1 ) DPR Setujui Beasiswa Rp120 M
http://kampus.okezone.com/read/2011/02/07/373/422134/dpr-setujui-beasiswa-rp120-m

Senin, 7 Februari 2011 – 15:14 wib
SURABAYA – Komisi X DPR RI memutuskan memberikan alokasi anggaran untuk program beasiswa Bidik Misi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) tahun ini sebesar Rp120 miliar. Jumlah ini tidak mengalami perubahan dari 2010 lalu. Bahkan, kuota penerima pun masih tetap sama, yakni 20.000 orang. Anggota Komisi X DPR Raihan Iskandar mengatakan, penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan Rp6 juta per tahun. Menurut Raihan, program beasiswa ini perlu didukung karena turut membantu anak tidak mampu berprestasi untuk menempuh pendidikan tinggi yang terjamin mutunya. Tidak hanya itu, makin banyaknya beasiswa yang diberikan, maka akan meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) yang pada 2014–2015 nanti ditargetkan mencapai 30 persen. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, Kemendiknas harus melakukan pendataan secara maksimal agar seluruh kuota tahun ini terserap sempurna. “Saya menyayangkan jika dari 20.000 kuota beasiswa ini tidak terserap seluruhnya seperti tahun lalu,” ujar Raihan kepada Sindo kemarin.

…dst

2 ) Kemdiknas Gagas Pendidikan Kejuruan Jadi Empat Tahun
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/02/07/162709-kemdiknas-gagas-pendidikan-kejuruan-jadi-empat-tahun

Senin, 07 Februari 2011, 12:13 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) memandang pendidikan kejuruan memiliki potensi besar untuk menyiapkan siswa langsung masuk dunia kerja. Berdasarkan pandangan tersebut, Kementerian pun menggagas untuk menambahkan masa studi Sekolah Menengah Kejuruan menjadi empat tahun. “Penambahan ini digagas setelah ada pertemuan antara menteri-menteri pendidikan ASEAN di Brunei akhir Januari. Semua menteri yakin kalau sekolah kejuruan amat berpotensi,” ucap Mendiknas M Nuh kepada Republika, Ahad (6/2). Sehingga penambahan masa studi ini nantinya akan disebut program community college. Konsepnya ialah siswa SMK yang sudah melewati masa tiga tahun diwajibkan mengikuti pematangan kepribadian dan kemampuan teknis sesuai dengan jurusannya masing-masing.
Akan tetapi gagasan ini bukan tidak ada ganjalan. Justru menurutnya ada ganjalan besar khususnya dalam hal birokrasi. Ganjalan ini ialah penentuan ditjen yang akan mengelola SMK. Selama ini, SMK dikelola oleh Ditjen Pendidikan Menengah (Dikmen). Maka dengan penambahan masa belajar setelah siswa mengikuti ujian akhir, pendidikan menjadi wewenang ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti). “Mau ke Dikti tanggung karena cuma setahun. Tetap di Dikmen, siswanya sudah lulus ujian,” ucap Nuh.

…dst

3 ) Program 3 Plus 1 SMK Dimulai 2011/2012
http://www.pikiran-rakyat.com/node/134547

Senin, 07/02/2011 – 21:02
JAKARTA, (PRLM).- Program 3 plus 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan diterapkan mulai tahun 2011/2012. Program ini meliputi pendidikan tiga tahun di SMK (hingga lulus) ditambah satu tahun yang dimitrakan dengan politeknik atau industri. “Saat ini sudah lebih dari 200 SMK yang sudah apply,” ujar Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Joko Sutrisno dalam keterangan pers di Gedung E Kemdiknas Senayan, Jakarta, Senin (7/2). Dijelaskan Joko, program 3 plus 1 ini tidak bersifat wajib. Sifatnya sukarela. Pada pendidikan satu tahun yang merupakan kemitraan tersebut harus sesuai dengan bidang atau jurusannya. “Misalnya, otomotif, maka pada pendidikan satu tahun itu juga berkaitan dengan otomotif,” katanya. Program 3 plus 1 ini antara lain untuk siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, tetapi ingin meningkatkan kompetensi dan keahliannya (berupa pendalaman). Sehingga, diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja. Dituturkan Joko, SMK akan didorong untuk melakukan kerjasama dengan industri dan politeknik di wilayahnya. Mengenai politeknik yang siap bermitra ada sebanyak 72 buah. Joko menambahkan, program 3 plus 1 ini berbeda dengan pendikan SMK empat tahun yang selama ini ada. Di SMK empat tahun itu, siswa lulus SMK setelah menempuh pendidikan selama empat tahun penuh pada jurusannya. Contohnya, manufaktur yang ada di sejumlah SMK, seperti di Semarang dan Jakarta. Sedangkan, pada program 3 plus 1, siswa lulus SMK setelah mengikuti pendidikan tiga tahun, tetapi ditambah satu tahun pendidikan yang dimitrakan. Sebagaimana diketahui, Kemdiknas mencanangkan program kejuruan sebagai program prioritas. Pada bagian lain, Joko menuturkan, pada akhir tahun 2014 semua SMK (negeri dan swasta) diharapkan bisa memperoleh sertifikat ISO 9001-2008.

…dst

4 ) Soal UN Tak Boleh Diulang Dua Kali
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/380648/

Monday, 07 February 2011
JAKARTA (SINDO) – Soal yang sudah diujikan dalam Ujian Nasional (UN) tidak boleh dicetak kembali dalam soal ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, jika sampai terulang akan membuat bingung calon peserta ujian. Fasli mengatakan, soal akan dibuat sedemikian rupa, tapi tidak akan menyimpang dari apa yang telah dipelajari oleh siswa di sekolah. Tidak adanya pengulangan ini, ujar Fasli, karena UN sudah dapat digunakan sebagai masukan dan pertimbangan siswa masuk ke perguruan tinggi negeri. Khususnya bagi siswa yang mengikuti SNMPTN melalui jalur undangan. “Integrasinya di jalur undangan setelah hasil rapor dari semester 1 kelas 9 sampai semester 6, ditambah hasil UN,” terang Fasli di Gedung Kemendiknas kemarin. Mendiknas Mohammad Nuh menyatakan,penerimaan mahasiswa melalui jalur undangan memakai nilai rapor dan UN yang tinggi.Nilai rapor dan UN, katanya, berperan penting dalam standar penerimaan. Sistem ini sama dengan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

…dst

5 ) Sekolah tak Jujur Didiskualifikasi Tiga Tahun
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/02/06/162601-sekolah-tak-jujur-didiskualifikasi-tiga-tahun

Ahad, 06 Februari 2011, 16:28 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Sekolah yang ketahuan tidak jujur dalam melampirkan prestasi akademik siswanya dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di jalur undangan, akan didiskualifikasi selama tiga tahun berturut-turut. Hal itu dikemukakan Panitia Lokal SNMPTN Yogyakarta Prof Dr Nurfina Aznam, Ahad (6/2). “Hal itu mulai berlaku tahun ini dan apabila sekolah ketahuan tidak jujur maka selama tiga tahun berturut-turut panitia tidak akan mengundang sekolah untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan. Kalau ternyata siswa sudah diterima, nanti pada saat registrasi akan ketahuan juga sehingga akhirnya tidak akan diterima,” kata dia. Untuk membuktikan bahwa sekolah itu jujur atau tidak, selain mendapatkan informasi dari berbagai pihak, kata Nurfina, sebelum dilakukan pengumuman panitia juga akan mengecek langsung ke sekolah maupun ke pihak siswa. “Di samping itu, kami juga akan melakukan sampling ke sekolah-sekolah. Namun apabila ternyata di registrasi ternyata masih lolos, itu merupakan kecelakaan, tetapi biasanya akan ketahuan pada saat registrasi,” tutur dia.

…dst

6 ) Ditemukan Kesalahan Input Data
Pendaftaran Jalur Undangan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/02/08/136415/Ditemukan-Kesalahan-Input-Data

08 Februari 2011
SEMARANG- Panitia Lokal (Panlok) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Semarang menemukan kesalahan yang dilakukan sekolah saat melakukan input data pada pendaftaran jalur undangan. Ketua Panlok SNMPTN Semarang Drs Agus Wahyudin MSi menyatakan, hingga hari keempat pendaftaran SNMPTN jalur undangan sudah ada beberapa sekolah yang mendaftar dengan meng-input-kan data siswa. Namun, terjadi kesalahan yang diakui mereka sendiri. “Sebagian mereka mengaku salah meng-input dan meminta panitia untuk me-reset data yang sudah diinput. Padahal, kalau sudah di-input , siswa yang terdaftar otomatis mendapat pin. Kesalahan itu karena mereka merekomendasikan lebih dari 25 siswa berprestasi di dalam kelas,” ungkapnya, kemarin.

…dst

7 ) Stop Jalur Mandiri!
http://kampus.okezone.com/read/2011/02/07/373/422137/stop-jalur-mandiri

Senin, 7 Februari 2011 – 16:18 wib
KEBIJAKAN Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) meminimalisasi penerimaan mahasiswa lewat jalur lokal atau jalur mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN) sepatutnya didukung demi menciptakan alumni berkualitas dan kuliah murah.Sayangnya, kebijakan itu tidak disahuti sepenuhnya oleh PTN di Indonesia termasuk Universitas Sumatera Utara (USU)…cut… Jika jalur mandiri ditutup, maka USU diperkirakan akan kehilangan pendapatan Rp1,8 miliar per tahun. “Setiap tahun USU menerima mahasiswa jalur mandiri sekira 300 orang dan biaya kuliah jalur mandiri paling rendah berkisar Rp6 juta per tahun per siswa,” kata Bisru. Dijelaskan Bisru, biaya kuliah Rp6 juta per tahun itu ditetapkan untuk Fakultas Hukum sedangkan Rp50 juta biaya kuliah Fakultas Kedokteran. Dia mengatakan, dana jalur mandiri dianggap sebagai salah satu pemasukan dana USU. Belum lagi dari biaya awal kuliah yang mencapai Rp3 sampai Rp5 juta. Jika jalur mandiri distop, maka USU akan kehilangan pemasukan sebesar Rp1,8 miliar per tahun. “Untuk 2011 ini USU masih membuka jalur mandiri. Kita masih mengikuti aturan saja,” ucapnya.
Pembantu Rektor I Universitas Negeri Medan (Unimed) Selamat Triono menyebutkan, Unimed tidak pernah membuka penerimaan mahasiswa untuk jalur mandiri begitupun untuk tahun akademik 2010/2011. “Kami tidak pernah membuka jalur mandiri,” ujarnya, kemarin.

…dst

8 ) ITB Kampanyekan Bioteknologi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/380666/

Tuesday, 08 February 2011
BANDUNG(SINDO) – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar kegiatan Biofront (Bio Science Fair of Profession and Environment) di Kampus ITB Bandung, 11-12 Februari 2011, untuk memperkenalkan segala hal soal teknologi hayati. Kegiatan yang baru pertama kali ini digagas Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi dan Mikrobiologi dengan Sekolah Ilmu Teknologi Hayati Nymphaea (HIMA-SITH Nymphaea) ITB. Acara ini juga mengenalkan bioweaponyang akan disampaikan langsung Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro. Ketua Panitia Biofront Putri Astuti mengatakan, Biofront merupakan agenda akbar HIMA-SITH Nymphaea ITB dengan tujuan memasyarakatkan ilmu dan teknologi hayati yang mencakup bidang biologi dan mikrobiologi. Rangkaian kegiatan menerjemahkan ilmu dan teknologi terapan itu diisi dengan workshop, seminar,bike for earth,National Life Science Competition (Nalco), dan ditutup panggung Nymphaea. Menurut dia,memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi hayati kepada masyarakat dengan cara yang mudah dipahami dapat memberi manfaat besar.Apalagi hal itu akan membuka wawasan masyarakat soal pemanfaatan bioteknologi.”Ilmu ini (bioteknologi) bisa dimanfaatkan untuk hal positif seperti menciptakan makanan yang enak hingga senjata pemusnah massal.

…dst

9 ) Unosed Buka Tiga Program Studi Baru Tahun Ajaran 2011
http://www.pikiran-rakyat.com/node/134565

Selasa, 08/02/2011 – 02:17
PURWOKERTO, (PRLM).- Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Jawa Tengah menambah tiga program studi baru yakni, program studi Hubungan Internasional, Sastra Jepang, dan Ilmu Gizi. Kapasitas tiga program studi baru untuk tahun ajaran baru 2011 masing-masing sebesar 80 – 100 mahasiswa dari total kuota 4.000 mahasiswa yang akan diterima tahun ini. Humas Unsoed Purwokerto, Heru Buntyadi, Senin (7/11) mengatakan, musim penerimaan mahasiswa baru untuk ketiga program studi baru tersebut baru tahun ini. ”Masing-masing program studi tersebut, akan menerima sekitar 80-100 mahasiswa baru. Unsoed pada 2011 akan menerima sekitar 4.000 orang mahasiswa baru,” jelasnya. Program studi telah mendapat ijin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Progran studi Hubungan Internasional dan Sastra Jepang, nantinya akan menginduk pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, sedangkan program studi Ilmu Gizi akan masuk Fakultas Kedokteran. Sedangkan sistem penerimaan mahasiswa baru yang akan dilaksanakan pada tahun 2011 ini, Unsoed tetap akan melaksanakan ujian seleksi secara sendiri. Namun frekwensi dan kuotanya akan dikurangi.

…dst

10 ) Divine Kretek, Rokok Sehat Bagi Penderita Penyakit Degeneratif
http://kampus.okezone.com/read/2011/02/07/373/422286/divine-kretek-rokok-sehat-bagi-penderita-penyakit-degeneratif

Senin, 7 Februari 2011 – 20:02 wib
JAKARTA- Baru-baru ini Kelompok Studi Nano Sain Universitas Brawijaya Malang telah melakukan studi dampak positif asap rokok kretek melalui proses peluruhan radikal bebas yang dinamakan Divine Kretek. Riset ini dilakukan Guru Besar Biologi Sel Universitas Brawijaya Malang, Profesor Dr. Sutiman B. Sumitro, bersama ahli Kimia-Fisika senior Dr. Gretta Zahar dan tim yang terdiri dari ahli bidang kedokteran, Kimia dan Fisika. “Divine Kretek telah berhasil membantu memperbaiki kualitas hidup penderita berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, stroke, altsheimer, gagal ginjal, hepatitis, spasmophile, myastemia, autism, cerebal palsy, dan down syndrom,” kata Profesor Dr. Sutiman B. Sumitro dalam media gathering di Jakarta, Senin (7/2/2011). Sutiman percaya, Divine Kretek temuannya itu dapat mengendalikan bahaya radikal bebas dan logam merkuri yang terkandung dalam darah. “Tim kami dapat mentrasformasikan rokok beracun menjadi rokok berasap sehat, tidak berbau, dan ramah lingkungan melalui Divine Kretek,” ujarnya.

…dst

11 ) Kontroversi UU Tembakau, Mantan Pasien Terapi Rokok ((ketua umu IDI ))Bersaksi di MK
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/kesehatan/11/02/07/162753-kontroversi-uu-tembakau-mantan-pasien-terapi-rokok-bersaksi-di-mk

Senin, 07 Februari 2011, 15:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Penderita kanker kelenjar limpa yang sembuh dengan terapi balur teknologi nano yang juga menggunakan tembakau bermerek “divine cigarette”, Subagjo akan menjadi saksi di Mahkamah Konstitusi. Kesaksiaannya terkait dengan sidang uji materi Rancangan Peraturan Pemerintah Tembakau.
“Saya akan menjadi saksi sebagai penderita kanker kelenjar limpa yang sembuh dengan terapi balur nano di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Selasa (8/2),” kata Subagjo yang juga Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Malang Raya saat dihubungi dari Yogyakarta, Senin (7/2). Menurut dia, dirinya akan mengungkap fakta bahwa selama lima tahun ini setelah menjalani terapi balur nano keadaannya sehat, kondisi prima, dan mampu menjalankan tugas sebagai Ketua Umum IDI Malang Raya yang beranggotakan sekitar 2.000 dokter.

…dst

12 ) Indonesia Bangun Pusat Perawatan Jantung di Palestina
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/kesehatan/11/02/07/162878-indonesia-bangun-pusat-perawatan-jantung-di-palestina

Senin, 07 Februari 2011, 21:08 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Kementerian Kesehatan membangun pusat perawatan jantung atau “cardiac center” senilai Rp20 miliar di gedung pelayanan spesialistik RS Al Shifa, Palestina. “Penyakit jantung jadi salah satu penyakit terbesar di daerah itu, penyakit mata juga tapi kita pilih bangun perawatan jantung karena lebih ‘life saving’ (menyelamatkan nyawa),” kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih seusai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta, Senin. Penandatanganan nota kesepahaman oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes Ratna Rosita dengan Presiden Bank Pembangunan Islam Ahmed Mohamed Ali dilakukan di gedung Kemenkes, Jakarta, Senin sore disaksikan oleh Menkes. Indonesia Cardiac Center itu nantinya berada di lokasi satu lantai seluas kurang lebih 1.500 meter persegi dari lima lantai RS Al Shifa yang terletak di daerah Gaza Utara, Palestina. Diperkirakan pembangunan akan selesai dalam waktu delapan tahun dan dana hibah dari pemerintah Indonesia itu akan digunakan untuk melengkapi Cardiac Center itu dengan peralatan medis yang diperlukan termasuk ruang operasi jantung. Pembangunan fasilitas itu adalah untuk mewujudkan komitmen pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi rakyat dan pemerintah Palestina seperti yang dinyatakan dalam Sidang OKI untuk Rekonstruksi Palestina tahun 2009 di Sharm el Sheik, Mesir.

…dst

13 ) Jangan Hanya Tumbuh, tetapi Tidak Merata
http://cetak.kompas.com/read/2011/02/08/0306519/jangan.hanya.tumbuh.tetapi.tidak.merata

08 Februari 2011
Badan Pusat Statistik mengumumkan, pertumbuhan ekonomi tahun 2010 mencapai 6,1 persen terhadap tahun 2009. Jika perhitungan pemerintah benar, ada 2,44 juta lapangan kerja baru yang tercipta karena setiap persen pertumbuhan ekonomi diasumsikan akan menyerap 400.000 tenaga kerja. Sayangnya, pengumuman tingkat pengangguran selalu dilakukan berbeda dengan produk domestik bruto, yakni Maret. Mendapatkan pekerjaan adalah impian setiap warga negara yang memasuki masa produktif. Namun, mendapatkan pekerjaan bukanlah akhir dari semua masalah. Apa jadinya jika penghasilan yang diperolehnya itu tidak mencukupi Apa jadinya jika gaji yang diperolehnya habis tergerus oleh kenaikan harga kebutuhan pokok? Pertumbuhan ekonomi 2010 yang cukup tinggi itu diiringi kenaikan harga 12 jenis komoditas pangan pokok. Lihat saja, harga beras antara Januari 2010 dan Januari 2011 naik 22,74 persen menjadi Rp 9.200 per kilogram, sementara harga beras termurah juga dilaporkan naik 22,6 persen menjadi Rp 7.452 per kg.

…dst

14 ) Menbudpar Sambut Baik Komodo Tetap Masuk Nominasi New7Wonder
http://www.detiknews.com/read/2011/02/08/030504/1562170/10/menbudpar-sambut-baik-komodo-tetap-masuk-nominasi-new7wonder?n991102605

Selasa, 08/02/2011 03:05 WIB
Jakarta – Yayasan New7Wonders akhirnya tetap mempertahankan Pulau Komodo dalam kompetisi New7Wonders of Nature. Pemerintah menilai keberhasilan ini karena dukungan yang luar biasa dari masyarakat. “Ini adalah keberhasilan kita, kalau kita bersatu, pemerintah, masyarakat, DPR, kalau kita bersatu, orang luar akan takut,” ujar Menteri Budaya dan Pariwisata, Jero Wacik saat berbincang dengan detikcom, Senin (7/2/2011). Jero mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat serta lembaga-lembaga negara dalam persoalan ini. Ia merasakan betul bagaimana dukungan yang mengalir kepadanya untuk tetap bisa mempertahankan Pulau Komodo dalam kompetisi New7Wonders of Nature. “Karena kita memang benar, ini adalah kemenangan Indonesia,” lanjut Jero. “Begini, dengan kita menunjukan sikap kita, yang jelas dan tegas dan benar, dan didukung oleh masyarakat indonesia yang mencintai komodo, dan mencintai negerinya dan membela negerinya, dan DPR membela negerinya dan membela saya, maka panitia, Yayasan New7Wonders tidak jadi mendelete,” beber Jero.

…dst