1) Ijazah Palsu Perburuk Pendidikan

Saturday, 25 September 2010
MAKASSAR(SINDO) – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Dr Arismunandar menegaskan penemuan ijazah palsu yang digunakan puluhan guru akan berdampak buruk pada kualitas pendidikan di Indonesia,khususnya di Sulsel. Arismundar yakin ijazah palsu ini telah beredar luas di masyarakat dan menjadi ancaman serius bagi dunia pendidikan. Sindikat pembuat ijazah palsu ini sengaja menggunakan nama UNM yang dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di kawasan timur Indonesia yang menghasilkan calon guru. “Pemilik ijazah palsu ini tidak memiliki kompetensi mengajar di sekolah. Sehingga akan berdampak pada kualitas anak didik. Ini sudah sangat mengkhawatirkan dan butuh perhatian semua pihak,” kata guru besar bidang pendidikan ini,kemarin. Penggunaan ijazah palsu ini, diduga turut diketahui kepala sekolah tempat mengajarnya.  Namun, tidak dilaporkan kepada pihak berwenang sehingga semakin menyuburkan peredaran ijazah palsu. “Kepala sekolah tentu saja tahu kalau ada guru di sekolahnya menggunakan ijazah palsu. Mereka bisa mendeteksi kapan guru itu kuliah,”kata Arismunandar. Selain itu, dampak dari ijazah palsu ini akan muncul budaya gampangan sehingga masyarakat memilih jalan pintas tanpa menempuh pendidikan di kampus. “Di samping itu juga berdampak pada alumni UNM. Kesempatan alumni UNM untuk menjadi PNS diambil alih oleh mereka yang menggunakan ijazah palsu,” ujarnya.

…dst

Sumber : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352995/

>>>

2 ) Mahasiswa Pencinta Alam
Pendaki Mapala UI Gapai Puncak Elbrus
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/25/12163731/Pendaki.Mapala.UI.Gapai.Puncak.Elbrus

Sabtu, 25 September 2010 | 12:16 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) kembali menempatkan nama Indonesia di puncak gunung tertinggi di lempeng Benua Eropa, Puncak Elbrus (5.642 meter). Dody Johanjaya, pendaki Mapala UI, berhasil mencapai Puncak Elbrus tersebut secara solo pada Jumat (24/9/2010) sore waktu setempat. Demikian pesan SMS yang dikirimkan Dody melalui rekan Mapala UI, Makky Ananda, di Jakarta. “Kabut tebal benar, jarak pandang 7 meter, hujan salju dan angin kencang, cuaca buruk, trek enggak kelihatan, semua serba putih,” begitu bunyi SMS Dody kepada Makky Ananda, Jumat. Menurut Makky, keberhasilan Dody tersebut seperti upaya memperingati pencapaian Elbrus 20 tahun lalu oleh dua anggota senior Mapala UI, almarhum Didiek. Samsu dan Aloysius Febrian. Didiek dan Aloy adalah dua anggota Mapala UI yang berhasil mencapai puncak gunung pada 1 Oktober 1990.

…dst
3 ) Unikom Wisuda 1.341 Mahasiswa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352998/

Saturday, 25 September 2010
BANDUNG(SINDO) – Universitas Komputer Indonesia (Unikom) mewisuda 1.341 mahasiswa tahun pelajaran 2009/2010 di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga),Kota Bandung, kemarin. Para wisudawan terdiri atas 8 orang dari program S-2, 1.041 program S-1, dan 292 orang dari program D-3.Sebanyak 177 atau 13,2% wisudawan lulus dengan predikat cum laude.Wisudawan S-1 termuda berusia 20 tahun sedangkan wisudawan S-1 tertua berusia 43 tahun. Sejumlah wisudawan merupakan mahasiswa berprestasi di lingkup nasional maupun internasional, antara lain Rodi Hartono, peraih medali emas kontes robot internasional di San Fransisco,Amerika Serikat, pada 2009; Isabel Ximenes, juara Democracy Video Challenge Indonesia 2010; dan Agung Auliya Barkah, juara nasional lomba pidato bahasa Jepang 2010. Rektor Unikom Eddy Soeryanto Soegoto mengatakan,pada usianya yang menginjak satu dasawarsa (10 tahun) Unikom telah mencetak banyak prestasi dan mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. “Untuk itu, perlu pengaderisasian mahasiswa berprestasi baik itu melalui pelatihan dan pembinaan maupun studi lanjut,” ujarnya.

…dst

4 ) Bertekad Pilot Project PT Wirausahawan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352977/Saturday,

25 September 2010
SURABAYA (SINDO) – Kebutuhan entrepreneur atau wiraswastawan masih sangat tinggi.Keberadaan perguruan tinggi yang bisa melahirkan para wiraswastawan menjadi penting untuk menghadapi tantangan masa depan. “Karena itu, saya bertekad menjadikan Universitas Ciputra sebagai pilot project perguruan tinggi pencipta entrepreneur di Indonesia,” ungkap Pendiri Universitas Ciputra di sela wisuda angkatan pertama Universitas Ciputra kemarin. Pengusaha yang sering disapa Pak Ci ini menyatakan cukup yakin lulusannya bisa menjadi wiraswastawan yang tidak perlu bingung lagi mencari kerja. Namun, mereka bisa menciptakan lapangan kerja. Buktinya, dari 145 mahasiswa yang diwisuda pada Sabtu (25/9) kemarin, 103 lulusan sudah memiliki usaha.

…dst

5 ) Belajar Manajemen Bencana di Unhan
http://kampus.okezone.com/read/2010/09/24/373/375556/belajar-manajemen-bencana-di-unhan

Jum’at, 24 September 2010 – 15:22 wib
JAKARTA – Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) meluncurkan program studi (prodi) Manajemen Bencana. Prodi itu sebagai respons atas kurangnya tenaga profesional di bidang kebencanaan. “Belum banyak yang menyadari pentingnya memahami karakter bencana, bagaimana mengantisipasinya, tindakan apa yang harus dilakukan jika bencana terjadi, aspek apa saja yang terkena, serta apa efek bencana bagi pertahanan,” ungkap Pejabat Rektor Unhan Mayjen TNI Dr. Syarifuddin Tippe, seperti disitat dari keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (23/9/2010). Dalam peluncuran prodi terbaru Unhan tersebut, Syarifuddin juga menegaskan, pengelolaan bencana secara profesional sudah tidak dapat ditunda lagi karena tingginya kebutuhan tenaga ahli untuk membantu mengurangi kerugian bencana. Seperti diketahui, dalam penanganan bencana, keterlibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sangat besar, mulai dari pengerahan pasukan, alat-alat, hingga manajemen di lokasi bencana.

…dst

6 ) Penelitian Biologi Perlu Digenjot Lagi
http://kampus.okezone.com/read/2010/09/24/373/375576/penelitian-biologi-perlu-digenjot-lagi

Jum’at, 24 September 2010 – 17:22 wib
YOGYAKARTA – Penelitian dalam Biologi sejatinya perlu dikembangkan. Pasalnya, Biologi adalah ilmu dasar. Hasil penelitian Biologi pun menjadi penting untuk pengembangan ilmu terapan lainnya. “Sayangnya, melalui Biologi ini belum banyak keanekaragaman hayati yang telah diteliti apalagi dikembangkan,” ujar dosen Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr. Suwarno Hadisusanto, di Fakultas Biologi UGM, Jumat (24/9/2010). Ketua Seminar Nasional Biologi 2010 ini mencontohkan, penelitian terhadap jenis tanaman anggrek serta umbi-umbian seperti uwi dan pisang masih belum banyak dikembangkan. Seminar bertema Perspektif Biologi dalam Pengelolaan Sumberdaya Hayati dihelat pada 24 dan 25 September 2010.

…dst

7 ) Mahasiswa ITS Banyak yang Tak Ikuti Penjaringan Pilrek
http://kampus.okezone.com/read/2010/09/25/373/375872/mahasiswa-its-banyak-yang-tak-ikuti-penjaringan-pilrek

Sabtu, 25 September 2010 – 13:18 wib
SURABAYA – Pesta demokrasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tahap pertama akhirnya usai. Puluhan ribu civitas akademik ITS telah menyalurkan aspirasinya dalam pemilihan rektor (pilrek) untuk masa jabatan 2011 sampai 2015. Sebagai tahap awal penjaringan, seluruh civitas akademik ITS baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa, diminta mengusulkan satu dari 11 bakal calon rektor (bacarek) ITS. Jaring aspirasi bacarek ini dilakukan selama lima hari sejak Senin 20 September hingga Jumat 24 September. Bagi mahasiswa, penjaringan dilakukan dengan menuliskan nama lengkap bacarek di atas surat suara dan memasukkannya ke dalam kotak suara yang telah disediakan di setiap jurusan. Pada hari terakhir, seluruh kotak suara dikumpulkan di Plaza Dr. Angka, untuk dihitung oleh panitia Pemilihan Calon Rektor (PPCR) ITS. Dari keseluruhan surat suara yang terkumpul hanya 11.243 kertas, sementara mahasiswa ITS yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) lebih dari 17 ribu.

…dst

8 ) HUT ke 60, FEUI Gencar Tanam Pohon
http://kampus.okezone.com/read/2010/09/25/373/375890/hut-ke-60-feui-gencar-tanam-pohon

Sabtu, 25 September 2010 – 14:12 wib
DEPOK – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) ke 60, pihak fakultas menggelar berbagai kegiatan untuk merayakan hari jadinya cara penghijauan. FEUI menggelar acara tanam pohon bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok untuk menghijaukan Depok. Lokasi yang dipilih adalah lahan di Jalan Tole Iskandar Sukmajaya Depok. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, yang ikut menanam pohon jenis peneduh seperti sukun dan sengon. Manajer Humas dan Media Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Asti Setiautami mengatakan, tujuan acara tersebut dimaksudkan untuk ikut menghijaukan Depok yang berguna bagi Ibu Kota Jakarta sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Selain itu, kata Asti, tanam pohon juga diharapkan dapat membantu Pemerintah Kota Depok untuk meraih penghargaan lingkungan, Adipura.

…dst

9 ) Canisius Education Fair 2010
8 Pakar Akan ke Pameran SMA Kanisius
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/25/2333596/8.Pakar.Akan.ke.Pameran.SMA.Kanisius

Sabtu, 25 September 2010 | 23:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Canisius Education Fair 2010 dengan tema Strive for your dreams (berjuanglah untuk meraih mimpi-mimpimu) akan semakin seru dengan kehadiran delapan pakar pada Minggu (26/9/2010) besok. Kedelapan pakar itu berasal dari berbagai disiplin ilmu, mulai teknik informatika, komunikasi, bioteknologi, teknik arsitektur, kedokteran, teknik lingkungan, fisip, psikologi hingga teknik elektro. Mereka akan presentasi di dua ruang kompleks SMA Kolese Kanisius, Jalan Menteng Raya 64, Jakarta, mulai pukul 10.00 sampai 15.30 WIB. Sedangkan di empat ruang lainnya, 22 perguruan tinggi negeri, swasta dan perguruan tinggi luar negeri, juga akan presentasi, antara lain UI, ITB, Nanyang Technological University, Auckland University of Technologi, dan University of Wollongong.

…dst

10 ) Canisius Education Fair 2010
Presentasi Alumni yang Menginspirasi
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/25/23223522/Presentasi.Alumni.yang.Menginspirasi.

Sabtu, 25 September 2010 | 23:22 WIB
Ratusan siswa dan sejumlah orangtua hadir dalam pameran pendidikan, Canisius Education Fair 2010, dengan tema “Strive For Your Dreams”.
JAKARTA, KOMPAS.com – Sekitar seratus siswa dan sejumlah orangtua, tumpah di ruang D SMA Kolese Kanisius, di Jalan Menteng Raya 64, Jakarta, Sabtu (25/9) pagi. Tiga pendingin ruang tak bisa menyejukkan ruangan yang seharusnya berkapasitas sekitar 50 orang itu. Ruang yang panas masih bisa dikalahkan kemauan yang keras, ternyata.  Karena tempat duduk terbatas, sebagian berdiri dan duduk di lantai, sembari mendengarkan dengan khidmat presentasi dari Jopie Iskandar Adhidjaja PhD, pakar pertambangan yang berprofesi sebagai konsultan. Diakhiri dengan dialog seru, sejumlah siswa masih mengejar Jopie untuk bertanya lebih lanjut di ruar ruangan. Begitulah, suasana yang terekam saat digelar pameran pendidikan, Canisius Education Fair 2010, dengan tema Strive for your dreams (berjuanglah untuk meraih mimpi-mimpimu), yang dibuka mulai Sabtu.

…dst

11 ) Unhalu Tambah Dua Profesor
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/25/21155796/Unhalu.Tambah.Dua.Profesor

Sabtu, 25 September 2010 | 21:15 WIB
KENDARI, KOMPAS.com – Rektor Universitas Haluoleo (Unhalu) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara Usman Rianse, Sabtu (25/9/2010) kembali mengukuhkan dua guru besar, sehingga profesor di kampus ini berjumlah 37 orang, yang tersebar di 10 fakultas. “Jumlah profesor 37 orang masih relatif sedikit dibandingkan jumlah dosen sebanyak 2.000 orang,” kata Usman Rianse di Kendari….cut…Dua guru besar Unhalu yang baru dikukuhkan adalah Andi Bahrun dan Ayub Padangaran, yang merupakan dosen Fakultas Pertanian, setelah menyampaikan pidato pengukuhan.

..dst

12 ) PERILAKU
“Sudah Dilepas Belum Colokannya?”
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/25/19350576/.quot.Sudah.Dilepas.Belum.Colokannya.quot.

Sabtu, 25 September 2010 | 19:35 WIB
KOMPAS.com – “Sudah dilepas belum colokannya?” Ini sebuah contoh kecil tatkala kebiasaan hanya mematikan piranti elektronik sehabis pemakaian tanpa mencopot kabel dari sumber energi di sakelar. “Kalau ‘colokan’ (bagian alat elektronik yang tersambung dengan sakelar sumber energi-red) tidak dicopot, pemborosan energi masih terjadi,” kata anggota Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) Agus Supangat pada perbincangan pembukaan Ganesha Green Fest 2010 di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Jumat (24/9/2010). Hal lain adalah kebiasaan mengecas telepon genggam. Usai layar telepon tersebut menunjukkan batere penuh terisi energi, banyak dari pengguna tak melepas pengecas dari sakelar. “Itu juga bikin pemborosan energi,” tambah Agus. Perbincangan mengenai hemat energi memang tak bisa lepas dari isu pemanasan global dewasa ini. Hal itu diamini oleh pembicaraan lain di samping Agus yakni Manager Yayasan Unilever Indonesia Sinta Kaniawati dan Rektor ITB Prof. Dr. Akhmaloka.

…dst

OOT :

13 ) Ketika Anak Pergi Jauh
http://cetak.kompas.com/read/2010/09/26/04064984/ketika.anak.pergi.jauh

Minggu, 26 September 2010 | 04:06 WIB

Budi Suwarna dan Maria Hartiningsih
Sampai hari ini, sekitar dua minggu setelah pulang dari Amerika Serikat, Nyonya Hesti (51) masih sering merasa sedih setiap masuk ke kamar Bimo (19), si bungsu yang baru memulai kuliahnya di salah satu universitas di Chicago. ”Begitu tiba di rumah lagi, rasanya badanku lungkrah (lunglai)… aku kehilangan semangatku….” Untuk sementara, kunjungan teman-teman Bimo adalah hiburan yang sangat berarti bagi ibu dua anak itu. ”Kemarin ada teman-temannya yang menginap. Aku minta mereka menginap sehari lagi, kubilang, tante masak bakmi jawa, tapi katanya enggak bisa karena ada janji.” Ketika kami mengunjunginya Kamis (23/9) petang, Hesti masih terus mengingat kegiatan Bimo sehari-hari di rumah. ”Biasanya kalau sudah capai belajar, dia turun, main piano. Sampai sekarang aku masih rungon-rungonen (seakan-akan mendengar) denting piano dari lagu yang ia mainkan,” Hesti mengenang.

…dst