1 ) 70 Ribu Calon Mahasiswa Tidak Mampu Ajukan Bidik Misi
http://kampus.okezone.com/
Minggu, 3 April 2011 – 14:47 wib
BANJARNEGARA – Sebanyak 70 ribu orang calon mahasiswa tahun ajaran 2011 dari berbagai daerah di Indonesia mengajukan program beasiswa Bidik Misi. Dari jumlah pengaju tersebut, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) hanya akan menjaring 20 ribu orang peserta program. “Untuk program Bidik Misi 2011 ini sudah ada kurang lebih 70 ribu calon mahasiswa yang mengajukan diri menjadi peserta. Namun jumlah itu akan menyusut setelah dilakukan verifikasi, mulai dari kriteria ekonomi keluarga hingga akademiknya. Mereka akan mengenyam pendidikan di 117 Perguruan tinggi negeri (PTN),” ujar Menteri Pendidikan Nasional Mohamad Nuh, Minggu (3/4/2011). Dijelaskannya, ada tiga metode yang akan diterapkan dalam proses penjaringan calon peserta Bidik Misi, antara lain monitoring data, evaluasi perekrutan calon mahasiswa dengan didasari kuota 20 persen bagi calon mahasiswa tidak mampu dari jumlah kursi yang disediakan PTN serta metode sampling berupa peninjauan lapangan. Nuh menerangkan program Bidik Misi ini tidak akan terhenti hanya karena dipengaruhi penurunan indeks prestasi mahasiswa atau peserta program. “Beasiswa ini akan terhenti jika mahasiswanya terkena drop out (DO). Artinya selama mahasiswa tidak mampu itu tetap kuliah meski mengalami penurunan indeks prestasi, yang bersangkutan tatap akan mendapatkan beasiswa sampai tamat,” tutur Nuh.

…dst

2 ) Mengandalkan Biaya Kuliah dari Mengayuh Becak
http://kampus.okezone.com/read/2011/04/03/373/441843/mengandalkan-biaya-kuliah-dari-mengayuh-becak

Minggu, 3 April 2011 – 15:34 wib
PURWOKERTO – Beban berat yang harus dipikul oleh Kuswanto (54), warga Jalan Kebon Kapol, Kelurahan Bancar Kembar, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dalam membiayai putri sulungnya yang tengah mengenyam pendidikan di Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), tampaknya semakin ringan. Padahal sebelumnya, untuk mencukupi kebutuhan makan keluarganya saja yang beranggotakan empat orang, Kuswanto harus mengayuh becak hingga puluhan kilometer hanya untuk mendapatkan uang tidak lebih dari Rp10 ribu. Jumlah itu pun harus diperolehnya selama empat hari. “Jangankan untuk membiayai kuliah anak saya, untuk mencukupi makannya saja sangat terasa berat. Bahkan saya sering tidak mendapatkan uang setelah bekerja seharian sebagai tukang becak,” tutur Kuswanto.

…dst

3 ) Australia Buka Beasiswa Endeavour Awards
http://edukasi.kompas.com/read/2011/04/03/22281468/Australia.Buka.Beasiswa.Endeavour.Awards

Minggu, 3 April 2011 | 22:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Australia melalui Australia Agency for International Development (AusAID) kembali membuka penawaran beasiswa Endavour Awards untuk tahun 2012. Beasiswa ini sangat kompetitif, berskala internasional, dan berbasiskan pada kemampuan (merit-based)…cut…Semua jenis beasiswa diberikan untuk seluruh area studi kecuali Endavour Executive Awards yang dikhususkan bagi empat area studi. Pendaftaran dibuka dari 1 April 2011 hingga 30 Juni 2011. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi http://www.deewr.gov.au/International/EndeavourAwards/Pages/Home.aspx

…dst

4 ) Iron Fire UGM Siap Unjuk Gigi di AS
http://kampus.okezone.com/read/2011/04/03/373/441804/iron-fire-ugm-siap-unjuk-gigi-di-as

Minggu, 3 April 2011 – 11:57 wib
YOGYAKARTA – Masih ingat robot Iron Fire dari UGM? Nah, robot ini tahun 2010 lalu berhasil menjadi juara 1 tingkat nasional pada Kontes Robot Cerdas Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Waktu itu Iron Fire menjadi juara KRCI beroda. Berkat kemenangan tersebut, bersama robot Zarqun dari ITB, Iron Fire tanggal 9-10 April besok akan bertanding di Trinity College Fire-Fighting Robot Contest di Hartford City, Connecticut, Amerika Serikat. Ketua Tim robot Indonesia, Prof. Ir. Jamasri, Ph.D menjelaskan kedua robot ini memang sebelumnya telah melewati perjalanan yang panjang hingga juara di tingkat nasional. Ia juga berharap melalui kontes robot semacam ini bisa memotivasi mahasiswa lain untuk berkreativitas dan berkarya khususnya tentang robotika. “Dari aspek keilmuwan ini merupakan bentuk implementasi secara riil,” kata Jamasri di UGM, belum lama ini.

…dst

5 ) Menggambar Peta Massal Masuk MURI
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/04/04/brk,20110404-324813,id.html

SENIN, 04 APRIL 2011 | 05:31 WIB
TEMPO Interaktif, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menggelar acara menggambar peta Nusantara untuk para siswa sekolah dasar se-Daerah Istimewa Yogyakarta di gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri, UGM. Trini Hastuti, Kepala Pusat Pelayanan Jasa dan Informasi Badan Koordinasi, Survei, dan Pemetaan Nasional Cibinong, Bogor, mengatakan kegiatan massal menggambar peta Indonesia yang digelar pada Sabtu pekan lalu itu baru pertama kali diadakan. “Kami akan melakukannya di daerah lain,” katanya, Ahad 3 April 2011. Sebanyak 1.071 siswa dari 13 SD di provinsi itu ikut ambil bagian. Mereka diminta menggambar peta Nusantara dengan aneka warna. Lantaran berhasil mengumpulkan 1.000 siswa lebih dan baru pertama diadakan di Indonesia, acara ini memecahkan rekor Museum Rekor-Indonesia Indonesia (MURI).

…dst

6 ) Mix Marketing Communications Magazine
Fikom Unisba, Sekolah Komunikasi Terbaik
http://edukasi.kompas.com/read/2011/04/04/06064539/Fikom.Unisba.Sekolah.Komunikasi.Terbaik

Senin, 4 April 2011 | 06:06 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (Unisba) akhir Maret 2011 lalu meraih penghargaan “The Best School of Communications” berdasarkan survei Mix Marketing Communications Magazine. Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung Omod Hasbiansyah kepada Kompas.com hari Minggu (3/4/11) malam menyatakan gembira atas penghargaan ini. Adapun kriteria yang dinilai adalah reputasi, kualitas lulusan, kesesuaian biaya dan manfaat, kesetaraan dengan lembaga pendidikan di luar negeri, lokasi, dan fasilitas Survei dilakukan terhadap responden dengan objek survei orangtua siswa dan siswa SMA kelas 2 dan 3 di sejumlah wilayah di Indonesia yang berminat terhadap jurusan komunikasi dan manajemen. Survei ini intinya melihat persepsi calon mahasiswa dan orangtuanya tentang perguruan tinggi setara S1 yangmenyelenggarakan studi komunikasi.

…dst

7 ) Mahasiswa ITS Siap Pertahankan Gelar Juara (VIDEO)
http://video.vivanews.com/read/13629-mahasiswa-its-siap-pertahankan-gelar-juara_1

MINGGU, 3 APRIL 2011, 18:50 WIB
Setelah sukses merakit mobil super irit bahan bakar dengan jarak tempuh 238 km/liter, Tim Mesin ITS Surabaya bertekad mengulang prestasinya kembali dalam kejuaraan otomotif yang diadakan Shell Juli mendatang.

>>>

8 ) Asah Kepemimpinan Mahasiswa di FEMA IPB
http://www.antaranews.com/berita/252509/asah-kepemimpinan-mahasiswa-di-fema-ipb

Sabtu, 2 April 2011 13:48 WIB |
Bogor (ANTARA News) – Kegiatan bulanan berupa “Leadership and Enterpreneurship Forum” yang diselenggarakan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB) diharapkan dapat mengasah jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan di kalangan mahasiswa perguruan tinggi tersebut. “Kami selalu berupa menghadirkan tokoh-tokoh penting dari berbagai kalangan, agar mahasiswa banyak belajar dari kesuksesan mereka, baik dalam kepemimpinan maupun dalam berbisnis,” kata Dekan FEMA IPB, Dr. Arif Satria, di sela-sela kegiatan tersebut di Kampus IPB Darmaga Bogor, Sabtu. “Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan motivasi dan inspirasi kepada mahasiswa sehingga mereka bisa memiliki kemampuan lebih di luar aktivitas kampus,” katanya. Beberapa tokoh yang telah dihadirkan dalam “Leadership and Enterpreneurship Forum” yang pelaksanaannya dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEMA IPB ini adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri, dan juga wakil ketua KPK Chandra Hamzah.

…dst

9 ) Pelayanan Publik Buruk Bisa Digugat
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/390832/

Monday, 04 April 2011
JAKARTA– Pemerintah segera menerbitkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Standar Pelayanan Publik dan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Ganti Rugi Pelayanan Publik. Dengan dua aturan ini, lembaga dan instansi pelayanan publik tidak lagi bisa seenaknya memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, dengan payung hukum ini,masyarakat nantinya bisa mengajukan gugatan jika dirugikan dalam pelayanan publik. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) EE Mangindaan mengatakan, PP dan perpres ini merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang (UU) No 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Dalam peraturan itu nantinya ditegaskan bahwa siapa pun dapat melakukan gugatan terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh lembaga atau instansi pemerintah. “Di situ diperintahkan untuk membuat perpres karena belum pernah diatur ganti rugi terhadap pelayanan publik akibat pelayanan yang tidak betul,” tutur Mangindaan di Jakarta kemarin. Menurut Mangindaan, saat ini Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sedang melakukan harmonisasi RPP dan perpres tersebut dengan peraturan perundangundangan lainnya.Langkah ini untuk mengetahui rancangan itu bertentangan dengan peraturan yang ada selama ini atau tidak. Mangindaan berharap proses tersebut selesai bulan ini sehingga bisa langsung diterapkan.

…dst

10 )Menghabiskan Anggaran pada Akhir Periode Tidak Benar
Ujian Doktor Ilmu Ekonomi Undip
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/04/04/142225/Menghabiskan-Anggaran-pada-Akhir-Periode-Tidak-Benar

04 Maret 2011
SEMARANG- Menghabiskan anggaran baik oleh pemerintahan maupun perusahaan pada akhir periode anggaran, tidaklah benar. Pasalnya, perilaku tersebut menunjukkan adanya kesalahan manajerial terutama saat penyusunan anggaran. Hal itu merupakan salah satu butir kesimpulan disertasi berjudul “Pengaruh Determinan Komitmen Tujuan, Kejelasan, dan Umpan Balik Anggaran terhadap Job Relevant Information dan Kinerja Manajerial pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Tengah” yang disampaikan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang Ardiani Ika Sulistyawati SE MM Akt dalam ujian terbuka promosi doktor Ilmu Ekonomi Bidang Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro di ruang sidang gedung Pascasarjana Jl Imam Bardjo Semarang, Kamis (31/3). Menurut Ardiani, meski penelitian dilakukan di perusahaan, sangat relevan diterapkan atau menjadi rujukan di manajemen pemerintahan. Staf auditor Kantor Akuntan Publik Tahrir Hidayat itu memaparkan, agar penyusunan anggaran tepat sasaran dan bisa dilaksanakan tepat waktu, harus melibatkan manajer berbagai lini untuk meningkatkan komitmen tujuan anggaran dan perusahaan.

…dst

11 ) Formasi CPNS Hanya untuk Pengganti Pensiun
Diterapkan Mulai 2012
http://www.jpnn.com/read/2011/04/04/88593/Formasi-CPNS-Hanya-untuk-Pengganti-Pensiun-

Senin, 04 April 2011 , 00:37:00
JAKARTA–Persaingan untuk memperebutkan kursi CPNS mulai 2012 akan semakin ketat. Ini menyusul rencana pemerintah pusat untuk membatasi kuota penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Di mana, penerimaan hanya untuk memenuhi kuota pengganti PNS yang pensiun, meninggal, dipecat, atau berhenti. Data dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyebutkan, setiap tahunnya kursi PNS yang kosong akibat adanya yang pensiun, meninggal, dipecat atau berhentu sekitar 125 ribu sampai 150 ribu orang. Dengan alasan reformasi birokrasi di bidang aparatur dan SDM, pemerintah akan mengurangi kuota penerimaan CPNS. Jumlahnya hanya akan dibatasi sekitar 125 ribu hingga 150 ribu kuota, dari yang sebelumnya mencapai hingga 300 ribu. “Sebenarnya langkah pemerintah mengurangi kuota CPNS sudah dimulai tahun ini. Itu dilihat dari usulan kami yang maksimal 250 ribu orang dibanding 2010 yang 300-an ribu orang,” ungkap Deputi SDM bidang Aparatur Kemenpan-RB Ramli Naibaho, Minggu (3/4).

…dst

12 ) Pemda Dilarang Depositokan Dana Gaji PNS
http://www.jpnn.com/read/2011/04/03/88592/Pemda-Dilarang-Depositokan-Dana-Gaji-PNS-

Minggu, 03 April 2011 , 23:42:00
JAKARTA–Pemerintah daerah diminta tidak menahan-nahan pembayaran gaji baru PNS serta rapel gaji untuk Januari hingga Maret. Pasalnya, ada indikasi pemda sengaja menahan pembayara untuk mendapatkan bunga deposito yang cukup menggiurkan. “Sebaiknya kenaikan gaji PNS sebesar 15 persen serta rapelannya secepatnya dibayarkan. Apalagi Kementerian Keuangan sudah menyatakan realisasi pembayarannya awal April (1/4). Kan dananya sudah ada, pemda tinggal membayarkannya saja,” imbau Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Ramli Naibaho, Minggu (3/4). Dia mengaku prihatin dengan laporan adanya keterlambatan pembayaran gaji baru serta rapelan hingga Mei. Ironisnya, ada kesengajaan dari pemda untuk mendapatkan bunga deposito. “Merupakan pelanggaran kalau pemda sengaja menahan dana gaji karena ingin bunga bank. Kalau sudah siap bayar langsung direalisasian, jangan ditahan-tahan,” tegasnya.

…dst

13 ) Sekilas Dalam Negeri
Kebakaran Tangki Pertamina
Drama Pemadaman Kilang Pertamina Cilacap
Tangki Cilacap Masih Berkobar
Gempa 7,1 SR Perparah Kebakaran Pertamina?
Dua Tangki Berhasil Dipadamkan
Proses Penyelidikan Tunggu Api Padam
Kilang Pertamina Terbakar, Stok BBM Aman
DPR Tanya: Kilang Pertamina Terbakar, Di Mana Menteri ESDM?
Gempa Cilacap
Gempa 7,1 SR Cilacap, BMKG Cabut Warning Potensi Tsunami
BMKG: Ancaman Tsunami Cilacap Berakhir
BMKG Langsung Berkoordinasi dengan Pemkab Cilacap
Warga Cilacap yang Tak Punya Kendaraan Jalan Cepat Menuju Terminal
Citibank
Pejabat Citibank Jadi Tersangka Tewasnya Debitur
Koordinator Penagihan Citibank Jadi Tersangka
Menteri Terpukul Kasus Citibank
Gedung Baru DPR
Nasib Gedung DPR Dibahas Selasa Besok
Proyek Gedung Baru DPRSekjen DPR Akui Penunjukan Konsultan Tanpa Tender
Soal Gedung Baru, Ketua DPR Terancam Dipidanakan
Soal Gedung Baru DPR, Presiden dan Menkeu Juga Kena Somasi
Gedung Mewah di Senayan, Gedung Reyot di Pengadilan
Investasi
Indonesia Menjadi Salah Satu Prioritas (investasi)
OlahRaga
SEA Games Setengah Hati
Pekan Depan KPK Beber Kajian Dana PSSIBakal Undang Menpora dan Mendagri
Kesehatan
Iih.. Penderita Katarak Indonesia Tertinggi di Asean
Gangguan Jiwa Posisi Kedua Setelah Penyakit Kardiovaskular
Pendidikan Menengah
Penyaluran BOS Belum Rampung (Pemda takut tersandung Perkara Hukum)
BOS Dibawah Indek Biaya
Dana untuk Program SBS Rp 23,8 Miliar (semua bisa sekolah)
Kebijakan Pemicu Korupsi
Pemberantasan Korupsi (Mantan Pejabat sharing Pengalaman Pahit)
Juru Kunci Baru untuk Merapi
Merapi Akhirnya Punya Juru Kunci Baru
Anak Mbah Marijan Jadi Juru Kunci Merapi
Isteri Jadi-Jadian
Polisi Dalami Kasus Perempuan Jadi-jadian
VIDEO: Istriku Adalah Seorang Pria
Icha Manfaatkan Kebutaan Mata Kiri Suami
6 Bulan Menikah, Istri Umar Ternyata Pria
Nasib TKI/TKW
Majikan Penggunting Bibir TKW Dibebaskan (nasib TKW)
TKW Majalengka Tewas di Arab Saudi
Jumhur Kutuk Majikan Bunuh TKI di Arab Saudi
30 WNI Terancam Hukuman Mati
Jepang Hari Ini
Lagi, Gagal Stop Kebocoran PLTN
Hebat! Teknologi ‘Popok Bayi’ Untuk Tambal Reaktor Fukushima
Jepang Berusaha Tutup Kebocoran
Saya Bertanya-tanya Apakah Pagi Akan Datang
Gempa Guncang Fiji
Libya Hari Ini
Pemberontak Libya Terpukul Mundur
Libya Belum Menentu
Pasukan Khadafi Bombardir Kota Zintan
Massa anti Qaddafi Rebut Kembali Brega
Gara-gara Perang Libya, Negara-negara Arab Untung Ratusan Juta Dolar AS
Pantai Gading
Ouattara Bantah Telah Bantai Warga Sipil (Pantai Gading)