Subject: Pedoman Lap.Evaluasi Diri-Akreditasi BAN-PT
Sent:
02 Februari 2011 21:19

Terkait dengan akreditasi BAN PT (fromat baru-edisi sosialisasi 2009), saya masih agak bingung dengan beberapa hal:
Pada Pedoman Evaluasi Diri untuk Program Diploma vs Pedoman Evaluasi Diri untuk S1,setelah saya baca sekali lagi..ternyata tidak ada perbedaannya..
Kebetulan saya sedang membantu teman2 yang sedang menyusun lap evaluasi diri untuk proses pengajuan akreditasi ke BAN PT tahun ini..Kami terkendala dengan beberapa komponen yang ada di Panduan Evaluasi Diri Program Diploma karena mengetahui banyak sekali rincian dalam beberapa komponen ED yang tidak bisa kami jelaskan karena kapasitas Program Diploma di Institusi kami di Politeknik Negeri xxxx memang belum sampai sejauh itu..misalnya untuk Komponen G Penelitian/pengabdian dan kerjasama. Banyak sekali poin di komponen ini yang tidak bisa kami elaborasi karena memang tidak ada…Kami bingung juga cara mensiasatinya Pak..Kalau dielaborasipun maka Weakness semua jadinya yang muncul di laporan.

Timbullah pertanyaan apakah proses penilaian Lap Evaluasi Diri antara Program Diploma dengan Program S-1 akan menilai menggunakan kriteria, kekomplitan detil per komponen yang sama? Dasar pertanyaannya adalah karena Pedoman ED keduanya sama..Jawabannya sangat pasti “tentulah berbeda karena degreenya juga beda”
Lha kalau beda kok panduannya sama..? jadi bingung saya pak..
Jika penilaian asesor nanti antara sesama Program Diploma (yang tentunya berdasarkan satu standar baku), kami langsung merasa “nervous” gitu Pak..karena dengan demikian Lap. ED kita pasti “jelek” jika dibandingkan dengan PolMan atau Politeknik yang lebih maju yang lain di Pulau jawa..

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
Kepada Politeknik Negeri xxxx yang sedang bingung,
Minta maaf ini bukan asesor BAN-PT, hanya sesama member yang ingin sharing dan meringankan kebingungan anda.

Pedoman Evaluasi Diri untuk Diploma, Sarjana dan PascaSarjana isinya memang sama karena itukan berupa petunjuk untuk melaksanakan evaluasi-diri Prodi bahkan untuk perguruan tinggi konsepnya tetap sama. Yang beda itu tanggapan yang diberikan sesuai Komponen dari program masing-masing. Misalnya Standar A yang salah satu komponennya tentang Visi dan Misi tentu jawaban dari Prodi Diploma akan berbeda dengan Prodi Sarjana dan begitu juga dari Standar B sampai G akan berbeda. Yang tentunya kriteria penilaian terhadap ED dari program Diploma tidak akan sama dengan program sarjana.

Agar lebih jelas, silakan baca Pedoman Evaluasi Diri-bahan sosialisasi 2010, perhatikan sebagian komponen sudah mengalami perubahan, Komponen A dan D masih sama seperti sosialisasi 2009, yang lain terutama B (dari 17 menjadi 23) ada yang dikurangi dan ada yang ditambah total menjadi 83 komponen ( yang 2009 sebanyak 84 komponen )

Sosialisasi 2010-10 PEDOMAN EVALUASI DIRI.pptx
Laporan ED ini dinilai melalui 2 tahap yaitu pada tahap asesmen kecukupan ( desk evaluation ) dan asesmen lapangan ( site visit ) untuk keperluan ini terdapat 2 format penilaian.
http://ban-pt.depdiknas.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=57&Itemid=63&lang=in
6.BUKU 5-PEDOMAN PENILAIAN INSTRUMEN AKREDITASI PROGRAM SARJANA
Format penilaian terdapat di lampiran buku 5 ini, format 2 untuk asesmen kecukupan ED, format 7 untuk asesmen lapangan.

Saudara kami, mohon jangan pernah dihinggapi perasaan nervous sebelum anda berusaha/berjuang. Buatlah ED itu sesuai keadaaan dan kemampuan, kalo belum ada penelitian atau publikasi karya ilmiah, kan masih banyak bahan yang bisa dikedepankan seperti rancangan penelitian, kegiantan pengabdian pada masyarakat, bagaimana para dosen membimbing mahahasiswa selesaikan tugas akhir dan skripsi, peraturan terkait dll. Tujuan ED itu Evaluasi dan dalam proses evaluasi disarankan melakukan analis SWOT ( strengths, Weaknesses, Oppoturnities, threats). Dari Analis SWOT kita bisa mengetahui kekuatan kita (walaupun tak banyak) sehingga bisa didayagunakan untuk dikembangkan, semakin bisa kita tunjukkan kelemahan kita semakin bagus laporan EDnya ( bukankah sudah tahu penyebab penyakit baru bisa diberi pengobatan yang tepat menuju kesembuhan?), analisa peluang apa yang bisa diraih dan ancaman apa yang sedang atau bakal dihadapi sehingga bisa diantisipasi sebelum hancur. Jadi ED bukan untuk disiasati, penonjolan banyak kekuatan yang berlebihan belum tentu EDnya dinilai bagus.

OK, kalo belum ada bahan sosialisasi 2010 bisa diunduh:
http://ban-pt.depdiknas.go.id/index.php?lang=in
PRESENTASI INSTRUMEN 2010 – pptx [2007]
Presentasi Instrumen 2010 – ppt [2003]
PERANGKAT INSTRUMEN AKREDITASI 2010

Ini hanya berupa sharing, welcome dilengkapi lagi.
Salam, Fitri