LLDIKTI Wilayah XII Ambon menyelenggarakan KDMI Seleksi Tingkat Wilayah XII Tahun 2019 di Ternate

Pada tanggal 21- 22 Juni 2019 dengan memilih Ternate sebagai lokasi kegiatan,  LLDikti Wilayah XII melaksanakan Kompetisi Lomba Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Wilayah XII tahun 2019 yang diikuti oleh 11 perguruan tinggi  baik PTN maupun PTS yang berada di Wilayah Maluku dan Maluku Utara. Perguruan Tinggi tersebut terdiri dari PTN yaitu Universitas Pattimura dan Universitas Khairun Ternate dan PTS terdiri dari UKIM, Universitas Halmahera, UMMU Ternate, Universitas Iqra Buru, Universitas Pasifik Morotai, Universitas Nuku, STIKES Maluku Husada, Politeknik Halmahera Labuha dan AIKOM Ternate.

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti dalam rangka peningkatan kualitas lulusan dan pendidikan tinggi dan memberi wadah berkembangan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, terampil, kompeten dan berbudaya yang mana kemampuan berdebat dapat mengasah olah pikir mahasiswa agar senantiasa selalu kritis.

Dalam sambutannya Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr, Muhammad Bugis, SE., M.Si mengatakan bahwa KDMI merupakan kegiatan yang sangat penting, karena salah satu komponen yang menentukan Akreditasi institusi maupun akreditasi program studi adalah kegiatan kemahasiswaan dan nilai dari pada komponen itu yang nilainya 100, sekitar 60 % dari kegiatan kemahasiswaan. Bagaimana kita mau mempersiapakan kualitas perguruan tinggi jika tidak ada perhatian dari perguruan tinggi itu sendiri.

Bertindak sebagai Juri dalam lomba debat ini yakni Dora Angelina Aruan, M. Hum dan Rachmat Nurcahyo, SS., MA. Dalam melakukan penilaian didasarkan pada tiga kriteria. Pertama adalah Isi, yang dinilai dari kekuatan logika, relevansi argumen, dan penggunaan data-data yang terkait dengan topik debat. Sanggahan terhadap argumentasi lawan juga bobot yang sama dengan argumen, yang harus dibuktikan logika serta relevansinya. Kedua adalah Gaya, yaitu cara pembicara menyampaikan argumentasinya, menyangkut bagaimana pembicara mengontrol sikap tubuh, volume suara, kontak mata, dan variasi ekspresi untuk membuat pidatonya menarik dan enak didengarkan. Dan yang Ketiga adalah Strategi, menyangkut bagaimana pembicara memanfaatkan waktu yang diberikan dengan baik dan menggunakan strategi pembelaan dan perlawanan dengan baik.

Foto bersama Kepala LLDIKTI Wilayah XII, Pejabat LLDIKTI Wilayah XII, Juri, Pimpinan Perguruan Tinggi dan Peserta KDMI Tingkat Wilayah XII Tahun 2019

Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh Dewan Juri selama 2 (hari) kegiatan, yang berhasil sebagai pemenang adalah Tim peserta dari Universitas Pattimura Ambon , disusul dengan Universitas Kristen Indonesia Maluku sebagai Juara II, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara sebagai Juara III, Universitas Halmahera sebagai Harapan I, Universitas Khairun sebagai Harapan II, dan STIKES Maluku Husada sebagai Harapan III. Adapun peserta yang dinyatakan sebagai Juara I dan II akan mewakili Wilayah XII untuk mengikuti KDMI Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Surabaya. Masing – masing Debater dan Adjudicator  dari Ke 2 Tim Perguruan Tinggi yang akan memakili ke tingkat Nasional antara lain :

  1. UNIVERSITAS PATTIMURA
  • VERAL HENDRISCHO PATTIPEILOHY (Debater)
  • FERNANDO TANTARU (Debater)
  • NUR TANACHI MARDAN (Debater)
  • Dr. JULISTA MUSTAMU, SH, MH (Adjudicator)

   2. UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA MALUKU

  • RISAL ALLMENSKI LESNUSSA (Debater)
  • DEISON ANDIKA ZET LEKATOMPESSY (Debater)
  • FIDA GLORIA EMMANUELA WATTILETE (Debater)
  • Dr. NANCY N. SOUISSA, S.Ag., M.Si (Adjudicator)

Dalam sambutannya pada penutupan kegiatan KDMI Tahun 2019 di Ternate , Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr. Muhammad Bugis, SE., M.Si berterima kasih kepada Perguruan Tinggi yang telah mengirimkan pesertanya dalam mengikuti kegiatan Debat ini. Kalah dan menang adalah hal yang biasa dalam setiap pertandingan. Yang penting adalah bagaimana setiap tim sudah berusaha dan melatih kemampuan yang ada pada dirinya untuk terus belajar mengembangkan keahliannya dalam KDMI ini. Bagi Tim yang  dinyatakan sebagai pemenang dan akan melanjutkan ke tingkat Nasional semoga dapat memberikan hasil yang terbaik bukan saja mewakili nama institusi perguruan tingginya  tapi mewakili semua perguruan tinggi yang ada di Wilayah XII. (vin/put)

Download Materi Di Sini :

Materi Penilaian Lomba Debat KDMI