Cukup Sudah Penantian Ini
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/359802/38/

IKRAR NUSA BHAKTI
Profesor Riset Bidang Intermestic Affairs LIPI

Tuesday, 26 October 2010

ISU reshuffle kabinet terus bergulir. Jika awalnya anggota Partai Golkar yang sering menyuarakan pergantian kabinet,kini malah Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie yang menyatakan masa satu tahun terlalu dini untuk menilai kinerja seorang menteri,apalagi jika dia seorang menteri baru. Ini didasari oleh pengalaman Ical, panggilan akrab Aburizal Bakrie, sendiri saat pertama kali duduk di dalam kabinet. Sebaliknya,Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, yang dulu selalu mengatakan partainya tidak dalam posisi untuk mengusulkan atau menyarankan reshuffle, justru dialah orang yang kini menyatakan betapa pentingnya dilakukan perombakan kabinet.

Sikap Partai Keadilan Sejahtera, seperti yang diutarakan sekretaris jenderalnya, Anis Matta, adalah tetap tidak mendukung reshufflekabinet. Komentar yang berubah-ubah dari para politisi itu tentu membingungkan masyarakat. Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahwa para menteri harap tenang dan terus bekerja tampaknya tidak menyelesaikan masalah.Cukup sudah kita berada dalam penantian yang tidak pasti. Karena itu, Presiden sebaiknya menjawab tegas akan ada atau tidak reshuffle kabinet. Ketegasan Presiden penting untuk memberikan kepastian bukan saja bagi para menteri, melainkan juga untuk masyarakat. Dari hasil evaluasi berbagai pihak, baik Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), hasil survei berbagai media ataupun lembaga survei, juga pandangan masyarakat yang dilontarkan ke media, tampak jelas betapa memang ada beberapa menteri yang kinerjanya kurang baik.

Ada yang menyebut kinerja Menko Polhukam kurang baik,Menko Kesra buruk, Menkumham buruk,Menpera buruk,Menakertrans buruk,Menkominfo buruk sekali,atau menteri lainnya pun buruk.Penilaian itu bisa jadi merupakan penilaian yang independen, tapi bisa juga penilaian yang didasari oleh kepentingan politik tertentu.

…dst

Baca juga :

Senin, 25/10/2010 12:56 WIB
Harapan & Tebakan Reshuffle (1)

Menteri Sudah Dinilai, Tapi Belum Divonis

Senin, 25/10/2010 13:25 WIB
Harapan dan Tebakan Reshuffle (2)
Evaluasi Kuntoro Meresahkan Partai

Senin, 25/10/2010 14:32 WIB
Harapan & Tebakan Reshuffle (3)
Menyorot Kinerja Empat Menteri

Senin, 25/10/2010 15:00 WIB
Harapan & Tebakan Reshuffle (4)
Perlukah Rapor Moral Menteri?

Senin, 25/10/2010 15:18 WIB
Harapan & Tebakan Reshuffle (5)
Prof Maswadi Rauf: Reshuffle Adalah Tindakan Terakhir

>>>

Boediono Mulai Berani ‘lawan’ SBY
Nasional – Jumat, 22 Oktober 2010 | 09:35 WIB
PKS Dukung Boediono Tolak Reshuffle
Nasional – Senin, 25 Oktober 2010 | 03:03 WIB
Inilah Menteri yang Terancam Reshuffle
Nasional – Jumat, 22 Oktober 2010 | 08:30 WIB