Dear All,

Sebenarnya buku panduan/pedoman dan produk hukum untuk pengusulan kenaikan jabatan fungsional/akademik dosen sudah banyak dan pembahasan/diskusi ke topik ini juga termasuk sering. Salah satu tulisan kami di web kopertis 12 yang terfavorite juga yang terkait pembahasan pedoman operasional penilaian/perhitungan angka kredit dosen dan belum lama juga ada diskusi tentang persyaratan administratif usulan jafung dosen. Namun semalam saya agak terkejut menemukan masih banyak yang menanyakan via google ” persyaratan menjadi guru besar/Lektor Kepala/Lektor/Asisten Ahli “, saya tiba-tiba sadar maybe banyaknya beredar berbagai pedoman justru membingungkan sebagian dosen yang memiliki waktu yang sangat terbatas, untuk itu saya coba menyusun dan menghimpun kembali persyaratan dan ketentuan yang saya anggap penting diketahui seorang calon Guru Besar/Lektor Kepala/Lektor dan Asisten Ahli, kiranya panduan/rangkuman sederhana yang saya susun di tengah malam bisa sedikit membantu, welcome dilengkapi seandainya ada yang penting diketahui namun luput dari perhatian saya, thanks.

Bagi yang membutuhkannya bisa unduh di :

http://www.kopertis12.or.id/2011/02/08/persyaratan-menjadi-guru-besarlektor-kepalalektorasisten-ahli.html

atau di milis DG

Maaf tidak saya forward ke milis evaluasi dan kopwil4 karena tulisan ini mengandung tabel dan link yang agak sulit di post ke milis terkecuali milis DG.

Di waktu senggang saya suka membaca dan memantau di web-admin kopertis12 untuk mencari tahu info apa yang masih dibutuhkan para pengunjung/para dosen/mahasiswa/stackholders. Ini bisa terpantau dari mesin pencari seperti google yang membawa mereka ke mari. Dari situ saya bisa introspeksi kekurangan web yang kami kelola, materi/info apa yang masih/sangat dibutuhkan para pengunjung, namun tidak ada atau masih kurang lengkap di web Kami, kemudian coba mencari solusi dengan luncurkan tulisan di web/milis untuk mereka.

Masih bisa membagi di sisa hidupku sudah menjadi salah satu sumber kebahagiaanku, persahabatan yang mengalir (walaupun tak pernah jumpa) sudah menjadi penyegar dan obat pengusir segala keletihan hidup, terima kasih untuk semuanya.

Wassalam,
Fitri