1 ) Kasus Plagiat Banyak di USU,Alumni Bentuk Forum
Tuesday, 07 December 2010
MEDAN (SINDO) – Lambannya proses penyelesaian kasus plagiat karya ilmiah tesis strata 2 yang terjadi di Universitas Sumatera Utara (USU) memunculkan reaksi dari alumni perguruan tinggi negeri tersebut. Apalagi sejumlah guru besar membeberkan kasus plagiat banyak ditemukan di USU. Para alumni pun menggagas Forum Alumni USU Antiplagiat sebagai sikap atas keresahan mereka setelah merebaknya kasus plagiat tesis mantan dekan fakultas sastra Wan Syaifuddin di Universiti Sains Malaysia (USM) belum lama ini. “Rencananya dalam dua dan tiga hari ini kami akan mendeklarasikan forum ini. Sekarang kami sedang mematangkan konsep, juga orang-orangnya,” ujar salah seorang penggagas Forum Alumni USU Antiplagiat Harun Al Rasyid kepada SINDO di Medan,kemarin. Dia mengungkapkan, sejumlah alumni USU merasa tersentuh ketika kasus plagiat tesis WS mencuat ke publik melalui media. “Ketika berita itu muncul, sejumlah guru besar banyak yang buka mulut.” “Mereka menyebutkan di USU kasus plagiat tidak hanya terjadi pada Wan Syaifuddin, tetapi masih banyak lagi kasus lainnya. Dari komentar inilah yang membuat kami miris dan ingin membentuk forum yang bertujuan agar kualitas pendidikan di USU ke depan dapat diperbaiki,” ujarnya. Berangkat dari komentar para guru besar di USU yang akhirnya mau membuka mulut ini,kata Harun, membuat para alumni menyimpulkan bahwa selama ini kasus plagiat di USU ibarat gunung es. “Saya yakin kasus plagiat di USU tidak hanya skripsi, melainkan kasus tesis maupun disertasi,” tukasnya.

…dst
Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/368343/
>>>
2 ) Kemendiknas Hibahkan Program Studi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/368396/

Tuesday, 07 December 2010
JAKARTA(SINDO) – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengubah pembukaan program studi dengan cara menghibahkan ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang memenuhi syarat. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendiknas Djoko Santoso mengatakan, program hibah adalah sistem jemput bola yang dilakukan Kemendiknas untuk menambah jumlah program studi di perguruan tinggi. Jika ada PTN yang ingin membuat suatu prodi baru, tetapi tidak ada tenaga pengajar atau dosennya, Kemendiknas akan langsung membuat prodi tersebut dan membantu menyiapkan dosennya. Djoko menyatakan, program ini sudah berjalan bertahap. Kemendiknas sebelumnya menghibahkan prodi bedah syaraf ke Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

…dst

3 ) 76 Akademi Dipayungi SKB
http://www.jpnn.com/read/2010/12/06/78880/76-Akademi-Dipayungi-SKB-

Senin, 06 Desember 2010 , 09:42:00
JAKARTA — Langkah tegas langsung diambil pemerintah menyikapi 76 akademi kesehatan milik pemerintah daerah yang statusnya tidak jelas pasca dibatalkannya undang undang Badan Hukum Pendidikan (BHP) oleh Mahkamah Konstitusi. Untuk sementara, pemerintah membuat Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri, yaitu Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri sebagai payung hukum agar akademi penghasil perawat dan bidan tersebut tetap bisa meluluskan dan menerima mahasiswa baru.

…dst

4 ) UGM Rekomendasikan Wisata Merapi
http://lipsus.kompas.com/merapimeletus/read/2010/12/06/09401774/UGM.Rekomendasikan.Wisata.Merapi

Senin, 6 Desember 2010 | 09:40 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Gajah Mada (UGM) akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah mengenai program wisata Merapi pada 23 Desember 2010. Hal ini diungkapkan Rektor UGM Prof Ir Sudjarwadi, M Enh, PhD, dalam acara World Conference on Culture, Education, Science (WISDOM) 2010 di Yogyakarta.”Dunia sekarang dinamis sekaligus kompleks. Nenek moyang kita sudah meneliti cara hidup harmoni dengan alam dan manusia. Jadi, hidupnya damai tanpa pertengkaran. Harmoni dengan sang pencipta,” kata Sudjarwadi kepada Kompas.com di sela-sela acara WISDOM 2010 di Balairung UGM, Minggu (5/12/2010). Hanya, lanjut Sudjarwadi, dengan adanya ilmu-ilmu modern, ada beberapa pihak yang melupakan kearifan lokal pada masa lalu. Oleh karena itu, pihak UGM mengadakan acara tersebut. Dalam acara ini, berkumpul ahli-ahli dari berbagai disiplin ilmu, dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, pihak swasta, instansi pemerintah, sampai pihak asing.

…dst

5 ) KULIAH KERJA NYATA
397 Mahasiswa Undip KKN di Lereng Merapi
http://edukasi.kompas.com/read/2010/12/06/17341072/397.Mahasiswa.Undip.KKN.di.Lereng.Merapi

Senin, 6 Desember 2010 | 17:34 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang akan mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di sejumlah desa di lereng Gunung Merapi pada Januari 2011. Program KKN Undip sengaja memilih lokasi di kawasan Merapi mengingat masih banyak masyarakat kawasan itu yang membutuhkan bantuan.”Para mahasiswa KKN itu akan difokuskan di dua kabupaten, yakni Boyolali untuk Kecamatan Musuk dan Selo, serta Magelang untuk Kecamatan Srumbung dan Dukun. Kami sudah melakukan survei lokasi-lokasi itu,” tutur Sekretaris Pusat Pelayanan KKN (P2KKN) Undip Suharyo di Semarang, Senin (6/12/2010). Dia menyebutkan, total mahasiswa yang akan diterjunkan berjumlah 397 orang. Para mahasiswa tersebut terdiri dari 97 orang di Kecamatan Musuk dan 98 Kecamatan Selo, Boyolali, serta 105 orang di Kecamatan Srumbung dan 97 orang di Dukun, Kabupaten Magelang.

…dst

Baca juga : http://www.mediaindonesia.com/read/2010/12/06/186422/88/14/Mahasiswa-Undip-Memilih-Lokasi-KKN-di-Lereng-Merapi

>>>

6 ) WISDOM Dihadiri Tokoh Konservasi Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2010/12/06/373/400676/wisdom-dihadiri-tokoh-konservasi-dunia

Senin, 6 Desember 2010 – 16:33 wib
YOGYAKARTA – Perhelatan World Conference on Culture, Education and Science – WISDOM 2010 di Universitas Gadjah Mada resmi dimulai pelaksanaannya dengan Upacara Pembukaan & Penyampaian Pesan Kunci yang dipimpin oleh Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng. di Grha Sabha Pramana. Hadir dalam kesempatan itu dan menyampaikan sambutan pembukaan adalah Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional RI Prof. Dr. Djoko Santoso mewakili Menteri Pendidikan Nasional dan Sekjen Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI Drs. Wardiyatmo MSc. yang didampingi oleh para Rektor/Perwakilan universitas mitra WISDOM 2010 serta Director & Representative of UNESCO Office, Regional Science Bureau for Asia and the Pacific, Prof. Hubert Gijzen, Ph.D. Rektor UGM Sudjarwadi menyampaikan, penyelenggaraan WISDOM sempat mengalami penundaan berkenaan bencana erupsi Merapi, namun akhirnya dapat dilaksanakan. Dia pun memberikan apresiasi kepada delegasi yang berkenan hadir mengikuti konferensi tersebut.

…dst

7 ) WISDOM 2010
UGM Bangun Taman Kearifan
http://edukasi.kompas.com/read/2010/12/06/10241567/UGM.Bangun.Taman.Kearifan

Senin, 6 Desember 2010 | 10:24 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan aksi penanaman pohon secara simbolis sebagai penanda awal pembangunan Taman Kearifan (Wisdom Park), Minggu (5/12/2010) sore. Wisdom Park dibentuk sebagai tujuan pelestarian lingkungan dan mengedepankan kearifan. Selain itu, taman tersebut nantinya akan dijadikan penanda pernah diadakan perhelatan World Conference on Culture, Eduation, and Science (Wisdom) 2010 di UGM. Acara simbolis yang bertempat di Pancasila Square, UGM, itu sekaligus sebagai peresmian dari rangkaian acara Wisdom 2010. Ir Haryana, selaku perancang Wisdom Park, dalam sambutannya, mengatakan taman tersebut akan memiliki berbagai fungsi yang sejalan dengan semangat Wisdom, antara lain edukasi, riset, teknologi, kesehatan, budaya, sampai pelestarian. Sejalan dengan tema Tourism and Creative Economy, Taman Kearifan ini pun juga akan dijadikan tempat wisata. “Jadi, nantinya akan dipersiapkan untuk rekreasi aktif maupun pasif,” ujar Haryana.

…dst

8 ) Calon Mahasiswi Ditipu Rp50 Juta
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/368313/

Tuesday, 07 December 2010
PALEMBANG (SINDO) – Seorang pemudi ditipu hingga rugi Rp50 juta.Modus yang dipakai penipu yakni menjanjikan si korban dapat masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri). Iming-iming yang menjanjikan seseorang bisa masuk ke lembaga atau pendidikan tertentu kembali terjadi. Kali ini dialami Melisa, 20, warga Jalan Bambang Utoyo Lrg Bugis N0 91 RT 11,Kelurahan 3 Ilir, Palembang. Remaja lulusan SMA di kota metropolis ini harus rela kehilangan Rp50 juta miliknya sebagai jaminan kepada NY, 45, warga Jalan Faqih Usman No 2591 RT 48, Kelurahan 10 Ulu,Kecamatan SU I, Palembang. NY menjanjikan kepada korban bahwa dia bisa menjamin lulus dan diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) pada saat seleksi penerimaan mahasiswa baru lalu. Mendengar hal itu,sekitar Sabtu (20/3) silam,sebelum pelaksanaan tes ujian digelar, NY meminta korban untuk menemuinya di Pempek Candy Km 4,Palembang, untuk membicarakan hal tersebut. Tanpa curiga,korban lantas menemui NY. Dalam pertemuan itu, disepakati bahwa korban harus menyediakan uang sebesar Rp50 juta sebagai syarat dan jaminan agar nama korban saat diseleksi bisa “diamankan”. Mendengar permintaan NY, korban lantas menyanggupi dan berjanji untuk membayarkannya sebanyak tiga kali angsuran.Merasa sudah pasti diterima di perguruan tinggi negeri di Sumsel, korban merasa tenang. Bahkan, pada saat ujian berlangsung, dia tetap merasa yakin namanya bakal tertulis di korankoran di Kota Palembang.

…dst

8 ) Minat Studi Bahasa Indonesia di Belanda Berkurang
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/12/06/150836-minat-studi-bahasa-indonesia-di-belanda-berkurang

Senin, 06 Desember 2010, 10:51 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, LEIDEN–Tanggal 30 November 2010 lalu Universitas Leiden menggelar Meja Indonesia yang ke-10. Meski yang hadir tidak sebanyak pada edisi ke-9 lalu, penyelenggaranya tetap puas. Siapa saja yang hadir? Menurut Suryadi, dosen Bahasa Indonesia di Jurusan Asia Tenggara dan Oseania, Universitas Leiden, Meja Indonesia merupakan ajang pertemuan antara para mahasiswa dan alumni sastra Indonesia di Universitas Leiden untuk melatih kepandaian berbahasa Indonesia mereka. Dalam kesempatan itu mereka bisa berjumpa dengan anggota masyarakat lain yang bisa berbahasa Indonesia, termasuk warga Indonesia yang tinggal di Belanda. Saat ini di Belanda, terutama di Leiden, banyak sekali mahasiswa Indonesia yang melakukan berbagai studi dan penelitian…cut…Berbicara soal masa depan studi Bahasa Indonesia di luar negeri, Suryadi mengungkapkan sedikit rasa prihatinnya terhadap perubahan yang terjadi. Perubahan itu dapat dilihat bukan hanya di Belanda saja, tapi di luar negeri pada umumnya.

…dst

9 ) HIBAH SENI KELOLA
Punya Proposal? Tersedia Rp 62 Juta….
http://edukasi.kompas.com/read/2010/12/06/12224296/Punya.Proposal.Tersedia.Rp.62.Juta….

Senin, 6 Desember 2010 | 12:22 WIB
KOMPAS.com – Hibah Seni 2011 telah dibuka. Program dari Yayasan Kelola ini merupakan bentuk dukungan bagi seniman maupun pendidik seni agar terus menghasilkan karya dengan kualitas yang semakin baik. Bagi yang berminat bisa mengirimkan proposal pertunjukan dengan batas waktu penyerahan hingga 15 Januari 2011. Hibah Seni 2011 dari Yayasan Kelola ini akan memberikan dukungan untuk produksi Karya Inovatif, maksimal Rp 22 juta dan Pentas Keliling, maksimal Rp 40 juta.Formulir pendaftaran atau informasi detail mengenai hibah seni ini bisa diunduh di www.kelola.or.id atau ke alamat hibahseni@kelola.or.id atau . Kami juga dapat dihubungi di telepon (021) 739 9311. Pengumuman peraih Hibah Seni 2011 ini akan dipublikasikan pada 5 April 2011 di situs Kelola.

…dst

10 ) Mahasiswa Seni Rupa ITB ‘Rebut’ Spanduk dari Massa Buruh Aquila
http://bandung.detik.com/read/2010/12/06/133431/1509870/486/mahasiswa-seni-rupa-itb-rebut-spanduk-dari-massa-buruh-aquila?g991103485

Senin, 06/12/2010 13:34 WIB
Bandung – Aksi puluhan buruh eks karyawan Hotel Grand Aquila di Persidangan Hubungan Industrial (PHI) Kota Bandung, Jalan Soekarno Hatta, dikejutkan dengan kedatangan sepuluh mahasiswa jurusan Seni Rupa ITB. Mereka mempertanyakan spanduk ukuran 8×6 meter milik Keluarga Mahasiswa Seni Rupa (KMRS) ITB yang dibentang buruh dalam aksi. Lima orang mahasiswa langsung mendatangi Ketua SPM Grand Aquila Sangkot yang tengah berorasi. “Kang kita mau tanya soal atribut aksi ini. Kok ada atribut milik kami ya,” ujar salah seorang mahasiswa, Sendi Adrianov, kepada Sangkot. Kontan kedatangan para mahasiswa itu menghentikan orasi Sangkot. Puluhan buruh lainnya yang terlihat tak tahu persoalan, mengerubuti mereka. Akhirnya mahasiswa dan Sangkot serta beberapa buruh lainnya, melakukan pertemuan di sebuah ruangan di PHI. Menurut Sendi, spanduk besar milik KMRS ITB itu telah hilang dua tahun lalu. Namun ia mengaku kaget setelah mendapat kabar tadi, jika spanduk milik mereka dipakai dalam aksi buruh.”Kami tidak ikut demo ini. Ya kami khawatir ini disalahgunakan,” ujar Sendi.

…dst

OOT:

11 ) Indonesia Juara Umum Kompetisi Matematika Dunia
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/12/06/186405/88/14/Indonesia-Juara-Umum-Kompetisi-Matematika-Dunia

Senin, 06 Desember 2010 18:47 WIB
JAKARTA–MICOM: Tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM) berhasil meraih nilai tertinggi, sehingga meraih gelar juara umum) untuk level junior dalam ajang The Fourth International Young Mathematics di India yang berlangsung 2-5 Desember 2010. Tim KPM meraih medali emas untuk relay round contest, medali emas untuk Tim Contest, medali perak untuk Mathematical Fair, sedangkan untuk individu tim KPM memperoleh 1 emas atas nama Alyssa Diva Mustika (SMAN 1 Pamekasan) dan 1 perak atas nama Nora Nisrina Bafadal (SMAN 1 Bogor). “Berkat nilai dari tim itu, ketika dibandingkan dengan tim dari negara lain tim dari KPM meraih nilai tertinggi sehingga meraih Champion (Juara Umum) untuk Level Junior,” kata ketua delegasi tim KPM Indonesia Ridwan Hasan Saputra dalam keterangan persnya, Senin (6/12).

…dst

12 ) 2011,PT DI Serahkan Pesawat CN 235 ke Korsel
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/368341/

Tuesday, 07 December 2010
BANDUNG(SINDO) – PT Dirgantara Indonesia (DI) sedang mengerjakan empat unit pesawat CN 235 yang bakal diserahkan kepadaKorea Selatan sebagai pihak pemesan. Penyerahan dilakukan tahun depan. Kepala Humas PT DI Rakhendi Triyatna mengatakan, CN 235 merupakan pesanan dari pihak militer Korea Selatan dengan nilai kontrak senilai USD95,4 juta yang ditandatangani pada 2008 silam.”Pengerjaan CN 235 ini membutuhkan waktu sekitar 24 bulan, karena sebagian besar komponen pesawat harus didatangkan dari luar negeri, terutama komponen mesin,” ujarnya,kemarin. Saat ini, CN 235 masih menjadi produk unggulan bagi BUMN kedirgantaraan ini. Selain Korsel,PT DI memperoleh kontrak dari Kementerian Pertahanan sebanyak tiga unit CN 235. Pesawat dengan nilai kontrak USD80 juta ini nantinya difungsikan sebagai pesawat patroli maritim untuk keperluan alutsista.”Beberapa CN 235 telah digunakan di berbagai negara seperti Korsel, Malaysia,Pakistan,dan Uni Emirat Arab,”kata Rakhendi. (irvan christianto)

…dst

13 ) Keranjang Kompos Takakura Solusi Sampah
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/368339/

Tuesday, 07 December 2010
HINGGA kini,sampah masih menjadi beban persoalan bagi semua kalangan.Tentu demikian lantaran kebanyakan orang masih menyikapi sampah sebagai sesuatu yang harus dibuang. Padahal bila disikapi secara bijaksana, sampah akan memberikan manfaat.Keranjang kompos Takakura akan menjadi salah satu solusi yang tepat untuk menangani persoalan tersebut. Lebih jauhnya, metode ini akan memperlambat laju pemanasan global dan perubahan iklim. Keranjang kompos Takakura adalah alat pengolah sampah organis yang dapat ditempatkan di lingkungan terkecil dalam kehidupan sehari-hari seperti di rumah, sekolah, kampus, atau kantor.Keranjang sampah ciptaan Kozi Takakura, seorang pemerhati lingkungan asal negara Jepang, ini memberikan solusi agar sampah organik yang dibuang ke keranjang hasil temuannya bisa langsung diolah menjadi kompos hanya dalam tempo tiga hingga tujuh hari,tanpa mengundang lalat atau menimbulkan bau busuk.

…dst

14 ) Sultan Dijadikan Gubernur Utama
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/368409/38/

Tuesday, 07 December 2010
JAKARTA (SINDO) – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merampungkan draf Rancangan Undang-Undang Keistimewaan (RUUK) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam draf tersebut, Sri Sultan Hamengku Buwono dan Paduka Paku Alam akan ditempatkan sebagai gubernur utama dan wakil gubernur utama. Adapun gubernur di bawahnya akan dipilih langsung. “Jadi drafnya sudah kita selesaikan, selanjutnya kita sampaikan ke Presiden,” kata Mendagri Gamawan Fauzi seusai rapat pembahasan draf RUUK DIY di kantornya, Jakarta,kemarin. Mantan Gubernur Sumatera Barat itu menjelaskan,draf RUUK DIY juga mengatur bahwa Sri Sultan dan Paduka Paku Alam selaku gubernur utama dan wakil gubernur utama dapat mencalonkan diri dan ikut dalam pilkada sebagai paket pasangan calon.

…dst

Antara: