1 ) Bidik Misi Diusulkan Jadi Rp 6 Juta
12 Oktober 2010
SEMARANG-Dirjen Dikti merencanakan meningkatkan besaran program Beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu tetapi berprestasi, dari sebelumnya Rp 5 juta menjadi Rp 6 juta tiap semester pada 2011. Direktur Ketenagaan Dirjen Dikti Prof Supriadi Rustad mengatakan, pihaknya sedang menghitung ulang besaran dan mengusulkan kepada pemerintah agar ditambah menjadi Rp 6 juta/mahasiswa/semester. ”Jumlah yang diterima saat ini belum cukup, terutama untuk biaya tuition fee kepada perguruan tinggi terlalu rendah. Mudah-mudahan usulan ini disetujui,” kata Prof Supriadi, belum lama ini. Dia menjelaskan, Dikti juga akan berupaya mencarikan sumber-sumber beasiswa lainnya, terutama untuk dosen dan tenaga kependidikan dari sejumlah departemen. Sumber-sumber ini akan diintegrasikan langsung dengan Dikti supaya benar-benar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. ”Masih banyak Beasiswa Bidik Misi yang belum terserap dan kami akan mendorong supaya universitas juga ikut aktif dalam penyaluran. Namun, tetap saja harus selektif,” ujarnya.

…dst

Sumber : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/10/12/126446/Bidik-Misi-Diusulkan-Jadi-Rp-6-Juta

>>>

2 ) Beasiswa Mahasiswa Miskin Sebatas SPP Saja
http://kampus.okezone.com/read/2010/10/11/373/381311/beasiswa-mahasiswa-miskin-sebatas-spp-saja

Senin, 11 Oktober 2010 – 15:29 wib
SAMARINDA – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan, beasiswa 20 persen bagi mahasiswa miskin hanya mengakomodasi biaya pendidikan atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Mendiknas menambahkan, besaran nilai beasiswa belum diatur dalam PP 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Namun dalam peraturan menteri yang saat ini akan dibahas akan dicantumkan besarannya berapa. “Minimal SPP free,” jelasnya usai melantik Zamruddin Hasid sebagai Rektor Universitas Mulawarman, Samarinda. Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika ini menjelaskan, suatu beasiswa yang diberikan ke mahasiswa miskin seharusnya memang gabungan antara biaya hidup dan biaya pendidikan selama mahasiswa itu menempuh kuliah. Akan tetapi, dalam beasiswa 20 persen ini dipastikan hanya biaya pendidikan atau SPP saja. Sementara biaya hidup akan diberikan bertahap karena ada perguruan tingi yang sanggup memberikan dan ada yang tidak. “Idealnya memang ada biaya hidup namun kita punya tahapan. Saat ini hanya biaya pendidikan saja yang kami gratiskan,” jelas Nuh.

…dst

3 ) Mendiknas: PTN Harus Proaktif Cari Mahasiswa tak Mampu
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/10/11/139381-mendiknas-ptn-harus-proaktif-cari-mahasiswa-tak-mampu

Senin, 11 Oktober 2010, 10:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SAMARINDA–Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh, menginstruksikan perguruan tinggi negeri (PTN) agar jemput bola dalam penerimaan 20 persen rasio akses calon mahasiswa yang mempunyai kekurangan finansial. “Kalau tak ada intervensi, akan ada pemiskinan baru. Sudah saatnya siapapun bisa masuk PTN, asal punya kemampuan intelektual,” jelas Nuh usai pelantikan Rektor Universitas Mulawarman, Senin (11/10). Menurutnya, tak ada rinsip inklusifitas pendidikan atau tak boleh dikhususkan pada pertimbangan latar belakang sosial. Diakui Nuh, fakta di lapangan,mayoritas mahasiswa berlatar belakang ekonomi menengah atas. Bahkan dari data Kemendiknas tahun 2008, anak miskin yang berkuliah ada empat persen. Di tahun 2009 naik menjadi 6 persen. “Kalau kondisi ini diteruskan ada persoalan besar dan bentuk pemiskinan baru,”imbuh Mendiknas. Pasalnya perguruan tinggi bisa menjadi elevator sosial untuk mendekati sumber ekonomi peningkatan hidup.

…dst

4 ) Peringkat Empat Gemastik 2010
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/356818/

Tuesday, 12 October 2010
UNIKOM berhasil meraih peringkat empat pada Gemastik 2010, dengan mengantongi satu emas dan satu perunggu. Peringkat Unikom berada di bawah Universitas Indonesia (UI) yang menjadi juara umum, Institut Teknologi Telkom (ITT) Bandung (juara 2), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menduduki posisi ketiga. Selain perunggu yang disumbangkan prototipe robot terbang, Unikom meraih emas melalui cabang lomba karya tulis ilmiah bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atas nama mahasiswa program studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Rizki Rahmawati. Rizki menulis karya tulis bertajuk Peranan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sebagai Cyberlaw Indonesia terhadap Masalah Cyberstalking.

…dst

5 ) Mahasiswa Unikom Juara “Gemastik 2010”
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=159662

BANDUNG, (PR) 12 Oktober 2010
Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berhasil menyabet gelar juara pada Pergelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2010, yang berlangsung pada 6-7 Oktober di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Dalam ajang tahunan ini, Unikom meraih dua gelar, yakni juara pertama untuk kategori Karya Tulis Ilmiah perseorangan serta peringkat ketiga untuk kategori Peranti Cerdas kelompok. Pembantu Rektor III Unikom Aelina Surya mengatakan, dalam ajang Gemastik ke-3 ini, Unikom meloloskan lima tim ke babak final. Unikom baru pertama kali mengirimkan tim ke ajang Gemastik.

…dst

6 ) Unikom Kembangkan Robot Terbang
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/356819/

Tuesday, 12 October 2010
BANDUNG(SINDO) – Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung sedang mengembangkan teknologi robot terbang untuk menembus daerah terisolasi akibat bencana alam, sekaligus menerjunkan bantuan logistik. Prototipe robot terbang yang dikembangkan Unikom ini berhasil meraih medali perunggu pada cabang lomba peranti cerdas dalam Pergelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2010, 5–7 Oktober 2010 di Kampus Institut Teknologi Surabaya (ITS). Ketua tim pengembang robot terbang Unikom,Sandi Sugandari, menjelaskan, robot terbang yang dinamakan FR Masda 01 ini dapat menerjunkan diri dari pesawat dan mengirimkan bala bantuan untuk para korban bencana alam di daerah terisolasi,lantas kembali ke lokasi awal.”Robot ini siap guna dan akan terus kami kembangkan. Protipenya seberat 2 kg dan dapat mengangkut barang seberat 1 kg,” jelas Sandi di Kampus Unikom, Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, kemarin. Menurut dia, biaya produksi per robot mencapai Rp10 juta. Robot ini dikonsep untuk mencari lokasi terisolasi akibat bencana alam yang diduga masih ada kehidupan manusia.

…dst

7 ) ASEAN University akan Akreditasi Fakultas Teknik UI
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/10/11/139530-asean-university-akan-akreditasi-fakultas-teknik-ui

Senin, 11 Oktober 2010, 17:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK–ASEAN University Network (AUN) akan melakukan proses akreditasi terhadap Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) yang meliputi Program Studi Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Metalurgi dan Material serta Arsitektur. “Proses akreditas akan berlangsung 12-13 Oktober 2010 di kampus FTUI Depok,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Senin. Vishnu menjelaskan proses assessment meliputi sesi diskusi dengan pihak pimpinan departemen, fakultas dan universitas serta sesi diskusi dengan staf pengajar, mahasiswa, supporting staff, alumni dan karyawan. Para peninjau tersebut berasal dari universitas-universitas di ASEAN, dimana setiap universitas mengirimkan 2-3 orang Asesor. Proses assessment akan terdiri dari tujuh penilaian. Menurut Vishnu mengatakan UI telah mendapatkan Akreditasi tingkat Institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT dengan Nilai A. Dikatakannya untuk meningkat ke jenjang yang lebih tinggi, UI harus terakreditasi secara Internasional dan sebagai langkah awal adalah Akreditasi di Tingkat ASEAN. Lebih lanjut ia mengatakan AUN Quality Assurance Assesment ditujukan untuk menyamakan mutu proses pendidikan di Asia Tenggara. Assessment yang dilakukan lebih menitikberatkan kepada ?proses apakah berjalan dengan benar? dan Proses Assesment ditujukan agar menyadari posisi kita serta arah (realizing where we are, and where we go).

…dst

8 ) UGM Kirim DERU ke Wasior
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/356731/

Monday, 11 October 2010
YOGYAKARTA(SINDO) – Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam waktu dekat akan mengirim tim Disaster Early Respone Unit (DERU) guna mengaji dugaan illegal logging(pembalakan liar) di balik bencana banjir bandang yang terjadi di Wasior,Teluk Wondama Papua Barat. Tim khusus milik Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) UGM ini juga akan melakukan kajian mengenai penanganan tanggap darurat seperti permintaan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Anggota Tim DERU LPPM UGM Prof Dwikorita Karnawati mengatakan, dari hasil potret udara yang diambil tim DERU,topografi lokasi banjir bandang di Wasior masuk dalam jenis kawasan bentang kipas aluvial.Kawasan tersebut terdeteksi daribentuknya yangdatardanberada tepat di depan mulut lembah sungai pada kaki perbukitan curam. “Ada dataran berbentuk semacam kipas yang sebenarnya merupakan hasil sedimentasi proses banjir bandang yang terjadi secara periodik,” kata Dwikorita Karnawati kemarin. Menurut Pakar Geologi UGM ini, bencana banjir banding Wasior bisa disebabkan praktik illegal logging bisa juga tidak.

…dst

9 ) PEMILIHAN REKTOR
Rektor ITS: Senat Pegang Wewenang Penuh!
http://edukasi.kompas.com/read/2010/10/11/10431140/Rektor.ITS:.Senat.Pegang.Wewenang.Penuh.

Senin, 11 Oktober 2010 | 10:43 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Priyo Suprobo, mengungkapkan bahwa berdasarkan Permendiknas No 24 tahun 2010, posisi Majelis Wali Amanat (MWA) jelas berbeda dengan senat. Permendiknas ditetapkan 4 Oktober 2010 lalu tentang pengangkatan dan pemberhentian rektor, ketua atau direktur pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah. “Kalau di MWA Mendiknas memiliki 35 persen suara dalam pemilihan rektor, itu sangat wajar, karena Mendiknas sebagai wakil pemerintah yang memunyai saham terbesar dan anggota MWA majemuk, tidak hanya dari perguruan tinggi,” ujar Priyo kepada Kompas.com, Senin (11/10/2010).

…dst

10 ) Unissula Konsep Perpustakaan Internasional
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/10/12/126445/Unissula-Konsep-Perpustakaan-Internasional

12 Oktober 2010
SEMARANG-Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) mengonsep perpustakaan internasional. Hal ini didasarkan dari pemahaman bahwa perpustakaan harus berfungsi optimal sebagai perubahan pandangan dan pola pikir akademisi. Tak sekadar melengkapi koleksi buku bacaan, tetapi juga seluruh fasilitas yang dibutuhkan pengunjung berbasis digitalisasi. Rektor Unissula, Laode M Kamaluddin mengungkapkan, konsep perpustakaan internasional diawali dengan membentuk bangunan di bagian dalam dengan nuansa modern dan budaya. Karena itu, pihaknya merenovasi total pada bagian dalam perpustakaan, termasuk menambah kantin, ruangan audiovisual kedap suara, dan komputer ensiklopedi berlayar datar. Bahkan, seluruh toilet dikonsep internasional dengan penambahan shower. “Namun yang terpenting, koleksi buku serta karya ilmiah cetak dan digital harus lengkap (terutama bertema humaniora). Selain itu, ada peningkatan pelayanan dengan tersedianya SDM pustakawan yang berkompeten,” ujarnya.

…dst

11 ) ITB Butuh Rp1 Triliun untuk Benahi Unwim
http://kampus.okezone.com/read/2010/10/11/373/381220/itb-butuh-rp1-triliun-untuk-benahi-unwim

Senin, 11 Oktober 2010 – 18:12 wib
BANDUNG – Institut Teknologi Bandung (ITB) mengestimasi biaya setidaknya Rp1 triliun untuk pembenahan fisik bangunan kampus Jatinangor atau gedung bekas kampus Universitas Winaya Mukti (Unwim). Rektor ITB Akhmaloka memaparkan, pihaknya segera mencari sumber dana untuk memenuhi kebutuhan anggaran tersebut. “Dari konsep perencanaan yang sudah disusun, kami memang butuh sebesar itu,” kata Akhmaloka saat ditemui di sela-sela kegiatan Pasar Seni ITB di Jalan Ganeca, Kota Bandung, kemarin. Akhmaloka menjelaskan, untuk memenuhi anggaran tersebut, ITB berencana menggandeng pihak swasta. Selain itu, pihaknya juga mengandalkan dana bantuan dari pemerintah pusat. Kendati menyebutkan kebutuhan anggarannya, namun Akhmaloka tidak menyebutkan detail konsep pembenahannya. Dia hanya mengungkapkan bahwa pengembangan kampus ITB Jatinangor dikerjakan tim yang telah dibentuk ITB.

…dst

12 ) Unimed Butuh 30 CPNS Baru
http://kampus.okezone.com/read/2010/10/11/373/381223/unimed-butuh-30-cpns-baru

Senin, 11 Oktober 2010 – 19:06 wib
MEDAN – Kabar gembira bagi yang berminat menjadi dosen. Saat ini Universitas Negeri Medan (Unimed) sedang membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebanyak 30 orang. Sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Nasional (Mendinas) No 196/MPN/KP/2001 tertanggal 5 Oktober 2010, formasi yang dibutuhkan, yakni 23 dosen dan tujuh tenaga teknisi. Pendaftaran CPNS dibuka mulai 11–16 Oktober mendatang. “Kuota CPNS yang diberikan Mendiknas kepada kami tahun ini memang menurun 10 persen dibanding tahun lalu. Sebab, penerimaan tahun lalu mencapai 33 formasi. Untuk pendaftaran CPNS tahun ini dilaksanakan di bagian kepegaiwaian Badan Administrasi Umum Kepegawaian (BAUK) Unimed,” ujar Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas Drs. Chairul Azmi, M.Pd., di Kampus Unimed, Jalan Willem Iskandar, Medan Estate, kemarin.

…dst

13 ) Limbah Kopi Antar Alumnus Unej ke Jerman
http://kampus.okezone.com/read/2010/10/11/373/381282/limbah-kopi-antar-alumnus-unej-ke-jerman

Senin, 11 Oktober 2010 – 14:42 wib
JAKARTA – Biasanya, para petani kopi menjual limbah kopi seharga Rp150 per kilonya. Namun, di tangan Alumnus Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Negeri Jember (FTP Unej) Asmak Afriliana, limbah kopi bisa dia jual seharga Rp20 ribu. Bagaimana caranya? Asmak mengolah limbah kopi tersebut menjadi kompos block dengan ditambahkan pupuk kandang. Satu kilogram limbah kopi bisa dia sulap menjadi 50 buah kompos block yang dijualnya seharga Rp400 per buah. Selain sebagai pupuk, kompos block buatan Asmak pun bisa digunakan menjadi tempat pembenihan bibit tanaman. “Jika biasanya bibit tanaman ditanam di polybag dan harus disemaikan, namun jika menanam dari bibit dengan media kompos block dari limbah kopi ini tak perlu lagi tahapan persemaian,” jelas Asmak seperti dikutip dari situs Unej, Senin (11/10/2010).

…dst

14 ) Seminar Menulis di USM
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/10/12/126447/Seminar-Menulis-di-USM

12 Oktober 2010
SEMARANG-Sebanyak 600 mahasiswa mengikuti Seminar Mahir Menulis Opini, Artikel, Kolom, dan Resensi Buku di Kampus USM Jl Soekarn0-Hatta, Senin (11/10). Seminar yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi USM itu menghadirkan narasumber Prof Mudrajad Kuncoro PhD.Dalam paparannya, Kuncoro mengatakan, untuk menjadi penulis yang baik sebelumnya harus berpengalaman menulis artikel, menguasai masalah yang ditulis, memahami ejaan yang disempurnakan (EYD), serta memiliki kepekaan terhadap isu sentral. ”Biasanya seorang penulis perlu isnpirasi. Untuk menggali inspirasi bisa melalui Alquran dan hasil membaca,” ujar Guru Besar Ilmu Ekonomi pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Yogyakarta. Menurutnya, cara menggali inspirasi bisa dilakukan antara lain melalui membaca majalah, menonton film, melihat peristiwa, melalui teman, ibadah, dan rekreasi.Yang penting, seorang penulis jangan pernah bosan untuk menulis dan membaca.

…dst

15 ) BEASISWA LUAR NEGERI
DFKI Rilis Beasiswa Penelitian ke Jerman
http://edukasi.kompas.com/read/2010/10/11/16053438/DFKI.Rilis.Beasiswa.Penelitian.ke.Jerman

Senin, 11 Oktober 2010 | 16:05 WIB
KOMPAS.com – Tahun ini, Laboratorium Teknologi Bahasa DFKI sedang mencari satu atau dua peneliti untuk memperkuat tim dalam bidang sistem kognitif dan interaksi manusia-robot. DFKI GmbH atau Pusat Penelitian Artificial Intelligence yang berada di Kaiserslautern, Saarbrücken, Bremen, dan Berlin merupakan lembaga penelitian terkemuka Jerman di bidang teknologi software yang inovatif…cut…Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa penelitian ini bisa mengakses http://talkingrobots.dfki.de

…dst

16 ) Mendiknas Didemo Mahasiswa Universitas Mulawarman
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/10/11/139371-mendiknas-didemo-mahasiswa-universitas-mulawarman

Senin, 11 Oktober 2010, 09:37 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SAMARINDA–Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh, melantik Zamruddin Hasid sebagai Rektor Universitas Mulawarman periode 2010-2014. Kedatangan Mendiknas disambut unjuk rasa sekitar 30 mahasiswa. Rombongan Mendiknas pun harus berputar di lokasi karena pengunjuk rasa ada di depan pintu masuk lokasi pelantikan. Pelantikan ini seiring habisnya masa jabatan rektor periode sebelumnya, Achmad Ariffien Bratawinata. Upacara pelantikan bakal dilaksanakan di Gedung Gelora 27 September Universitas Mulawarman, Senin pagi (11/10). Mahasiswa yang terdiri dari koalisi BEM Unmul, FKIP, Teknik, Farmasi, Hukum, LEM Sylva, BEM Kesmas, Komsat KAMMI Unmul, dan PII ini mulai berorasi dan bernyanyi-nyanyi sejak pukul 09.00 WIB. Spanduk hitam bertuliskan Revisi UU Sisdiknas, Stop Komersialisasi Kampus, dibentangkan bersama puluhan bendera organisasinya.

…dst

17 ) BEM Rema UPI Tuntut Rektor untuk Penuhi Kontrak Sosial
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=159664

BANDUNG, (PR) 12 Oktober 2010
Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa (BEM Rema) Universitas Pendidikan Indonesia melakukan aksi berkaitan dengan seratus hari kinerja Rektor UPI. Mereka menuntut Rektor UPI untuk memenuhi kontrak sosial yang ditandatangani sebelum pencalonan rektor tiga bulan lalu. Ketua BEM Rema UPI, Irfan Ahmad Fauzi mengatakan, seratus hari kerja memang tidak bisa dijadikan representatif untuk mengukur suatu kinerja. Namun, pimpinan universitas saat ini adalah Rektor UPI sebelumnya, sehingga dalam masa kepemimpinan yang kedua ini harus lebih jelas arah perbaikannya.”Hari ini masih banyak hal yang dirasakan tidak ada perubahannya atau perbaikan, padahal ini adalah masa bakti yang kedua dari pimpinan universitas. Jangan sampai di interval kedua masa jabatan Rektor UPI, tidak membawa perubahan atau terlebih malah membawa kemunduran,” ujarnya di tengah aksi yang dilakukan di Depan Gedung Rektorat UPI, Jln. Setiabudhi, Bandung, Senin (11/10).

…dst

OOT:

18 ) BAHAN PENGAWET
BPOM: Semua Mi Instan Aman
http://cetak.kompas.com/read/2010/10/12/03130783/bpom.semua.mi.instan.aman

Selasa, 12 Oktober 2010 | 03:13 WIB
Jakarta, Kompas – Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM menegaskan, semua jenis mi instan di Indonesia aman dikonsumsi. Uji sampel kecap pada mi instan yang beredar di pasaran selama lima tahun terakhir menunjukkan, tidak ada kandungan nipagin yang melebihi batas maksimal. Penggunaan nipagin atau methyl p-hydroxybenzoate sebagai pengawet makanan diperbolehkan dalam batas tertentu. Sikap itu disampaikan BPOM di Jakarta, Senin (11/10), menyikapi penarikan produk Indomie di Taiwan. Produk itu ditarik karena diduga mengandung nipagin dalam bumbu kecapnya, bukan pada minya. Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM Roy Sparringa mengatakan, Taiwan tidak mengatur penggunaan nipagin. Padahal, Codex Alimentarius Commission, sebagai badan yang didirikan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengatur standar pangan, telah memperbolehkan penggunaannya.

…dst