LLDIKTI Wilayah XII Ambon menyelenggarakan NUDC Seleksi Tingkat Wilayah Tahun 2019 di Ternate

TERNATE – Kompetisi Debat Bahasa Inggris atau biasa dikenal dengan sebutan National University Debating Championship (NUDC) Tingkat Wilayah baru saja selesai dilaksanakan oleh LLDIKTI Wilayah XII Ambon yang pada Tahun ini diselenggarakan di Maluku Utara, Kota Ternate tepatnya di Hotel Emerald. Kegiatan debat ini berlangsung selama 2  (dua) hari dari tanggal 19 – 20 Juni 2019 dimana 2 (dua) hari sebelumnya juga diadakan Bimtek Adjudicator NUDC dan KDMI  untuk membekali para Adjudicator Perguruan Tinggi khususnya yang menjadi peserta lomba NUDC dan KDMI yang pelaksanaannya di tempat yang sama selama 2 (dua) hari juga.

Pada kesempatan ini Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon, Dr. Muhammad Bugis. SE., M.Si memberikan sambutan pada acara pembukaan maupun penutupan sekaligus membuka serta menutup secara resmi kegiatan Kompetisi Debat Bahasa Inggris antar Perguruan Tinggi Wilayah XII . Dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut, Beliau  menyampaikan  bahwa Kompetisi  Debat Bahasa Inggris  antar Perguruan Tinggi menjadi bagian penting dalam suatu dinamika akademik di lingkungan Perguruan Tinggi.  Hard skill dan soft skil harus dimiliki oleh seorang mahasiswa dalam menghadapi perkembangan zaman, itulah yang diharapkan oleh Kementerian karenanya itu melalui Dirjen Belmawa membuat suatu kegiatan untuk mengasah kemampuan mahasiswa.

Kompetisi Debat Bahasa lnggris antar Perguruan Tinggi Wilayah XII pada Tahun ini diikuti oleh 14 Tim/Perguruan Tinggi yang berada di Wilayah Maluku dan Maluku Utara yang terdiri dari 3 PTN (UNKHAIR, UNPATTI, POLTEK Tual) dan 11 PTS (Univ NUKU, UMMU,UNIPAS, STIKES Maluku Husada, UNIERA, UNIDAR, UKIM, UNIBRAH, Univ IQRA Buru, POLTEK Padamara, AIKOM Ternate) yang nantinya dari ke 14 Perguruan Tinggi tersebut akan dipilih 6 (enam)Tim/Perguruan Tinggi terbaik peserta Debat Bahasa Inggris untuk selanjutnya mewakili Wilayah XII di Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan nantinya pada Bulan Juli di Surabaya.

Peserta berjumlah 14 Perguruan Tinggi  tentunya memiliki atribut yang berbeda-beda akan tetapi jika pada Tingkat Nasional maka atributnya adalah atribut Wilayah XII, bukan lagi atribut dimana anda berada pada posisi yang sekarang ini tetapi anda sudah mewakili kami Wilayah XII, ungkap Muhammad Bugis.

Di sela-sela sambutannya Beliau menambahkan, siapapun yang nantinya akan mewakili wilayah XII di tingkat Nasional, berbuatlah yang terbaik untuk wilayah XII. Selain itu Beliau juga menyampaikan bahwa Keputusan Dewan Juri nantinya tidak kami intervensi, kami serahkan sepenuhnya kepada Dewan Juri oleh karena itu siapapun pemenang itu adalah penilaian terbaik  yang diberikan oleh Dewan Juri.

Sementara itu, Ibu Dora selaku Chief Adjudicator sebelum membacakan pemenang Kompetisi Debat Bahasa Inggris antar Perguruan Tinggi Wilayah XII pada saat acara penutupan NUDC Tahun 2019 di Ternate mengatakan bahwa rata-rata semua peserta memiliki potensi yang bagus namun karena kuota untuk LLDIKTI Wilayah XII ke Tingkat Nasional hanya 6 (enam) Tim/Perguruan Tinggi jadi kami hanya mengumumkan 6 (enam) Tim/Perguruan Tinggi terbaik yang akan mewakili Wilayah XII  ke Tingkat Nasional.

NUDC Tahun ini  LLDIKTI Wilayah XII menghadirkan Juri yang berkompeten yaitu Ibu Dora Anggelina Aruan  S.Pd., M.Hum selaku Chief Adjudicator dan Bapak Boby Andika Ruitang, S.Psi selaku Deputy Chief Adjudicator. Setelah melalui tahap Debat selama 2 hari serta penilaian dari Juri, maka Juri menetapkan 6 (enam) Perguruan Tinggi untuk selanjutnya akan mengikuti Tingkat Nasional yang diumumkan di saat acara penutupan Kompetisi Debat Bahasa Inggris antar Perguruan Tinggi  Wilayah XII pada hari Kamis tanggal 20 Juni 2019 pukul 19.30 WIT. Ke 6 Tim/Perguruan Tinggi yang terdiri dari masing-masing Debater dan Adjudicator yang mewakili Wilayah XII ke tingkat Nasional antara lain:

1.   UNIVERSITAS PATTIMURA (UNPATTI)

  • MARIAH AGNES MATAKENA (Debater)
  • HARRY WELLSY BAKARBESSY (Debater)
  • JUAN YEREMIA SAQUARELLA (Adjudicator)

2.   UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE (UNKHAIR)

  • ISABELLA N. YUSUF (Debater)
  • NUR THAHIRAH BELLENDIAH HANAFI (Debater)
  • SUTISNO ADAM, S.S.,M.Hum (Adjudicator)

3.   UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA MALUKU (UKIM)

  • STELA CARINA ANGGREK (Debater)
  • DIANA KERENHAPUKH EKA PUTRI (Debater)
  • JIMMY SIRAIT, ST., BFA., MFA (Adjudicator)

4.   UNIVERSITAS DARUSSALAM AMBON (UNIDAR)

  • NURABIA  TUASIKAL (Debater)
  • ABDUL RASIT (Debater)
  • SITNAH A. MARASABESSY (Adjudicator)

5.   UNIVERSITAS PASIFIK MOROTAI (UNIPAS)

  • SUHERNITA (Debater)
  • FOLKEN SMITH TAWALUYAN (Debater)
  • SAIFUDIN S. ADAM, S.Pd., M.Pd., BI (Adjudicator)

6.   UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALUKU UTARA (UMMU)

  • ZAKIAH BUAMONA (Debater)
  • FARSHA BASYAREWAN (Debater)
  • ADI F. MAHMUD, S.Pd., M.Pd (Adjudicator)
Foto bersama Kepala LLDIKTI Wilayah XII, Pejabat LLDIKTI Wilayah XII, Juri, Pimpinan Perguruan Tinggi dan Peserta NUDC Tahun 2019

Foto bersama Kepala LLDIKTI Wilayah XII, Pejabat LLDIKTI Wilayah XII, Juri, Pimpinan Perguruan Tinggi dan Peserta NUDC Tingkat Wilayah XII Tahun 2019

Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr. Muhammad Bugis, SE., M.Si tentunya berharap  ke 6 (enam) Tim/Perguruan Tinggi tersebut mempersiapkan diri  dengan baik dan dapat memperdalam berbagai isu dalam tataran  global baik lokal maupun Nasional. Ucapan terima kasih Beliau sampaikan saat menutup kegiatan tersebut kepada Dewan Juri Ibu Dora dan Pak Boby yang sudah membantu LLDIKTI Wilayah XII, kepada Pimpinan Perguruan Tinggi yang sudah mengirimkan delegasinya sebagai peserta pada Kompetisi Debat Bahasa Inggris antar Perguruan Tinggi Wilayah XII yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah XII, Dosen Pembimbing yang telah mendampingi adek-adek mahasiswa kita, serta pihak-pihak lainnya yang telah membantu.

Selain itu Beliau mengatakan bahwa kegiatan NUDC sebenarnya bukan hanya untuk mencari siapa pemenang 1, 2, 3 dan seterusnya  melainkan kegiatan NUDC  ini untuk memberikan pemahaman kepada anak-anakku adek-adek mahasiswa  semua bahwa kita bertutur menggunakan Bahasa Indonesia saja harus punya kaidah bertutur apalagi Bahasa orang lain yang memang ini Bahasa yang harus kita kuasai juga, harus kita bertutur dengan menggunakan  kaidah-kaidah, itulah juga konteks kegiatan ini.

Selamat kepada para pemenang yang mewakili Wilayah XII ke Tingkat Nasional dan bagi yang belum berkesempatan jangan berkecil hati, harus selalu optimis ke depannya, ungkap Pak Bugis sebelum menutup secara resmi Kompetisi Debat Bahasa Inggris antar Perguruan Tinggi Wilayah XII Tahun 2019 di Ternate. (put)

 

MATERI SEMINAR NUDC TAHUN 2019 :

Meteri Seminar Adjudicator LLDIKTI XII Tahun 2019

Materi Seminar Debate LLDIKTI XII Tahun 2019