Pengumuman Kualifikasi/Penyetaraan Gelar Akademik Pendidikan Tinggi Indonesia di Immigration New Zealand

Written by Didi Rustam
Wednesday, 18 August 2010 12:08
Pengumuman dari Puskom Kementerian Luar Negeri di Wellington mengenai Kualifikasi/Penyeteraan Gelar Akademik Pendidikan Tinggi Indonesia di Immigration New Zealand:

  1. Pada tanggal 26 Juli 2010, Imigrasi Selbar (Immigration New Zealandwww.immigration.govt.nz) mengumumkan kualifikasi baru mengenai gelar akademik pendidikan tinggi Indonesia yang ditujukan untuk kepentingan imigrasi. Pengumunan ini dapat dilihat pada link Operation Manual Immigration NZ http://www.immigration.govt.nz/opsmanual/i18398.htm (lampiran I). Kualifikasi baru ini dibuat berdasarkan rekomendasi dari New Zealand Qualification Authority (NZQA) dan meliputi berbagai gelar akademis S1, S2 dan S3.
  2. Dapat dilihat pada pengumuman ini bahwa perguruan tinggi Indonesia yang berhasil mendapat pengakuan dibagi dalam Table One, Table Two dan Table Three. Gelar S1 perguruan tinggi Indonesia yang tercantum pada Table One disetarakan dengan Level 8 (bachelor degree with honors, yang merupakan postgraduate level), dengan melihat tahun kelulusan ybs. Sedangkan S2 dari universitas-universitas tsb disetarakan dengan Level 9, dan gelar S3 disetarakan dengan Level 10. Perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam kategori Table One terdiri dari 9 Perguruan tinggi negeri Indonesia. Pada Table Two, terdapat 45 peguruan tinggi negeri Indonesia, sementara pada Table Three terdapat 7 perguruan tinggi swasta Indonesia.

selengkapnya: Pengumuman Kualifikasi dari Kedubes Wellington, Lampiran 1, Lampiran 2.1 dan Lampiran 2.2

Sumber : http://www.dikti.go.id/