1 ) Seleksi Masuk PTN Setelah Pengumuman UN
http://edukasi.kompas.com/

Kamis, 6 Januari 2011 | 20:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri, baik yang lewat jalur nasional maupun mandiri, baru dilaksanakan setelah pengumuman kelulusan siswa SMA/MA/SMK. Perubahan ini memberi peluang bagi siswa SMA/MA/SMK untuk sepenuhnya berkonsentrasi pada pelaksanaan ujian nasional terlebih dahulu.
Siswa SMA/MA/SMK bakal menghadapi ujian nasional (UN) pada 18-21 April dan ujian susulan 25-28 April. Adapun pengumuman kelulusan paling lambat 16 Mei mengatakan seleksi masuk PTN secara nasional tetap bernama seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN). Namun, mulai tahun ini dibuka melalui dua jalur yakni ujian tulis dan undangan. SNMPTN undangan hanya terbuka untuk siswa yang sekolahnya mendapat undangan panitia SNMPTN. Jalur ini untuk menampung siswa-siswa yang berprestasi konstan sejak dari kelas 1-3 yang dilihat dari nilai raport mereka. Siswa yang boleh mengikuti jalur ini haruslah masuk dalam kategori 25 persen siswa terbaik di sekolahnya yang sudah terakreditasi. Siswa boleh memilih dua PTN di manapun. Di tiap PTN mereka bisa memilih masing-masing dua program studi. SNMPTN undangan dilaksanakan mendahului SNMPTN ujian tulis. Pengumuman penerimaan siswa yang lolos lewat jalur ini bisa saja sebelum pengumuman kelulusan UN. “Ada 60 PTN di bawah Kementerian Pendidikan Nasional dan Agama yang ambil bagian di SNMPTN tahun ini. Kesepakatan ini berlaku untuk PTN,” kata Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Musliar Kasim. Adapun untuk jalur mandiri yang dilaksankan masing-masing PTN sepakat dilaksanakan setelah pengumuman SNMPTN. Diperkirakan jalur mandiri mulai dibuka di awal Juli.

…dst

2 ) 60 Persen Lebih Dana Pendidikan Ditransfer ke Daerah
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/anggaran.aspx

04 Januari 2011 | Laporan oleh ahmad_dj
Jakarta — Dari total Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2011 Rp1.229 triliun, sebanyak Rp248 triliun (20,2%) dialokasikan untuk anggaran fungsi pendidikan. Dari jumlah tersebut, Rp158 triliun di antaranya ditransfer ke daerah. “Enam puluh persen lebih dana pendidikan ditransfer ke daerah,” kata Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh pada Sosialisasi Program Prioritas Kesejahteraan Rakyat 2011 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Jakarta, Selasa (4/1/2011). Mendiknas menyampaikan, sebanyak Rp89 triliun anggaran fungsi pendidikan dialokasikan untuk pemerintah pusat. Mendiknas memerinci, dari anggaran pusat sebanyak Rp55 triliun untuk Kemdiknas, Rp27 triliun untuk Kementerian Agama, dan Rp6,8 triliun untuk kementerian/lembaga lainnya. “Ada 18 kementerian yang punya kewenangan untuk melaksanakan fungsi pendidikan. Oleh karena itu, anggarannya juga disebar,” katanya. Adapun alokasi dana pengembangan pendidikan nasional sebanyak Rp1 triliun. Total anggaran telah mencapai Rp2 triliun akumulasi 2010 dan 2011. “Ini yang disebut dana abadi pendidikan,” ujar Menteri Nuh. Dari anggaran Kemdiknas Rp55 triliun sebagian besar digunakan untuk program pendidikan dasar Rp12,7 triliun (23%), pendidikan menengah Rp5 triliun (9,1%), dan pendidikan tinggi Rp28,8 triliun (51,9%). “Anggaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi termasuk PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dimasukkan, sehingga sangat besar,” ucapnya. (agung)

…dst

3 ) Universitas Islam Indonesia Raih ISO 17025
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/01/06/157012-universitas-islam-indonesia-raih-iso-17025

Kamis, 06 Januari 2011, 20:27 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Universitas Islam Indonesia Yogyakarta merupakan perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang memperoleh akreditasi ISO 17025 untuk dua laboratorium sekaligus, yakni Laboratorium Terpadu dan Laboratorium Kualitas Lingkungan. “Akreditasi ISO 17025 sangat penting, karena semua hasil pengujian yang dilakukan laboratorium di Universitas Islam Indonesia (UII) telah memenuhi pengendalian dan jaminan mutu, sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan,” kata Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN) Bambang Setiadi, di Yogyakarta, Kamis. Menurut dia saat menyerahkan sertifikat ISO 17025 kepada Rektor UII Edy Suandi Hamid, pengendalian dan jaminan mutu hasil pengujian meliputi persyaratan manajemen dan teknik. “Dengan diperolehnya akreditasi ISO 17025, Laboratorium Terpadu dan Laboratorium Kualitas Lingkungan berhak menggunakan logo KAN untuk sertifikat hasil pengujian sesuai dengan ruang lingkup yang ditetapkan,” katanya.

…dst

4 ) Undip Wakili Indonesia di Ajang LIMUN 2011
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/01/07/134232/Undip-Wakili-Indonesia-di-Ajang-LIMUN-2011

07 Januari 2011
SEMARANG- Sepuluh mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) akan berangkat mewakili Indonesia di ajang London International Model United Nations (LIMUN) 2011. Perhelatan ini akan diselenggarakan di Imperial College London pada 11-14 Februari 2011. LIMUN merupakan ajang bergengsi yang ditujukan untuk memberikan pemahaman budaya, masalah internasional, dan pengetahuan yang diadakan PBB untuk kaum muda, khususnya mahasiswa melalui Model Konferensi (PBB). Undip mendapat kesempatan sebagai satu-satunya universitas di Indonesia yang turut berpartisipasi di ajang tersebut. Sementara 10 mahasiswa yang beruntung dapat menghadiri acara taraf internasional itu, yakni dari Fakultas Psikologi Age Ayu Merdiani, lalu empat orang dari Fakultas Hukum, Anidya Nastiti R, Dinindya Lintang SM, Pulung Widhi, dan Erlangga Kristanto. Kemudian dari FISIP, Ary Adiati, Rizky Yulianisa, Narattama TH dari Fakultas Ekonomi, serta Muhammad Rizki F dan Hanindya Prasojo dari Fakutas Kedokteran.

…dst

5 ) Marching Band UGM Raih Juara II Nasional
http://kampus.okezone.com/read/2011/01/06/373/410963/marching-band-ugm-raih-juara-ii-nasional

Kamis, 6 Januari 2011 – 11:04 wib
YOGYAKARTA– Pada Grand Prix Marching Band Indonesia 2010, akhir Desember lalu, Tim Marching Band (MB) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara II nasional. Tim MB UGM meraih peringkat yang sama pada 2005 dalam ajang yang dihelat di Istora Senayan, Jakarta, 26-27 Desember 2010 itu. Dalam Kompetisi ke-XXVI kali ini, tim MB UGM berhasil menyisihkan 12 tim marching band dari berbagai instansi pemerintah, perusahaan, dan perguruan tinggi. Beberapa diantaranya Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), PT Garuda, Universitas Padjajaran, PT Semen Padang, Gita Teladan Jakarta, dan Pemprov Banten.”Sangat menyenangkan bagi kita karena bisa juara. Latihan selama ini, ternyata tidak sia-sia,” kata sekretaris UKM Marching Band, Ayu Meivitasari di Gelanggang Mahasiswa UGM, Rabu 5 Januari kemarin.

…dst

6 ) Penelitian Dosen Universitas Brawijaya Menurun
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/01/01/193339/88/14/Penelitian-Dosen-Universitas-Brawijaya-Menurun

Kamis, 06 Januari 2011 09:07 WIB
MALANG (MICOM): Jumlah dosen Universitas Brawijaya (UB) Malang yang melakukan penelitian ilmiah sepanjang 2010 menurun dibandingan 2009. Rektor UB Prof Yogi Sugito, Kamis (6/1), mengakui jumlah penelitian berdasarkan proposal yang disetujui untuk didanai dan dosen yang terlibat mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya (2009). “Menurunnya jumlah dosen yang terlibat dalam penelitian disebabkan beberapa faktor, di antaranya karena banyaknya dosen yang menempuh studi program doktoral (S3) maupun magister (S2). Dosen yang menempuh pendidikan S3 sekitar 400 orang,” tegas mantan Dekan Fakultas Pertanian UB tersebut, usai rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-48 kampus setempat. Selain itu, imbuh dia, anggaran (dana) yang tersedia juga masih jauh dari harapan, yakni sekitar Rp16,7 miliar. Dana penelitian tersebut berasal dari berbagai sumber, sedangkan yang bersumber dari UB sendiri (PNPB) sebesar Rp2,5 miliar.

…dst

7 ) UMY Press Dukung Peningkatan Karya Ilmiah
http://kampus.okezone.com/read/2011/01/06/373/410966/umy-press-dukung-peningkatan-karya-ilmiah

Kamis, 6 Januari 2011 – 12:09 wib
YOGYAKARTA- Sebagai upaya mengkaji lebih dalam dan menginisiasi proses revitalisasi untuk mendukung peningkatan jumlah dan kualitas karya serta jurnal ilmiah, termasuk buku publikasi dalam civitas akademika, eksistensi Muhammadiyah University Press (UMY Press) perlu ditingkatkan kembali keberadaannya. Demikian disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan, Penelitian, dan Masyarakat (LP3M) UMY, Mukti Fajar ND dalam Sarasehan UMY Press, di Kampus Terpadu UMY, kemarin. Menurutnya, hampir seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta dalam dan luar negeri tidak henti mengembangkan sekaligus menyebarkan beragam ide, gagasan, dan teori maupun metodologi baru, serta hasil riset mutakhir dalam pengembangan sains, teknologi, seni dan ilmu pengetahuan, salah satunya melalui buku atau karya ilmiah.

…dst

8 ) P4TK Diharapkan Masuk Gerakan Kewirausahaan
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/p4tk.aspx

06 Januari 2011 | Laporan oleh ahmad_dj
Depok — Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal telah melantik Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata ( P4TK Bisnis dan Pariwisata ) Murtoyo, yang menggantikan Wakil Sementara, Giri Suryatmana. Pelantikan berlangsung 5 Januari di Bojong Sari, Depok, Jawa Barat.
Dalam sambutan , Fasli mengingatkan Murtoyo tentang pendidikan kewirausahaan. Menurut dia, pendidikan kewirausahaan adalah gerakan nasional dan seluruh perkembangannya akan terus diawasi pemerintah. “P4TK dapat menjadi bagian yang terintegrasi dengan gerakan kewirausahaan tersebut,” ujarnya dalam pelantikan tersebut. Fasli meminta P4TK kembali melakukan penyegaran dan gigih dalam menerapkan pendidikan kewirausahaan di setiap Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ), salah satu yang terutama adalah membuka peluang dan wawasan mengenai pendidikan kewirausahaan dari kaum professional . Sebagaimana telah dicontohkan Wamendiknas, ketika dirinya menjabat sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, dirinya mengirimkan 20 dosen dari perguruan tinggi negeri dan swasta untuk menempuh pendidikan kewirausahaan di Kauffman Foundation, Amerika Serikat.

…dst

9 ) Pertamina Bantu Gedung Rp 6,5 M
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/01/07/134228/Pertamina-Bantu-Gedung-Rp-65-M-

07 Januari 2011
SEMARANG- Universitas Diponegoro (Undip) terus mendorong penelitian dan kua­litas lulusan mahasiswa Teknik Geologi, menyusul kontribusi lulusannya yang cukup dibutuhkan. Apalagi dengan timbulnya bencana yang terus datang bertubi di berbagai daerah, menjadikan ilmu Geologi garda terdepan untuk mengantisipasi berbagai bentuk kemungkinan bencana seperti banjir, tanah longsor, dan lain-lain. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD mengungkapkan fakta di lapangan seringkali pembangunan tanpa melalui kajian yang andal seperti jika terjadi penurunan muka tanah atau seberapa besar pembangunan dilakukan tanpa melampaui daya dukung­nya. Di sinilah peran mahasiswa teknik khususnya Geologi menjadi sangat berarti. ”Kami terus mendorong penelitian mahasiswa dan termasuk Geologi, karena lulusan ini sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi segala bencana seperti banjir di Semarang belum lama ini dan bencana lain yang membutuhkan kewaspadaan, karena kondisi tanah yang labil,” jelas Prof Dharto di sela-sela peresmian bantuan gedung kuliah Sukowati dari PT Pertamina di kampus Undip Temba­lang, Kamis (6/1) siang.

…dst

10 ) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
http://edukasi.kompas.com/read/2011/01/06/1217003/Cari.Dana..SBM.ITB.Gelar.Turnamen.Golf

Cari Dana, SBM ITB Gelar Turnamen Golf
Kamis, 6 Januari 2011 | 12:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kreativitas mahasiswa bisa ditunjukkan dengan bermacam cara asalkan bertujuan positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Hal itu seperti yang ingin dibuktikan para mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) dengan menggelar SBM ITB Golf Tournament 2011 di Riverside Golf Club, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (6/1/2011). Diikuti 144 peserta, meliputi kalangan pemerintah, industri, akademisi dan alumni ITB, serta Ikatan Orangtua Mahasiswa SBM ITB, turnamen golf tersebut telah memasuki tahun keenam. Tahun ini, bertema “Swing for Caring”, turnamen itu digelar untuk menggalang dana pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat Satoe Indonesia di Desa Papakmanggu dan Gambung, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. “Saya berharap kita semua di sini dapat memberikan dukungan dan kontribusi yang positif bagi penyelenggaraan acara ini sebagai sumbangan kolektif kita untuk bersama-sama menyuburkan budaya wirausaha dan inovatif pada generasi muda,” ujar Ketua Alumni ITB Hatta Rajasa dalam siaran persnya kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis.

…dst

11 ) BEASISWA PEMERINTAH
Dibuka, 3 Program Beasiswa ke Hongaria
http://edukasi.kompas.com/read/2011/01/06/1603425/Dibuka..3.Program.Beasiswa.ke.Hongaria.

Kamis, 6 Januari 2011 | 16:03 WIB
KOMPAS.com — Pemerintah Hongaria melalui Kantor Lembaga Beasiswa-Kementerian Sumber Daya Nasional Hongaria menawarkan beasiswa bagi pelajar dan profesor di lembaga-lembaga pendidikan tinggi asing untuk tahun akademik 2011/2012. Ada tiga program beasiswa yang telah disiapkan untuk musim panas 2011 ini. Jenis beasiswa pertama adalah beasiswa semester atau partial scholarships selama 3-10 bulan. Beasiswa ini diperuntukkan bagi program undergraduate (BA/BSc) dan graduate (MA/MSc), terutama untuk bidang studi Bahasa dan Sastra Hongaria. Beasiswa kedua adalah postgraduate study programme. Beasiswa ini diberikan kepada kandidat yang ingin meraih gelar master (S-2) dengan riset selama 3-21 hari atau 1-10 bulan. Beasiswa ini juga berlaku bagi kandidat yang ingin melakukan penelitian dan menyusun disertasi untuk meraih gelar PhD. Jenis ketiga adalah beasiswa full PhD programme untuk 36 bulan waktu studi. Bagi yang berminat, kesempatan bagi kandidat asal negara-negara berkembang seperti Indonesia tetap terbuka lebar. Informasi tentang beragam beasiswa yang disediakan pemerintah Hongaria ini bisa diakses di http://www.scholarship.hu. Batas waktu pengiriman aplikasi ditutup sampai 15 April 2011 mendatang.

…dst

13 ) BEASISWA PEMERINTAH RUMANIA
Dibuka, 85 Beasiswa S-1 sampai S-3!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/01/06/11085762/Dibuka..85.Beasiswa.S.1.sampai.S.3..

Kamis, 6 Januari 2011 | 11:08 WIB
KOMPAS.com — Pemerintah Republik Romania melalui Kementerian Luar Negeri kembali menawarkan beasiswa bagi para pelajar/mahasiswa asing. Jumlah beasiswa yang disiapkan untuk tahun akademik 2011/2012 ini sebanyak 85 beasiswa program sarjana (S-1) dan pascasarjana (S-2/S-3) dengan bahasa pengantar bahasa Romania.Seleksi kandidat yang berhak meraih beasiswa ini akan langsung dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan, serta Kementerian Kepemudaan dan Olahraga Romania. Bagi yang berminat, kualifikasi kandidat yang bisa meraih beasiswa ini adalah pelajar asing yang bukan berasal dari negara-negera kelompok Uni Eropa. Beasiswa ini juga terbuka lebar bagi pelajar/mahasiswa dari negara-negara ketiga yang telah memiliki hubungan budaya atau kerja sama tertentu dengan Pemerintah Romania.

…dst

14 ) PRESENTASI
Yuk, Simak Bocoran Beasiswa ke AS ini!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/01/06/14191029/Yuk..Simak.Bocoran.Beasiswa.ke.AS.ini..

Kamis, 6 Januari 2011 | 14:19 WIB
KOMPAS.com – Program-program beasiswa apa yang cocok dari The American Indonesian Exchange Foundation atau AMINEF? Bagaimana dengan program gelar (MA dan PhD) dan Fulbright-DIKTI untuk kalangan dosen? Juga, program Doctoral Dissertation untuk mahasiswa program S-3 yang sedang dalam tahap penulisan disertasi? Simak presentasi program Beasiswa Fullbright AMINEF yang akan dilaksanakan pada:
Hari: Senin (10 Januari 2011)
Jam: 09.00-11.00 WIB
Tempat: Ruang Rapat A-Gedung Pusat Administrasi UI/Lt.2, Kampus UI Depok
Undangan: Gratis untuk kalangan dosen, tenaga administratif, dan mahasiswa, serta guru SMA.
Informasi: http://www.aminef.or.id

…dst

15 ) Solusi Studi ke Luar Negeri dari IKPPI dan HSBC
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/01/06/193493/88/14/Solusi-Studi-ke-Luar-Negeri-dari-IKPPI-dan-HSBC-

Kamis, 06 Januari 2011 18:32 WIB
JAKARTA–MICOM: Ikatan Konsultan Pendidikan Internasional Indonesia (IKPPI) bekerja sama dengan HSBC Premier memberi solusi menemuh studi di luar negeri dengan menggelar pameran pendidikan internasional terbesar dan terlengkap di Indonesia pada 15 dan 16 Januari 2011 di Jakarta Convention Center. “Kami melihat kurang layaknya agen pendidikan internasional di Indonesia, kami pun memutuskan mendirikan IKPII tahun 2004 untuk menaungi dan menstandarisasi agen-agen yang telah beroperasi di Indonesia. Saat ini anggota IKPII sudah ada 15 agen, dan setiap agennya mempunyai 100 jaringan pendidikan internasional.Kami berharap orang Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri mendapatkan fasilitas yang terbaik,” jelas Ketua IKPII Harianto di Jakarta, Kamis (6/1). International Education Expo ke 12 ini akan menampilkan lebih dari 100 institusi terkemuka pusat pendidikan, mewakili lebih dari 12 negara tujuan yaitu Australia, Kanada, China, Prancis, Jerman, Hong Kong, Italia, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Swiss, Inggris, dan Amerika Serikat.

…dst

16 ) Bahas Kebangkitan Agama, 100 Pakar Kumpul di UGM
http://www.tempointeraktif.com/hg/kesra/2011/01/06/brk,20110106-304338,id.html

Kamis, 06 Januari 2011 | 20:26 WIB
TEMPO Interaktif, YOGYAKARTA – Setidaknya 100 pakar dari berbagai negara bertemu di Kampus Universitas Gajah Mada, mulai hari ini, Kamis 6 Januari 2011. Mereka mengelar Konferensi yang membahas Kebangkitan Agama di Asia Tenggara. ” Sub tema besarnya adalah agama dan kekuasaan. Agama dan toleransi, serta agama dan lingkungan” kata Direktur Indonesian Consortium for Religious Studies (ICRS-Yogya) Siti Syamsiyatun di Gedung Pasca Sarjana UGM. Konferensi itu, kata Siti lagi, akan menghasilkan penelitian agama di lima negara yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Mayalasia, dan Filipina. Penelitian yang melibatkan 40 peneliti dari berbagai negara ini akan berlangsung selama dua tahun. 40 peneliti yang terlibat dalam penelitian ini, terdiri dari 25 pakar dari Asia Tenggara, 15 di antaranya dari Indonesia, serta 15 orang dari Belanda, Amerika, Australia. Menurut Siti, penelitian akan memakan waktu dua tahun dengan sponsor Georgetown University, ICRS, Boston University, Prince Alwadeed bin Talal Center for Muslim –Christian Understanding (ACMCU), Institut on Culture, Religion, and World Affairs (ICRWA).

…dst

17 ) Ulama Harus Sarjana
http://edukasi.kompas.com/read/2011/01/06/1345022/Ulama.Harus.Sarjana

Kamis, 6 Januari 2011 | 13:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, Perguruan Tinggi Agama Islam memiliki ciri yang membedakan dengan perguruan tinggi umum, yaitu misi untuk mencetak sarjana yang ulama dan ulama yang sarjana. Perguruan Tinggi Agama Islam tak boleh berdiri sebagai menara gading. Suryadharma lebih lanjut mengatakan, sejak diberlakukan UU Sistem Pendidikan Nasional, perguruan tinggi Islam mendapat pengakuan sama. Tetapi, perguruan tinggi Islam harus berupaya memelihara dan menghidupkan etos tradisi intelektualisme Islam di Indonesia yang dirintis para pendahulunya. “Universitas Islam Negeri (UIN) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dari segi status kini sejajar dengan perguruan tinggi lain, tapi keduanya punya misi berbeda, yaitu mencetak sarjana yang ulama dan sebaliknya,” ujar Suryadharma saat pelantikan Rektor UIN, IAIN dan para kepala Kanwil Kementerian Agama di Jakarta, Kamis (6/1/2011).

…dst

Baca Juga :
Perbedaan Perguruan Tinggi Agama Islam dengan PT Lainnya
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/01/06/156860-perbedaan-perguruan-tinggi-agama-islam-dengan-pt-lainnya

Kamis, 06 Januari 2011, 13:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan Perguruan Tinggi Agama Islam memiliki ciri yang membedakan dengan perguruan tinggi umum, yaitu misi untuk mencetak sarjana yang ulama dan ulama yang sarjana. Perguruan Tinggi tak boleh berdiri sebagai menara gading. Sementara itu Universitas Islam Negeri (UIN) Institut Agama Islam Negeri (UAIN) dari segi status kini sejajar dengan perguruan tinggi lain, kata Suryadharma Ali di Jakarta, Kamis (6/1). Suryadharma Ali, pada kesempatan pelantikan Rektor UIN, IAIN dan para kepala Kanwil Kementerian Agama di Jakarta, mengingatkan kedudukan UIN/IAIN sudah sejajar namun punya misi berbeda, yaitu mencetak sarjana yang ulama sekaligus ulama yang sarjana. Sejak diberlakukan UU Sistem Pendidikan Nasional, perguruan tinggi Islam mendapat pengakuan sama. Tetapi perguruan tinggi Islam harus berupaya memelihara dan menghidupkan etos tradisi intelektualisme Islam di Indonesia yang dirintis para pendahulunya.

…dst

OOT:

18 ) Wapres Banggakan “Laskar Pelangi”
http://cetak.kompas.com/read/2011/01/07/04052886/wapres.banggakan.laskar.pelangi

Jumat, 7 Januari 2011 | 04:05 WIB
Jakarta, Kompas – Wakil Presiden Boediono menyatakan bangga dengan tontonan musikalisasi Laskar Pelangi yang merupakan karya dan dipentaskan anak-anak Indonesia. Wapres berharap tontonan yang menarik dan mendidik tersebut dapat pula disaksikan oleh anak-anak Indonesia lainnya di daerah dan bukan hanya di Jakarta.Demikian disampaikan Wapres Boediono kepada pers seusai menyaksikan musikalisasi Laskar Pelangi di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Rabu (5/1) malam. Selain disertai istrinya, Ny Herawati, Wapres juga didampingi Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari, serta sejumlah staf wapres.

…dst

19 ) Indonesia Ketua ASEAN 2011
http://cetak.kompas.com/read/2011/01/07/04253734/indonesia.ketua.asean.2011

Jumat, 7 Januari 2011 | 04:25 WIB
Oleh PLE Priatna
Gairah kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa pada tahun baru ini diawali dengan mandat sebagai pelaksana keketuaan ASEAN. Maka, Indonesia pun memegang tampuk Ketua ASEAN dalam tema besar: Komunitas ASEAN (2015) di tengah komunitas global bangsa-bangsa. Tema itu ingin meletakkan sebuah potret besar: peran Indonesia dalam konteks kerja sama regional ASEAN serta sumbangsihnya dalam mengelola peta keseimbangan dinamis di Asia Pasifik dalam skala kemitraan global. Peta baru menyambut kehadiran Amerika Serikat dan Rusia dalam lingkar East Asia Summit 2011 diiringi oleh tampilnya postur politik China dan India, sementara menempatkan sentralitas ASEAN sebagai tenaga pendorong tata kelola kerja sama regional di tengah kompleksitas baru sesudah terbentuknya Komunitas ASEAN 2015.

…dst

20 ) Berita Lain-Lain
Politik
Tamparan Awal Tahun ( Oleh Saldi Isra )
Ketika Uang (Gayus) Jadi Panglima ( Oleh Ikrar Nusa Bhakti )
Menkopolhukam: Presiden Minta Kasus Paspor Palsu Gayus Diusut Tuntas
Istana Akui Sistem Hukum Tak Beres
KPK Telusuri Penggunaan Anggaran Olahraga Hingga ke Klub Sepakbola
Indonesia Siap Tangani Kasus Perkosaan TKI oleh Pejabat Malaysia
Pengiriman TKI ke Luar Negeri Anjlok 85 Persen
Di Kota Pasuruan, Bapak Jabat Wali Kota, Anak Jadi Ketua DPRD
Bencana Alam
Bencana Banjir dan Tanah Longsor Mengancam (Medan)
12 Jembatan Rusak ( lahar dingin di Sleman )
Utang UKM Korban Bencana Diputihkan
BNPB Belum Ajukan Dana Rekonstruksi Yogya
Ekonomi
Presiden Perintahkan Stabilkan Harga ( Pangan )
Pemerintah Tiru Kebijakan Pangan 2007-2008
Harga Cabai Tembus Rp100 Ribu
“Baru Kali Ini Cabai Masuk Sidang Kabinet”