1 ) Peminat SNMPTN Jalur Undangan Masih Sepi
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/03/05/brk,20110305-317765,id.html

SABTU, 05 MARET 2011 | 10:15 WIB
TEMPO Interaktif, SURABAYA- Pembantu Rektor I Bidang Akademik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Arif Djunaedi mengatakan peminat seleksi nasional mahasiswa perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan masih sepi. “Jumlah pendaftar secara nasional mencapai 70 ribu siswa, dan ini tergolong sedikit karena harapan kami mencapai ratusan ribu,” kata Arif di Surabaya, Jumat (4/3). Menurut dia, guru, kepala sekolah dan siswa masih banyak yang belum mengetahui keberadaan SNMPTN jalur undangan yang diperuntukkan siswa-siswa berprestasi. “Mereka bisa masuk tanpa ujian tulis dan hanya dengan menunjukkan nilai rapor dan ujian sekolah siswa,” ujar dia. Panitia kata dia merangking siswa-siswa yang mendaftar jalur undangan sesuai dengan prestasi siswa dan indeks akreditasi sekolah. Dan yang merekomendasi dan mendaftarkan para siswa berprestasi ini adalah kepala sekolah masing-masing. “Karena itu kami gencar memberikan sosialisasi agar kepala sekolah segera mendaftarkan siswa-siswanya yang pandai,” ujar dia.

…dst

2 ) ITS Buka Jalur Mandiri tanpa Tes
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/03/05/207962/88/14/ITS-Buka-Jalur-Mandiri-tanpa-Tes

Sabtu, 05 Maret 2011 18:24 WIB
SURABAYA–MICOM: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka jalur Program Kemitraan Mandiri (PKM) sebanyak 25% dengan penerimaan tanpa tes. “Waktu penerimaan jalur mandiri itu mepet dengan awal tahun ajaran baru,” kata Pembantu Rektor I (akademik) ITS Surabaya Arif Djunaidy, di Surabaya, Sabtu (5/3). Selain itu, kata Ketua Panitia Lokal (Panlok) SNMPTN Surabaya itu, waktu yang sempit itu pasti akan digunakan seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) secara bersamaan, sehingga bisa “overlaping” (tumpang tindih). “Karena itu, kami sepakat menerima mahasiswa dari jalur mandiri tanpa tes, melainkan merujuk pada hasil tes SNMPTN bagi calon mahasiswa yang tidak diterima lewat jalur itu (SNMPTN),” katanya. Menurut dia, penerimaan calon mahasiswa dari jalur mandiri tanpa tes juga dilakukan UNS dan Unri (Universitas Riau), bahkan kedua PTN itu juga menggunakan cara yang sama dengan mengacu hasil SNMPTN tulis.

…dst

3 ) Mahasiswa di LN Jadi Mesin Pembangunan
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/56951/mahasiswa-di-ln-jadi-mesin-pembangunan

05 Mar 2011 11:59:58
London – Mahasiswa Indonesia yang tengah belajar di luar negeri hendaknya memperkuat jaringan internasional dan bila kembali ke Tanah Air akan menjadi “engine” yang berguna untuk membangun negeri, kata Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Ph.D saat berdiskusi dengan mahasiswa Indonesia di Paris, Perancis, Sabtu.
Kehadiran Anies di Paris memenuhi undangan Kementrian Luar Negeri Perancis untuk berdiskusi dengan berbagai tokoh yang terkait dengan bidang pendidikan, hubungan internasional, negara dan agama di Paris. Tokoh muda yang tengah memimpin Gerakan Indonesia Mengajar ini mengatakan masa-masa studi merupakan peluang dan kesempatan.
Dikatakannya, ada tiga kompetensi penting yang dapat dibawa mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang tengah belajar di luar negeri, yakni : “State of the art knowledge”, penguasaan bahasa internasional, dan jaringan internasional. Menurut Anies, para mahasiswa perlu memperkuat jaringan internasional yang luas. Bagi yang tengah studi, ketika pulang di Indon.esia akan menjadi mesin yang berguna untuk membangun negeri.

…dst

4 ) Undip Buka Kerja Sama dengan Palestina
http://kampus.okezone.com/read/2011/03/04/373/431515/undip-buka-kerja-sama-dengan-palestina

Sabtu, 5 Maret 2011 – 11:08 wib
JAKARTA – Dalam kunjungannya ke kampus Universitas Diponegoro (Undip) baru-baru ini, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Fariz Mehdawi membuka kemungkinan kerja sama pendidikan antarkedua negara. Mehdawi mengatakan, tahun ini pihaknya akan mencoba mengorganisasi sejumlah mahasiswa Indonesia untuk belajar tentang Palestina, dan melihat secara nyata kondisi Palestina. Program ini juga membuka kemungkinan riset dan kajian yang hasilnya dapat diterapkan di Indonesia atau Palestina. Selain itu, kerja sama lainnya dapat dilakukan dengan membuka kuliah double degree. Nantinya, mahasiswa dari Indonesia dapat belajar selama satu semester di Palestina, begitu juga sebaliknya. “Kita juga memiliki universitas unggulan di Palestina, yang sangat bagus untuk belajar,” kata Mehdawi seperti dikutip dari situs Undip, Sabtu (5/3/2011).

…dst

5 ) Universitas Sebelas Maret Dirikan Pusat Kajian Jawa
http://www.tempointeraktif.com/hg/jogja/2011/03/01/brk,20110301-316810,id.html

SELASA, 01 MARET 2011 | 14:31 WIB
TEMPO Interaktif, Surakarta – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendirikan pusat kajian Jawa atau biasa disebut Institut Javanologi. Institut tersebut didirikan pada 28 Desember lalu dan baru akan diresmikan 6 Maret nanti. Kepala Institut Sahid Teguh Widodo mengatakan dasar pendiriannya untuk melestarikan budaya Jawa melalui penggalian nilai-nilai luhur budaya Jawa serta kajian mendalam terhadap berbagai aspek. “Institut yang kami dirikan tidak sekadar membahas bahasa dan filsafat seperti yang sekarang ini jamak dilakukan. Tapi lingkupnya lebih besar lagi,” ucapnya saat jumpa wartawan di kampus setempat, Selasa (1/3). Penelitian dan kajian kebudayaan yang menjadi bidang garapan melingkupi sistem religi atau kepercayaan, perekonomian, organisasi, pengetahuan, bahasa, kesenian, dan teknologi Jawa.

…dst

6 ) Jagoan Biogas dari Unpad
http://kampus.okezone.com/read/2011/03/04/372/431544/jagoan-biogas-dari-unpad

Sabtu, 5 Maret 2011 – 12:10 wib
JAKARTA – Sebuah komplek perumahan di daerah Sumedang memanfaatkan sampah sebagai sumber energi mereka.
Perumahan Griya Taman Lestari, Kecamatan Gudang Tanjung Sari, Sumedang, merupakan perumahan pertama di Indonesia yang memiliki instalasi pengolahan sampah organik menjadi energi. Adalah salah seorang dosen Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Padjadjaran (Unpad) M Fatah Wiyatna yang menginisiasi pembangunan instalasi tersebut. Instalasi itu merupakan pengembangan Biomethagreen , terobosan Fatah dalam bidang biogas. Biasanya, biogas dihasilkan dari limbah kotoran ternak, namun pria kelahiran Subang, 23 Oktober 1969 ini membuat biogas dari sampah perkotaan.

…dst

7 ) Dosen ITS Surabaya Temukan Rumus “Phi” Baru
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/54532/dosen-its-surabaya-temukan-rumus-phi-baru

01 Peb 2011 17:11:2 (posing 01 Feb namun baru terbaca hari ini)
Surabaya – Dosen Fakultas MIPA ITS Surabaya Drs Ali Yunus Rohedi MT menemukan rumus matematika untuk angka eksakta “phi” (perbandingan antara keliling lingkaran dan diameter) yang baru. “Sejak zaman prasejarah, phi dirumuskan dengan 22/7 atau 3,142857_142857…,” kata staf pengajar Jurusan Fisika F-MIPA ITS yang kelahiran Bangkalan (Madura) itu di Surabaya, Selasa. Namun, kata alumnus S2 dari Jurusan Opto Elektro Teknika dan Aplikasi Laser (OEAL) UI itu, dirinya kaget saat perayaan Hari Phi se-Dunia pada Maret 2009. “Saat itu, saya membaca posting dari dosen matematika asal Sidney, Australia bahwa ‘phi’ secara eksak itu bukan 22/7 atau 3,142857_142857… seperti yang dirumuskan Archimedes melalui eksagonal berjumlah 96 buah,” katanya. Namun, dosen yang dikenal jagoan rumus di dunia maya sejak tahun 2005 itu, posting itu menyebutkan angka eksak phi adalah 3,141592653589793238…., sehingga angka deret ‘phi’ yang selama ini terpola (berulang-ulang dengan 142857) itu tidak benar.

…dst

8 ) Tiga Mahasiswa Universitas Janabadra Terseret Ombak
http://berita.liputan6.com/daerah/201103/322999/Tiga_Mahasiswa_Universitas_Janabadra_Terseret_Ombak

06/03/2011 07:00
Liputan6.com, Kulon Progo: Gelombang ombak di Pantai Glagah, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta membawa malapetaka bagi tiga mahasiswa Universitas Janabadra Yogyakarta. Elfan Sinaga, warga Medan, Sumatra Utara tewas terseret ombak, Sabtu (5/3). Sementara Budi Setiawan, warga Jalan Jalak Pasar Tuan, Medan belum ditemukan. Satu-satunya korban selamat adalah Printo Kubela, warga Ambon, Maluku. Printo menuturkan, sebelum ombak datang ia bersama tujuh temannya berwisata menikmati keindahan matahari terbenam di Pantai Glagah. Mereka juga merayakan rekannya yang akan segera di wisuda. Begitu sampai di pantai, rombongan ini memilih bermain di sekitar muara Sungai Serang.

…dst

9 ) Mahasiswa Kritik Fasilitas Rusunawa
http://kampus.okezone.com/read/2011/03/05/373/431664/mahasiswa-kritik-fasilitas-rusunawa

Sabtu, 5 Maret 2011 – 15:11 wib
INDERALAYA— Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sriwijaya (Unsri) kemarin menggelar aksi menuntut pembenahan fasilitas rumah susun sewa (rusunawa) yang ditempati penerima beasiswa Bidik Misi. Aksi digelar di Rektorat Unsri, Inderalaya. Rencananya, mahasiswa ingin bertemu langsung dengan Rektor Unsri Prof. Badia Perizade. Namun, karena yang bersangkutan sedang dinas luar, mahasiswa hanya diterima Pembantu Rektor I Unsri Prof. Dr. Zulkifli Dahlan, Pembantu Rektor II Kencana Dewi, dan Pembantu Rektor III Dr. Anis Saggaf. Presiden BEM Unsri Dedi Susanto meminta pembenahan rusunawa yang ditempati penerima beasiswa Bidik Misi, seperti air bersih, pembatasan penggunaan listrik, dan sarana olahraga yang belum terealisasi.

…dst

10 ) KKP Bangun SMPAM di Wakatobi
http://www.jpnn.com/read/2011/03/05/85853/KKP-Bangun-SMPAM-di-Wakatobi-

Sabtu, 05 Maret 2011 , 16:08:00
JAKARTA- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) segera merealisasikan School for Marine Protected Area Management (SMPAM) di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Ini dengan harapan menciptakan sumber daya manusia kelautan dan perikanan yang profesional dan terampil serta memiliki integritas dan keahlian di bidangnya.
Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Gellwynn Jusuf mengatakan, untuk pembangunan sekolah tersebut, Jepang telah berkomitmen untuk mengalokasikan dana sebesar Rp 70 miliar untuk membantu merealisasikan pembangunan sekolah tersebut. ..cut…SMPAM akan dikelola Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta yang ke depan akan dikembangkan menjadi Institut Kelautan dan Perikanan (National Maritime and Fisheries Institute).

…dst

11 ) Beasiswa Bahasa Indonesia Khusus Mahasiswa Bule
http://kampus.okezone.com/read/2011/02/28/368/429709/beasiswa-bahasa-indonesia-khusus-mahasiswa-bule

Senin, 28 Februari 2011 – 17:10 wib
JAKARTA – Sejak tahun ajaran 2008/2009, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membuka program beasiswa bagi mahasiswa internasional untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia.”Program beasiswa yang diberi nama UPI International Scholarships 2011 ini merupakan salah satu cara UPI mempererat kerja sama dengan perguruan-perguruan tinggi asing yang menjadi mitra UPI,” demikian seperti disitat dari situs UPI, Senin (28/2/2011). Program beasiswa ini bertujuan memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada komunitas internasional sehingga tercipta citra baik tentang Indonesia. Para pesertaUPI International Scholarships akan mendapat kesempatan mempelajari bahasa dan budaya Indonesia maksimal selama enam bulan, atau sekira 360 jam. …cut…Para peserta program beasiswa internasional UPI juga diberi kesempatan untuk mempelajari olah raga dan kesenian di kampus UPI untuk dua hingga tiga mata kuliah atau setara dengan enam hingga delapan SKS. Studi mereka nantinya dapat ditransfer ke perguruan tinggi asal para peserta. Kandidat terpilih akan menerima beasiswa berupa biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya imigrasi. Pendaftaran program dibuka hingga akhir April 2011, dan pengumuman kandidat terpilih dilakukan pada Mei 2011. Perkuliahan akan dimulai pada Juni 2011.

…dst

12 ) Pencetakan Soal UN Terancam
http://kampus.okezone.com/read/2011/03/05/373/431658/pencetakan-soal-un-terancam
Sabtu, 5 Maret 2011 – 13:08 wib
JAKARTA — Persiapan Ujian Nasional (UN) 2011 terancam molor akibat proses pencetakan soal yang hingga saat ini belum rampung.
Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Djemari Mardapi mengatakan, hingga awal Maret ini daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) ujian belum kunjung cair. Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan daerah dan hampir semuanya mengaku dana untuk ujian belum cair. “Kami tidak tahu alasan kenapa belum cair. Kami harap segera cair karena daerah harus mencetak naskah soal,” katanya di Jakarta kemarin. Menurut dia, berdasarkan laporan daerah saat ini sedang dilakukan proses tender. Direncanakan, paling lambat pertengahan Maret harus dilakukan pencetakan soal. Biasanya pencetakan soal memakan waktu rata-rata 20 hari. Dengan demikian, awal April sudah dilakukan distribusi soal.

…dst

13 ) Program Magang Tenaga Kerja
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/385480/

Saturday, 05 March 2011
JAKARTA— Program magang bagi angkatan tenaga kerja baru di Jepang terus menunjukkan tren positif. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencatat 70% dari 25.584 peserta magang berhasil menjadi pengusaha mandiri. “Program magang di Jepang ternyata efektif dalam mencetak wirausaha mandiri. Sebanyak17.909 orangtelahberhasil menjadi wirausaha mandiri di daerah dan sebagian bekerja di berbagai perusahaan nasional dan multinasional, terutama perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia,”ujar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar seusai menerima 104 peserta magang dari Jepang,Jumat

…dst

14 ) Siang “Ngemis”, Malam di Hotel
http://cetak.kompas.com/read/2011/03/06/03563119/siang.ngemis.malam.di.hotel

Minggu, 06 Maret 2011
Seorang peminta-minta di Kota Juang, Bireuen, Nanggroe Aceh Darussalam, membuat warga gusar. Pasalnya, lelaki berbadan sehat dan kuat itu mengemis pada siang hari, tetapi malam harinya menginap di hotel. Abd (50), nama lelaki peminta-minta itu, tampak sehat dan kuat dengan tubuh tambun dan jenggot subur. Setiap hari ia meminta-minta di kampung-kampung di Kota Juang. Ia tidak hidup menggelandang seperti kebanyakan pengemis, tetapi menginap di Hotel PNR dengan biaya sewa Rp 75.000 per malam. Sudah dua pekan terakhir ia tidur di kamar No 118. Ia mempunyai cukup uang untuk membayar sewa hotel karena berpenghasilan sekitar Rp 200.000 per hari.

…dst

15 ) Nasib TKW/TKI
Darsem, dan Keadilan Seharga Rp4,7 Miliar
Pemerintah Banding Kasus TKW Darsem
Pengiriman TKI karena Utang Negara
Sikap PKS
Inilah Lima Sikap PKS Terkait Koalisi
PKS Balas ‘Serangan’ Amien Rais
Hidayat Nur Wahid Nasihati Amien Rais Tentang Makna Berkoalisi
PSSI
JK Dinilai Layak Pimpin PSSI
Kronologi Penyerangan Versi Andi Darussalam
Sebelas Orang Ditahan Ternyata Kelompok Nurdin Halid
Libya Hari Ini
Perang Sipil di Libya Kian Mencemaskan
Pemberontak Kuasai Kota Minyak Libya
Pemberontak Klaim Jatuhkan Pesawat Tempur Gaddafi
Pekan Depan, Evakuasi WNI Tahap Tiga
Sejumlah WNI Nekad Bertahan di Libya
Di Libya, Beredar SMS Ancam Warga Asing
Aset Disita, Khadafi Disokong Dana dari Ekspor Minyak
Kadhafi Resmi Jadi Target Interpol
Angin Revolusi
Angin Revolusi Arab Menyeberangi Atlantik
Saudi larang semua bentuk unjuk rasa
Polisi Yaman Tangkap 16 Pengunjuk Rasa