1 ) Rektor UI Terima Penghargaan Lagi
Kamis, 25 November 2010 | 10:03 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Prof Gumilar Rusliwa Somantri, Rektor Universitas Indonesia, memperoleh Kazue McLaren Leadership Achievment Award. Penghargaan tersebut diberikan oleh Asia Pasifik Academic Consortium for Public Health (APACPH) di Bali, Kamis (25/11/2010). Kabar gembira ini langsung disampaikan Gumilar kepada Kompas melalui sambuungan telepon, siang ini. Ia mengatakan, penghargaan tersebut disampaikan dalam acara pembukaan The 42nd APACPH Conference on Strengthening Public Health Institution to Address Non Communicable Deseases and Emerging Health Challenges. Gumilar dianugerahi penghargaan tersebut atas komitmen akademik dan profesional pada upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat di dunia yang semakin mengarah pada urban, serta atas kepemimpinan luar biasa untuk memperbaiki pendidikan profesional di Indonesia dan di kawasan Asia Pasifik.
…dst
Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/25/10035465/Rektor.UI.Terima.Penghargaan.Lagi
>>>
2 ) Beasiswa bagi Wartawan dan Aktivis LSM dari Universitas Paramadina
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/366292/

Thursday, 25 November 2010
UNIVERSITAS Paramadina kembali memberikan beasiswa yang diperuntukkan bagi para wartawan dan aktivis LSM. Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Paramadina dan Yayasan Medco Foundation. Kali ini beasiswa tersebut didapatkan oleh 16 orang, 10 di antaranya berasal dari wartawan dan aktivis LSM.Sementara 6 lainnya bagi karyawan perusahaan Medco. “Pendidikan merupakan proses terbaik untuk memutus rantai keterbelakangan dan kemiskinan sebuah negara. Oleh sebab itu, memperbaiki kualitas dan kuantitas pendidikan merupakan cara terbaik untuk mempercepat kemajuan sebuah bangsa,” ujar Anies Baswedan,Rektor Universitas Paramadina, dalam acara penandatanganan kerja sama pemberian beasiswa angkatan ketiga antara Paramadina dan Yayasan Medco Foundation di Jakarta. Pihak Medco sendiri merasa sangat senang dengan adanya program pemberian beasiswa ini.Terlebih beasiswa yang sudah ketiga kalinya ini semakin hari semakin banyak diminati oleh pelamar beasiswa. Sebelumnya, penerima beasiswa yang sama hanya mencapai sembilan orang,sedangkan saat ini penerima beasiswa mencapai 16 orang.”Kami bertekad untuk terus berkomitmen memajukan bidang pendidikan demi mencerdaskan kehidupan bangsa,”kata Yani Panigoro, Pimpinan Medco Foundation yang turut hadir dalam penandatanganan kerja sama pemberian beasiswa. Program beasiswa magister Universitas Paramadina memberikan 5 program studi pilihan, yaitu Strategic Finance, Bisnis Keuangan Islam, Diplomacy,Komunikasi Politik, dan Corporate Communication.

…dst

3 ) PASCASARJANA
Pendaftar Pascasarjana UI 2.000 Orang
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/25/18085712/Pendaftar.Pascasarjana.UI.2.000.Orang

Kamis, 25 November 2010 | 18:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Jumlah pendaftar gelombang ketiga program studi pascasarjana Universitas Indonesia (UI) tahun akademik 2010/2011 sudah sudah mencapai total 2.230 calon mahasiswa. Pendaftar terbanyak berasal dari jenjang S-2 yang mencapai sekitar lebih dari 1.800 calon mahasiswa. “Ini gelombang ketiga ketiga untuk tahun 2010 dan memang gelombang yang paling banyak pendaftar dari S-2,” tutur Kepala Kantor Komunikasi dan Humas UI Vishnu Juwono di Jakarta, Kamis (25/11/2010).

…dst

4 ) Pascasarjana
Pilih Jalur yang Sama atau Lintas Studi?
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/25/17500845/Pilih.Jalur.yang.Sama.atau.Lintas.Studi

Kamis, 25 November 2010 | 17:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ada tiga kecenderungan seseorang memilih melanjutkan pendidikan ke tingkat pascasarjana. Padahal pilihannya hanya dua, mengambil program studi pascasarjana yang sesuai dengan ilmu di jenjang pendidikan sebelumnya atau justeru lintas ilmu. Demikian dikatakan Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi dan Humas Universitas Indonesia (UI) kepada Kompas.com, Kamis (25/11/2010), menanggapi pesatnya animo pendaftaran mahasiswa baru pascasarjana di UI untuk tahun akademik 2010/2011. “Lintas bidang studi itu wajar, karena memang ada beberapa segmen karakteristik mahasiswa pascarsarjana yang mendaftar dari tahun ke tahun seperti itu. Pertama, mahasiswa yang cenderung ingin memperdalam keahliannya sehingga mengambil jurusan yang sama. Biasanya, mahasiswa yang masuk katakteristik ini akan melanjutkan ke jenjang S-3,” ujar dosen pascasarjana Hubungan Internasional (HI) ini. Kecenderungan kedua adalah untuk memperluas wawasan. Contohnya, kata Vishnu, mahasiswa dari bidang studi hukum yang sudah merasa cukup dengan ilmu hukumnya dan ingin menambah wawasan baru di bidang ekonomi. Atau, sebaliknya, mahasiswa lulusan ekonomi justeru ingin memperdalam bidang hukum sebagai wawasan baru bagi dirinya.

…dst

5 ) Ubhara Surabaya Dirikan Kedokteran Gigi
http://kampus.okezone.com/read/2010/11/25/373/396950/ubhara-surabaya-dirikan-kedokteran-gigi

Kamis, 25 November 2010 – 14:31 wib
SURABAYA – Universitas Bhayangkara Surabaya (Ubhara) mengepakkan sayapnya dalam hal pendidikan. Dengan berbagai pentimbangan, Ubhara membuka program studi kedokteran gigi. Untuk menjalankan program ini, Ubhara menggandeng Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya HS Samsoeri Mertojoso. Menurut Humas Ubhara Surabaya, M Fadeli seiring usia ke 28 tahun U bhara berkomitmen memenuhi kebutuhan masyarakat berupa pembentukan program studi kedokteran gigi. Momentum kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas Bhayangkara Surabaya Brigjen Pol (P) Dr.H.Suharto, dengan Kepala Rumah Sakit Bhayangkara H.S Samsoeri Mertojoso.

…dst

6 ) Mahasiswa Unwim Tolak Integrasi ke ITB
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=165502

BANDUNG, (PR) 26 November 2010
Mahasiswa Universitas Winayamukti menolak tawaran untuk berintegrasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Integrasi tersebut dikhawatirkan dapat memengaruhi psikologi mahasiswa sehingga tidak bisa menyelesaikan program studi sesuai dengan batas yang ditentukan ITB. Rektor Universitas Winaya Mukti, Endang Sufiadi, membenarkan hal itu saat dihubungi “PR”, Rabu (24/11) malam. Sebelumnya ITB berencana menawarkan mahasiswa Unwim untuk berintegrasi. ITB akan membuat kelas khusus untuk mahasiswa tersebut. Bila lulus, mahasiswa Unwim ini akan mendapatkan ijazah yang dikeluarkan oleh ITB. Endang mengatakan, penolakan tersebut sudah resmi disampaikan khususnya oleh mahasiswa Fakultas Pertanian. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Unwim bahkan telah mengirimkan surat pernyataan pada Gubernur Jawa Barat. Sementara untuk fakultas lainnya, Endang mengakui belum ada surat pernyataan resmi dari mahasiswa. Namun, mereka sudah menyampaikan pernyataan tersebut pada dekan masing-masing. “Kami sebelumnya memang mengumpulkan para mahasiswa tersebut untuk menanyakan kesediaan mereka,” ujarnya.

…dst

7 ) Enam Mahasiswa Gunadarma Juarai Lomba Debat Online
http://kampus.okezone.com/read/2010/11/25/373/397031/enam-mahasiswa-gunadarma-juarai-lomba-debat-online

Kamis, 25 November 2010 – 16:15 wib
DEPOK– Universitas Gunadarma menggelar lomba kreativitas bagi para mahasiswa seputar pertandingan teknologi, komputer, dan informatika. Salah satunya yakni lomba debat para mahasiswa yang dikemas dengan cara berbeda yakni secara online. Humas Gunadarma Nur Yuliani mengatakan, sedikitnya terdapat 37 mahasiswa yang berhasil diseleksi untuk mengikuti lomba debat online. Secara teknis, kata Yuli, mahasiswa berdebat terkait sebuah tema yang terdapat di situs internet dan beradu argumen. “Jadi ada dua kubu, masing–masing menampilkan slide yang diambil dari situs, dan bahan–bahan argumen juga diambil dari internet,” ujarnya kepada okezone, Kamis (25/11/2010).

…dst

8 ) Kurikulum Berbasis Kewirausahaan Digenjot
http://www.jpnn.com/read/2010/11/23/77835/Kurikulum-Berbasis-Kewirausahaan-Digenjot-

Selasa, 23 November 2010 , 21:41:00
JAKARTA – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Dirjen Dikti Kemdiknas), Djoko Santoso mengatakan angka pengangguran dari lulusan perguruan tinggi mengkhawatirkan. Untuk itu, Kemendiknas sedang gencar menerapkan kurikulum berbasis kewirausahaan di kampus-kampus, baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta. “Pemerintah memberikan bantuan dana kepada kampus untuk menyelenggarakan program kewirausahaan. Dana itu dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk pelatihan atau pun praktik kewirausahaan. Bagi mahasiswa yang memiliki rencana usaha, dapat mengajukan proposal ke kampus masing-masing. Lalu mempresentasikannya,” kata Djoko di gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (23/11). Djoko mengatakan, proposal wirausaha itu dapat diajukan secara individu maupun kelompok. Sedangkan, persyaratan seperti pada semester berapa program ini boleh dijalankan, masing-masing kampus memiliki kebijakan yang berbeda. Menurutnya, tujuannya program ini tidak hanya berupa program usaha, tetapi juga dapat dikaitkan dengan aktivitas yang dapat memancing munculnya kreativitas.

…dst

OOT:

9 ) E-proc Hemat Uang Negara Rp16 Triliun
http://www.antaranews.com/berita/1290720430/e-proc-hemat-uang-negara-rp16-triliun

Jumat, 26 November 2010 04:27 WIB
Balikpapan (ANTARA News) – E-proc atau electronic procurement, alias pelelangan pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui teknologi informasi berhasil menghemat hingga Rp 16 triliun uang negara sampai November 2010 ini. Menurut kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Agus Rahardjo, e-proc yang secara resmi disebut Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) ini memperpendek mata rantai proses pelelangan, menghemat jam kerja dan tenaga kerja. E-proc juga mengurangi kesempatan untuk korupsi karena sistemnya yang minim interaksi antara peserta lelang dengan panitia lelang.
?Sehingga pada 2012 nanti seluruh instansi pemerintah dari Sabang-Merauke wajib menggunakan e-proc bila memerlukan pengadaan barang dan jasa,? tegas Agus setelah rapat koordinasi LPSE se Indonesia di Hotel Le Grandeur, Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis. LPSE sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak 2007. Sejak saat itu, kata Agus, sudah ada 125 layanan pengadaan barang dan jasa elektronik dan melibatkan 250 instansi pemerintah baik di pusat dan di daerah. Termasuk di situ badan usaha milik negara (BUMN) PLN.

…dst

10 ) Negara Beri Penghargaan Kepada Relawan yang Tewas di Merapi
http://www.detiknews.com/read/2010/11/25/165140/1502501/10/negara-beri-penghargaan-kepada-relawan-yang-tewas-di-merapi?nd992203605

Kamis, 25/11/2010 16:51 WIB
Jakarta – Saat melakukan evakuasi terhadap para korban letusan awan panas atau wedhus gembel di Gunung Merapi, tak sedikit para relawan yang tewas. Pemerintah mempertimbangkan akan memberikan penghargaan kepada para relawan atau pun wartawan yang tewas dalam letusan Gunung Merapi. “Sebagai apresiasi apa yang kita lihat di lapangan sejumlah orang telah melaksanakan tugasnya, baik perseorangan maupun kelompok orang yang sebagian dari mereka gugur. Misalkan dari Gegana, wartawan dan PMI sebagian ada yang ingin berkontribusi untuk menyelamatkan warga, mereka harus mengorbankan nyawanya, negara akan memberikan kontribusi suatu saat nanti,” kata SBY. Hal tersebut disampaikan Presiden saat membuka rapat paripurna kabinet di kantornya, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (25/11/2010).

…dst