1 ) UII Gelar Kuliah di Kampus Bawah
Rabu, 17 November 2010 – 09:22 wib
JAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) akan mengalihkan perkuliahan di dari Kampus Terpadu UII di Jalan Kaliurang, ke kampus-kampus di sekitar Kota Yogyakarta pada 18 November mendatang. Keputusan ini diambil mengingat kondisi Yogyakarta masih belum aman dari bahaya letusan Gunung Merapi.
Lokasi kampus yang akan menampung kegiatan perkuliahan enam fakultas tersebut ada di Condong Catur (Fakultas Ekonomi), Taman Siswa (Fakultas Hukum), Demangan Baru (Magister Studi Islam), Cik Ditiro (Magister Hukum), Rumah Sakit Jogjakarta International Hospital (JIH), dan Kota Baru (LKBH). Pengalihan lokasi perkuliahan tersebut merupakan wujud dari komitmen UII untuk tetap patuh terhadap himbauan dari pemerintah. “Selain itu, hal ini juga dalam rangka meminimalkan resiko yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu, mengingat aktivitas gunung merapi masih belum dapat dipastikan,” kata Rektor UII Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (17/11/2010).
Informasi pengalihan lokasi perkuliahan ini dilakukan Badan Sistem Informasi (BSI) UII melalui berbagai cara. Di antaranya melalui akun pribadi mahasiswa (Unisys), situs resmi fakultas dan universitas, serta jejaring sosial Facebook. (rfa)(rhs)

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2010/11/16/373/393973/uii-gelar-kuliah-di-kampus-bawah

>>>

2 ) PENELITIAN
Mau, Ikutan Temu Ilmiah Psikologi 2010?
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/16/20250755/Mau..Ikutan.Temu.Ilmiah.Psikologi.2010

Selasa, 16 November 2010 | 20:25 WIB
KOMPAS.com — Ingin menambah wawasan dan informasi terbaru di bidang penelitian psikologi? Lembaga Penelitian Psikologi (LPPsi) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia mengadakan kegiatan Temu Ilmiah Psikologi 2010 yang akan dilaksanakan pada:
Hari: Jumat-Sabtu (19-20 November 2010)
Tempat: Gedung H Fakultas Psikologi UI, Kampus UI Depok
Informasi: http://www.psikologi.ui.ac.id

>>>

3 ) PADUAN SUARA
Siiipp… ITS Rebut Dua Emas di Busan!
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/16/20511242/Siiipp….ITS.Rebut.Dua.Emas.di.Busan..

Selasa, 16 November 2010 | 20:51 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Tim Paduan Suara (PS) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih dua medali emas di Busan Choral Festival and Competition 2010 di Busan, Korea selatan, 10-14 November. Kedua medali itu diperoleh untuk kategori Mix Choir dan Ethnic Choir dalam kompetisi paduan suara tingkat internasional yang diikuti 16 negara dari lima benua dengan 42 tim paduan suara yang antara lain Indonesia, Malaysia, Filipina, Ghana, Ceko, serta Amerika Serikat. “Awalnya kami tidak menyangka bisa ikut dalam ajang bergengsi itu, karena tim PS ITS tidak pernah berkompetisi di ajang tingkat dunia,” kata anggota tim PS ITS, Angger Pungkas Caesario, di Surabaya, Selasa (16/11/2010). Satu tim paduan suara ITS ini terdiri dari 40 anggota yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Angger mengaku timnya terdaftar menjadi anggota di kompetisi internasional itu saja sudah cukup membanggakan, apalagi sampai menang, tentu tidak disangka sebelumnya. “Tim kami mulanya terbentuk hanya untuk persiapan konser tunggal bertajuk ‘Touching’yang digelar di gedung Cak Durasim, Taman Budaya. Konser tunggal itu pun sukses,” katanya.

…dst

4 ) PADUAN SUARA
Binus Raih Juara I Paduan Suara di Praha
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/16/16150810/Binus.Raih.Juara.I.Paduan.Suara.di.Praha

Selasa, 16 November 2010 | 16:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Paduan Suara Bina Nusantara (Paramabira) meraih Juara I kategori Mixed Choir, Best Interpretation for Compulsory Song, dan Best Selection of Programme pada kompetisi paduan suara internasional “24th Praga Cantat 2010” yang digelar di Praha, Republik Ceko. Paramabira mendapat nilai tertinggi dari semua kategori yang dilombakan, yaitu Absolute Winner. Kompetisi yang digelar selama tiga hari pada 29-31 Oktober 2010 itu diikuti oleh 19 kelompok paduan suara dari 11 negara, yaitu Jerman, Bulgaria, Irlandia, Cyprus, Republik Ceko, Hungaria, Kroasia, Indonesia, Swiss, Slovenia, serta Norwegia. Praga Cantat telah diselenggarakan untuk ke-24 kalinya tahun ini, dan untuk pertama kalinya Indonesia ikut serta dalam kompetisi ini. “Kami berupaya untuk terus mendorong dan memfasilitasi kegiatan kemahasiswaan, baik yang tergabung dalam kelompok olah raga, seni, akademi, maupun kerohanian. Saat ini ada lebih dari 45 organisasi kemahasiswaan yang sangat aktif dan juga mendapatkan prestasi yang baik di tingkat nasional maupun internasional. Paramabira adalah salah satu contohnya,” ujar Rektor Universitas Bina Nusantara (Binus) Prof Harjanto Prabowo dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (16/11/2010).

…dst

5 ) BEASISWA LUAR NEGERI
Dibuka, Beasiswa S-2 dari USAID ke AS!
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/16/18023598/Dibuka..Beasiswa.S.2.dari.USAID.ke.AS..

Selasa, 16 November 2010 | 18:02 WIB
KOMPAS.com – United States Agency for International Development (USAID) membuka program Human and Institutional Capacity Development (HICD) yang bertujuan untuk memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi S-2 di berbagai universitas di AS. Program HICD ini dikelola oleh USAID Program office bekerja sama dengan Academy for Educational Development (AED). Adapun program-program beasiswa yang ditawarkan melalui program itu adalah Program Studi Master (S-2) bidang pendidikan yang meliputi Pengelolaan dan Kebijakan Pendidikan, Psikologi dan Pembangunan Sumber Daya, Kebijakan Pendidikan Internasional, Bahasa dan Literatur, Pendidikan Sains dan Matematika, Kepemimpinan Bidang Pendidikan, Pendidikan Keguruan, Hukum Bidang Pendidikan, Keuangan Pendidikan, Pendidikan dan Kurikulum, Desain Riset Pendidikan, Politik di Bidang Pendidikan, Te dan Ujian, Pendidikan Inklusi, serta Bimbingan dan Konseling.

…dst

6 ) Masjid UI Gelar Salat Idul Adha
http://kampus.okezone.com/read/2010/11/16/373/393969/masjid-ui-gelar-salat-idul-adha

Rabu, 17 November 2010 – 05:59 wib
JAKARTA – Masjid Universitas Indonesia (UI), Ukhuwah Islamiyah, menggelar salat Idul Adha (17/11/2010) pagi ini. Dijadwalkan, salat Ied akan dipimpin oleh imam Muhammad Sitrullah, dan Menko Perekonomian Hatta Radjasa sebagai khotib.”Jadwalnya pak Hatta Radjasa, tapi beliau masih di Jepang, kalau tidak bisa kami sudah siapkan khotib lainnya,” tutur penanggung jawab hewan kurban UI, Mudjilan, Selasa, 16 Oktober. Mudjilan menambahkan, UI juga telah menyiapkan 1.120 kupon dalam pembagian hewan kurban. Kupon-kupon tersebut dibagikan kepada ribuan karyawan UI, komunitas tukang ojek, hingga masyarakat sekitar kampus UI. Proses pembagian hewan kurban akan dilaksanakan usai salat Ied. Tahun ini, UI akan menyembelih sedikitnya 28 kambing dan delapan sapi. Hewan-hewan kurban tersebut berasal dari para pegawai, mahasiswa, dosen dan maupun pihak rektorat. Rektor UI Gumilar Rusliwa Soemantri bahkan menyumbang satu sapi.

…dst

7 ) UI Siapkan 1.120 Kupon Hewan Kurban
http://kampus.okezone.com/read/2010/11/16/373/393950/ui-siapkan-1-120-kupon-hewan-kurban

Selasa, 16 November 2010 – 18:07 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) menyiapkan 1.120 kupon untuk pembagian hewan kurban di Masjid UI Ukhuwah Islamiah. Kupon tersebut dibagikan kepada ribuan karyawan UI, komunitas tukang ojek, hingga masyarakat sekitar. Sedikitnya terdapat 28 kambing dan delapan sapi yang berasal dari para pegawai, mahasiswa, maupun dosen dan rektorat kampus. Satu sapi di antaranya sumbangan dari Rektor UI Gumilar Rusliwa Soemantri. Penanggung Jawab Panitia Hewan Kurban Mudjilan mengatakan, daging hewan kurban akan dibagikan kepada para karyawan golongan I dan II, petugas kebersihan, keamanan, hingga ratusan tukang ojek. UI, kata dia, akan berusaha membagikan daging kurban secara tertib dan tidak berdesakan.

>>>

8 ) Idul Adha Bagi Mahasiswa Indonesia Mesir
Selasa, 16 November 2010 – 15:16 wib
KETIKA sang surya telah kembali keperaduannya, terdengar sahut-sahutan suara adzan dari seluruh mesjid di negeri Kinanah ini. Maghrib telah masuk, disambut gembira oleh mereka yang berpuasa Arafah siang itu. Selepas shalat maghrib terdengar lantunan Takbir, Tahmid dan Tasbih di seluruh pelosok penjuru negeri Musa ini. Pertanda besok(Hari ini) telah memasuki tanggal 10 Zulhijah, hari ketika umat Islam seluruh penjuru dunia merayakan Hari Raya Idul adha. Pada tahun ini kembali terjadi perbedaan pada penetapan hari Raya Idul Adha, dengan beberapa persepsi hari ini dan Rabu, 17 November 2010. Namun itu hanya sebuah ijtihad penetapan waktu, karena mengingat bulan tak lagi bisa dilihat oleh mata telanjang, apalagi bulan baru yang mengharuskan untuk memakai alat canggih(teropong bulan) untuk melihatnya. Karena ini hanya ijtihad ulama kita, maka sebagai umat Islam kita diberi kemudahan untuk memilih, yang mau Selasa silahkan! Yang mau Rabu juga tidak ada masalah.

…dst

9 ) Relokasi Harus Akomodasi Kearifan Lokal Penduduk Merapi
http://www.antaranews.com/berita/1289904767/relokasi-harus-akomodasi-kearifan-lokal-penduduk-merapi

Selasa, 16 November 2010 17:52 WIB
Semarang (ANTARA News) – Guru besar manajemen lingkungan, Prof. Sudharto Prawata Hadi, minta pemerintah tetap mengakomodasi kearifan lokal masyarakat di sekitar radius lima kilometer dari puncak Gunung Merapi, yang rencananya akan direlokasi.
“Kearifan lokal penduduk lereng merapi inilah yang selama ini mendukung kelangsungan hidup mereka,” katanya di Semarang, Selasa.
Sudharto yang juga Rektor terpilih Universitas Diponegoro Semarang itu menjelaskan, kearifan lokal yang selama ini dianut oleh para penduduk lereng Merapi telah sesuai dengan kondisi alam di gunung berapi yang berada di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta ini.
Oleh karena itu, lanjut dia, rencana relokasi para penduduk ini harus mengakomodasi masukan dari para warga itu sendiri.
“Jangan menggunakan pola `top down` dalam menentukan kebijakan relokasi warga ini,” katanya.

OOT :

10 ) Mahfud: Aparat Hukum Minum ‘Kencing’ Gayus
http://nasional.inilah.com/read/detail/978082/mahfud-aparat-hukum-minum-kencing-gayus

Selasa, 16 November 2010 | 07:06 WIB
INILAH.COM, Jakarta – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD sungguh muak melihat pengakuan Gayus Tambunan di muka pengadilan.
Mahfud menilai, Gayus adalah koruptor berdarah dingin yang bisa seenaknya membeli harga diri para penegak hukum di republik ini.
“Ini semakin meyakinkan bahwa Gayus licin, berdarah dingin, dan bisa mengencingi pejabat-pejabat penegak hukum. Sepertinya dia itu berdiri di atas meja dan penegak hukum duduk di lantai lalu mengencingi penegak hukum,” kecam Mahfud saat dihubungi INILAH.COM, Senin (15/11/2010).
Mahfud menganalogikan, para oknum penegak hukum di republik ini seolah memandang Gayus seperti gunung emas yang bisa dikeruk untuk keuntungan mereka pribadi.
“Anehnya para penegak hukum itu berebutan minum kencingnya Gayus. Semula dia mungkir kemudian mengaku dengan enteng,” terang Mahfud.
Seperti diberitakan, akhirnya terdakwa kasus mafia pajak dan korupsi Gayus H Tambunan mengakui pergi ke Bali dan menonton pertandingan tenis seperti dalam foto yang beredar di media massa. “Biar tidak berpolemik terlalu panjang, benar yang di Bali itu saya,” kata Gayus Usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (15/11/2010). [mah]