1 ) Calon Mahasiswa Bidik Misi Dirugikan

Akibat Kesalahan Pendaftaran Jalur Undangan
http://suaramerdeka.com/

25 Februari 2011
SEMARANG-Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Semarang menemukan kesalahan sekolah saat meng-input data siswa yang seharusnya di jalur bidik misi, tetapi diklik pada jalur reguler. Langkah ini jelas merugikan calon mahasiswa bidik misi yang telah direkomendasikan pada jalur beasiswa tersebut. Sesuai dengan mekanismenya, calon mahasiswa bidik misi direkomendasikan kepala sekolah berdasarkan persyaratan, siswa tersebut berasal dari keluarga miskin dan pandai.
Menurut Sekretaris Panlok SNMPTN Semarang Prof Wiyanto, dari pendaftaran yang dilakukan di panitia SNMPTN Universitas Negeri Semarang (Unnes), ditemukan jika sekolah kebablasan atau lalai saat meng-input data di halaman jalur reguler atau bidik misi. “Pada halaman tersebut ada pilihan bidik misi atau reguler, tetapi sekolah mengklik reguler. Akhirnya siswa yang direkomendasikan sebagai calon mahasiswa bidik misi gagal terdaftar,” jelasnya. Jika telanjur demikian, lanjut dia, calon mahasiswa bidik misi yang terdaftar di jalur reguler harus membayar biaya pendaftaran SNMPTN jalur undangan di Bank Mandiri. Sebab, mereka tak akan mendapatkan password untuk melanjutkan proses pendaftaran.
“Kalau terdaftar sebagai calon mahasiswa bidik misi, formulir akan memiliki tanda berbeda dari reguler, dan dapat langsung digunakan untuk menginput data oleh siswa. Namun, sebenarnya masih dapat diubah jika sekolah mengajukan permohonan reset data pada panitia pusat di website Halo SNMPTN, tapi proses tunggunya lama,” urainya.

…dst

2 ) Mahasiswa Indonesia di Libya Dijamin Keamanannya
http://www.antaranews.com/news/247466/mahasiswa-indonesia-di-libya-dijamin-keamanannya

Kamis, 24 Februari 2011 13:22 WIB
Kairo (ANTARA News) – Duta Besar RI untuk Libya, Sanusi, mengatakan bahwa semua warga negara Indonesia (WNI) termasuk mahasiswa masih dalam kondisi aman kendati krisis politik kian memanas dan warga asing eksodus dari negara itu. “Sejauh ini WNI kita masih aman, namun KBRI tetap memantau dan intensif menjalin kontak untuk memastikan keselamatan mereka di tengah cobaan yang dihadapi Libya,” kata Dubes Sanusi yang dihubungi ANTARA dari Kairo, Kamis. Mengenai kondisi mahasiswa Indonesia, menurut Dubes Sanusi, semuanya aman karena tinggal di asrama universitas setempat. “Kampus universitas telah menyatakan menjamin keamanan dan keselamatan mahasiswa asing termasuk mahasiswa asal Indonesia,” katanya. Jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Libya tercatat 130 orang di antara sekitar 850 WNI berbagai profesi yang tersebar baik di ibu kota negara, Tripoli, maupun di beberapa provinsi. Selain mahasiswa, sebagian besar WNI adalah tenaga kerja Indonesia (TKI) pria yang direkrut oleh perusahaan konstruksi Indonesia, PT. Wijaya Karya untuk pembuatan jalan raya dan jembatan di negara Arab kaya minyak di Afrika utara itu.

…dst

3 ) Mahasiswa Indonesia di Maroko Aman
http://www.antaranews.com/news/247578/mahasiswa-indonesia-di-maroko-aman

Jumat, 25 Februari 2011 02:47 WIB
Kairo (ANTARA) – Duta Besar RI untuk Maroko, Tosari Widjaja, mengatakan semua mahasiswa Indonesia di Maroko dalam kondisi aman kendati aksi unjuk rasa pro demokrasi merebak di negara kerajaan itu. “Aksi unjuk rasa di Maroko belum berimbas kepada mahasiswa kita karena mereka umumnya mendapat beasiswa dan tinggal di asrama universitas,” kata Dubes Tosari yang dihubungi ANTARA dari Kairo, Mesir, Kamis (24/2) malam. Kendati demikian, menurut Dubes Tosari, KBRI tetap memantau situasi politik dan aktif menjalin kontak dengan para mahasiswa dan semua warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Maroko. Jumlah mahasiswa yang ada di Maroko sebanyak 75 orang di antara total jumlah WNI tercatat 207 orang baik yang bermukim di ibu kota Rabat maupun di beberapa provinsi. Selain mahasiswa, juga sekitar 60-an orang adalah staf KBRI dan keluarga mereka dan selebihnya adalah tenaga kerja Indonesia (TKI) pria yang umumnya sebagai tenaga profesional di perusahaan-perusahaan setempat

…dst

4 ) MRPTNI Bantah Tolak Permendiknas Pemilihan Rektor
http://www.jpnn.com/read/2011/02/24/85182/MRPTNI-Bantah-Tolak-Permendiknas-Pemilihan-Rektor-

Kamis, 24 Februari 2011 , 21:41:00
JAKARTA — Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Musliar Kasim membantah menolak Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 24 tahun 2010 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor Perguruan Tinggi Yang Diselenggarakan Pemerintah. Menurutnya, Permendiknas sudah mengakomodir kepentingan civitas akademika sehingga perlu didukung. “Jika kami ingin menolak pemberlakukan Permendiknas, pastinya akan kami tegaskan ada implementasi atas permendiknas tersebut,” ungkap Musliar ketika dihubungi melalui telepon selularnya di Jakarta, Kamis (24/2). Musliar menilai, Permendiknas mengenai pemilihan rektor tersebut sudah mengakomodasi seluruh kepentingan civitas akademika. Kata dia, hal itu dibuktikan dengan adanya persentase pembagian kewenangan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas)…cut… Musliar juga menampik kabar anggota MRPTNI yang menolak keberadaan Permendiknas tersebut. Jika hal itu benar, lanjut Musliar, penolakan itu bersifat pribadi atau perseorangan bukan kelembagaan karena dalam rapat MRPTNI sudah diputuskan menerima Permendiknas.
Terpisah, Wakil Ketua Komisi X DPR Rully Chairil Azwar mengaku telah menerima penolakan Permendiknas. Kata dia, Forum Rektor Indonesia (FRI) dan juga beberapa guru besar dari Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS), serta perwakilan dari Tanjung Pura dan Jambi telah menyampaikan pengaduan di DPR. Terhadap pengaduan FRI, Chairil berjanji akan menindaklanjutinya dengan meminta penjelasan Mendiknas M Nuh. “Kami akan meminta penjelasan Mendiknas pada Rabu pekan depan,” ujarnya. (cha/jpnn)

>>>

5 ) ITB Terpanggil Keluarkan Blueprint Kelistrikan di Indonesia
http://bandung.detik.com/read/2011/02/24/175139/1578689/486/itb-terpanggil-keluarkan-blueprint-kelistrikan-di-indonesia?g991103485

Kamis, 24/02/2011 17:51 WIB
Bandung – Merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi dalam bidang kelistrikan di Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) akan mengadakan sebuah Seminar dan Pameran Listrik Nasional pada bulan Mei Mendatang.Hingga saat ini Indonesia belum memiliki blueprint kelistrikan. Karena itu, diharapkan, ITB dan berbagai stakeholder yang hadir sebagai peserta akan melahirkan terobosan baru untuk solusi kelistrikan di Indonesia. “Dasarnya, ITB ingin memberikan sumbangan yang nyata pada ketenagalistrikan di Indonesia. Tujuan seminar adalah untuk memformulasikan solusi ketenagalistrikan,” ujar Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Wawan Gunawan, dalam press confrence ‘ITB Terpanggil, Masa Depan Listrik Indonesia’ di Gedung PLN-ITB, Jalan Ganeca, Kamis (24/2/2011). Selain membuat formulasi solusi kelistrikan di Indonesia, acara pameran dan seminar juga dibuat untuk meningkatkan kesadaran serta inspirasi bahwa kelistrikan adalah tulang punggung ekonomi. “Ekosistem kelistrikan harus jadi basis pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya. Seminar akan diikuti oleh berbagai stakeholder seperti perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang kelistrikan, bahkan anggota DPR RI komisi VII pun akan ikut ambil bagian agar hasil seminar ini dapat menjadi pertimbangan bagi pembuat kebijakan.

…dst

6 ) Program Diploma di UGM Jalan Terus
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/02/205944/88/14/-Program-Diploma-di-UGM-Jalan-Terus

Jumat, 25 Februari 2011 01:15 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tetap akan membuka Program Pendidikan Diploma melalui Sekolah Vokasi yang ditujukan untuk mencetak lulusan yang profesional dan siap terjun langsung ke dunia kerja. Lulusan program diploma ini, kata Wakil Rektor Senior Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof Dr Retno S Bambang Sudibyo MSc Apt disela-sela Wisuda Program Diploma, Kamis (24/2) mengatakan, kemampuan dan ketersediaan lulusan program diploma dalam jumlah besar sangat diperlukan untuk pembangunan di Indonesia. Karena itu, kata Retno, lulusan program ini kini sudah menyebar di berbagai pelosok Indonesia, serta ikut menentukan kenaikan pertumbuhan ekonomi negara. Ia menambahkan, lulusan program diploma UGM ini menjadi ujung tombak angkata kerja yang mendukung kinerja dan keberhasilan seluruh sektor riil.

…dst

7 ) Politeknik dibawah Universitas Gadjah Mada,” katanya.
Rizky Wulandari Mahasiswa UGM dengan IPK Tertinggi
http://kampus.okezone.com/read/2011/02/24/373/428318/rizky-wulandari-mahasiswa-ugm-dengan-ipk-tertinggi

Kamis, 24 Februari 2011 – 12:21 wib
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) mewisuda mahasiswi Fakultas Hukum, Rizky Wulandari, sebagai mahasiswa dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi yakni 4. Sidang senat terbuka tersebut dipimpin oleh Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D, di Grha Sabha Pramana, UGM, Rabu 23 Februari kemarin. Tidak hanya itu, Sudjarwadi, juga mewisuda satu lulusan termuda dari 1.737 lulusan sarjana. Dia adalah Andesita Oki Kusumastuti dari Fakultas Teknik, yang berhasil menjadi sarjana pada usia 20 tahun 4 bulan 7 hari. Kepada wisudawan, Sudjarwadi berpesan untuk terus-menerus belajar dengan keyakinan karena pada saatnya akan tampil menjadi pemimpin yang berilmu dan mampu membawa nilai-nilai UGM di lingkungan kehidupan profesional serta berjasa besar bagi bangsa dan negara. “Indonesia saat ini mengharapkan Saudara karena negara kita memiliki kekayaan yang berlimpah. Dalam perdagangan dunia, nilai tambah kekayaan sumber daya alam kita diambil oleh negara lain. Contohnya, bila kita panen kayu, harus tunggu 15 tahun hasilnya lalu orang yang memperdagangkan mendapat nilai tambah lima sampai enam kali lipat dalam waktu lima sampai enam bulan saja,” ujarnya.

…dst

8 ) Tiga Penyebab Lambatnya Pertumbuhan Eekonomi Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/ekonomi/11/02/24/166064-tiga-penyebab-lambatnya-pertumbuhan-eekonomi-indonesia

Kamis, 24 Februari 2011, 19:32 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, ada tiga faktor dasar penyebab lambatnya pertumbuhan ekonomi di tanah air, sehingga berdampak besar pada penyerapan tenaga kerja. Ketiga faktor itu adalah lambat penyerapan ilmu dan teknologi, lemahnya infrastruktur dan lambatnya penyebaran, kata Hatta Rajasa di Bengkulu, Kamis (24/2). Ketika menghadiri pembukaan rapat koordinasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia di Bengkulu, Hatta Rajasa menjelaskan, ketiga faktor itu secara berangsur sudah berhasil diatasi, sehingga tahun 2014 pertumbuhan ekonomi Indonesia ditargetkan mencapai 7,7 persen. Sekarang pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 157,7 miliar dolar, sedangkan belanja dari Rp 1.186 triliun naik menjadi Rp 1.200 triliun dan hutang luar negeri makin kecil yakni tinggal 26 persen.

…dst

9 ) UMM Adakan Pelatihan Kompetensi Dosen Muda
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/02/24/165983-umm-adakan-pelatihan-kompetensi-dosen-muda

Kamis, 24 Februari 2011, 16:05 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MALANG – Perguruan Tinggi (PT) harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi sesuai dengan standar kurikulum pendidikan nasional dan internasional. Lulusan harus menguasai hard skill dan soft skill agar dapat bersaing dalam meraih lapangan kerja, baik tingkat lokal, nasional, maupun global. Karena itu, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas diperlukan input yang memadai dan proses yang efektif, efisien, dan bermutu. Pendapat itu diutarakan Dr. Moch Agus Krisno B, M.Kes, salah satu pemateri pelatihan Applied Approach (AA) untuk peningkatan kompetensi dosen muda yang diikuti 100 peserta dari dosen tetap, dosen kontrak, dan dosen luar biasa yang diselenggarakan Badan Kendali Mutu Akademik (BKMA) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (24/2). Menurut Agus, komponen pendukung proses terciptanya pendidikan bermutu adalah kualitas dosen sebagai pelaksana terdepan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk itu, pelatihan tersebut dirancang kedalam tahapan-tahapan yang dilaksanakan selama dua bulan. Tahapan-tahapan tersebut, kata Agus, berupa kegiatan workshop, peer teaching, dan observasi kelas, serta lokakarya.

…dst

10 ) Lebih Seribu Mahasiswa Indonesia Belajar di Belanda
http://www.antaranews.com/berita/247594/lebih-seribu-mahasiswa-indonesia-belajar-di-belanda

Jumat, 25 Februari 2011 06:31 WIB
London (ANTARA News) – Bagi universitas di Belanda, Indonesia masih merupakan negara dengan posisi yang sangat penting terbukti dengan banyaknya mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Negeri Tulip itu, kata Koordinator Tim Promosi Nuffic Neso Indonesia, Ariono Hadipuro. Dalam keterangan pers yang diterima Antara London, Jumat, tercatat sebanyak 1.250 mahasiswa Indonesia saat ini belajar di Belanda.  Data Nuffic untuk tahun akademik 2009-2010 menunjukkan, jumlah mahasiswa Indonesia di Belanda berada pada posisi ke-11, sementara untuk Asia, Indonesia menduduki posisi kedua terbanyak setelah China. Menurut Ariono Hadipuro, program master (s2) mendominasi tingkat pendidikan mahasiswa Indonesia di Belanda lebih dari 70 persen diikuti program bachelor (s1) sebanyak 21 persen dan sisanya kursus singkat dan PhD. Ia mengatakan, Pemerintah Belanda terus berupaya untuk membuat pendidikan tinggi Belanda mudah diakses oleh institusi pendidikan tinggi dan mahasiswa internasional dari luar Belanda, termasuk dari Indonesia.

…dst

11 ) Sanksi ITB Tunggu Hasil Penyelidikan Kepolisian
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/02/24/brk,20110224-315789,id.html

KAMIS, 24 FEBRUARI 2011 | 16:00 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Institut Teknologi Bandung batal melakukan pemeriksaan internal untuk mengusut kasus pemasangan kepala babi dan pembakaran beberapa ruangan kampus sepanjang pekan lalu. Menurut Rektor Akhmaloka, ITB memilih menunggu hasil pemeriksaan kepolisian.”Belum ambil tindakan apa-apa dulu sampai semuanya jelas,” katanya saat dihubungi, Kamis (24/2). Begitu pula soal sanksi. Sejauh ini ITB belum membahas bentuknya. Menurut Akhmaloka, pembakaran di kampus adalah masalah serius. Karena itu ITB menyerahkan sepenuhnya perusakan aset negara itu kepada pihak kepolisian.Sebelumnya Direktur Humas ITB Marlia Singgih menyatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan internal. ITB juga telah memastikan pemasangan kepala babi dan pembakaran sejumlah ruangan sebagai kasus terpisah. Sejauh ini pemasang kepala babi telah diketahui, yaitu RW, mahasiswa Seni Rupa. Sedangkan pelaku pembakaran masih gelap.

…dst

12 ) SOSIALISASI SNMPTN
Latar Foto Kartu SNMPTN Diharuskan Biru?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/24/19371476/Latar.Foto.Kartu.SNMPTN.Diharuskan.Biru

Kamis, 24 Februari 2011 | 19:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu orang tua murid di SMA Labs School, Jakarta Timur, mengaku heran melihat petugas sosialisasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan mensyaratkan peserta didik agar tidak menggunakan background foto berwarna merah untuk kartu pendaftaran. Petugas tersebut menyarankan, kalau mau aman latar foto yang diginakan sebaiknya berwarna biru.  “Waktu itu saya sedang mengikuti sosialisasi SNMPTN jalur undangan di sekolah anak saya ini, kok rasanya ada yang aneh mendengar kalimat si petugas itu. Dia bilang, kalau mau enggak susah, kalau mau aman, pakai warna biru. Lho, maksudnya apa, apakah ini ada urusannya dengan politik?” tutur AB, orang tua murid tersebut kepada Kompas.com, Kamis (24/2/2011). Ia menuturkan, dari petugas tersebut diketahui bahwa ada beberapa PTN yang mensyaratkan untuk tidak menggunakan latar foto berwarna merah, melainkan biru. Sayangnya, si petugas tidak menyebutkan nama PTN tersebut. “Pandangan saya sebagai orang tua, pilihan warna mestinya tidak masalah. Buat apa si petugas sosialisasi melakukannya, ini teror psikologis namanya.

…dst

13 ) Unhan Miliki Pusat Riset Perbatasan
http://www.jpnn.com/read/2011/02/23/85073/Unhan-Miliki-Pusat-Riset-Perbatasan-

Rabu, 23 Februari 2011 , 11:30:00
JAKARTA – Universitas Pertahanan (Unhan) saat ini memiliki Pusat Riset Perbatasan di Bidang Pertahanan (Center for Defense Boundary Research/CDBR). Peresmian CDBR itu dilakukan di Gedung Nusantara Kementerian Pertahanan (Kemhan), Rabu (23/2), yang dihadiri oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Suharna Surapranata. “Perbatasan sudah menjadi perhatian pemerintah. Selain itu, selama ini penanganan perbatasan lebih kepada sektoral,” kata Rektor Unhan, Mayjen Syarifuddin Tipe, dalam sambutannya. Sebelumnya, lanjut Syarifuddin, Universitas Pertahanan telah melaksanakan rapat koordinasi sejak awal 2010 dengan institusi perbatasan, yang (kemudian) menghasilkan CDBR. Lembaga ini disebut memiliki tiga misi, yakni penyelenggaraan riset konsultasi pertahanan, pelatihan atau pertemuan ilmiah, serta jasa basis data atau publikasi.

…dst

14 ) Gelar Doktor Menteri Pertahanan Jerman Dicopot
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/25/205949/88/14/Gelar-Doktor-Menteri-Pertahanan-Jerman-Dicopot

Jumat, 25 Februari 2011 02:41 WIB
BERLIN–MICOM: Gelar doktor Menteri Pertahanan Jerman Karl-Theodor zu Guttenberg telah dicopot setelah dirinya dituduh menyalin sebagian besar thesisnya, kata alma maternya. “Universitas Bayreuth menarik gelar doktor Bapak zu Guttenberg,” kata presiden universitas Ruediger Bormann dalam konferensi pers yang disiarkan televisi.
Thesis zu Guttenberg “bukan dari hasil karya ilmiah yang benar’, kata Bormann, meskipun dia tidak menggolongkan karya tersebut sebagai plagiat. Zu Guttenburg sebelumnya telah meminta universitas untuk mengambil kembali gelar doktornya, dengan mengatakan ada kesalahan teknis serius yang berlawanan dengan standar akademis yang semestinya. “Saya seorang manusia, yang mempunyai kelemahan dan yang melakukan kesalahan,” kata aristokrat 39 tahun yang mempesona dan populer itu, yang dijuluki Baron Cut-And-Paste dan Zu Googleberg oleh media setempat. Detektif Internet membuat website kolaboratif, atau Wiki, untuk menyisir 475 halaman karya zu Guttenberg, menyimpulkan terdapat bukti salinan tanpa menyebut sumber pada 270 halaman. Jika 14 halaman isi dan 65 halaman catatan kaki ikut dipertimbangkan, ini mencapai lebih dari duapertiga desertasi.

=====================================================================
LAIN JERMAN LAIN INDONESIA, TERINGAT SAYA PADA MANTAN PROF UNPAR YANG CEMERLANG ITU (MANTAN MUTIARA UNPAR), TAK TAHU BAGAIMANA NASIB BELIAU DAN KELUARGANYA? SEMOGA TETAP SABAR, BAIK DAN LANCAR SELALU, AMIN.

Segitu banyak kasus plagiat terbongkar di dunia akademisi Indonesia namun tak ada yang diekspos lebih hebat dari kasus beliau, mungkin ada benarnya pepatah Cina : pohon besar anginpun kencang, karena terlalu berhasil dan terkenal di usia yang masih relatif muda, maka easy mengundang iri dan sulit dimaafkan bila melakukan kesalahan. Padahal siapa yang tak pernah salah? apakah perlu dihukum dengan tayangkan kasus tersebut segitu lama lengkap foto dan riwayatnya sehingga sulit cari hidup lagi di negara sendiri, besar harapan tidak sampai menghalangi beliau mengawali karirnya di LN, amin.

=====================================================================

15 ) Usia Pertanggungjawaban Hukum Menjadi 12 Tahun
http://cetak.kompas.com/read/2011/02/25/03020256/usia.pertanggungjawaban.hukum.menjadi.12.tahun

Jumat, 25 Februari 2011
Jakarta, Kompas – Mahkamah Konstitusi mengubah usia pertanggungjawaban hukum seorang anak dari 8 tahun menjadi 12 tahun. Batas usia tersebut dinilai MK lebih menjamin hak konstitusional anak untuk tumbuh berkembang dan mendapatkan perlindungan. Itu terungkap dalam putusan uji materi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak yang dibacakan dalam sidang terbuka, Kamis (24/2) di Jakarta. Uji materi diajukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia serta Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak Medan. Kedua lembaga tersebut meminta MK membatalkan Pasal 4 Ayat (1) dan Pasal 5 Ayat (1) UU Pengadilan Anak terkait dengan batas usia pertanggungjawaban hukum anak. Mereka juga meminta MK untuk menghapus ketentuan pidana penjara untuk anak seperti tercantum dalam Pasal 22, Pasal 23 Ayat (2), Pasal 31 Ayat (1) UU terkait. Namun, MK tidak mengabulkan permohonan terakhir.

…dst

16 ) Harga Minyak Melambung, Pembatasan BBM Ditunda
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/383984/38/

Friday, 25 February 2011
JAKARTA (SINDO) – Program pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang sedianya akan diberlakukan mulai 1 April ditunda. Lonjakan harga minyak dunia akibat krisis Libya, gejolak harga pangan,dan masalah kesiapan infrastruktur tidak memungkinkan pembatasan BBM bersubsidi diterapkan April mendatang. “Melihat perkembangan harga minyak yang begitu tinggi saat ini, sudah menyentuh USD120 per barel,kemudian juga inflation food yang barangkali juga akan tinggi, dan beberapa hal yang terkait kesiapan di Jabodetabek dan seluruh Jawa, ada baiknya untuk menunda keputusan 1 April itu,”ungkap Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta,kemarin. Pada pertengahan Desember 2010 lalu pemerintah dan Komisi VII DPR sepakat untuk membatasi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi setelah akhir kuartal I/2011.

…dst

Baca juga:
Pemerintah Tunda Penerapan Pembatasan BBM
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/metropolitan/11/02/24/166089-pemerintah-tunda-penerapan-pembatasan-bbm

Kamis, 24 Februari 2011, 20:41 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk menunda pemberlakuan pembatasan penyaluran BBM bersubsidi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Sedianya, pembatasan di kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya itu akan dilakukan pada 1 April mendatang. Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, pemerintah mengambil keputusan tersebut karena berubahnya sejumlah asumsi krusial dalam kebijakan tersebut. Asumsi-asumsi tersebut di antaranya harga minyak mentah dunia yang mencapai 120 dolar AS per barel dan tekanan inflasi yang tinggi. Inflasi di tingkat konsumen pada Januari mencapai 0,89 persen. “Pemerintah melihat kalau asumsi bergerak sehingga membuat distorsi maka tidak perlu dipaksakan,” kata Hatta kepada wartawan, Kamis (24/2). Dia mengatakan, pemerintah akan mencari waktu yang tepat untuk menerapkan kebijakan itu. Hanya saja, dia belum bisa memberi kepastian pemunduran pelaksanaan. Hal itu akan tergantung keputusan bersama dengan DPR.

…dst

17 ) Luar Negeri
Pemerintah Segera Ungsikan WNI dari Libya
Ribuan Warga Asing di Libya Eksodus Besar-besaran ke Eropa
Khadafy Makin Brutal
PBB Pecat Puteri Kadhafi
Din Syamsuddin Protes Libya
Gempa di Selandia Baru Tewaskan 103 Orang & 228 Korban Hilang
Selandia Baru Berharap Keajaiban Pascagempa Bumi
Dalam Negeri-Ekonomi
Harga Minyak Melambung, Pembatasan BBM Ditunda
Tiga Penyebab Lambatnya Pertumbuhan Eekonomi Indonesia
Promosikan Tenun Songket hingga London
PSSI
PSSI Diadukan ke FIFA
Nurdin Halid Akan Tuntut Andi Mallarangeng
Antisipasi Bencana
Material Merapi Baru Akan Habis Lima Kali Musim Hujan
Korban Merapi akan Terima Bantuan Rumah
Rumah Permanen untuk Korban Lahar Dingin
163 Warga Garut Dikhawatirkan Terjangkit H5N1
Golkar Anggap Kasus Susu Tercemar Selesai
RUUK DIY
Buyung Sarankan RUUK DIY Memuat Masa Transisi
Komentar MA
MA: Banyak Koruptor Dihukum Ringan
MA Desak DPR Prioritaskan UU Contempt of Court ( penghinaan terhadap Pengadilan)
Sikap PKS
PKS Siap Keluar dari Koalisi
PKS Teguhkan Target Tiga Besar Pemilu 2014
Oh Susno
Susno : Jabatan Kopral Pun Saya Terima
Arkeolog
Arkeolog Asing Teliti Situs Kota Cina di Medan
Kesehatan
Ada 61.000 Kematian Per Tahun ( tuberkulosis )