1) Sarjana Baru IPB Diimbau Pulang Kampung

Selasa, 28 September 2010, 17:17 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR—Sekitar 800 sarjana lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) dihimbau untuk menerapkan ilmu yang mereka dapat di masing-masing kampung halaman. Mereka diharapkan dapat memajukan semua sektor sesuai ilmu yang dipelajari. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Helmy Faishal Zaini saat memberikan pembekalan kepada ratusan calon sarjana IPB yang akan melaksanakan wisuda di gedung Ade Hakim Nasution, IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Selasa (28/9) siang. Ratusan sarjana ini akan diwisuda pada hari Rabu (29/9). “Kalau sudah jadi sarjana pulang kampung ya,” ucap Helmy Faishal kepada para sarjana. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Memorandum of understanding (MoU) antara IPB dengan Departemen PDT mengenai Agrobisnis dan Agroindustri. Helmy menjelaskan, pihaknya tengah mengadakan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, salah satunya IPB. Kerjasama ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah, khususnya di daerah tertinggal di Indonesia.

…dst

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/09/28/136973-sarjana-baru-ipb-diimbau-pulang-kampung

>>>

2 ) ITB Tawarkan Civitas Akademika Unwim untuk Bergabung
http://bandung.detik.com/read/2010/09/28/190433/1450694/486/itb-tawarkan-civitas-akademika-unwim-untuk-bergabung?g991101485

Selasa, 28/09/2010 19:04 WIB
Tya Eka Yulianti – detikBandung
Bandung – Setelah resmi diberi kewenangan mengelola seluruh aset Kampus Universitas Winaya Mukti (Unwim), Intitut Teknologi Bandung (ITB) memberi pilihan pada seluruh karyawan, dosen dan mahasiswa Unwim untuk memilih. Apakah akan bergabung dengan ITB atau tidak.”ITB memberikan kesempatan bagi karyawan, dosen dan mahasiswa Unwim untuk bergabung dengan kami. Kalau mau bergabung, kami dengan senang hati menerima, kalau tidak, ya sudah,” ujar Rektor ITB Akhmaloka saat dihubungi detikbandung via telepon selularnya, Selasa (28/9/2010). Formulir kesediaan bergabung tersebut menurut Akhmaloka telah dibagikan saat silaturahmi antara pengelola dari ITB dan Unwim melakukan silaturahmi, Senin (27/9/2010) kemarin.

…dst

3 ) Pengambilalihan Unwim oleh ITB Permintaan Pemprov Jabar
http://bandung.detik.com/read/2010/09/28/184743/1450675/486/pengambilalihan-unwim-oleh-itb-permintaan-pemprov-jabar?g991102485

Selasa, 28/09/2010 18:47 WIB
Bandung – Pengelolaan seluruh aset kampus Universitas Winaya Mukti (Unwim) oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) diberikan berdasarkan Perjanjian Kerjasama (PKs) antara Pemprov Jabar dan ITB. Ditunjuknya ITB sebagai pengelola adalah atas permintaan Pemprov jabar. Hal itu diungkapkan Rektor ITB Akhmaloka saat dihubungi detikbandung via telepon selularnya, Selasa (28/9/2010). “Wacana penunjukkan ITB sebagai pengelola Unwim sudah berkembang selama 1-2 tahun belakangan. ITB diminta oleh Pemprov Jabar untuk mengelola seluruh aset-aset Unwin selama 30 tahun. PKs telah ditandatangani oleh Gubernur Jabar dan Rektor ITB yang lama (Joko Santoso-red),” ujar Akhmaloka. Dengan ITB mengelola seluruh aset Unwim, maka kampus milik Unwim di Jatinangor, Tanjung Sari Sumedang dan Jalan Pahlawan pun berada di bawah ITB. “Sekarang kampus-kampus itu disebutnya ya kampus ITB,” tuturnya.

…dst

4 ) Musibah Universitas Riau
Mahasiswa Cemas Nilainya Ikut Hangus…
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/28/11274019/Mahasiswa.Cemas.Nilainya.Ikut.Hangus…

Selasa, 28 September 2010 | 11:27 WIB
PEKANBARU, KOMPAS.com – Pasca terbakarnya gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (UR), Senin (27/9/2010) dini hari kemarin, sejumlah mahasiswa mengaku cemas akan keberadaan nilai mereka. Pasalnya, tidak satupun berkas atau komputer yang selamat dari kebakaran gedung yang biasa dipakai untuk mahasiswa ekstensi dan pasca sarjana tersebut. Salah seorang mahasiswa Pasca Sarjana FISIP, Afni, di Pekanbaru, Selasa (28/9/2010) mengaku khawatir dengan keberadaan nilai akademisnya. Berdasarkan informasi yang didapatkannya, semua data yang berkaitan dengan nilai akademis mahasiswa hangus terbakar. Begitu juga dengan rencana pihak universitas yang memindahkan kegiatan belajar mengajar ke kampus UR pusat yang berada di Panam. Ia juga mengkhawatirkan kegiatan belajar mengajar yang tidak efektif jika lokasi belajar pindah ke Panam.

…dst

5 ) Beasiswa Lotte Mart
Langkah Awal Dua Universitas
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/28/09330777/Langkah.Awal.Dua.Universitas

Selasa, 28 September 2010 | 09:33 WIB
KOMPAS.com — Lotte Foundation yang menjadi bagian dari grup ritel Lotte Mart asal Korea Selatan (Korsel) memberikan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa asal dua universitas, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Indonesia (UI) Depok. Secara khusus, beasiswa diberikan kepada mahasiswa ataupun mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya-Bahasa Korea UGM dan dari Fakultas Ilmu Budaya-Bahasa Korea dan Fakultas Ekonomi UI. “Beasiswa diberikan tiap semester,” kata Industrial Relations Manager Lotte Mart Indonesia Basuki Ismael. Sesuai rencana, penyerahan beasiswa tersebut dilaksanakan Selasa (28/9/2010) di UGM dan Rabu di UI. Penyerahan secara simbolik disaksikan Presiden Direktur Lotte Mart Indonesia Moon Young Pyo, Konsul Kedutaan Besar Korsel Kim Do Hyung, Perwakilan Lotte Foundation Lee Keum Jae dan Jung Dong Hyun, serta perwakilan dari pihak universitas berikut para penerima beasiswa.

…dst

6 ) Enam Mahasiswa UGMRaih Beasiswa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/353767/

Tuesday, 28 September 2010
YOGYAKARTA (SINDO) – Enam mahasiswa program studi (prodi) Bahasa Korea, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada (UGM), menerima bantuan pendidikan Lotte Mart Foundation dari Korea Selatan.
Pemberian beasiswa ditandai dengan penyerahan sertifikat kepada mahasiswa oleh perwakilan Lotte Foundation Lee Keum Jae di FIB UGM Yogyakarta. Turut menyaksikan Wakil Dekan Bidang Administrasi, Keuangan, dan Pengembangan SDM,Tatang Hariri, didampingi Ketua Jurusan BahasaKoreaSuray AgungNugroho dan Presiden Direktur Lotte Mart Indonesia,MoonYoung-Pyo.

…dst

7 ) Undip Kembangkan Budaya Polling
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/353768/

Tuesday, 28 September 2010
SEMARANG (SINDO) – Univer-sitas Diponegoro (Undip) Semarang mulai mengembangkan budaya jajak pendapat atau polling di lingkungan kampus. Upaya ini dilakukan untuk menumbuhkan demokrasi yang baik di kampus meski dalam lingkup kecil. Jajak pendapat tersebut sudah dipraktikkan pada pemilihan dekan fakultas,kemarin. Pengamat komunikasi Undip Turnomo Rahardjo menjelaskan bahwa pada skala pemilihan dekan, semua pihak mulai mahasiswa dan sivitas akademika dapat diketahui pandangan mereka terkait calon yang ikut pemilihan dekan. “Dengan adanya jajak pendapat, mereka dapat menyampaikan aspirasi berkaitan pemilihan yang dilakukan tersebut,”ujar Turnomo seusai penyelenggaraan jajak pendapat calon Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip periode 2010–2014 kemarin. Pemilihan dekan ini diperebutkan enam kandidat calon dekan fakultas tersebut.

…dst

8 ) Dies Natalis IPB
Mau, Belajar Tujuh Bahasa Asing di IPB?
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/28/1312502/Mau..Belajar.Tujuh.Bahasa.Asing.di.IPB

Selasa, 28 September 2010 | 13:12 WIB
BOGOR, KOMPAS.com — Memperingati Dies Natalis Institut Pertanian Bogor (IPB) ke-47, Unit Pelatihan Bahasa IPB melaksanakan open house unit tersebut selama sehari penuh, Selasa (28/9/2010). Beberapa kegiatan berbau budaya dari enam negara, yang bahasanya diajarkan di IPB, ditampilkan. Kepala Unit Pelatihan Bahasa IPB Prof MH Bintoro mengatakan, IPB menyediakan fasilitas pelatihan tujuh bahasa bagi mahasiswa ataupun staf pengajar dan masyarakat umum yang berminat. Tujuh bahasa tersebut antara lain Jepang, Jerman, Korea, Inggris, Mandarin, Perancis, dan Arab. “Tenaga pengajarnya para alumni IPB yang juga pernah studi di negara-negara tersebut. Fasilitas pelatihan ini awal-awalnya diadakan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan staf pengajar IPB yang mendapat beasiwa studi atau riset dari negara-negara tersebut,” katanya.

…dst