1 ) Penganggur Akademik Dua Juta Orang
Senin, 27 September 2010 | 03:37 WIB
SURABAYA, KOMPAS – Kementerian Pendidikan Nasional mencatat sedikitnya dua juta lulusan perguruan dengan aneka jenjang menjadi penganggur. Perlu perubahan paradigma pendidikan agar lulusan perguruan tinggi tidak hanya menjadi pencari kerja. Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal mengatakan, di Indonesia tercatat sedikitnya 14 juta sarjana. Dua juta di antaranya menjadi penganggur setelah lulus. “Secara sistem, pemerintah berusaha memperbaiki, antara lain, dengan peninjauan kurikulum,” ujarnya di sela-sela wisuda perdana Universitas Ciputra Surabaya, Sabtu (25/9). Perbaikan itu, antara lain, mendorong lebih banyak pelajaran soal kewirausahaan. Pendidikan di Universitas Ciputra (UC) Surabaya menjadi bukti kewirausahaan bisa diajarkan kepada siapa saja. Hampir seluruh dari 145 lulusan angkatan pertama UC Surabaya sudah bekerja sebelum lulus. Sebagian membuka lapangan pekerjaan sendiri. “Pemerintah bekerja sama dengan Universitas Ciputra berusaha mengembangkan pendidikan entrepreneurship ke perguruan tinggi lain,” ucapnya.

…dst

Sumber : http://cetak.kompas.com/read/2010/09/27/03371610/penganggur.akademik.dua.juta.orang

>>>
2 ) Tidak Ada Pendanaan kepada Swasta Dalam Draf Perppu UU BHP
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=157538

BANDUNG, (PR) 27 September 2010
Ketua Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP2TSI) Jawa Barat Sali Iskandar menyatakan, pihaknya akan meminta pemerintah untuk mengkaji kembali draf Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (Perppu BHP). Dalam draf kedua yang baru saja dia terima, tidak ada satu pasal pun yang mengakomodasikan tentang pendanaan swasta. “Saya baru saja menerima bocoran draf kedua pada Jumat (24/9) siang. Ini musibah bagi swasta,” kata Sally, Jumat (24/9). Seharusnya, kata Sally, setidaknya ada pasal yang menyebutkan aturan mengenai bantuan pendanaan bagi swasta. Selama ini pemerintah juga banyak memberikan bantuan kepada insitusi pendidikan swasta. “Kalau tidak diatur, artinya bantuan yang selama ini diberikan pemerintah kepada sekolah swasta, bisa dikategorikan melanggar dan Komisi Pemberantasan Korupsi bisa memperkarakan itu. Tidak ada payung hukumnya, karena tidak ada satu pun pasal yang mengaturnya,” ujarnya.

…dst

3 ) Mendiknas Dukung Unsil Jadi PTN
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/353168/

Sunday, 26 September 2010
TASIKMALAYA(SINDO) – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mendukung perubahan status Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Dukungan tersebut disampaikan Mendiknas saat silaturahmi dan kuliah umum di Kampus Unsil Tasikmalaya, Jalan Siliwangi,Kota Tasikmalaya, kemarin. Meski mendukung perubahan status Unsil tersebut, namun Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) tidak tahu sejauh apa proses perubahan status itu. “Keinginan Unsil Tasikmalaya menjadi PTN memang sangat terbuka, jika dilihat rasio jumlah penduduk dan jumlah keberadaan perguruan tinggi negeri yang ada di Jawa Barat.Tetapi, semuanya harus berdasar atas studi kelayakan yang harus dilalui, yang jelas pemerintah khususnya Kemendiknas, sangat mendukung Unsil jadi PTN,” ujarnya. Mendiknas mengaku tidak ingin mencampuri proses penegerian Unsil Tasikmalaya yang saat ini sedang dilakukan meskipun sudah berlangsung lama. “Mungkin berbagai persyaratan telah dipenuhi dan prosesnya sedang berjalan, mudah-mudahan saja penegerian akan segera terwujud,” papar Nuh. Berlarutnya proses penegerian Unsil Tasikmalaya dipastikan karena terjadinya keterlambatan penyediaan lahan tanah tambahan yang diminta sebagai syarat untuk penegerian.

…dst

4 ) AMIKOM Garap Film Animasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/353229/

Sunday, 26 September 2010
YOGYAKARTA (SINDO) – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta serius untuk mengembangkan game dan film animasi di Indonesia.Tak hanya itu, STIMIK AMIKOM juga bertekad menjadikan Yogyakarta sebagai lembah film animasi dunia.
” Saat ini kami tengah menggarap film animasi tiga dimensi yang berjudul `The Chronicles of Java’ dengan tokohnya Ajisaka,” kata Ketua STIMIK AMIKOM Yogyakarta M Suyanto di sela-sela menerima kunjungan tokoh legendaris industri game dan animasi Ian Livingstone, kemarin. Kedatangan pria berjuluk bapak dunia hiburan interaktif di Inggris karena pengalamnnya 35 tahun di industri kreatif ini untuk berbicara dalam workshop “Digital Joint Update Session (DJUS)”di Kampus AMIKOM. Ian memenuhi undangan Amikom dan Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI).

…dst

5 ) PT Jabar Masih Menjadi Pilihan untuk Belajar
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=157537

JATINANGOR, (PR) 27 September 2010
Pemanfaatan sumber daya manusia (SDM) lulusan perguruan tinggi di Jawa Barat sudah banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah-daerah di seluruh Indonesia. Hal ini meningkatkan minat masyarakat dari daerah luar Jawa untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi (PT) yang ada di Jabar.”Hasil kunjungan saya ke daerah-daerah pelosok, termasuk Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Papua, banyak terdapat SDM asli Jawa Barat, di samping putra daerah yang menuntut ilmu di perguruan tinggi di Jawa Barat,” tutur Rektor Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin), Rully Indrawan, seusai acara silaturahmi kunjungan mahasiswa penerima beasiswa Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) Papua wilayah Bogor dan Jakarta, di Kampus Ikopin Jatinangor, Jumat (24/9).

…dst

6 ) Membangun Indonesia Cerdas melalui Teknologi Informasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/353267/38/

Monday, 27 September 2010
PENGHARGAAN: Mendiknas M Nuh menyerahkan penghargaan kepada Direktur Human Capital & General Affair Telkom Faisal Syam dalam Penganugerahan Peduli Pendidikan 2010 di Jakarta, Jumat (24/9). PT Telkom menganggap teknologi informasi adalah pilar kemajuan bangsa.Melalui program CSR pendidikan berbasis teknologi informasi,Telkom ingin mewujudkan cita-citanya: membangun Indonesia cerdas. “KEPEDULIANTelkom terhadap dunia pendidikan di Indonesia selain dipicu oleh kebutuhan yang bersifat jangka pendek,juga didorong visi jangka panjang untuk ikut serta memajukan kualitas bangsa Indonesia,”papar Vice President Public & Marketing Communication PT Telkom Eddy Kurnia yang didampingi AVP External & Community Relation Dodi M Gozali kepada SINDO.

…dst

7 ) Kenal Sosok UT dari Dekat, 585 Mahasiswa UT Ikuti Disporseni
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/09/26/136580-kenal-sosok-ut-dari-dekat-585-mahasiswa-ut-ikuti-disporseni

Ahad, 26 September 2010, 14:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PONDOK CABE–Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati, Sabtu (25/9), membuka Diskusi Ilmiah Pekan Olah Raga dan Seni (Disporseni) Unit Pembelajaran Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Wilayah Tengah. Kegiatan ini diikuti 585 mahasiswa UT dari 15 UPBJJ Wilayah Tengah, yang meliputi Wilayah Jawa (11 UPBJJ) dan Kalimantan (4 UPBJJ). Hadir dalam acara pembukaan, Kasubdit Publikasi Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, Yudi Agustono, para pembantu Rektor UT dan para pejabat UT beserta Kepala UPBJJ-UT Wilayah Tengah. Kepada para peserta, Tian Belawati menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Disporseni adalah sebagai ajang pengembangan bakat, minat dan penalaran mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membangun silaturahmi dan kedekatan mahasiswa UT sebagai penyelenggara dan mengenal sosok UT dari dekat. Ini mengingat hanya sebagian kecil saja mahasiswa yang berpeluang mengenal Kantor UT Pusat.

…dst

8 ) MPR Gandeng Tamansiswa Revitalisasi Pancasila
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/09/25/136500-mpr-gandeng-tamansiswa-revitalisasi-pancasila

Sabtu, 25 September 2010, 10:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA–Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) bekerjasama menggandeng Pusat Pengkajian dan Pembudayaan Pancasla Tamansiswa (P4Ts) untuk revitalisasi Pancasila. Kerjasama itu dilakukan untuk inventarisasi,pemetaan dan pendidikan,penghayatan pancasila pada masyarakat. Untuk mengawali kerjasama itupun, MPR RI menggelar seminar tentang revitalisasi Pancasila di Perguruan Tinggi Tamansiswa Yogyakarta, Sabtu (25/9). Seminar itupun dihadiri 700 peserta terdiri atas pimpinan daerah,pimpinan perguruan tinggi serta utusan beberapa lembaga masyarakat dan organisasi masyarakat di daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

…dst

9 ) Penurunan Tanah Meluas
Jakarta “Tenggelam” Sudah di Depan Mata
http://cetak.kompas.com/read/2010/09/27/02531481/jakarta.tenggelam.sudah.di.depan.mata

Senin, 27 September 2010 | 02:53 WIB
Jakarta, Kompas – Penurunan permukaan tanah secara signifikan di Jakarta semakin luas. Kondisi tersebut terjadi akibat kian intensifnya pembangunan fisik yang disertai penyedotan air tanah secara tidak terkendali. Naiknya permukaan laut sebagai dampak pemanasan global menyebabkan wilayah Jakarta yang terendam rob atau genangan saat air laut pasang kian luas. Tim dari Kelompok Keilmuan Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang melakukan kajian subsidensi permukaan tanah di 23 titik di sekitar Jakarta menyimpulkan, penurunan permukaan tanah bervariasi, 2 hingga lebih dari 12 sentimeter (cm) selama 10 tahun sejak 1997 hingga 2007. Hasanuddin Z Abidin, salah seorang peneliti, Sabtu (25/9), menyatakan, sebagian besar kawasan barat hingga utara Jakarta mengalami penurunan tanah antara 5 cm dan 12 cm. Adapun wilayah tengah hingga timur penurunan tanahnya hingga 5 cm. Penurunan kawasan timur laut hingga selatan berkisar 2-4 cm.
“Penurunan permukaan tanah di sejumlah wilayah juga menurunkan badan jalan dan saluran drainase sehingga retak-retak, rusak, dan menutupi saluran,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Tarjuki. “Dinas PU DKI sedang memperbaiki badan saluran drainase yang tertutup agar air lebih cepat mengalir,” lanjutnya. Penurunan permukaan tanah juga menciptakan kawasan-kawasan cekung yang lebih cepat tergenang saat banjir.

…dst