1 ) Eh Ada Pancasila Online
http://www.antaranews.com/berita/253488/eh-ada-pancasila-online

Sabtu, 9 April 2011 17:44 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada Yogyakarta merintis pengembangan portal komunitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dengan meluncurkan “Pancasila online.” “Portal komunitas pembelajaran yang beralamat di http://www.e-pancasila.web.id itu dapat diakses oleh siswa dan guru dalam memudahkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di sekolah,” kata penggagas Pancasila online, Heri Santoso di Yogyakarta, Sabtu. Usai peluncuran Pancasila online, ia mengatakan portal tersebut berusaha memfasilitasi para guru dalam mengoptimalkan pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif di dunia maya dengan manfaatkan teknologi informasi.
“Kami mengundang para guru dan murid PKn dan mata pelajaran lain untuk bergabung dalam portal tersebut. Kami yakin media e-learning itu akan sangat bermanfaat,” kata peneliti Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM itu. Menurut dia, hasil penelitian yang telah dilaksanakan tim peneliti PSP UGM pada 2010 terhadap delapan SLTA di salah satu kabupaten di DIY menunjukkan pembelajaran PKn oleh guru cenderung bersifat konvensional dan belum mengoptimalkan pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif.

…dst

2 ) Puluhan Juta Menanti Peserta Workshop Wirausaha
http://www.jpnn.com/read/2011/04/09/89124/Puluhan-Juta-Menanti-Peserta-Workshop-Wirausaha-

Sabtu, 09 April 2011 , 13:22:00
JAKARTA – Workshop wirausaha sebagai bentuk tanggung jawab sosial INDOPOS (JPNN Group) yang menggandeng sponsorship kali ini memasuki tahun ke-5. Kerja bareng tersebut sudah berlangsung sejak 2007. Setiap tahun INDOPOS terus berikhtiar menyelenggarakan workshop untuk memotivasi sekaligus melahirkan wirausahawan-wirausahawan andal. Paling tidak, semangat berwirausaha di kalangan anak muda yang notabene adalah mahasiswa terus berkembang. Sudah bukan zamannya lagi sarjana yang baru lulus mencari lapangan pekerjaan. INDOPOS mendorong para anak muda ini menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri dan orang lain.
Kalau seorang penjual bakso yang pendidikannya pas-pasan saja berhasil menjalankan bisnis baksonya, mengapa seorang sarjana yang lebih terdidik dan bisa berpikir kreatif tidak bisa. Premis seperti inilah yang mendorong INDOPOS menggelar workshop. Kampus kita sekarang dipenuhi ribuan anak muda berbakat, kreatif, dan enerjik, Realitas ini dijumpai di momen roadshow ke berbagai universitas. Kalau dulu setelah lulus, seorang sarja bercita-cita bekerja di sebuah perusahaan yang baik. Namun seiring dengan banyaknya lulusan baru, lapangan kerja kian sedikit. Eksesnya statistika pengangguran melonjak sangat mencolok

…dst

Tambahan :
Workshop tersebut diselenggarakan di 7 Perguruan Tinggi mulai dari Tgl. 7 s/d 28 April 2011, lengkapnya silakan baca :
http://www.indopos.co.id/index.php/home/lain-lain/workshop/workshop-bakrieland-entrepreneurship-2011.html

>>>

3 ) Dicari, Penerima Australian Alumni Award 2011!
http://kampus.okezone.com/read/2011/04/08/373/443990/dicari-penerima-australian-alumni-award-2011

Sabtu, 09 April 2011 10:05 wib
JAKARTA – Kedutaan Besar Australia di Indonesia mencari para alumni perguruan tinggi di Negeri Kanguru untuk diberikan penghargaan bergengsi, Australian Alumni Award. Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty menjelaskan, program ini merupakan sebuah pengakuan atas sumbangsih signifikan dari warga Indonesia yang telah menuntut ilmu di Australia ketika mereka kembali ke Tanah Air. “Keberhasilan mereka membantu mengembangkan suatu platform untuk makin memperdalam hubungan pribadi antara Indonesia dan Australia,” ujar Greg seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (9/4/2011). Greg mendorong masyarakat Indonesia dan Australia untuk mengajukan nominasi alumni Australia yang berprestasi tinggi untuk penghargaan ini. Pengajuan nominasi dibuka mulai 9 April hingga 19 Mei 2011…cut…Rincian persyaratan nominasi dapat disimak di situs web alumni Australia http://www.ozmate.org. Pendaftaran nominasi juga dilakukan melalui laman ini hingga 19 Mei 2011. Pengumuan finalis dilakukan pada akhir Mei mendatang. Nama-nama pemenang akan dipublikasikan pada Juni 2011.(rfa)(rhs)

…dst

4 ) Universitas Brawijaya – LKBN Antara Didik Calon Jurnalis
http://www.antaranews.com/berita/253494/universitas-brawijaya–lkbn-antara-didik-calon-jurnalis

Sabtu, 9 April 2011 18:37 WIB
Malang (ANTARA News) – Universitas Brawijaya bekerja sama dengan Perum LKBN ANTARA untuk mendidik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) universitas itu menjadi calon jurnalis. Nota kesepahaman (MoU) kerja sama itu ditandatangani oleh Rektor Universitas Brawijaya Prof Yogi Sugito dan Direktur SDM dan Umum Perum LKBN ANTARA Dr Rajab Ritonga di Gedung FISIP Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. Menurut Rajab, dalam kerja sama tersebut para mahasiswa jurusan komunikasi magang di lingkungan Perum LKBN ANTARA di Surabaya atau di Jakarta selama satu hingga tiga bulan, tergantung penugasan dari kampusnya. “Kerja sama ini berlaku selama dua tahun dan selanjutnya bisa diperbarui kembali (diperpanjang). Sebelum menandatangani kerja sama dengan Universitas Brawijaya, Perum LKBN ANTARA juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa kampus,” ujarnya. Selain mendidik mahasiswa sebagai calon jurnalis, katanya, pihak FISIP Universitas Brawijaya akan mengundang karyawan/wartawan Perum LKBN ANTARA sebagai dosen tamu sebagai praktisi. FISIP Universitas Brawijaya juga bekerja sama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) serta sejumlah media cetak dan elektronik lokal.

…dst

5 ) Mulai Beredar Tawaran “Bocoran” Soal Unas
http://www.jpnn.com/read/2011/04/09/89146/Mulai-Beredar-Tawaran-

Sabtu, 09 April 2011 , 21:38:00
JAKARTA–Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengimbau kepada seluruh orang tua siswa atau peserta Ujian Nasional (Unas) untuk tidak mudah tergoda dengan adanya tawaran bocoran soal Unas. “Masyarakat khususnya orang tua harus yakin bahwa jangan sampai terjebak pada spekulasi-spekulasi yang menyatakan soal ujian itu bocor. Bahkan, saya juga menerima sms yang berbunyi “Pak ini ada tawaran soal. Kalau jawaban benar 25 persen, harganya sekian juta, kalau benar 50 persen sekian juta”,” ungkap Nuh di sela kunjungan ke percetakan soal Unas di Percetakan Balai Pustaka, Jakarta, Sabtu (9/4). Jika seandainya nanti di masyarakat atau di lapangan tetap ada dugaan soal bocor, lanjut Nuh, maka bisa diadukan ke pihak Kemdiknas. Pasalnya, mantan Menkominfo ini mengungkapkan, dalam pencetakan soal Unas kali ini pemerintah beserta dengan pengawas dan percetakan telah menaruh sebuah kode rahasia atau kode khusus yang melekat di setiap soal Unas.

…dst

6 ) Norman Simbol Puncak Kejenuhan Publik
http://www.antaranews.com/berita/253350/norman-simbol-puncak-kejenuhan-publik

Jumat, 8 April 2011 15:08 WIB
Gorontalo (ANTARA News) – Sosiolog dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) , Funco Tanipu, mengemukakan bahwa aksi goyang India yang diunggah ke laman YouTube dan seketika melejitkan nama Brigadir Satu (Pol) Norman Camaru merupakan simbol puncak kejenuhan publik pada umumnya.”Norman adalah simbol perlawanan publik yang jenuh bahkan muak dengan semua itu,” katanya di Gorontalo, Jumat. Menurut dia, publik akhir-akhir ini senang dengan hiburan karena jenuh dengan wacana media yang terus menerus mengangkat kasus korupsi, politik yang tidak etis, kriminal, dan contoh buruk dari elit seakan tiada pernah ada habisnya. Sebagai seorang polisi, menurut dia, Norman dinilai berhasil meruntuhkan kesan publik yang negatif kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) selama ini.
Polri, katanya, secara umum terkesan berjarak dengan publik, namun dengan aksi Norman di YouTube setidak-tidaknya membuat anggapan itu pupus seketika. “Namun, hal ini saya perkirakan hanya berlangsung sesaat,” ujarnya. Fenomena dukungan kepada Norman sekaligus mengukuhkan peran jejaring sosial, yang ternyata begitu penting dalam penyebaran informasi kepada publik. Ia menambahkan, fenomena tersebut sekaligus menjadi peringatan bagi media cetak yang hingga hari ini belum merambah dunia maya atau jejaring sosial.

>>>

7 ) Briptu Norman Temui Kapolri
http://www.antaranews.com/berita/253182/briptu-norman-temui-kapolri

Kamis, 7 April 2011 11:20 WIB
Gorontalo (ANTARA) – Brigadir satu (Pol) Norman Camaru, anggota satuan Brigade Mobil (Brimob) Gorontalo, Kamis, berangkat ke Jakarta untuk menemui Kapolri, Jendral Timur Pradopo.
Si Pelantun lagu lipsync India yang terkenal lewat situs Youtube ini, terbang ke Jakarta untuk memenuhi panggilan Kapolri. Kepala Satuan (Kasat) Brimob Polda Gorontalo, Ajun Komisaris Besar Pol (AKBP) Anang A. Sumpena belum mengetahui maksud panggilan Kapolri. Anang hanya mengatakan, kemungkinan panggilan itu masih terkait dengan aksi “gokil” yang dilakukan Norman. Sejak video lagu India yang dilakukan Norman di pos penjagaan Brimob, dia mengaku ikut kewalahan menerima banyak respon dan komentar, baik melalui ponsel pribadi maupun akun facebooknya.

…dst

8 ) Lima Juta Penduduk Indonesia Pecandu Narkoba
http://www.antaranews.com/berita/253507/lima-juta-penduduk-indonesia-pecandu-narkoba

Sabtu, 9 April 2011 19:36 WIB
Pamekasan (ANTARA News) – Sekitar lima juta lebih penduduk Indonesia terdata sebagai pecandu obat terlarang narkoba. “Dari jumlah ini sepertiga di antaranya sudah terjangkit HIV/AIDS akibat sering berganti jarum suntik dan seks bebas,” kata Penyuluh Badan Narkotika Nasional (BNN) Andi Prawira di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu. Ia mengemukakan hal itu dalam sosialisasi bahaya penggunaan obat terlarang di Islamic Centre Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yang juga dihadiri Wagub Saifullah Yusuf. “Dari kalangan remaja, jumlah pecandu narkota tercatat 1,5 juta. Bagi kami ini bukan persoalan besar lagi, tapi sudah menjadi bencana besar bagi anak bangsa di negeri ini,” kata Andi Prawira. Menurut Andi, dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia, DKI Jakarta tercatat sebagai daerah terbanyak masyarakatnya yang mengonsumsi narkoba, kemudian Jawa Barat, lalu Jawa Timur.

…dst

9 ) Sekilas Dalam Negeri
Pembobolan Citibank
Kementerian Pertahanan akan Teliti Posisi Rio Mendung di Sarwahita
Janji Kapolri: Tuntaskan Kasus Malinda Dee
KSAU: Rio Mendung Tak Terkait Malinda Dee
Panglima TNI: Rio Tidak Melanggar UU TNI
Kepala Staf AU : Tak Ada Larangan Anggota TNI Berbisnis
Nasib 19 Awak Indonesia yang dibajak 50 perombak Somalia
Tolong Pemerintah Segera Putuskan Harga Nego
Suami Disandera Perompak, Istri Kapten Kapal Sinar Kudus Depresi
Deplu: Kami Serius Bebaskan 20 ABK di Somalia
Keluarga Korban Perompak Mengadu
Tonton Video Porno Saat Sidang Parpurna
Politisi PKS, Video XXX, dan UU Pornografi
Yakin Arifinto Buka Folder, Fotografer Siap Bawa Bukti ke BK DPR
Buktikan Video Porno, Arifinto Ditantang Uji Digital Forensik
Tonton Video Porno Saat Sidang Parpurna, Arifinto Harusnya Mengundurkan Diri
Anggota DPR yang Menonton Film Porno Saat Sidang, Arifinto, Minta …
PKS: Badan Kehormatan Bisa Jatuhkan Sanksi
PKS: Arifinto Melanggar Syariah Partai
Tifatul Miris dengan Insiden Video Porno yang Terkait Kader PKS
Kebijakan Ekonomi dan Politik
Relokasi Pabrik Jepang, Indonesia Jangan Mau Kalah
SBY Tawarkan Kerja Sama Penanggulangan Bencana Kepada Jepang
Presiden Tawarkan “Peace and Security Center”
Ekonomi ASEAN Melambat, Sepakat Integrasikan Moneter
Dituding Tentang Perintah Presiden, Marzuki Siap Dicopot
Sehari Sri Mulyani ’’Pulang Kampung’’ dan Bereuni dengan SBY
UU ITE Lebih Kejam dari KUHP
Merapi Kembali Menggeliat
Merapi Kembali Menggeliat, Diprediksi Akan Muncul Kubah Baru
Kesehatan
Polusi dari Mobil Bisa Merusak Otak
Orangtua Kembar Siam Haru dan Bersyukur
Jepang Hari Ini
Kontaminasi Radioaktif Asal Jepang Capai Pakistan
Bocor radioaktif Fukushima belum reda
Jepang Sulit Keluarkan Sertifikat Bebas Radioaktif
Jepang Akan Rutin Laporkan Perkembangan Krisis Nuklir
China Larang Impor Produk Pertanian Jepang
Lagi, Jepang Diguncang Gempa
Metro TV Gelar Indonesia’s Sympathy for Japan
Jepang Puji Kepedulian Indonesia
Indonesia Minta ASEAN Bantu Jepang
ASEAN Galang Bantuan
Penembak Gilo
Pengunjung Swalayan Diberondong, Tujuh Tewas 11 Luka-luka, Penembaknya Bunuh Diri (Belanda)
Penembakan 12 Bocah di Sekolah Gemparkan Rio de Janeiro (Brazil)
Libya Hari Ini
NATO Paksa Jet Tempur Pemberontak Libya Mendarat
Pemberontak Balik Menyerang Pasukan Khadafi di Misrata
NATO Hancurkan 17 Tank Libya di Misrata dan Brega
NATO Salah Sasaran Lagi
Gaddafi Dikabarkan Tinjau Sekolah di Tripoli
Wartawan Rusia Akhirnya Dibebaskan
Sejumlah Pemimpin Afrika ke Libya Upayakan Gencatan Senjata
Penyidik HAM PBB Mulai Penyelidikan di Libya
Pembekuan Aset Libya Oleh AS Melebihi 34 Miliar Dolar