1 ) Dua Perguruan Tinggi Swasta Dinegerikan
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2011/2/pts-negeri.aspx

09 Februari 2011 | Laporan oleh ahmad_dj
Jakarta — Dua perguruan tinggi swasta (PTS) masing-masing Politeknik Nusa Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara dan Politeknik Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau dinegerikan. Penyerahan aset dilakukan Rabu (9/2/2011) di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta. Bupati Bengkalis Herliyan Saleh menyerahkan aset berupa tanah, bangunan, sarana, dan prasarana kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Djoko Santoso. Adapun aset berupa sumber daya manusia diserahkan oleh Kepala Yayasan Bangun Insani Sulaiman Zakaria. Sementara, aset berupa tanah, bangunan, sarana, prasarana, dan sumber daya manusia Politeknik Nusa Utara diserahkan oleh Bupati Kepulauan Sangihe Winsulangi Salindeho.

…dst

Baca Juga :
Serah Terima Aset Politeknik Nusa Utara dan Politeknik Bengkalis
Written by Doddy Zulkifli
http://www.dikti.go.id/

Wednesday, 09 February 2011 16:54
Dua Perguruan Tinggi Swasta (PTS) masing-masing Politeknik
Nusa Utara , Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara dan Politeknik Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau dinegerikan. Penyerahan aset dilakukan Rabu (9/2/2011) di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta. Bupati Bengkalis Herliyan Saleh menyerahkan aset berupa tanah, bangunan, sarana, dan prasarana kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Djoko Santoso. Adapun aset berupa sumber daya manusia diserahkan oleh Kepala Yayasan Bangun Insani Sulaiman Zakaria. Sementara, aset berupa tanah, bangunan, sarana, prasarana, dan sumber daya manusia Politeknik Nusa Utara diserahkan oleh Bupati Kepulauan Sangihe Winsulangi Salindeho.

…dst

2 ) 60 Perusahaan Berpartisipasi dalam Bursa Kerja UI
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/09/202249/88/14/60-Perusahaan-Berpartisipasi-dalam-Bursa-Kerja-UI

Rabu, 09 Februari 2011 22:50 WIB
DEPOK–MICOM: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar membuka UI Career & Scholarship Expo 2011 pada 10 Februari 2011, di Balairung Kampus UI, Depok. Acara tersebut akan berlangsung mulai 10-12 Februari dan diikuti lebih dari 60 perusahaan dan 14 lembaga pendonor beasiswa seperti PT Pertamina (Persero), Standard Chartered Bank, PT Procter & Gamble Home Product Indonesia, PT Astra International, Total E & P Indonesie, Education USA—AMINEF, Campus France, Embassy of Japan (Education Section), Uni Eropa (Erasmus Mundus). Lebih dari 10 ribu pengunjung akan hadir dalam kegitan tersebut. “Rangkaian kegiatan antara lain eksibisi, presentasi perusahaan maupun lembaga pendonor beasiswa, tes seleksi, dan wawancara serta seminar persiapan melanjutkan studi dan lainnya,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono di Depok, Rabu (9/2).
UI Career & Scholarship Expo 2011, jelas Vishnu, menyediakan fasilitas teknologi menggunakan sistem aplikasi online yang diharapkan memudahkan para pencari informasi lowongan kerja maupun program beasiswa dalam melakukan pendaftaran secara efisien. Untuk itu, sambungnya, para pengunjung UI Career & Scholarship Expo XI 2011 tidak perlu membawa hardcopy CV dalam jumlah banyak. Selain itu, sistem aplikasi online memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk memantau jumlah CV yang masuk sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

…dst

3 ) Yuk…ke “UI Career & Scholarship Expo”!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/09/19054368/Yuk.ke.UI.Career.Scholarship.Expo.

Rabu, 9 Februari 2011 | 19:05 WIB
KOMPAS.com – Mau cari info lowongan kerja atau butuh beasiswa? Kunjungi “UI Career & Scholarship Expo XI” yang digelar oleh Career Development Center (CDC) UI. Ada 63 perusahaan dan 14 lembaga pendonor beasiswa yang akan berpartisipasi dalam bursa kerja dan beasiswa di acara tahunan yang dilaksanakan pada:
Tanggal: 10-12 Februari 2011
Tempat: Balairung UI – Kampus UI, Depok.
Acara: Eksibisi, presentasi perusahaan atau lembaga pendonor beasiswa, tes seleksi dan wawancara, serta bermacam seminar persiapan melanjutkan studi dan lain-lainnya.
Informasi: http://cdcui.ui.ac.id

…dst

4 ) Pemerintah Carikan Solusi Mahasiswa Indonesia dari Mesir
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2011/2/mesir.aspx

09 Februari 2011 | Laporan oleh ahmad_dj
Jakarta — Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal menjemput 400 orang warga Indonesia gelombang ke-IV, yang tiba di terminal Haji Bandara Soekarno Hatta – Tangerang, Banten, pukul 05.30 WIB hari ini dari Mesir. Hadir pula Wakil Menteri Luar Negeri, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, Serta Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Dari 400 WNI tersebut terdapat 387 mahasiswa, satu pelajar, dua anak-anak, tujuh tenaga kerja, dan tiga wisatawan.
Fasli menjelaskan, pemerintah akan memberikan solusi kepada para mahasiswa tersebut. Pemerintah memastikan informasi tetap mengalir antara mereka dan kampusnya, dan kemudian secara bertahap mencarikan solusi yang terbaik sesuai kondisi spesifik masing-masing individu mahasiswa itu.

…dst

5 ) Kemdiknas Bantah Adanya Mahasiswa DO di Mesir
http://www.jpnn.com/read/2011/02/09/84075/Kemdiknas-Bantah-Adanya-Mahasiswa-DO-di-Mesir-

Rabu, 09 Februari 2011 , 19:47:00
JAKARTA – Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal membantah kabar adanya mahasiswa asal Indonesia di Mesir yang di-drop out (DO) dari kampusnya, karena harus pulang ke Indonesia. Fasli mengatakan, hingga saat ini pihaknya tidak menerima informasi jika perguruan tinggi di Mesir memberikan ancaman DO terhadap mahasiswa-mahasiswa Indonesia. “Belum ada informasi ancaman DO itu. Saat ini kan kondisinya adalah terjadi keributan dan belum adanya kepastian. Tugas kita tentu melakukan antisipasi terhadap kampus-kampus seperti Al Azhar dan lainnya yang menerima mahasiswa Indonesia, agar jangan sampai ada miss-communication. Misalnya, mereka yang sudah seharusnya sampai di Mesir, tidak sampai atau sebaliknya. Hal-hal itu yang perlu kita cegah,” ungkap Fasli ketika ditemui seusai Diskusi Publik ‘Melawan Korupsi dan Membangun Demokrasi di Sekolah’, di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (9/2). Fasli menjelaskan, hingga hari ini pun proses pemulangan mahasiswa Indonesia di Mesir juga terus dilakukan. Untuk hari ini, lanjut Fasli, ada sebanyak 370 orang mahasiswa Indonesia yang sudah tiba di Indonesia. Disebutkannya, mahasiswa yang sudah tiba hari ini tersebut termasuk dalam kloter (evakuasi) keempat.

…dst

6 ) Komisi Informasi Desak Pengumuman Susu Formula Tercemar
http://id.news.yahoo.com/antr/20110209/tpl-komisi-informasi-desak-pengumuman-su-cc08abe.html

Antara – Kamis, 10 Februari
Jakarta (ANTARA) – Komisi Informasi Pusat mendesak Kementerian Kesehatan, Institut Pertanian Bogor (IPB), serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera menginformasikan kepada masyarakat jenis susu formula yang terkontaminasi bakteri enterobacter sakazakii. “Dalam kerangka Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik, informasi semacam itu masuk dalam kategori informasi yang wajib diumumkan serta merta oleh badan publik, karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Kalau tidak diumumkan justru berbahaya,” kata Komisioner Komisi Informasi Pusat Abdul Rahman Ma`mun di Jakarta, Rabu. Apalagi telah ada putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) Nomor 2975K/Pdt/2009 yang menyatakan tindakan tidak mengumumkan jenis susu formula yang terkontaminasi bakteri enterobacter sakazakii itu sebagai perbuatan melawan hukum. “Setelah ada putusan MA, penggugat dapat meminta pengadilan untuk melakukan eksekusi atau sita terhadap dokumen penelitian untuk diumumkan,” kata Rahman.

…dst

7 ) Kemenkes – BPOM Umumkan Susu Tercemar
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/380985/

Wednesday, 09 February 2011
JAKARTA(SINDO) – Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya melaksanakan putusan Mahkamah Agung (MA) tentang publikasi susu terkontaminasi bakteri enterobacter sakazaki. Ketiga lembaga ini akan memublikasikan sejumlah produk susu terkontaminasi tersebut hari ini. Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenkes Murti Utami mengaku, konferensi pers soal susu yang diduga terkontaminasi ini akan dilakukan hari ini di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).” Ya,pagi besok (hari ini) di Kemenkominfo untuk mengumumkan nama-nama produk susu yang mengandung bakteri enterobacter sakazaki,” kata Murti di Jakarta kemarin. Sementara itu, praktisi hukum sekaligus penggugat kasus susu terkontaminasi David Tobing berharap, Kemenkes, IPB, dan BPOM benar-benar mematuhi ketentuan hukum berdasarkan keputusan MA secara penuh dan tidak menyamarkan nama-nama produk susu tersebut.

…dst

8 ) Information on the Intensive Blended Learning University Leadership and Management Training Course (UNILEAD) in Germany
http://www.dikti.go.id/

The German Academic Exchange Service (DAAD), the University of Oldenburg in Germany and the Nelson Mandela Metropolitan University in South Africa are jointly organizing an intensive Higher
Education Management Training Course (UNILEAD) in Oldenburg. UNILEAD is part of the DIES programme (Dialogue on Innovative Higher Education Strategies), which has been jointly coordinated
by the DAAD and HRK (German Rectors’ Conference) since 2001. The costs for this training course will be mainly covered by funds provided by the German Federal Ministry for Economic Cooperation
and Development (BMZ) through DAAD.

…dst

9 ) Jawara Tanoto Students Research Awards
http://kampus.okezone.com/read/2011/02/09/373/423011/jawara-tanoto-students-research-awards

Rabu, 9 Februari 2011 – 14:08 wib
JAKARTA – Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) memperkenalkan tiga inovasi teknologi aplikatif terbaru mereka, yaitu sarana mandi cuci kakus (MCK) yang bisa dibongkar pasang, detektor kebocoran gas LPG, serta pemisah logam dari limbah pabrik tekstil. Ketiga inovasi tersebut merupakan pemenang Tanoto Student Research Awards (TSRA) 2010, sebuah ajang tahunan yang diselenggarakan ITB dengan Tanoto Foundation selama empat tahun terakhir. Setiap tahun, 18 himpunan mahasiswa di ITB mendaftarkan proposal penelitian mereka untuk diikutsertakan di TSRA. Kemudian, tujuh finalis terpilih akan diberi dana penelitian dari Tanoto Foundation untuk mengerjakan mewujudkan penelitian tersebut selama enam hingga delapan bulan. Hasil penelitian mereka dipresentasikan di hadapan dewan juri, untuk kemudian dipilih tiga pemenang dengan teknologi paling aplikatif.
Keluarga Mahasiswa Teknik Industri keluar sebagai pemenang pertama TSRA 2010. Penelitian mereka berjudul Perancangan MCK untuk Pemukiman Padat Penduduk dan Daerah Bencana untuk Perbaikan Kualitas Hidup.

…dst

10 ) Crackers,Penemu Peluang Baru
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/381049/38/

Thursday, 10 February 2011
Perubahan yang kian cepat dan dinamis di era digital abad ke-21 pada satu sisi memunculkan beragam tantangan dan ancaman, namun di sisi lain membuka berbagai retakan (crack) peluang. DALAM analisis Ketua Program Magister Manajemen Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali, retakan peluang itu tidak tertangkap oleh semua orang.Retakan itu hanya berlaku bagi mereka yang mampu melihat dan memanfaatkannya. Merekalah yang disebut sebagai crackers. Perubahan dan fenomena crackers ini tertuang dalam buku berjudul Cracking Zone yang diluncurkan di Dekanat Fakultas Ekonomi UI, Depok,kemarin.Karya guru besar ilmu manajemen FEUI ini masih merupakan serial dari buku bertajuk perubahan (change) yang diluncurkan sebelumnya.Acara tersebut dihadiri sejumlah kalangan di antaranya akademisi, birokrat,dan pelaku usaha.”Para crackers itu melakukan pembaruan tidak hanya pada institusi di tempat mereka berkiprah, tetapi juga terhadap industrinya,”tutur Rhenald. Dalam penyusunan buku kali ini,Rhenald melakukan penelitian terhadap para crackers yang menjadikan transisi gaya hidup serbadigital sebagai peluang-peluang baru.” Mereka tidak terbatas pada para inventor (penemu), tetapi juga pembaru yang menimbulkan retakan pada teritori di sekitarnya yang membentuk berbagai peluang baru yang tidak diketahui sebelumnya,” papar penyandang gelar doktor dari University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat,ini.

…dst

11 ) UII Yogyakarta Luncurkan ‘SAP Trainning E-Academy’
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/02/09/163294-uii-yogyakarta-luncurkan-sap-trainning-eacademy

Rabu, 09 Februari 2011, 19:17 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta meluncurkan program ‘SAP Training e-Academy’ yang menawarkan pelatihan sistem aplikasi dan proses data secara elektronik. “Program itu menyediakan bantuan online bagi siswa melalui ‘web-based chat’ dan ‘voice over ip’ agar bisa melakukan diskusi secara global dengan sesama siswa,” kata Wakil Rektor I Universitas Islam Indonesia (UII) Nandang Sutrisna di Yogyakarta, Rabu (9/2). Menurut dia, dalam menyelenggarakan program tersebut UII melalui PT Global Prima Utama atau UII-net menjalin kerja sama dengan Monsoon Academy. “Melalui program itu peserta pelatihan akan mendapatkan keuntungan bisa belajar secara fleksibel di mana saja dan kapan pun,” katanya. Ia mengatakan, peserta pelatihan mendapatkan akses yang fleksibel untuk konten ‘e-learning’ dan dukungan ‘help desk’ selama lima bulan. Selama periode akses peserta akan mendapatkan akses ke mentor dan pakar melalui ‘voice chat’ dan chat berbasis web. “Dengan sistem pembelajaran yang bersifat jarak jauh, akan mengurangi biaya pelatihan. Isi kursus dirancang khusus untuk konsultan yang berfokus pada bisnis dan solusinya dengan pengaksesan sistem untuk memfasilitasi belajar yang bersifat praktis dan aplikatif,” katanya.

…dst

12 ) Dubes Australia Jajaki Kerjasama Dengan UGM
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/02/09/163233-dubes-australia-jajaki-kerjasama-dengan-ugm

Rabu, 09 Februari 2011, 16:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Australia melakukan penjajakan kerjasama dibidang pendidikan dan penelitian dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Penjajakan kerjasama tersebut terungkap dari kunjungan Duta Besar Australia untuk Indonesia HE Greg Moriarty, ke kampus terbesar di Yogyakarta ini, Rabu (9/2). Kunjungan delegasi Australia yang dipimoin Greg Moriarty tersebut diterima langsung oleh Rektor UGM Prof Sudjarwadi PhD. Menurut Sudjarwadi, kedatangan rombongan Australia ini untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan UGM dalam bentuk pertukaran mahasiswa, pemberian beasiswa dan bidang lainnya. “Mereka jugaa mengajak agar UGM workshop hasil kerjasama dengan Ministry of National Education Australia,” terangnya.
Dalam kesempatan itu Greg Moriarty berharap jumlah mahasiswa yang melanjutkan studi di Australia dapat lebih meningkat. Greg juga menyampaikan terimakasihnya pada UGM yang telah membantu mendidik mahasiswa Australia di UGm melalui program ACICIS.

…dst

13 ) Kanada Lanjutkan Kerja Sama Pendidikan dengan IAIN Ar-Raniry
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/02/09/163284-kanada-lanjutkan-kerja-sama-pendidikan-dengan-iain-arraniry

Rabu, 09 Februari 2011, 19:13 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH – Duta Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor Leste Mackenzie Clugston mengatakan pemerintahnya akan melanjutkan kerja sama pendidikan dengan IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. “Selama ini sudah ada kerjasama yang baik dengan perguruan tinggi di Aceh, khususnya IAIN, namun project itu baru saja berakhir, dan kini kita akan mencoba menjajaki kelanjutannya,” katanya usai bertemu dengan jajaran civitas akademika IAIN Banda Aceh, Rabu (9/2). Ia menyatakan, gembira melihat program kerjasama memberikan hasil yang baik dan manfaat bagi dunia pendidikan perguruan tinggi di Aceh. “Sebelumnya memang ini program bantuan yang diberikan untuk membantu perguruan tinggi pascatsunami, dan sekarang antara IAIN dan Pemerintahan Kanada sudah ada perbincangan dan hasil perbincangan ini akan kami diskusikan lebih lanjut nanti,” jelasnya.

…dst

14 ) Sayembara Penulisan Naskah Buku
http://www.pikiran-rakyat.com/node/134820

KAMIS, 10/02/2011 – 04:25
BANDUNG, (PRLM).- Dalam rangka meningkatkan jumlah dan mutu buku-buku pengayaan untuk peserta didik dan meningkatkan motivasi menulis di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan, Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan Tahun 2011 dengan total hadiah Rp 1.080.000.000 (satu miliar delapan puluh juta rupiah). Tema penulisan adalah “Membangun manusia Indonesia yang religius, cerdas, bermartabat, mandiri, dan kompetitif di era global dalam rangka pengembangan budaya dan karakter bangsa bagi peserta didik.” Naskah yang disayembarakan adalah naskah buku pengayaan, yaitu buku yang memuat materi yang dapat memperkaya dan meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan keterampilan, serta membentuk kepribadian peserta didik untuk jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK. Sayembara ini terbuka bagi para pendidik (berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan) dan tenaga kependidikan (pengelola satuan pendidikan, penilik, pengawas, peneliti, pengembang, pustakawan, laboran, dan teknisi sumber belajar) pada pendidikan formal maupun nonformal, baik yang masih aktif maupun sudah pensiun.

…dst

15 ) BEASISWA PEMERINTAH
Horee… Anak PNS Dapat Beasiswa Lagi!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/09/1646509/Horee.Anak.PNS.Dapat.Beasiswa.Lagi
Rabu, 9 Februari 2011 | 16:46 WIB

KENDARI, KOMPAS.com – Anak-anak pegawai negeri sipil (PNS) golongan I dan II di lingkungan Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali akan mendapatkan bantuan beasiswa dari pemerintah pusat melalui Korpri. Tahun lalu anggaran beasiswa bagi anak-anak PNS tersebut mencapai Rp 200 juta. Demikian dikatakan Sekretaris Korpri Kota Kendari, Ali Kibu di Kendari, Rabu (9/2/2011). Dia mengungkapkan, bantuan beasiswa kepada anak-anak PNS golongan rendahan itu diberikan kepada mereka yang berprestasi di sekolahnya masing-masing. “Bantuan beasiswa pendidikan bagi anak PNS itu berlaku bagi siswa dan mahasiswa dengan syarat memiliki IP rata-rata 2,75 bagi mahasiswa dan minimal rangking lima di kelas bagi pelajar dan siswa,” katanya.

…dst

16 ) SMK 3+1
Magang di Kota, Siapa yang Membiayai?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/09/17525892/Magang.di.Kota.Siapa.yang.Membiayai.

Rabu, 9 Februari 2011 | 17:52 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) beserta dinas-dinas pendidikan di daerah tidak cukup bekerja sendiri untuk memajukan pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK), khususnya terkait program SMK 3+1. Harus ada sinergi dengan dinas-dinas terkait penyediaan lapangan kerja. “Dinas-dinas terkait seperti dinas tenaga kerja dan transmigrasi harus diajak bersinergi untuk menampung lulusan SMK. Jangan sampai pemerintah hanya mampu mengupayakan pendidikannya, namun setelah lulus tak difasilitasi,” ujar Rektor Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Semarang, Muhdi, Rabu (9/2/2011). Syarat lainnya, lanjut Sekretaris Umum PGRI Jawa Tengah itu, pelaksanaan program SMK 3+1 juga harus melihat kondisi sekolah yang ada di setiap wilayah, terutama pedesaan yang berbeda dengan perkotaan. “Kalau sekolah di perkotaan mungkin mudah mencari perusahaan yang digunakan sebagai tempat magang siswa, tetapi di pedesaan kondisinya berbeda. Kalau mereka harus magang ke perusahaan di kota, siapa yang membiayai,” katanya.

…dst

17 ) Insentif untuk Riset Pendeteksi Korban Gempa
http://cetak.kompas.com/read/2011/02/10/04211552/insentif.untuk.riset..pendeteksi.korban.gempa

10 Februari 2011
Jakarta, Kompas – Insentif dana riset dari Indonesia Toray Science Foundation digunakan antara lain untuk penelitian robot pendeteksi korban bencana gempa. Meski tidak besar, insentif dari perusahaan Jepang itu ikut menggairahkan iklim penelitian di Indonesia.”Saya menggunakan teknologi robot haptics, dengan metode kontrol bilateral,” kata periset Abdul Muis dari Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Rabu (9/2) di Jakarta. Ia mendapat dana riset Rp 35 juta. Perusahaan Toray Industries Inc dari Jepang memiliki 10 perusahaan patungan yang beroperasi di Indonesia. Sejak tahun 1993, perusahaan itu membentuk Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) untuk membantu pengembangan riset. Sebanyak 19 riset periode 2009-2010 dibiayai dengan dana Rp 3 miliar. “Penelitian itu tidak ada hubungan dengan usaha Toray,” kata Ketua ITSF Soefjan Tsauri. Abdul Muis mengatakan, robot untuk bencana gempa dengan teknologi haptics lebih akomodatif terhadap kondisi lapangan. Teknologi robot ditujukan untuk mendeteksi keberadaan korban di bawah reruntuhan puing bangunan akibat gempa.

…dst

18 ) UPS Canangkan Kampus Bebas Narkoba
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/02/10/136603/UPS-Canangkan-Kampus-Bebas-Narkoba

10 Februari 2011
TEGAL – Genderang perang terhadap peredaran narkoba, ditabuh keras dari dalam kampus. Itu terlihat dari pencanangan Universitas Pancasakti (UPS) Tegal sebagai ”Kampus Bebas Narkoba”, Rabu (9/2). Pencanangan di halaman tengah kampus dipimpin langsung Rektor Prof Dr H Tri Jaka Kartana MSi, dengan membentangkan spanduk sepanjang tujuh meter dan lebar satu meter, bertuliskan ”Universitas Pancasakti (UPS) Tegal Kampus Bebas Narkoba”. ”Pencanangan ini menjadi peristiwa penting, karena bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN). Selain itu, kami juga ingin menunjukkan salah satu peran perguruan tinggi yang harus menjadi teladan untuk menciptakan masyarakat cendekia, demokratis, dan sejahtera,” kata Tri Jaka Kartana. Ketua Granat Kota-Kabupaten Tegal Eddhie Praptono SH MH mengatakan, setelah pencanangan kampus bebas narkoba dirinya akan menerjunkan mahasiswa untuk sosialisasi ke sesama mahasiswa dan masyarakat luas guna memerangi narkoba. (D12-37)

…dst

19 ) Anies: Negara Absen Terhadap Kekerasan
http://www.antaranews.com/berita/245415/anies-negara-absen-terhadap-kekerasan

Rabu, 9 Februari 2011 21:19 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Cendikiawan muda dan akademisi Anies Baswedan mengatakan, kerusuhan yang mengatasnamakan agama yang terjadi beberapa hari terakhir disebabkan karena absennya ketegasan negara.
“Yang fundamental dalam kondisi ini adalah absennya ketegasan terhadap kekerasan. Negara absen terhadap kekerasan,” ujar Anies Baswedan di Jakarta, Rabu. Rektor Universitas Paramadina tersebut mengatakan, peristiwa-peristiwa kekerasan yang terjadi membawa label agama seperti di Cikeusik, Pandeglang Banten dan perusakan gereja di Temanggung Jawa Tengah secara fundamental mengoyak rajutan kebangsaan.
Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan yaitu faktor sosiologis, ekonomis dan teologis. Tapi melihat peristiwa-peristiwa yang terjadi, tidak ada hal baru dari faktor-faktor tersebut namun absennya negara yang menjadi pemicu memelihara hal tersebut. “Ketika kekerasan yang mengatasnamakan agama, negara tidak tegas dan mendiamkan, ini membuat orang-orang yang berpotensi melakukan kekerasan dengan membawa nama agama berani berbuat. Kita tahu negara mempunyai hak monopoli terhadap kekerasan, kenapa tidak pernah dipakai untuk melindungi rakyat,” kata Anies.

…dst

20 ) Kisah Alanda dan Century yang Jadi Trending Topic
http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2011/02/09/brk,20110209-312155,id.html

Rabu, 09 Februari 2011 | 09:38 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Alanda Kariza, nama itu mendadak jadi perbincangan di Twitter pagi ini, Rabu (9/2). Mahasiswi sebuah perguruan tinggi di bilangan Senayan tersebut menuturkan curahan hatinya soal tuntutan hukum bagi ibunya lewat blog-nya yang beralamat di alandakariza.com. Alanda menceritakan ibunya yang terjerat kasus Century. Ibu Alanda, Arga Tirta Kirana Kepala Divisi di Bank Century dituntut penjaran 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar. Padahal ibunya, hanya kepada divisi di bank itu, hidupnya pun tak mewah. Alanda kemudian membandingkan dengan Gayus yang divonis 7 tahun dan denda Rp 300 juta. Robert Tantular hanya dituntut hukuman penjara 8 tahun. Cerita yang mengharukan ini mendapat banyak respon di Twitter. Akun twitter @arimargiono menulis “Rasanya kesal kalau lihat orang baik2 jadi korban politik, sementara aktor intelektualnya bebas .. Keluarga @AlandaKariza adalah korban.”

Berikut isi curahan hati Alanda
Ibu, 10 Tahun Penjara, 10 Milyar Rupiah
Oleh Alanda Kariza

Jika ditanya apa cita-cita saya, saya hampir selalu menjawab bahwa saya ingin membuat Ibu saya bangga. Tidak ada yang lebih menyenangkan dibanding mendengar Ibu menceritakan aktivitas saya kepada orang lain dengan wajah berbinar-binar. Semua mimpi yang saya bangun satu persatu, dan semoga semua bisa saya raih, saya persembahkan untuk beliau. Belakangan ini, kita dibombardir berita buruk yang tidak habis-habisnya, dan hampir semuanya merupakan isu hukum. Saya… tidak henti-hentinya memikirkan Ibu. Terbangun di tengah malam dan menangis, kehilangan semangat untuk melakukan kegiatan rutin (termasuk, surprisingly, makan), ketidakinginan untuk menyimak berita… Entah apa lagi.

…dst

21 ) Kabar Mesir
Sekjen PBB : Rakyat Mesir Inginkan “Pembaruan Yang Berani”
Bos Google Bakar Semangat Demonstran
Kemdiknas Bantah Adanya Mahasiswa DO di Mesir
Mahasiswa Al Azhar di Medan Berharap Segera Kembali ke Kairo
Kerusuhan
Anies: Negara Absen Terhadap Kekerasan
SBY: Bubarkan Ormas Perusuh
Mendagri Kesulitan Bubarkan Ormas Pelanggar Aturan
Serangan Rapi dan Ada Komando
DPR Usulkan RUU Kerukunan Umat Beragama
Negara Jangan Hanya Jadi Penonton
Ini Isi Tiga Selebaran dan Buku Bawengan
DIY
Objektivitas Parpol Diuji di RUUK DIY
Kemendagri Khawatirkan Politik Dinasti di Daerah
Kali Code Disulap Jadi Wisata Sungai
Lain-lain
BKKBN: Jumlah Penduduk Indonesia Bisa Menggeser Amerika
Revolusi Twitter
Kisah Alanda Kariza yang Mengharukan