1 ) PENGHARGAAN
Doktor “Honoris Causa” untuk Mendiknas
http://cetak.kompas.com/read/2011/03/28/04514272/doktor.honoris.causa.untuk.mendiknas

Senin, 28 Maret 2011
Johor Bahru, Sabtu – Universiti Teknologi Malaysia Johor Bahru, Malaysia, memberikan gelar doktor honoris causa kepada Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh. Penganugerahan gelar tersebut dilakukan Sultanat (istri Sultan Johor Bahru) Zarith Sofiah binti almarhum Sultan Idris Shah, yang menjadi pemimpin UTM. Pemberian gelar itu bersamaan dengan wisuda ke-46, yang mewisuda 8 doktor dan 15 master asal Indonesia. Turut hadir dalam acara itu rektor Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Negeri Surabaya. Dalam pidatonya, Nuh menekankan, keunggulan perguruan tinggi tidak untuk dipertandingkan, tetapi dikolaborasikan demi kepentingan masyarakat yang lebih besar. Untuk itu, falsafah perguruan tinggi bukan saling menjatuhkan, melainkan saling bekerja sama, yang bisa diwujudkan, salah satunya, dalam bentuk publikasi ilmiah. “Kerja sama bidang pendidikan diperlukan. Kami mengajak UTM memperluas kerja sama yang lebih erat dan harmonis lagi dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia,” kata Nuh, Sabtu (26/3).

…dst

2 ) Penculik Mahasiswa UBM Dibekuk Usai Minta Tebusan Rp 20 juta
http://www.detiknews.com/read/2011/03/27/213702/1602342/10/penculik-mahasiswa-ubm-dibekuk-usai-minta-tebusan-rp-20-juta?n991103605

Minggu, 27/03/2011 21:37 WIB
Jakarta – Dua orang mahasiswa Universitas Bunda Mulia (UBM), Jakarta, Ptr (21) dan Wlm (21) menjadi korban penculikan oleh enam orang tidak dikenal. 6 orang pelaku yang mengaku sebagai anggota kepolisian menuduh keduanya sebagai pengguna narkoba. Namun, ulah keenam orang tersebut berhasil dibekuk polisi kurang dari 24 jam. “Ada empat orang tiba-tiba masuk menggeledah rumah dan mengangkut anak saya dan temannya,” kata ibu Ptr, Merry (45), ditemui di tempatnya berdagang di Fresh Market, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Minggu, (27/3/2011). Menurut Merry, kejadiannya pada Sabtu (26/3) malam, sekitar pukul 18.00 WIB. Keduanya ditarik paksa dari depan kamar Ptr di Jalan Muara Karang blok E7 Selatan no. 28, RW 08, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Ptr dan Wlm kemudian dibawa dengan mobil Nissan Xtrail abu-abu bernomor polisi B 7124 KI. “Keempat pelaku bilang mereka anggota polisi dan menuduh anak saya dan temannya sebagai pengguna narkoba. Mereka tunjukkan satu buah sedotan sebagai barang bukti,” jelas Merry.

…dst

3 ) Ikatan Alumni UPI Siap Bantu Mahasiswa Miskin
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/03/27/213411/88/14/-Ikatan-Alumni-UPI-Siap-Bantu-Mahasiswa-Miskin

Minggu, 27 Maret 2011 20:35 WIB
BANDUNG–MICOM: Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) harus bertanggung jawab mencarikan biaya studi untuk mahasiswa kurang mampu. Hal tersebut merupakan kewajiban setiap alumni untuk ikut membantu penyelenggaraan pendidikan. Demikian diungkapkan Ketua Umum IKA UPI Enggartiasto Lukita, usai pembukaan Kongres IKA UPI, di Bandung, Jawa Barat, Minggu (27/3). “Kami sedang menyusun sistem yang memungkinkan alumni mengerahkan potensinya secara optimal untuk membantu pembiayaan studi mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Bagaimanapun, alumni memiliki tanggung jawab moral untuk membantu almamaternya,” ujar Enggar. Ia menjelaskan, sistem pembiayaan yang akan dipakai antara lain melalui program dana abadi dan perwalian. Kedua program tersebut lebih efektif “Jadi mekanisme penggalangan dana alumni terlembaga tapi tidak terikat waktu. Jika alumni ingin menyumbang tidak perlu ada waktu universitas sedang membutuhkan saja. Nanti, kapanpun ada mahasisiwa yang perlu dibantu, Ika UPI sudah punya anggarannya,” jelasnya.

…dst

4 ) Mahasiswa Gelar Penyembuhan Penyakit TBC
http://www.antaranews.com/berita/251418/mahasiswa-gelar-penyembuhan-penyakit-tbc

Jumat, 25 Maret 2011 20:20 WIB
Bengkulu (ANTARA News) – Mahasiswa dari perguruan tinggi Tri Mandiri Sakti, Poltikes Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menggelar aksi Solidaritas penyembuhan terhadap penderita penyakit tubercolosis (TBC). Aksi sekitar 150 mahasiswa yang dilakukan di kawasan pertokoan Bengkulu itu mengingat penderita TBC di Bengkulu jumlahnya masih tinggi, kata koordinator lapangan Nur Ikhlas, Jumat. “Kita ingin mengkomunikasikan pada masyarakat tentang apa itu penyakit TBC dan bagaimana cara pencegahanya,” ujarnya. Selama ini ada anggapan penyakit TBC tidak bisa disembuhkan karena merupakan penyakit turunan, guna-guna atau sering disebut racun, sehingga pengobatannya cenderung dilakukan ke dukun. Akibat anggapan tersebut, maka jumlah penderita TBC di Provinsi Bengkulu saat ini tercatat 2.012 kasus tersebar di sepuluh kabupaten/kota.

…dst

5 ) Mahasiwa Makassar Tolak Renovasi Gedung DPR
http://id.berita.yahoo.com/mahasiwa-makassar-tolak-renovasi-gedung-dpr-20110327-120400-432.html

Oleh Metro TV News | Metro TV – Sen, 28 Mar 2011 02.04 WIB
Metrotvnews.com, Makassar: Apa yang dapat digunakan dengan uang sebesar Rp800 juta. Selain dapat menjadi modal usaha, kocek sebesar itu pun dapat menyantuni fakir miskin. Namun, bagi anggota DPR, uang itu baiknnya digunakan untuk merenovasi sebuah ruang kerja. Kontan rakyat kecewa. Salah satunya, diserukan oleh mahasiswa Univeristas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (27/3). “Kebijakan itu tidak berpihak kepada rakyat. Apalagi, masih banyak rakyat menderita dan butuh perhatian dari pemerintah,” ungkap seorang mahasiwa, Muhammad Ilham.

…dst

6 ) LPTK Tunggu Data Final
Sertifikasi Guru 2011
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/03/28/141426/LPTK-Tunggu-Data-Final

28 Maret 2011
SEMARANG – Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) menunggu data final jumlah peserta sertifikasi guru tahun 2011 dalam bentuk portofolio serta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Kepastian jumlah peserta amat menentukan penjadwalan dan besaran akomodasi yang akan turun ke masing-masing LPTK. “Hingga kini kami tak bisa melakukan persiapan teknis, termasuk jumlah asesor yang dibutuhkan. Namun, kami telah menyiapkan asesor sesuai standar yang ditetapkan pemerintah. Jumlah yang kami miliki kini 200 asesor. Untuk penambahan asesor, tunggu data final dari pemerintah,” kata Rektor LPTK IKIP PGRI Semarang Muhdi SH MHum, kemarin. Meski demikian, pemerintah harus secepatnya mendapat data final berapa jumlah peserta sertifikasi guru, agar persiapan LPTK bisa maksimal, sehingga meminimalkan error atau kekurangan dalam pelaksanaan. Menurut jadwal pemerintah, data final peserta maksimal sudah ada pada 15 April.

…dst

7 ) BOS dan Nasib GTT
Oleh: Mardiyanto
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/03/28/141425/BOS-dan-Nasib-GTT

28 Maret 2011
TAMPAKNYA badai yang menerjang para Guru Tidak Tetap (GTT) maupun guru honorer belum akan berakhir. Pangkal persoalannya bersumber dari diberlakukannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 37 Tahun 2010 tentang Teknis Penggunaan dana BOS Tahun 2011. Permendiknas itu menyebutkan, maksimum penggunaan dana untuk belanja pegawai bagi sekolah negeri sebesar 15%. Padahal, selama ini rata-rata setiap sekolah mengeluarkan dana BOS untuk belanja pegawai (menggaji GTT/Guru Honorer) mencapai 30%. Kebijakan baru ini membuat repot kepala sekolah dan membuat resah GTT maupun guru honorer. Kebijakan baru ini menjadi bukti bahwa pemerintah belum sepenuhnya memahami kemajemukan sekolah-sekolah di Tanah Air. Aturan baru ini boleh jadi dapat berjalan lancar di kota-kota dengan jumlah guru berstatus PNS melimpah, di mana gaji mereka dibayar oleh pemerintah. Namun, kondisi ini berbeda dengan di daerah-daerah, apalagi di pelosok atau terpencil, di mana di dalam satu sekolah bisa berisi lima hingga 10 GTT/guru honorer.

…dst

8 ) RUU Mata Uang Segera Disetujui DPR Awal April
Senin, 28 Maret 2011
http://cetak.kompas.com/read/2011/03/28/04453178/ruu.mata.uang.segera.disetujui.dpr.awal.april

Jakarta, Kompas – Panitia khusus Dewan Perwakilan Rakyat sudah menyelesaikan draf akhir Rancangan Undang-Undang tentang Mata Uang. Persetujuan anggota DPR dalam Rapat Paripurna DPR dapat dilakukan awal April 2011. “Apabila RUU Mata Uang ini disetujui, sistem pengawasan terhadap proses kinerja Bank Indonesia (BI) mulai ditingkatkan. Pengawasan ini terlihat mulai dari aturan pencetakan, peredaran, sampai kewajiban berkoordinasi dengan pemerintah ketika BI hendak menggulirkan sebuah kebijakan moneter. Sebelumnya, hal ini tidak diatur sehingga sering kali muncul istilah negara dalam negara,” kata Ade Komaruddin, anggota Panitia Khusus RUU Mata Uang dari Fraksi Partai Golkar DPR di Jakarta, akhir pekan lalu. Ekonom Dradjad H Wibowo, Minggu (27/3), mengingatkan, pasca-pembahasan RUU Mata Uang, pemerintah dan BI harus mulai berkoordinasi menyusun sosialisasi RUU Mata Uang tersebut.

…dst

9 ) DPR : Pemerintah Gratiskan Biaya Persalinan Seluruh Masyarakat
http://www.antaranews.com/berita/251647/dpr–pemerintah-gratiskan-biaya-persalinan-seluruh-masyarakat

Minggu, 27 Maret 2011 23:38 WIB Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News) – Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat RI Karolin Margaret Natasa mengatakan pemerintah pusat tahun ini menggratiskan biaya persalinan bagi seluruh masyarakat. “Komisi IX DPR RI bersama Kementerian Kesehatan telah merumuskan pembebasan biaya persalinan bagi masyarakat Indonesia. Jadi siapa pun yang akan melahirkan tidak perlu khawatir lagi untuk membayar biaya persalinan,” kata Karolin di Sungai Raya, Minggu. Menurutnya, untuk program biaya persalinan tersebut pemerintah pusat menganggarkan dana sebesar Rp1,2 triliun dari APBN 2011, dan setiap kabupaten/kota akan mendapatkan alokasi Rp2 miliar untuk pembebasan biaya persalinan itu. Ia melanjutkan, petunjuk teknis tentang program tersebut baru saja dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan sehingga Dinas Kesehatan di setiap kabupaten/kota diharapkan bisa proaktif untuk mencari informasi tersebut agar penerapannya bisa segera dilakukan.

…dst

10 ) Radiasi Gedung Reaktor 2 Meningkat 10 Juta Kali
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/389626/38/

Monday, 28 March 2011
WASHINGTON- Ancaman radiasi belum menjauh dari Jepang. Level radiasi di gedung reaktor unit 2 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi kemarin dilaporkan meningkat 10 juta kali lebih tinggi dari kondisi normal. Pejabat badan keamanan industri dan nuklir Jepang,Hidehiko Nishiyama mengungkap kan, dasar lapisan air pada gedung reaktor unit 2 menunjukkan angka radiasi sebesar 1000 millisieverts.Sebagai pembandingan, seseorang yang menetap di negara berkembang secara alami menyimpan radiasi sebesar 3 millisieverts per tahun. Besarnya radiasi yang kini 10 juta lebih besar dari kondisi umum memiliki angka iodin radioaktif 134.Menurut IAEA,isotop pada gedung reaktor unit 2 telah melepaskan atom radioaktifsetiap 53 menit sekali.

…dsty

11) Radiasi Nuklir Jepang Melonjak 10 Juta Kali
http://www.jpnn.com/read/2011/03/28/87994/Radiasi-Nuklir-Jepang-Melonjak-10-Juta-Kali-

Senin, 28 Maret 2011 , 05:25:00
TOKYO – Bahwasanya krisis nuklir Jepang belum sepenuhnya memang benar. Tapi, tetap saja kabar terbaru yang terdengar dari Negeri Matahari Terbit itu kemarin (27/3) benar-benar mengejutkan: level radiasi dari Reaktor No 2 di PLTN Fukushima melonjak sampai 10 juta kali dari batas normal. Seperti dilansir New York Times, kenaikan drastis itu pertama diketahui setelah tiga pekerja yang memperbaiki sistem pendinginan di Reaktor No 3 terpapar radiasi tingkat tinggi. Dua di antaranya yang masuk ke dalam kolam air pendingin harus menjalani pembersihan menggunakan sinar beta.

…dst

12 ) Libya Hari Ini
Khadafi Masih Pahlawan Libya
”Putra Kami, Libya Tidak untuk Kalian” (surat Khadafi utk Obama)
Italia Ajukan Rencana Bersama Jerman terkait Libya
Paus Desak Gencatan Senjata di Libya
Barat Kurang Otoritas Moral di Libya
Keluarga Staf KBRI di Libia Cemas
Indonesia Didesak Berperan Selesaikan Masalah Libya
NATO Hanya Lindungi Sipil di Libya
Oposan Rebut Lagi Dua Kota Minyak
Pengungsi Libya “Serbu” Italia
Pasukan Qadhafi Diduga Taruh Jasad di Lokasi Pengeboman
VIDEO: Serangan Jet Tornado Inggris ke Libya
Jepang Hari Ini
Jepang Diguncang Gempa 6,5 SR
Radiasi Nuklir Jepang Melonjak 10 Juta Kali (JPNN)
Radiasi Gedung Reaktor 2 Meningkat 10 Juta Kali (Detik News)
Ancaman Tsunami Kembali Landa Jepang Pagi Ini
Perawat Indonesia di Jantung Tsunami Jepang
BUMN Tak Terganggu Bencana Jepang
10.668 Jiwa Melayang Pascatsunami Jepang
Tugas Berat Menanti Jepang
Tsunami Sisakan Kuburan Massal Kendaraan
Malaysia
Seks, Anwar & Politik Malaysia
Dalam Negeri
Bencana Alam
Warga Sekitar Waduk Gajah Mungkur Waspada Banjir
Target Sertifikasi Tanah Merapi Selesai 2012
Gaji  Hakim Tipikor
KY Sesalkan Gaji Hakim Tipikor Belum Dibayar
Renovasi Gedung DPR
Mahasiwa Makassar Tolak Renovasi Gedung DPR
Ruangan Baru Rp 800 Juta Simbol Matinya Nurani DPR
PSSI
Soal PSSI, DPR Akan Undang Panglima TNI
Mabes TNI: Tentara di Kongres PSSI Amankan Situasi
‘Kudeta’ Kongres PSSI: TNI AD: Prajurit Cuma di Luar, Tidak Ikut Sidang
FIFA Bisa Jatuhkan Sanksi Berat Kepada PSSI
Kebijakan Pemerintah
Pemerintah Gratiskan Biaya Persalinan
Pemerintah Upayakan Gaji untuk Pembina Pramuka
Kemenkominfo Selenggarakan Program Teknologi Informasi
Tak Ada Lagi Izin bagi Penambang Eksploitasi (hutan)
Politik dan Pendidikan
Pakar Politik: Indonesia Kehilangan Harga Diri, Pemimpinnya Lembek
Pemerintah Kedodoran Kendalikan Jumlah Penduduk
Buku Kemendiknas Tak Layak Edar
Indonesia Kelebihan Sekitar 500.000 Guru
Kriminal
Dokter Penolong Ajudan Susno Jadi Tersangka
Selly, Penipu Cantik di Facebook Tertangkap