1 ) Tinjau Standar Akreditasi
BANDUNG, (PR) 30 Oktober 2010
Asosiasi Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (Aptisi) meminta Kementerian Pendidikan Nasional untuk meninjau kenaikan standar akreditasi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Mereka menilai standar universitas kelas dunia yang ditetapkan oleh BAN PT belum bisa diterapkan ke seluruh perguruan tinggi saat ini. Hal itu dikatakan Ketua Aptisi Jawa Barat Didi Turmudzi di Bandung, Jumat (29/10). Dia mengatakan, Aptisi telah mencapai kesepakatan dengan Menteri Pendidikan Nasional untuk membicarakan bersama-sama mengenai standar akreditasi. “Awal bulan sudah dibicarakan dengan Mendiknas, hasilnya ada kesepakatan bahwa kriteria akreditaasi akan dibicarakan bersama,” katanya. Menurut Didi, ada beberapa kriteria yang menyulitkan perguruan tinggi swasta untuk akreditasi, misalnya saja harus ada tujuh doktor. Selain itu, terdapat juga kriteria memberatkan lainnya, seperti fasilitas penelitian, serta sarana dan prasarana. Kriteria tersebut masih sulit ditempuh oleh perguruan tinggi swasta yang ada di daerah.

…dst

Sumber : http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=162150

2 ) PASCASARJANA
Lintas Ilmu (melanjut ke yang tidak linier), Kenapa Tidak?
http://edukasi.kompas.com/read/2010/10/29/16182283/Lintas.Ilmu..Kenapa.Tidak

Jumat, 29 Oktober 2010 | 16:18 WIB
KOMPAS.com – Beragam alasan seseorang memilih melanjutkan ke pendidikan ke tingkat pascasarjana. Namun, apapun alasan mereka, ternyata masih cukup banyak yang bingung. Harus mengambil program pascasarjana yang sesuai dengan ilmu di pendidikan sebelumnya atau malah lintas ilmu? Vishnu Juwono, Kepala Komunikasi Universitas Indonesia (UI), pertumbuhan ekonomi Indonesia memang meningkat positif selama beberapa tahun belakangan ini. Hal ini membuat persaingan di dalam dan luar negeri mensyaratkan sumber daya manusia Indonesia yang lebih tinggi lagi tingkat keahliannya. “Apalagi melihat semakin banyaknya persaingan tenaga kerja baru lulusan S-l. Mau tidak mau mereka harus meningkatkan kompetensinya. Program pascasarjana dapat membantu pada pengembangan karier,” tutur Vishnu.
Kelebihan dan kekurangan
Prof Dr Chandra Wijaya, Plh Ketua Program Pascasarjana UI, mengungkapkan, mengambil program S-2 yang tak sesuai dengan ilmu di S-l memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, mereka dapat belajar di S-2 yang sesuai dengan minat atau keinginan.

…dst

3 ) Empat Calon Rektor Unpad tidak Bersedia Tanda Tangani Kontrak
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=162151

JATINANGOR, (PR) 30 Oktober 2010
Dari tujuh calon rektor yang menghadiri acara Dialog Terbuka “Rektor Unpad Visioner dan Mencintai Mahasiswa” di Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor, Jumat (29/10), empat di antaranya menolak menandatangani kontrak bertajuk “Janji Rektor Kepada Mahasiswa” yang disodorkan mahasiswa bagi para calon Rektor Unpad periode 2011-2015.Mereka yang menolak adalah Dadang Suganda, Dede Mariana, Ganjar Kurnia, dan Oekan S. Abdoellah. Menurut Dede Mariana, cara menyampaikan aspirasi Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM Kema) Unpad dengan kontrak tersebut merupakan hal di luar kepatutan dan tidak beradab. Ia mengatakan, prinsip demokratis yaitu yang membuat janji adalah seseorang yang berjanji.

…dst

4 ) PAMERAN PENDIDIKAN
Nih, Kalau Mau Kuliah Kedokteran di LN!
http://edukasi.kompas.com/read/2010/10/29/12594142/Nih..Kalau.Mau.Kuliah.Kedokteran.di.LN..

Jumat, 29 Oktober 2010 | 12:59 WIB
KOMPAS.com – Scome (Standing Committee on Medical Education) dan Cimsa (Center for Indonesian Medical Students’ Activites) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) akan menggelar Medical Education Expo, yaitu pameran dan seminar mengenai pendidikan di luar negeri. Acara pameran dan seminar sangat disarankan bagi yang ingin melanjutkan pendidikan kedokteran ke negara lain, mencari beasiswa, pengalaman magang dan lainnya.
Hari: Rabu – Jumat (3-5 November 2010)
Jam: 15.30 – 19.00 WIB
Tempat: Selasar depan perpustakaan dan selasar Farmakologi, FKUI, Jl Salemba Raya 4 Jakarta Pusat
Pembicara: Prof Moh. Sadikin/Guru Besar Biokimia FKUI, dr. Isabella Kurnia Liem, Nino Susanto (mahasiswa FKUI Internasional 2008), serta Presentasi dari IDEA (Institut de Eurnesia)

…dst

5 ) AS Eratkan Kerja Sama Pendidikan Politik dan Teknologi
http://kampus.okezone.com/read/2010/10/29/373/387792/as-eratkan-kerja-sama-pendidikan-politik-dan-teknologi

Jum’at, 29 Oktober 2010 – 17:12 wib
DEPOK – Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan terus memperkuat kerja sama pendidikan dengan beberapa universitas di Indonesia terutama di bidang Ilmu Politik atau Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Informasi. Hal tersebut disampaikan Duta Besar (Dubes) AS Scot Marciel, ketika memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia (UI) dengan tema Education under the Comprehensive Partnership. Kuliah umum tersebut dibuka langsung oleh Rektor UI Gumilar Rosliwa Soemantri dan disaksikan langsung melalui oleh civitas akademika di enam universitas, yakni Universitas Riau (Unri), Universitas Udayana (Unud) Bali, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar melalui fasilitas teleconference.

…dst

6 ) Butet & Djaduk Pimpin Doa Bersama di ITS
http://kampus.okezone.com/read/2010/10/29/373/387788/butet-djaduk-pimpin-doa-bersama-di-its

Jum’at, 29 Oktober 2010 – 16:09 wib
SURABAYA – Selama tiga menit, Butet Kartaredjasa dan Djaduk Ferianto, memimpin civitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mendoakan korban bencana tsunami di Mentawai dan letusan Gunung Merapi. Mereka pun menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk menggugah rasa nasionalisme bangsa dan mempererat persatuan Indonesia. Butet dan Djaduk memboyong Orkes Kontemporer ‘Sinten Remen’ dalam acara peringatan Dies Natalis Emas ITS. Acara yang berlangsung di halaman parkir ITS ini, sempat diundur satu jam karena terkendala masalah listrik.

…dst

7 ) Konser Musik UMY Galang Dana Bantuan
http://kampus.okezone.com/read/2010/10/29/373/387758/konser-musik-umy-galang-dana-bantuan

Jum’at, 29 Oktober 2010 – 15:14 wib
YOGYAKARTA – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar konser musik dan pameran seni dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, serta menggalang dana untuk membantu korban bencana alam di Indonesia, khususnya korban Merapi. Acara besutan para mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Musik (UKM Musik) tersebut digelar di Taman Budaya Kecil (TBK) Kampus Terpadu UMY, Kamis 28 Oktober, kemarin.

…dst

8 ) Prihatin Nasib Bangsa, Ubhara Gelar Pengajian ‘Tolak Sawan’
http://kampus.okezone.com/read/2010/10/29/373/387714/prihatin-nasib-bangsa-ubhara-gelar-pengajian-tolak-sawan

Jum’at, 29 Oktober 2010 – 14:11 wib
SURABAYA – Universitas Bhayangkara Surabaya (Ubhara) menggelar pengajian dan doa bersama sebagai aksi keprihatinan atas kondisi bangsa yang kian karut marut akibat bencana alam dan sejumlah kasus korupsi di Indonesia. Humas Ubhara M Fadeli mengatakan, acara hasil kerja sama dengan sejumlah pihak ini nantinya digelar rutin satu bulan sekali. “Sebagai bentuk kepedulian nasib bangsa, pengajian dan doa bersama ini akan digelar satu bulan sekali,” katanya, Kamis 28 Oktober malam.

…dst

9 ) Wapres Boediono “Ini Luar Biasa”
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/10/29/178582/88/14/Wapres-Boediono-Ini-Luar-Biasa

Jumat, 29 Oktober 2010 18:02 WIB
JAKARTA–MICOM: Wakil Presiden Boediono menyatakan sangat kagum terhadap koleksi buku yang disajikan perpustakaan Freedom Institute. “Ini luar biasa,” kata Boediono saat meninjau koleksi buku yang tersaji apik di perpustakaan Freedom Institute, di Jakarta, Jumat (29/10). Sambil mendengarkan penjelasan Direktur Eksekutif Freedom Institute, Wapres yang didampingi Ibu Herawati Boediono, terus melihat-lihat buku-buku koleksi lembaga yang berdiri pada 2001 itu. “Wah ada juga,” ujarnya, saat melihat buku kumpulan esai ekonomi karangan Boediono bertajuk “Ekonomi Indonesia Mau Kemana”, di antara koleksi buku Freedom Institute.

…dst

10 ) FPP UMM Perkuat Kompetensi Agroindustri Sawit
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/10/30/128479/FPP-UMM-Perkuat-Kompetensi-Agroindustri-Sawit

30 Oktober 2010

MALANG-Setelah sukses menjadi koordinator dan penyelekasi program Sarjana Masuk Desa (SMD) dan beasiswa kerja, kini Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP)Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggandeng PT Bumitama Gunajaya Agro Jakarta, sebuah perusahaan agrobisnis yang bergerak di bidang perkebunan sawit. Bahkan ditindaklanjuti dengan penandatanganan naskah kerja sama. Bagi PT Bumitama Gunajaya Agro, UMM merupakan kampus mitra pertama sebelum kampus-kampus lain yang juga mengajukan kerjasa sama. Penandatanganan naskah kerja sama tersebut berlangsung di ruang teater UMM Dome dilakukan oleh Dekan FPP, Dr Ir Damat MP mewakili rektor dan dari perusahaan diwakili kepala departemen Human Capital Group PT Bumitama Gunajaya Agro, Basuki Suseno.

…dst

11 ) Raih Gelar Doktor, Abdullah Puteh Dapat Rekor Muri
http://kampus.okezone.com/read/2010/10/28/373/387593/raih-gelar-doktor-abdullah-puteh-dapat-rekor-muri

Jum’at, 29 Oktober 2010 – 09:06 wib
JAKARTA – Mantan Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) mendapatkan rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri). Walaupun sebagai terpidana, namun dia dinilai tetap mempertahankan semangat juangnya untuk memperoleh gelar doktor. Ketua Muri Jaya Suprana mengatakan, Abdullah Puteh menunjukkan semangat yang luar biasa dalam keterbatasannya untuk berjuang mendapatkan gelar doktor. Saat menjadi terpidana, Puteh tidak memandang status hukumnya itu dalam menyelesaikan disertasinya, bahkan statusnya tersebut memacunya untuk bekerja mencari data dan penelitian lainnya. Puteh terpidana 10 tahun penjara pada kasus korupsi pengadaan helikopter diketahui bebas bersyarat 18 November 2009 dengan membayar Rp500 juta.

…dst

12 ) BEASISWA LUAR NEGERI
Pilih Kursus atau S-2 di Perancis?
http://edukasi.kompas.com/read/2010/10/29/1750546/Pilih.Kursus.atau.S.2.di.Perancis

Jumat, 29 Oktober 2010 | 17:50 WIB
KOMPAS.com – Total E&P Indonesie kembali membuka kembali pendaftaran untuk program Total Summer School dan Scholarship for Master Degree in France. Kedua program disiapkan untuk tahun akademik 2011/2012.
Total Summer School merupakan kesempatan untuk mengikuti seminar atau workshop di Perancis selama satu minggu. Sebagai full scholarship, seluruh skema pembiayaan mengikuti program ini ditanggung semua oleh Total yang meliputi visa, tiket, hingga uang saku.

…dst