KEMDIKNAS KEMENTERIAN TERBAIK
Written by Informasi dan Pelaporan
http://www.dikti.go.id/

Wednesday, 16 March 2011 14:22
Jakarta, 16 Maret 2011–Rembuk Nasional Pendidikan resmi dibuka hari ini. Tema yang diusung Kementerian Pendidikan Nasional kali ini adalah Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelaksanaan 5K Kemdiknas: Menyiapkan Generasi 100 Tahun Indonesia Merdeka. Menteri Pendidikan Muhammad Nuh optimis Kemdiknas dapat berbenah diri. “Hasil dari evaluasi Kementerian PAN, Kemdiknas adalah kementerian yang terbaik,” ujar Nuh. Dengan kerja sama yang optimal, Nuh yakin ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan dan kepastian pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud.

“Kegiatan ini, dapat dimanfaatkan sebagai media perencanaan pembangunan pendidikan,” ucap Menko Kesra Agung Laksono saat membuka Rembuknas. Menurut Agung, perencanaan yang baik merupakan separuh dari pencapaian program. “Kesehatan dan pendidikan memegang peran sentral dalam poverty reduction,” tambahnya.

Usai membuka Rembuknas, Agung Laksono didampingi Muhammad Nuh dan Kepala BPS Rusman Heriawan meluncurkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT). PDPT merupakan rekaman data menyangkut penyelenggaraan perguruan tinggi baik akademik maupun non akademik. Dengan PDPT, seluruh data di perguruan tinggi akan terintegrasi, akurat, terkini dan aksesibel.

Selain peluncuran PDPT, hari pertama Rembuknas juga mengagendakan penandatangan kontrak kinerja antara Mendiknas dan Dirjen Dikti Djoko Santoso. Perjanjian ini ditandatangani dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel serta berorientasi pada hasil.

Mendiknas juga mengingatkan pada pemimpin perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa berprestasi yang berasal dari kalangan kurang mampu. “Jangan sesekali mengeluarkan mahasiswa karena urusan finansial,” ujar Nuh. Drop out hanya dapat dilakukan dengan alasan akademik.

Djoko dan beberapa pemimpin perguruan tinggi dan Kopertis juga menandatangani kontrak kinerja. Penandatangan yang disaksikan Menko Kesra dan Mendiknas ini, diharapkan target kinerja jangka menengah dapat terwujud.

Rembuknas yang digelar hingga Sabtu mendatang, akan mereview capaian 2010, agenda kerja 2011 dan masukan untuk program 2012. Ketepatan anggaran dan program yang efisien dan efektif diharapkan dapat menjawab segala harapan masyarakat. Salah satu untuk mewujudkannya, dapat dimulai dengan peningkatan kualitas layanan masyarakat.

===================================================================

Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Pusat
http://www.menpan.go.id/index.php/berita-index/82-akuntabilitas-kinerja-instansi-pemerintah-pusat-meningkat
…cut…dari 79 instansi pemerintah pusat yang dievaluasi sebanyak 11 instansi yang mendapatkan nilai B KPK, Kemendiknas, Kementerian ESDM, Kementerian Budpar, Kementerian Keuangan, BPKP, BPK, LAPAN, Kemendagri, Kementerian PAN dan RB, dan MK. Lengkapnya klik link di atas…dst