Pada hari kamis (11/07/19), Tim LLDIKTI Wilayah XII Ambon Melakukan Visitasi ke STIKes Maluku Husada di Kairatu terkait dengan pengajuan Rekomendasi pembukaan Program Studi baru yaitu D-III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi. Hadir dalam kegiatan Visitasi pembukaan Program Studi baru ini antara lain:

  1. Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon
  2. Wakil Bupati Kabupaten SBB
  3. Sekretaris LLDIKTI Wilayah XII Ambon
  4. Kasubbag Kelembagaan
  5. Civitas Akademika STIKes Maluku Husada.

 

Kegiatan visitasi ini di awali dengan presentasi proposal usul pendirian prodi baru oleh Ketua STIKes Maluku Husada
Lukman La Basy, S.Farm., M.Sc., Apt untuk memaparkan Visi Misi, Tingkat Kejenuhan Prodi baru yang diusulkan, Tingkat Keberlanjutan Prodi baru yang diusulkan, dan Rekan Jejak Perguruan Tinggi Pengusul, yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab oleh yang hadir.

 

Dalam sambutan dan arahannya Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon Dr. Muhammad Bugis, SE., M.Si. menyampaikan bahwa proses izin pembukaan program studi (prodi) kini bisa dilakukan dalam 15 hari kerja. Untuk itu hendaknya para pemangku kepentingan di STIKes Maluku Husada benar-benar dapat mengoptimalkan kinerja tim mereka untuk pembukaan prodi baru tersebut. Lebih lanjut Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon menjelaskan bahwa proses perizinan sendiri melibatkan Kemenristekdikti dan LLDikti Wilayah XII Ambon pada yang usulannya dilakukan secara online, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi dokumen serta evaluasi terkait kecukupan dosen. Setelah itu jika disetujui, proses evaluasi non dosen, seperti mengecek lokasi dan ketersediaan ruang kuliah dilimpahkan kepada oleh LLDikti. Namun sebelum proses tersebut dapat dijalankan Perguruan Tinggi harus mendapatkan Rekomendasi dari LLDIKTI untuk setiap usul pembukaaan Prodi baru. Dalam hal ini, LLDikti Wilayah XII Ambon akan memberikan Rekomendasi apabila semua persyaratan kriteria telah terpenuhi, karena tidak ada alasan bagi “kami” untuk tidak memberikan Rekomendasi jika semua persyaratan telah terpenuhi, sebag itu adalah hak PTS. Kepala LLDikti Wilayah XII Ambon juga menyampaikan bahwa beliau memiliki mimpi besar (harapan) terhadap STIKes Maluku Husada kedepannya dapat memiliki Akreditasi Institusi yang sangat baik (peringkat A).

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten SBB Timotius Akerina,SE, M.Si yang turut hadir dalam kegiatan visitasi ijin pembukaan program studi baru di STIKes Maluku Husada mengatakan bahwa kehadirannya dalam kegiatan ini adalah sebagai wujud dukungan penuh (dalam hal ini Pemda Kabupaten SBB) untuk penambahan prodi baru di STIKes Maluku Husada. Wakil Bupati SBB juga memberikan beberapa arahan dan harapan agar kedepannya STIKes Maluku Husada tetap solid dan terus meningkatkan mutu Pendidikan di Provinsi Maluku khususnya di Kabupaten SBB.

Selanjutnya dalam arahannya Sekretaris LLDIKTI Wilayah XII Ambon
Dr. Jantje E. Lekatompessy, SE., M.Si., Ak., CA memberikan beberapa masukkan terkait penyesuian Kurikulum dengan Visi Misi STIKes Maluku Husada. Beliau menyampaikan bahwa capaian pembelajaran harus nampak dalam penyusunan Kurikulum, sehingga tidak ada gabs di program studi dalam proses pembelajarannya yang dapat sejalan dengan Visi Misi STIKes Maluku Husada.

Terkait dengan proposal usul pembukaan Prodi baru tersebut Kasubbag Kelembagaan LLDIKTI Wilayah XII Ambon menyampaikan bahwa legalitas Perguruan Tinggi dan Badan Penyelenggara menjadi penting dalam proses perizinan ini. Oleh itu evaluasi dokumen proposal sangat diperketat. Dalam menerima setiap usulan diidentifikasi terlebih dahulu, legalitasnya. Karena itu status laporan keuangan Badan Penyelenggara sudah harus memiliki audit dari akuntan publik dan untuk menjamin tingkat keberlanjutan ketersediaan dana untuk biaya operasional Prodi baru yang diusulkan harus ada garansi keuangan baik dari Lembaga Keuangan dan status CashFlow rekening koran Badan Penyelenggara.

Ketua Pembina Yayasan Maluku Husada Hamdan Tunny. S.Kep., M.kes menguraikan bahwa STIKes Maluku Husada saat ini terus berbenah diri, dalam waktu dekat di tanggal 21 Juli 2019 STIKes Maluku Husada akan di Visitasi oleh BAN-PT terkait dengan usul Akreditasi Institusi. Oleh karena itu Badan Penyelenggara siap mewujudkan harapan Kepala LLDikti Wilayah XII Ambon agar kualitas mutu Pendidikan di STIKes Maluku Husada dapat ditingkatkan melalui akreditasi Institusi maupun Program Studi. Menurutnya lulusan yang memiliki kompetensi dan berdaya saing dihasilkan oleh Perguruan Tinggi yang menjadikan mutu sebagai prioritas dalam penyelenggaraan pendidikan. Oleh sebab itu STIKes Maluku Husada selalu melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di STIKes Maluku Husada yang salah satunya dengan akreditasi sehingga lulusan memiliki kompetensi dan daya saing. Dari sisi Legalitas dan Audit Badan Penyelenggara pihak STIKes Maluku Husada dan Yayasan telah memenuhi persyaratan tersebut, ujarnya.

Rangkaian acara presentasi ini ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan visitasi lapangan untuk melakukan tinjauan lapangan sarana dan prasarana yang ada di STIKes Maluku Husada.

(Red ** 11/07/19).

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 

Artikel Terkait :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.