1 ) Terkait Rencana Pengembalian Mahasiswa Indonesia
Kemdiknas Tunggu Kepastian Keamanan Mesir
Selasa, 15 Februari 2011 , 17:55:00
JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) hingga saat ini masih menunggu adanya kepastian kondisi keamanan dari pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Mesir. Menurutnya, hal ini karena berkaitan dengan rencana pengembalian mahasiswa-mahasiswa Indonesia ke Mesir untuk melanjutkan pendidikannya. “Pemerintah tentu saja akan bertanggung jawab penuh untuk memulangkan mahasiswa kembali ke Mesir. Namun hal itu tidak mudah begitu saja, karena kami masih menunggu kepastian dari pihak Kemenlu. Jika Kemenlu dan KBRI belum menyatakan aman, maka tidak mungkin akan kami kirim ke sana,” ungkap Mendiknas di Jakarta, Selasa (15/2). Mendiknas menjelaskan, untuk sementara ini Kemdiknas juga masih disibukkan dengan proses pendataan mahasiswa yang akan dikirim kembali ke Mesir. Dikatakan, proses pendataan ini bisa dikatakan sangat penting, mengingat pemerintah harus mengurus visa dan tiket mahasiswa yang bersangkutan.

…dst

2 ) Mahasiswa Mesir Harapkan Uang Saku
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/382166/

Tuesday, 15 February 2011
PALEMBANG (SINDO) –Sebanyak 106 mahasiswa Mesir asal Provinsi Sumsel bersama keluarganya siap kembali ke Mesir setelah lengsernya Presiden Hosni Mubarak. Namun sayangnya,tidak semua mahasiswa memiliki uang simpanan untuk kembali beraktivitas menuntut ilmu. Koordinator evakuasi mahasiswa Mesir asal Sumsel, H A Sholeh Sagni, mendengar kabar pemerintah pusat melalui satuan tugas penanganan WNI Mesir dalam waktu dekat bakal mengembalikan mahasiswa asal Indonesia ke Mesir.”Kami sekarang masih menunggu petunjuk teknis dari satgas mengenai bagaimana prosedur diberangkatkan ke Mesir,”ungkapnya kemarin. Selama petunjuk teknis belum ada, pihaknya belum dapat berkoordinasi dengan teman-teman mahasiswa yang sekarang sedang berada di kampung halaman masing- masing. “Katanya petunjuk teknis tersebut akan dikeluarkan secara resmi di website. Ya kami berharap cepat keluar sehingga teman-teman bisa mendaftar dan memenuhi seluruh persyaratan yang dibutuhkan,”tandasnya. Setelah satgas mengumumkan bakal memulangkan kembali mahasiswa ke Mesir, mahasiswa asal Sumsel banyak yang menghubunginya untuk menanyakan prosedur teknis pemulangan.

…dst

3 ) Wanita Ahli Teknologi Nano
Ilmu Langka, Sulit Bekerja di Indonesia
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/02/16/137070/Ilmu-Langka-Sulit-Bekerja-di-Indonesia-

16 Februari 2011
DOKTOR Lindarti Purwaningsih tidak mampu membendung air matanya ketika keluarga Sabtu petang menyiapkan syukuran berupa tumpengan di rumah Sendangrejo RT 20 RW 07 Jati, Sumberlawang, Sragen. Maklum saja, tumpengan itu untuk menyambut kedatangan alumnus Max Planck Institute, sebuah institut penelitian terbesar di dunia yang berpusat di Jerman itu, pulang kampung. ”Saya akhirnya pulang, terima kasih bapak dan ibu, serta adik kakakku,” tutur Lindarti sambil terisak. Lindarti segera memeluk sang ayah Purwo Atmodjo (58) dan Sunarti (56), ibunda tersayang. Kebahagiaan terasa lengkap, karena malam itu sembilan putra-putri dan cucu keluarga besar Purwo Atmodjo ikut hadir. Syukuran juga memperingati ulang tahun Lindarti yang lahir 12 Februari 1981. Orang pasti bertanya-tanya, apa teknologi nano itu dan bagaimana aplikasinya? Lindarti yang didampingi Agung Tulus Hidayat, kakaknya, mengatakan, teknologi nano adalah teknologi tinggi untuk merancang dan membuat temuan dengan ukuran superkecil, namun memiliki kemampuan teknologi luar biasa. Di Indonesia, teknologi itu belum begitu dikenal, sehingga sulit bagi Lindarti jika bekerja di Indonesia. Karena itulah, Lindarti kemungkinan besar tetap akan melakukan riset di Max Planck Institute, Jerman.

…dst

4 ) Sekolah Terancam Hukuman Berat
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/382170/

Tuesday, 15 February 2011
BANDUNG(SINDO) – Sekolah yang memanipulasi nilai rapor siswa untuk mengikuti jalur undangan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN),terancam mendapat sanksi berat. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Wahyudin Zarkasy menegaskan, hukum bagi sekolah yang curang adalah tiga tahun tidak bisa mengikuti jalur undangan.”Tiga tahun tidak ikut jalur undangan itu hukuman berat.Orang tidak akan mau lagi masuk sekolah tersebut, karena citranya sudah buruk,”ujar Wahyudin kemarin. Menurut dia, hukuman tersebut tetap berlaku meski sekolah melakukan satu kali kecurangan, misalnya berupaya memuluskan seorang murid lolos jalur undangan SNMPTN dengan memanipulasi nilai rapor. Seperti diketahui, syarat masuk jalur undangan SNMPTN harus menyetorkan nilai rapor dari semester I–V. Jika salah satu semester ada yang dimanipulasi, hukuman berlaku. Wahyudin menjelaskan, hukum tersebut telah melalui tahap sosialisasi kepada kepala dinas pendidikan dan kepala sekolah di seluruh Jabar. Untuk mencegah kecurangan, setiap kepala dinas pendidikan kabupaten/kota diinstruksikan mengawasi proses jalur undangan secara ketat.”Berdasarkan aturan, setiap kadisdik yang wajib mengawasi jalur undangan SNMPTN,”ucapnya.

…dst

5 ) 44 Stan Ramaikan Ekspo Pendidikan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/02/16/137073/44-Stan-Ramaikan-Ekspo-Pendidikan

16 Februari 2011
SEMARANG- Sebanyak 120.000 pengunjung ditargetkan mendatangi ekspo pendidikan terbesar di Semarang, 15-20 Februari. Project Officer Mice Production Agus Hermawan menuturkan, ada 44 stan yang berpartisipasi mulai dari pendidikan anak usia dini, TK, SD, perguruan tinggi, lembaga pendidikan, hingga perbankan yang berkaitan dengan dunia pendidikan. “Selain itu, ditargetkan ada 1.000 pendaftar baru pada seluruh sekolah dan lembaga pendidikan yang ikut pameran,” tuturnya di sela acara pembukaan di Java Supermal, Selasa (15/2)…cut…Salah satu partisipan dari perguruan tinggi swasta, yakni Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Ada beberapa program yang ditawarkan, di antaranya program mahasiswa, beasiswa, dan supersemar. Hal itu menarik minat orang tua dan siswa untuk mengunjungi stan tersebut. ”Tahun ini kami menargetkan jumlah pendaftar 2.400 mahasiswa baru,” kata PR Unissula Setiawan Widiyoko. (H70,K14-37)

…dst

6 ) Menkop Usul 10% Anggaran Pendidikan untuk Kewirausahaan
http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=563:menkop-usul-10-anggaran-pendidikan-untuk-kewirausahaan&catid=50:bind-berita&Itemid=97

Monday, 14 February 2011 11:29
JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengusulkan 10 persen anggaran pendidikan sebaiknya dialokasikan untuk program wirausaha. “Usulan 10 persen anggaran pendidikan untuk wirausaha merupakan gagasan yang bagus. Saya akan bekerja sama dengan kementerian lain untuk mengusulkan hal itu,” kata Menteri Sjarifuddin Hasan di Jakarta, Jumat, dalam acara pertemuan dengan pendiri dan penggerak wirausaha dari Universitas Ciputra Entrepreneur Center (UCEC). Ia mengatakan, APBN mengalokasikan 20 persen untuk anggaran pendidikan yang besarnya sekitar Rp 200 triliun. Jika diusulkan 10 persen dari angka itu dialokasikan untuk program entrepreneurship, akan ada dana Rp 20 triliun untuk mencetak wirausaha baru di Tanah Air. “Dana sebanyak itu saya yakin tidak akan percuma jika dialokasikan untuk program kewirausahaan karena pasti akan menghasilkan sesuatu yang besar, ini investasi SDM,” katanya. Bahkan, Menteri mengekspektasikan dana yang diinvestasikan untuk pengembangan entrepreneurship berpotensi kembali 100 kali lipat. Ia mengakui dunia bisnis sempat mengusulkan hal itu sejak 2007, tapi belum terealisasikan hingga kini karena terkendala persoalan bangsa yang lain.

…dst

7 ) Sejumlah Tokoh dan Pejabat Hadiri Dies Natalis HMI
http://www.antaranews.com/berita/246231/sejumlah-tokoh-dan-pejabat-hadiri-dies-natalis-hmi

Selasa, 15 Februari 2011 23:32 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Sejumlah tokoh dan pejabat negara menghadiri “dies natalis” (hari lahir) ke-64 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang bertemakan “Ikhtiar Anak Bangsa untuk Peradaban Indonesia” di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa malam (15/2). Acara yang dibuka Ketua Umum PB HMI Noer Fajrieansyah itu dihadiri Menpora Andi Mallarangeng, Mantan Ketua DPR Akbar Tandjung, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Ketua Umum DPP KNPI Ahmad Doli Kurnia, mantan Menteri BUMN Tanri Abeng, Anggota DPR Jakfar Hafsah dan ribuan kader HMI se Jabotabeka-Banten. Noer Fajriensyah dalam sambutannya mengatakan, HMI yang didirikan 5 Februari 1947 di Sekolah Tinggi Islam (STI) Yogyakarta oleh anak muda bernama Lafran Pane itu kini berusia 64 tahun, sehingga HMI adalah satu-satunya organisasi yang mampu mengalami empat zaman, yaitu Era Awal Kemerdekaan, Era Orde Lama, Orde Baru dan Orde Reformasi. “Selama 64 tahun, HMI mengarungi samudera Indonesia segudang kontribusi dan pemikiran telah dihibahkan kepada bangsa Indonesia, seperti kontribusi dalam konteks keutamaan (ke-Islaman), kebangsaan (ke-Indonesiaan) dan pemikiran (intelektualitas),” katanya.

…dst

8 ) Arab Saudi Tak Lagi Terima TKI, Tamparan Bagi Menakertrans

http://www.detiknews.com/read/2011/02/16/014922/1571650/10/arab-saudi-tak-lagi-terima-tki-tamparan-bagi-menakertrans?n991102605

Rabu,16/02/2011 01:49 WIB
Jakarta – Pemerintah Arab Saudi menghentikan penerimaan Tenaga Kerja Indonesia serta seluruh kegiatan yang berkaitan dengan itu. Penghentian ini merupakan tamparan keras bagi pemerintah, khususnya Menakertrans. “Bagi pemerintah Indonesia, penyetopan pengiriman TKI di Arab Saudi sesungguhnya merupakan tamparan keras untuk bangsa yang berdaulat dan bermartabat,” ujar Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (15/2/2011). Anis menjelaskan, dengan penghentian ini, nasib TKI yang sudah lebih dulu ada di negara itu bakal semakin tidak menentu. Selama ini saja, TKI yang menjadi korban kekerasan di Arab Saudi, tidak memiliki kepastian hukum yang jelas. “Kita tidak akan dapat berharap terlalu banyak atas kasus Sumiati, Kikim, dan ratusan, bahkan mungkin ribuan TKI yang terampas hak-haknya sebagai manusia dan buruh migran di Arab Saudi,” tegasnya. Migrant Care mendesak supaya pemerintah segera memulangkan seluruh TKI yang ada di Arab Saudi. Anis juga berharap agar pemerintah dapat memberi kepastian hukum bagi TKI yang sudah menjadi korban-korban kekerasan. “Menyediakan lapangan pekerjaan secara nyata, bukan di atas kertas,” tandasnya. Selasa (15/2) kemarin, Ketua Komite Perekrutan Tenaga Kerja di Kadin Saudi cabang Jeddah, Yahya Hassan al-Maqbool, mengatakan keputusan penghentian penerimaan TKI ini diambil setelah adanya pemberitaan yang dianggap terlalu berlebihan atas kasus penyiksaan para TKW di Saudi.

…dst

9 ) Mubarak Ternyata Orang Terkaya di Dunia
http://internasional.kompas.com/read/2011/02/15/13361351/Mubarak.Ternyata.Orang.Terkaya.di.Dunia

Selasa, 15 Februari 2011 | 13:36 WIB
KOMPAS.com — Mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak diperkirakan merupakan orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 70 miliar dollar AS. Kekayaan keluarga Mubarak dilaporkan mencapai 70 miliar dollar AS, di mana sebagian besar di antaranya disimpan di sejumlah bank Swiss atau diinvestasikan untuk real estate di New York, Los Angeles, serta London. Kekayaan senilai 70 miliar dollar AS itu menempatkan Mubarak di posisi orang terkaya di dunia dengan menyisihkan pengusaha Meksiko, Carlos Slim Helu, dengan kekayaan senilai 53,5 miliar dollar AS serta pendiri Microsoft, Bill Gates, orang terkaya di AS dengan kekayaan mencapai 53 miliar dollar AS. Menurut Amaney Jamal, profesor politik Universitas Princeton, seperti dikutip jaringan televisi berita ABCdi AS, kekuasaan Mubarak selama 3 dasawarsa di Mesir telah membuka keleluasaan sebesar-besarnya dalam menetapkan keputusan pemerintah apa pun. Sementara kepada ABC, Christopher Davidson, profesor ilmu politik Timur Tengah di Universitas Durham, Inggris, menerangkan, Mubarak bersama istri dan kedua putranya telah berhasil mengumpulkan kekayaan melalui kemitraan bisnis dengan sejumlah pengusaha asing.

…dst

10 ) Retina Palsu Buka Mata
http://www.jpnn.com/read/2011/02/15/84414/Retina-Palsu-Buka-Mata-

Selasa, 15 Februari 2011 , 12:44:00
COVENTRY – Selama satu tahun terakhir, Eric Selby seperti menjalani kehidupan kedua. Betapa tidak, lelaki 68 tahun yang buta sejak 20 tahun lalu tersebut bisa melihat lagi. Itu terjadi setelah dia menjalani operasi implan retina palsu di mata kanannya. Kini dia bisa berjalan tanpa bantuan tongkat atau anjing. “Pada dasarnya, melihat adalah menerjemahkan berkas-berkas cahaya yang diterima mata Anda ke otak. Tapi, kini semua itu adalah proses yang luar biasa bagi saya. Saya bersyukur bisa melihat lagi,” kata Selby seperti dilansir Associated Press, Senin (14/2). Keajaiban tersebut bermula saat pensiunan yang tinggal di Kota Coventry, West Midlands, Inggris, itu menjalani implan retina palsu Argus II. Retina palsu buatan perusahaan Second Sight tersebut ditanamkan di bola mata Selby dan sekitar 40 orang lainnya melalui operasi sejak 2006. Sejauh ini Argus II bisa berfungsi maksimal. Untuk memaksimalkan fungsinya, Argus II dilengkapi sebuah kamera video kecil dan transmiter dalam kacamata. Selain itu, produsen melengkapi alat bantu lihat tersebut dengan sebuah komputer nirkabel berukuran mini. Di Inggris, Argus II dipatok dengan harga USD 100.000 atau sekitar Rp 891,5 juta. (hep/c9/dos)

>>>

11 ) Pasca Bencana Alam
Korban Merapi Dusun Kaliadem Mulai Tempati “Shelter”
Derita Korban Merapi Masih Berkepanjangan
DPR : Pemulihan Ekonomi Pascaletusan Merapi Lewat UKM
BNPB Bangun Pusdalops di DIY
Wisata Erupsi Makin Ramai Dikunjungi
Warga Poso Sempat Panik Akibat Gempa Sebesar 6,1 SR
Warga Poso Khawatir Gempa Susulan
TKI di Arab
Arab Saudi Hentikan Rekrutmen TKI
Arab Saudi Tak Lagi Terima TKI, Tamparan Bagi Menakertrans
Kisah Para TKI Ilegal di Arab Saudi yang Sengaja Menelantarkan Diri agar Dideportasi
Susu Formula Bayi
Operasi Susu Terkendala Alat Riksa Sakazakii
Konsumen Diminta Berpedoman Pengujian Susu Formula BPOM
Orang Tua Hentikan Asupan Susu Formula Untuk Bayi
Hati-hati Minumum Kemasan
Diduga Keracunan Minuman,Bocah 7 Tahun Meninggal Dunia
Minuman Energi Berbahaya Bagi Anak
YLKI Bali: Hati-hati Konsumsi Air Kemasan
Dalam Negeri
Prestasi di Tengah Frustrasi Ekonomi
Serbuan Mini Market Kian Mengkhawatirkan ( mematikan perekonomian masyarakat kecil)
Pemerintah Harus Bertindak
MUI Sesalkan Penyerangan Pondok Pesantren
Lagi, FPI Serukan Gulingkan SBY
Pakar Hukum UI: Ancaman Rizieq Belum Makar
Luar Negeri
Mubarak Ternyata Orang Terkaya di Dunia
Sakit Keras, Mubarak Menolak Dirawat
Gejolak Menjalar ke Iran dan Bahrain