Dear All,

Pada 29 Oktober 2010 Menteri Keuangan mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.04/2010 tentang Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut Pelintas Batas dan Barang Kiriman, ketentuan ini akan diterapkan terhitung mulai 01 Januari 2011.
Ringkasan beritanya dapat disimak di :
Media Indonesia
Kompas

Ini tarif BM dan PDRI yang masih berlaku dan akan diterapkan dalam realisasi Permenkeu no. 188, sebanyak 496 halaman berisi 9.000 tarif pajak silakan bagi yang banyak lowong waktu dan tahan baca

BTBMI 2007 atau
http://www.beacukai.go.id/library/data/entry_download/BTBMI2007.pdf

Teman-teman yang sedang laksanakan studi lanjut tak usah khawatir, tetap bisa peroleh bebas Bea Masuk dan Pajak via:
PMK No. 28/PMK.04/2008 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang Pindahan.
Di PMK 28 ada ketentuan masa tinggal yaitu minimal 1 thn, artinya bagi yang ambil short course di LN kurang dari 1 thn maka akan mengikuti PMK 188, tapi kalau S2 1,5 thn di LN  menggunakan peraturan barang pindahan, itu cukup dibuktikan dengan dokumen2 yg menunjukkan memang yg bersangkutan sdh selesai kuliah/kerja/dinas di LN.
http://www.beacukai.go.id/library/data/28PMK04_08.pdf
PERATURAN MENTERI KEUANGAN
NOMOR 28/PMK.04/2008
TENTANG
PEMBEBASAN BEA MASUK ATAS IMPOR BARANG PINDAHAN
Pasal 2
(1) Atas impor barang pindahan diberikan pembebasan bea masuk.
(2) Ketentuan pembebasan bea masuk sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
tidak berlaku terhadap barang pindahan yang dikategorikan sebagai
barang dagangan atau kendaraan bermotor.
Pasal 3
Pembebasan bea masuk sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1)
diberikan kepada :
a. Pegawai Negeri Sipil, anggota Tentara Nasional Indonesia atau Polisi Negara Republik Indonesia dengan kriteria :
– 1) menjalankan tugas ke luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun,
dengan atau tanpa keluarga, yang dibuktikan dengan surat keputusan
penempatan ke luar negeri dan surat keputusan penarikan kembali ke
Indonesia dari instansi yang bersangkutan;
– 2) menjalankan tugas belajar di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun, dengan atau tanpa keluarga, yang dibuktikan dengan surat keterangan belajar di luar negeri dari instansi yang bersangkutan.
b. Pelajar, mahasiswa, atau orang yang belajar di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan telah selesai belajar.
Pasal 4
Barang pindahan yang diimpor dan diberikan fasilitas pembebasan bea
masuk sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, harus tiba bersama-sama
pemilik yang bersangkutan atau paling lama 3 (tiga) bulan sesudah atau
sebelum pemilik barang yang bersangkutan tiba di Indonesia.
Pasal 5
Untuk mendapatkan pembebasan bea masuk atas barang pindahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, pemilik barang sebagaimana
dimaksud dalam Pasal 3 atau kuasanya menyampaikan Pemberitahuan
Pabean Impor ke Kantor pabean tempat pemasukan barang pindahan, dengan
melampirkan :
a. daftar rincian jumlah, jenis, dan perkiraan nilai pabean atas barang yang dimintakan pembebasan bea masuk yang telah ditandasahkan;
b. surat keterangan dan/atau dokumen terkait sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3; dan
c. fotokopi paspor.
===========================================================
FAQ :
1 )
Apa tiap barang yang nilainya lebih dari itu akan kena bea?
Jwb: iya, tapi itu merupakan self assessment, jd ada dokumen Customs Declaration (CD) dibagikan ke setiap penumpang, silakan diisi barang apa saja yang dibawa.kalau dari pengakuan penumpang atau hasil pemeriksaan pejabat bea cukai ditemukan barang yang harganya di atas USD 250 maka akan dikenakan bea masuk dan PDRI. misal setelah dihitung harganya  USD 450, maka pengenaan BM dan PDRI hanya selisihnya yaitu USD 200. tapi barang yg kita laporkan di CD hanya barang yang baru kita bawa dari LN, untuk barang2 yang kita bawa dari DN terus kita bawa kembali tidak perlu dilaporkan.
2 ) Apa barang yang dibeli di Indonesia, dibawa ke luar & masuk lagi bakal kena juga?  Saya baca ada pengecualian di Pasal 7.
Jwb : Pengecualian diberikan pada barang milik penumpang warga negara Indonesia, seperti kamera, laptop, telepon genggam, dan peralatan kerja lainnya yang dibawa keluar negeri dan dibawa kembali ke Indonesia, asalkan pada saat berangkat wajib mengisi formulir dan ditunjukkan waktu kembali ke Indonesia.  Tidak perlu dilaporkan di CD, Ketentuan ini terdapat di :
http://www.beacukai.go.id/library/readLib.php?ID=1505&Ch=21
Penggolongan barang penumpang:
1d. Barang bawaan penumpang penduduk Indonesia seperti: kamera, video kamera, portable radio cassette recorder, teropong, perlengkapan olah raga, laptop, telepon genggam atau perlengkapan sejenis lainnya, yang telah dibawa keluar negeri dan kemudian dibawa kembali ke Indonesia, pada saat keberangkatannya keluar negeri wajib mengisi formulir yang telah ditentukan Barang bawaan penumpang penduduk Indonesia seperti: kamera, video kamera, portable radio cassette recorder, teropong, perlengkapan olah raga, laptop, telepon genggam atau perlengkapan sejenis lainnya, yang telah dibawa keluar negeri dan kemudian dibawa kembali ke Indonesia, pada saat keberangkatannya keluar negeri wajib mengisi formulir yang telah ditentukan
3 ) Apa maksud pasal 33 (2)? Cuma 1 barang termahal saja yang kena bea? atau tarif bea masuk tiap barang disamakan dg barang yg termahal?
Jwb: yang dimaksud adalah digunakan satu tarif barang yang paling tinggi, tapi itu bila barang yang di bawa lebih dari 3 jenis, mis : membawa lampu hias ( USD 100 ,tarif 10 %), tas pinggang (USD 25 , 5%), HP (USD 200, tarif 15%), dan jam tangan (USD 75, tarif 5%), maka total harga adalah USD 400, maka wajib membayar BM dengan nilai barang  USD 150 (USD 400 -USD 250) dengan menggunakan tarif tertinggi yaitu 15% ditambah PPN 10% dan PPh 7,5% )
4 ) Apa yang dimaksud dengan ‘impor sementara’ di PMK 188 Pasal 7 ayat 2 ?
Jwb: Impor sementara, seperti diatur dalam PMK No.140/PMK.04/2007, adalah pemasukan barang impor ke dalam daerah pabean yang benar-benar dimaksudkan untuk diekspor kembali dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) tahun. Salah satu barang impor sementara yang diberikan pembebasan bea masuk adalah barang yang dibawa oleh penumpang dan akan dibawa kembali ke luar negeri.

Semoga info ini membantu.
Salam, Nurfitri Thio