Dear Pak Sb,
Sangat berterima kasih pertanyaan ini, karena dikhawatirkan teman-teman lain juga bisa/telah dihinggapi kebingungan atas undangan ini.

Acara asesmen kecukupan ini khusus mengundang para asesor, untuk melakukan desk evaluation terhadap laporan evaluasi, borang prodi, borang unit pengelola prodi beserta lampiran-lampiran yang telah disampaikan oleh prodi (pada tahap I ini sebanyak 318 prodi masuk ke tahap desk evaluation). Pada acara asesmen kecukupan ini berkas borang dari setiap prodi dinilai secara mandiri oleh 2 asesor. Hasil asesmen kecukupan ini disampaikan ke Ban-PT, setelah dinilai Ban-PT asesor-asesor terkait akan diundang lagi untuk diskusi, hasil kesepakatan akan menentukan kelayakan melaksanakan asesmen lapangan (site visit).

Tujuan penyebaran undangan ini supaya ke 318 prodi itu mengetahui berkas borang akreditasi mereka sudah menuju tahap asesmen kecukupan dengan jadwal di undangan tersebut.

Kemungkinan I yang Pak Sb uraikan di bawah ini sudah tepat. Sorry telah menyajikan info yang membingungkan tanpa disertai penjelasan ( kurang tepat di judulnya saya tambah kata undangan, karena bisa jadi menyesatkan yang membacanya). Sekali lagi terima kasih pertanyaan ini, sahabat yang baik. Ijinkan saya tayangkan tanya jawab ini di milis lain dan web kopertis 12 agar teman-teman lain jelas undangan ini hanya dituju ke para asesor.

Wassalam, Fitri

— In evaluasi-ps-dikti@yahoogroups.com, m sxxx <sb_m@…> wrote:

Yth Ibu Fitri dan teman2 milis yg lain,
Mohon penjelasan maksud : Acara Asesmen Kecukupan Tahap I Tahun 2011.

Menurut saya, acara tersebut mempunyai dua maksud, yaitu:
1). KEMUNGKINAN I: Yg diundang adalah para asesor untuk melakukan desk
evaluation terhadap naskah2 borang yang sudah dikirim oleh masing2 Program Studi, untuk kemudian diputuskan layak untuk diteruskan dengan site visit ke masing2 Program Studi (yg waktunya dijadwalkan oleh BAN PT), sedang bagi Program Studi yang danggap tidak layak, diminta untuk memperbaiki naskah2 borang yg telah dikirim sebelumnya. Jadi di sini, masing2 Program Studi tetap berada di kampus masing2 dan menunggu hasil desk evaluation tersebut.

2). KEMUNGKINAN II: Yg diundang, di samping asesor adalah semua Ketua Program Studi seperti yg tertera dalam daftar yg dibuat oleh BAN PT, di mana para Ketua Program Studi membawa berkas naskah borang DITAMBAH dengan lampiran2 yg harus disertakan seperti yg dijelaskan dalam guidance borang. Bagi Program Studi yang borang dan lampirannya dinyatakan lengkap, akan diteruskan dengan site visit pada kesempatan berikutnya. Sedang Program Studi yang borang dan lampirannya
dinyatakan kurang/tidak lengkap, akan terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok I yg hanya diwajibkan untuk melengkapi lampiran2 yg belum sempurna sambil menunggu site visit pada kesempatan berikutnya, sedang kelompok II adalah Program Studi yg berdasarkan berkas naskah borang DITAMBAH dengan lampiran2 yg harus disertakan seperti yg dijelaskan dalam guidance borang, dinyatakan belum layak untuk diakreditasi, atau Program Studi yang harus memperbaiki naskah
borang beserta lampiran2nya.

Atas bantuan dan penjelasannya, dengan penuh rasa hormat, saya ucapkan terima
kasih.

Salam hangat,
Sb

Asesmen Kecukupan Tahap I

http://ban-pt.depdiknas.go.id/index.php?lang=in

Jumat, 11 Mar 2011 oleh M.Erpasoleh

Jadwal Acara Asesmen KecukupanTahap I Tahun 2011
Hari/Tanggal Waktu Tempat Acara
Kamis 24 Maret 2011 14.00 – 16.00 Hotel Grand Cempaka  Jl. Letjend Suprapto Cempaka Putih, Jakarta Pusat Telp. 021 – 4260066 Pembukaan Acara:1. Informasi Kebijakan BAN-PT 

2. Informasi Administrasi Keuangan (Penanggungjawab Kegiatan dan Inspektorat Jenderal)

 

20.00-22.00 Asesmen Kecukupan
Jumat 25 Maret 2011 08.00 – 22.00 Idem Lanjut Asesmen Kecukupan
Sabtu 26 Maret 2011 08.00 – 12.00 Idem Lanjutan Asesmen Kecukupan
12.00 Check Out

Catatan :

1. Peserta diharap hadir sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

2. Apabila pada waktu pembukaan asesor belum hadir, akan digantikan asesor yang lain.

3. Peserta check-in di Hotel Grand Cempaka Jl. Letjend Suprapto, Jakarta Pusat, hari Kamis, 24 Maret 2011, Pk. 12.00, Check-Out Sabtu, 26 Maret 2011 Paling Lambat Pk.12.00

4. Penyelesaian asesmen kecukupan satu program studi paling cepat pada hari jumat pk 12.00 dan bagi dua program studi pada hari Sabtu Pagi.

Berikut adalah daftar program studi yang akan di nilai pada Tahap I

DOWNLOAD LAMPIRAN DISTRIBUSI PROGRAM STUDI

http://ban-pt.depdiknas.go.id/Distribusi%20Sarjana%20tahap%201%20thn%202011.pdf