disampaikan oleh Pembina Upacara bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan kondisi geografis wilayah Indonesia sebaga Negara kepulauan maka Pancasila semakin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air Indonesia”. Dengan demikian Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan kita harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

Hadir pada upacara memperingati hari lahirnya Pancasila kali ini, selain unsur pimpinan, pejabat struktural dan staf LLDIKTI Wilayah XII, turut hadir sejumlah perwakilan staf dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi swasta yang berlokasi di kota Ambon, serta dua orang pegawai dari Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Sorong, Provinsi Papua Barat yang meskipun sedang menjalani cuti namun tetap mengikuti upacara peringatan hari lahirnya Pancasila.

Meskipun dalam cuaca yang sedang hujan, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini tetap berjalan dengan khidmat dan diikuti secara antusias oleh seluruh peserta upacara. (NH/JF)

unduh sambutan Kepala BPIP Republik Indonesia «-