1 ) DOSEN
Penelitian Hanya untuk Kenaikan Pangkat
Sabtu, 27 November 2010 | 04:48 WIB
Jakarta, Kompas – Penelitian dan penulisan artikel ilmiah para dosen di Indonesia masih banyak yang dilakukan untuk sekadar kenaikan pangkat. Kondisi ini menyebabkan budaya penelitian di perguruan tinggi yang dibutuhkan untuk memajukan ilmu pengetahuan belum memiliki kontribusi yang berarti. Hal itu antara lain dikemukakan Mien Ahmad Rifai, Pembina Senior Jurnal Nasional Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Mien tampil sebagai salah seorang pembicara dalam seminar dan lokakarya nasional “Menguatkan Budaya Penelitian, Menegakkan Etika Intelektual” yang diselenggarakan Prasetiya Mulya Business School dan DP2M, Kamis-Jumat (25-26/11). Penerbitan berkala ilmiah di Indonesia, menurut Mien, kesulitan mendapatkan naskah. Penerbitan ilmiah pun tidak untuk memajukan ilmu, tetapi buat menyediakan bukti dan sarana pendukung kenaikan pangkat.
…dst

Sumber: http://cetak.kompas.com/read/2010/11/27/04482676/penelitian.hanya.untuk.kenaikan.pangkat
>>>

2 ) UI Kukuhkan Mohamad Ikhsan Sebagai Guru Besar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/11/26/149191-ui-kukuhkan-mohamad-ikhsan-sebagai-guru-besar

Jumat, 26 November 2010, 19:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK–Universitas Indonesia (UI) akan mengukuhkanMohamad Ikhsan, MA,Phd sebagai Guru Besar Tetap Fakultas Ekonomi. “Mohamad Ikhsan akan dikukuhkan pada Sabtu (27/11), di Aula Fakultas Kedokteran, Kampus UI Salemba, Jakarta,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Jumat. Upacara pengukuhan guru besar akan dipimpin Rektor UI, Prof. Dr. der Soz. Gumilar Rusliwa Somantri dan akan dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof Dr Boediono. Menurut Vishnu, Mohamad Ikhsan, yang kini menjabat sebagai Staf Khusus Wakil Presiden RI, akan menyampaikan pidato ilmiahnya yang bertema “Kebijakan Ekonomi Makro Khususnya Stabilisasi Harga dan Penanggulangan Kemiskinan.”

…dst

3 ) Komik Indie Terbaik Dipamerkan di ITB
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/366556/

Saturday, 27 November 2010
BANDUNG (SINDO) – Jurusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menggelar pergelaran komik indie bertajuk “Bandung Indie Comic Now” pada 1–3 Desember 2010 di Kampus ITB,Jalan Ganeca, Kota Bandung.
Rencananya, acara tersebut diisi sejumlah acara menarik, seperti pameran komik indie, talkshow tentang komik indie, workshop indie, live musik,serta acara menarik lainnya. Pameran komik indie akan digelar selama tiga hari menampilkan karya-karya komikus indie Bandung seperti Azisa Noor, Tita Larasati, Okky Baskara,8 Studio,Funco,Alam Muammar,GalangTirta Kusuma. “Mereka adalah komikus indie asal Bandung yang mempunyai tujuan lebih idealis dalam berkarya,” terang Ketua Panitia Bandung Indie Comic Now Fahriza Wicaksono Luddinkemarin.Merekadipastikan membawa karya terbaik dan terbaru hasil olah imajinasi dan gagasan cerdas tanpa kekangan pihak luar.Komik indie diangkat karena lebih independen dan mandiri.
Pengerjaannya tidak mengikuti jalur komersial.Mereka tidak terikat dengan pihak-pihak atau batasan tertentu.Karena itu,karya-karya mereka disebut lebih liberal,secara tema, gagasan, ide cerita, hingga teknik visual yang disajikan. “Itulah kenapa komik indie terkadang lebih jujur dalam merekam realitas sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” ujar Fahriza.

…dst

4 ) Ilmu Komunikasi Fisip UMM Gelar Workshop TV
http://kampus.okezone.com/read/2010/11/26/373/397587/ilmu-komunikasi-fisip-umm-gelar-workshop-tv

Jum’at, 26 November 2010 – 20:29 wib
MALANG – Hampir semua informasi dapat kita peroleh melalui tayangan televisi. Mulai dari hiburan, berita, dan pengetahuan umum yang dikemas dalam bentuk yang beragam. Namun dalam perkembangannya tidak jarang tayangan televisi tidak lagi mengutamakan muatan programnya. Para kreator pertelevisian juga seperti kehilangan motivasi untuk menghasilkan program-program berkualitas bagi masyarakat. Melihat realita tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban “Muhammadiyah untuk Bangsa”, jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Workshop Nasional Produksi Televisi bertajuk “Think Outside The Box, Stay In Reality”. Acara yang digelar di Aula BAU UMM ini dihelat selama tiga hari penuh, 26-28 November 2010. Hadir dalam acara tersebut sutradara dan pakar televisi terkemuka nasional A Nawir Hamzah dan dihadiri sekira 150 peserta yang berasal dari sejumlah kota di Indonesia seperti Makassar, Tulungagung, Magetan, Jember, Madiun, Surabaya, dan sekitar Malang Raya. Pengikut workshop ini tak hanya dari kalangan mahasiswa, namun juga ada kalangan guru, siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan broadcasting dan juga siswa-siswa SMA yang memiliki minat tinggi terhadap seni broadcasting.

…dst

5 ) Mahasiswa ITS Luncurkan Game Peduli Korban Merapi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/11/26/149148-mahasiswa-its-luncurkan-game-peduli-korban-merapi

Jumat, 26 November 2010, 17:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Bencana meletusnya Gunung Merapi menjadi inspirasi bagi mahasiswa Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, untuk membuat game edukasi peduli bencana Merapi, Jumat (26/11). Game tersebut resmi diluncurkan untuk mengajak masyarakat peduli bencana Merapi yang menelan ratusan korban jiwa dan membuat puluhan ribu orang mengungsi. Game yang berbentuk visual novel tersebut, menggambarkan suasana bencana letusan Gunung Merapi. Ada dua game yang diperkenalkan, Merapi Joe dan Merapi Boy. Bedanya, untuk Merapi Joe bercerita tentang seseorang anak orang kaya raya asal Jakarta yang bernama Jonathan atau dipanggil Joe, yang kemudian menjadi relawan. Adapun Merapi Boy menceritakan warga yang tinggal di lereng Merapi yang menjadi korban wedhus gembel, yang memutuskan menjadi relawan membantu menyelamatkan penduduk lainnya. Game Merapi Joe dibuat oleh Iq Pulshashi, Retno Mumpuni, dan Putri Nikensasi. Sedangkan, Merapi Boy dikembangkan oleh Intan Dzikria dan Sangkurnia Sekar Anom.

…dst

6 ) Unpar Susun Peta dari 3.600 Tutup Botol
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/366558/

Saturday, 27 November 2010
BANDUNG (SINDO) – Organisasi mahasiswa yang menamakan dirinya Arsitektur Hijau dari Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) berhasil membuat peta Nusantara dari Sabang sampai Merauke seluas 2,5×6 meter, dengan menggunakan tutup botol air mineral pada pameran dan diskusi “Warna- Warni Indonesiaku” di Gedung Serbaguna Unpar, Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung.Gugusan pulau besar Nusantara dibuat menggunakan tutup air mineral ukuran besar berwarna merah.Panitia mengaku menghabiskan tutup botol sekitar 3.600 buah. Ide bersama Arsitektur Hijau ini dikerjakan selama dua hari dua malam tanpa henti.Tutup botol tersebut direkatkan pada hamparan tripleks berukuran 2,5×6 meter. Arsitektur Hijau sendiri adalah organisasi minat bidang arsitektur yang anggotanya mahasiswa Unpar semua angkatan.

…dst

7 ) China Tawarkan Kuliah Murah
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/11/27/131232/China-Tawarkan-Kuliah-Murah-

27 November 2010
JAKARTA- Kuliah di luar negeri tidak selalu mahal. Banyak perguruan tinggi di China ternyata biayanya terjangkau. Bahkan ada ada lima universitas pemerintah menawarkan subsidi gratis asrama yg berbentuk hotel atau apartemen itu di lima kota besar China, seperti Ningbo, Nanchang, Hefei, Suzhou, dan Nanjing. Biaya kuliah pun hampir sama dengan di Indonesia. Belajar bahasa Mandarin sarjana (S1) di universitas pemerintah mulai RMB 12.000/tahun atau sekitar Rp 16,5 juta. Sementara untuk S1 menggunakan bahasa Inggris mulai dari RMB 12,800/tahun atau Rp 17,2 juta.”Semuanya tanpa membayar uang pangkal atau uang gedung lagi,”kata Samuel Wiyono MBA, ketua Pertukaran Mahasiswa dan Pengajar Asing Beijing Language & Culture Institute (BLCI) Indonesia, di Jakarta, baru-baru ini. Hal itu dikemukakan menjelang Pameran Pendidikan “11th China Education Fair 2010î, pada 27 dan 28 November, di Hall B Mangga Dua Square Jakarta, dan 4-5 Desember di Hotel Majapahit, Surabaya.

…dst

OOT:

8 ) Lagi, DPR Ancam Akan Menahan Anggaran UN
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/26/17235024/Lagi..DPR.Ancam.Akan.Menahan.Anggaran.UN

Jumat, 26 November 2010 | 17:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ujian Nasional (UN) diharapkan tidak memveto kelulusan siswa. Hal itu karena kondisi sekolah tidak sama antara yang di kota dan daerah sehingga ada rasa ketidakadilan. Demikian disampaikan Anggota Komisi X-DPR RI Rohmani, Jumat (26/11/2010), di Jakarta. “Kita ingin UN tidak memveto kelulusan siswa secara keseluruhan, karena dengan adanya UN seolah siswa dan guru melenceng dari tujuan pendidikan kita yang terseret pada ranah yang sempit, yaitu mengajar kognitif. Siswa dilatih mengerjakan soal UN saja itu sudah naif,” ujar Rohmani. Menurutnya, jika pemerintah tetap ngotot menggelar UN dengan format lama, DPR akan menahan anggaran UN 2011. Komisi X DPR RI akan setuju bila UN dilaksanakan dengan formula baru yang tidak memveto kelulusan siswa.

…dst

9 ) Kemendiknas Siapkan Rp 500 M untuk Bangun Sekolah di Lereng Merapi Jakarta – Erupsi Merapi telah http://www.detiknews.com/read/2010/11/27/004352/1503673/10/kemendiknas-siapkan-rp-500-m-untuk-bangun-sekolah-di-lereng-merapi?n991102605

Sabtu, 27/11/2010 00:43 WIB
menimbulkan banyak dampak bagi berbagai sektor kehidupan masyarakat, tak terkecuali pendidikan. Untuk itu, Kementerian Pendidikan Nasional telah mempersiapkan dana setengah triliun rupiah untuk membangun kembali sarana dan prasarana sekolah, terutama di sekitar lereng Merapi. “Sampai saat ini, Kemendiknas sudah merencanakan anggaran sekitar lima ratus miliar demi mengembalikan kegiatan belajar mengajar di wilayah Merapi,” ujar Harmanto selaku perwakilan dari Kemendiknas saat jumpa pers dengan wartawan di Media Center, Jl Kenari, Yogyakarta, Jumat (26/11/2010).

…dst

10 ) Merapi dan Bromo hari ini :
http://www.kopertis12.or.id/2010/11/27/info-aktivitas-g-merapi-bromo-27-november-2010.html