1 ) Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest
Tim Robotika Unikom Borong Tiga Gelar
http://www.pikiran-rakyat.com/node/141160


10/04/2011 – 21:45
BANDUNG, (PRLM).- Tim Robotika Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung kembali membawa gelar juara dari pertandingan tingkat perguruan tinggi se-dunia. Tim tersebut mengikuti 18th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest, di Harford, Connecticut, Amerika Serikat, pada 9 dan 10 April 2011. Dari pos-el (email) yang diterima “PRLM”, Minggu (10/4), dari tiga robot yang diturunkan pada dua kategori pertandingan internasional itu, dua di antaranya meraih juara 1, serta satu robot lainnya berhak atas posisi kedua. Pada kategori Robowaiter kelas expert (advance), robot Unikom dengan nama DU99 RWE keluar menjadi juara pertama. Sedangkan pada kategori Robowaiter kelas standard, Tim Robotika Unikom menguasai peringkat satu dan dua, melalui robot DU 99RWS dan DU99 RWS4.
Namun, tim yang dikomandoi oleh Yusrila Kerlooza itu masih akan menghadapi pertandingan lain di 2011 Robogames, di San Mateo, California, AS, pada 15-17 april mendatang. “Terima kasih atas doa dan dukungannya. Mohon doa untuk robot lain di Robogames Jumat-Minggu di San Francisco,” ucap Yusrila. Pada pertandingan terbuka kelas dunia itu, Tim Robotika Unikom akan menurunkan tujuh robot andalan di lima kategori berbeda. (A-196/A-88)***

>>>

2 ) Rp600 Juta untuk 30 Mahasiswa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/392114/

Monday, 11 April 2011
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun ini kembali mendapatkan kepercayaan dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) untuk melaksanakan program mahasiswa wirausaha (PMW). Kali ini, UGM akan mencari 30 mahasiswa untuk dicetak menjadi mahasiswa berjiwa wirausaha. Jumlah mahasiswa yang akan dicetak tersebut lebih sedikit dibandingkan 2010. Sebab, dana yang disediakan oleh Dikti juga turun.”Kali ini UGM hanya memperoleh dana sebesar Rp600 juta untuk pelaksanaannya,” kata Ketua Program Mahasiswa Wirausaha UGM Ibnu Wahid FA usai acara sosialisasi PMW 2011 kemarin. Menurut Ibnu, untuk tahun ini proses seleksi penerima dana PMW akan berlangsung lebih ketat. Seleksi dilakukan dalam empat tahap, yakni kuisioner soft skills, dis-seleksi, seleksi bootcamp, dan terakhir seleksi business plan

…dst

3 ) Mahasiswa Ekowisata IPB Praktikum di Gunung Walat
http://www.antaranews.com/news/253609/mahasiswa-ekowisata-ipb-praktikum-di-gunung-walat

Minggu, 10 April 2011 19:59 WIB |
Gunung Walat (ANTARA News) – Sebanyak 60 mahasiswa Program Diploma Keahlian Ekowisata Institut Pertanian Bogor melaksanakan praktikum mata kuliah wisata kesehatan, rekreasi taman, dan perkemahan di Hutan Pendidikan Gunung Walat, Desa Cicantayan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ketua Program Keahlian Ekowisata Institut IPB Ir Tutut Sunarminto, M.Si didampingi dosen pembimbing Dr Ir Ricky Avenzora, M.Sc kepada ANTARA, di sela kegiatan itu, menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan selama empat hari, 7-10 April 2011. “Kegiatan yang dikemas melalui perkemahan mahasiswa ini, sekaligus untuk pelaksanaan ujian mata kuliah tersebut, dan ini adalah terobosan baru, karena ujian dilaksanakan tidak di dalam kelas di kampus,” katanya. Menurut dia, Program Keahlian Ekowisata Program Diploma melaksanakan metode tersebut untuk pertama kalinya pada 2011, dan ternyata disambut antusias para mahasiswa.

…dst

4 ) Program Kuliah `On Air` Civica FM Siap Diluncurkan
http://www.antaranews.com/berita/253665/program-kuliah-on-air-civica-fm-siap-diluncurkan

Senin, 11 April 2011 06:56 WIB
Gorontalo (ANTARA News) – Program kuliah `On Air` yang diniisiatifi oleh radio Civica FM Universitas Negeri Gorontalo (UNG), siap untuk diluncurkan. Direktur Program Civica FM, Citra Dano Putri, mengatakan kuliah perdana secara `On Air` ini, akan mulai diluncurkan pada Senin (11/4) besok. ” Akan tampil mengisi kuliah perdana, adalah dosen fakultas sastra dan Budaya,” Ujar Citra, Minggu. Dia mengatakan, melalui pemberian materi kuliah yang disiarkan melalui studio Civica ini, diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran mahasiswa. Melalui program kuliah `On Air`, lanjutnya, setiap mahasiswa dapat menyimak materi kuliah yang disampaikan oleh dosen dimanapun mereka berada, dengan memantau siaran radio. Dia mengatakan, program ini bertujuan untuk mengefektifkan pembelajaran, serta memutus persoalan jarak yang biasanya menjadi kendala mahasiswa.

…dst

5 ) Dongkrak Nilai Ujian Bakal Dikenai Sanksi
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/04/10/brk,20110410-326381,id.html

MINGGU, 10 APRIL 2011 | 13:36 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Kementerian Pendidikan Nasional memastikan akan memberikan sanksi bila terjadi manipulasi nilai ujian sekolah siswa. “Kalau ada manipulasi untuk dongkrak nilai ujian jelas ada sanksinya,” kata Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tempo, Ahad 10 April 2011.Sanksinya antara lain berupa sanksi administratif bagi kepala sekolah. Siswanya juga akan diberikan sanksi. “Sanksi akademik bagi yang ketahuan melakukan kecurangan dengan penghapusan nilai ujian sekolahnya,” tegas Nuh. Ujian Nasional akan berlangsung 18-21 April mendatang sementara ujian akhir sekolah telah diadakan sebelum itu. Untuk tahun ini, penentuan kelulusan siswa akan didasarkan pada dua komponen nilai yaitu ujian nasional dan ujian akhir sekolah.

…dst

6 ) UN Pakai Soal Berkode Khusus
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/392115/

Monday, 11 April 2011
JAKARTA– Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan menggunakan soal berkode khusus untuk pelaksanaan ujian nasional (UN) 2011. Dengan kode khusus ini, diharapkan dapat mengantisipasi kebocoran dan tertukarnya materi soal. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan,kode khusus tersebut hanya diketahui oleh Kemendiknas, pengawas, dan percetakan. Dengan kode itu, ujarnya, akan diketahui apakah ada kebocoran soal yang sengaja dibisniskan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab atau tidak.”Dengan kode itu, kami bisa membedakan apakah soal itu asli atau palsu,” tegas Nuh di Jakarta kemarin. Mendiknas mengatakan, pencetakan soal untuk UN SMA dan SMK sudah selesai. Jumlah soal yang dicetak mencapai jutaan lembar.Nuh mencontohkan, khusus untuk SMA/SMK di DKI Jakarta, ada sekitar 8 juta eksemplar soal UN yang dicetak.

…dst

7 ) Hikmahanto Desak Pemerintah Segera Tumpas Perompak Somalia
http://www.detiknews.com/read/2011/04/11/012034/1612954/10/hikmahanto-desak-pemerintah-segera-tumpas-perompak-somalia?n991103605

Senin, 11/04/2011 01:20 WIB
Jakarta – Kapal kargo ‘Sinar Kudus’ dibajak saat berlayar di lepas pantai Somalia sebulan lalu. Namun hingga kini pemerintah belum bertindak menyelamatkan ke-20 anak buah kapal (ABK) yang berada di kapal tersebut. Atas lambannya pembebasan ini, Guru Besar Hukum Internasional UI, Depok, Hikmahanto Juwana meminta pemerintah segera bertindak tegas. “Sebaiknya bawahan Presiden sigap mengambil tindakan. Tidak perlu defensif atau saling melempar tanggung jawab, bahkan berwacana. Bila tidak Presidenlah yang akan menuai kritik dari publik,” kata Hikmahanto kepada detikcom, Minggu, (10/4/2011). Menurut Hikmahanto, instansi yang bertanggung jawab tidak boleh menunggu sampai ada korban jiwa. “Apakah karena yang dilakukan penyandera ataukah karena kekurangan logistik dan obat-obatan,” tandasnya.

…dst

8 ) Surat Putri Nakhoda MV Sinar Kudus untuk Presiden SBY
http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/04/10/ljfhpn-surat-putri-nakhoda-mv-sinar-kudus-untuk-presiden-sby

Minggu, 10 April 2011 15:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Rezky Judiana, putri dari nakhoda kapal MV Sinar Kudus telah mengirim surat permohonan agar pemerintah segera mengurus pembebasan ayahnya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Berikut surat dari Rezky, yang kini tersebar luas di situs jejaring sosial Twitter;
Assalamualaikum Pak Presiden,
Melalui jejaring media ini, saya Rezky (Kiki), seorang mahasiswi. Saya memiliki permohonan, untuk Bapak membaca pesan ini.
Ayah saya (Slamet Juari) dan 19 ABK sudah sebulan menjadi korban penyanderaan perompak Somalia, sejak tanggal 16 Maret 2011.
Sampai sekarang mereka pun masih di tengah perairan dengan persediaan makanan yang menipis. Saya hanya ingin suatu kebijakan dari Indonesia untuk membebaskan Ayah dan 19 ABK-nya. Saya berfikir Indonesia lambat dalam menangani masalah ini, entah itu adalah pemikiran saya yang salah, atau mungkin, diam adalah sebuah strategi.

…dst

9 ) Perompak Somalia Bisa Naikkan Tebusan Menjadi Rp 81 Miliar
http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2011/04/10/brk,20110410-326439,id.html

MINGGU, 10 APRIL 2011 | 19:04 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Kapal Sinar Kudus milik PT Samudera Indonesia yang dibajak perompak Somalia di Semenanjung Arab ditaksir mengangkut muatan nikel senilai Rp 1,4 triliun. Namun kini nasib pembebasan sebanyak 21 awak kapal tak menentu. Sejak 16 Maret lalu, para pembajak Somalia meminta tebusan sebesar US$ 2,6 juta. Karena tak ditanggapi, pembajak terus meningkatkan tebusannya menjadi US$ 3,5 juta sekitar Rp 31 miliar. “Mereka bisa menaikkannya menjadi US$ 9 juta sekitar Rp 81 miliar,”kata Slamet Juari, Kapten Kapal Sinar Kudus saat menghubungi Tempo Jumat, 8 April. Menurut Juari, kondisi 20 anak buah kapal kian mengkhawatirkan. Sebagian diantaranya terkena diare. Para perompak, kata dia, hanya mau membebaskan sandera apabila tuntutannya dipenuhi.

…dst

10 ) Popularitas Instan Berkat Internet
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/392261/38/

Monday, 11 April 2011
JAKARTA– Materi lucu, unik, serta melawan logika membawa Sinta dan Jojo, Bona Paputungan, serta Briptu Norman menggapai popularitas dalam waktu singkat. Pertumbuhan internet juga berandil dalam kesuksesan mereka. Hanya dalam hitungan hari setelah video mereka terunggah ke situs berbagi video Youtube, publik meresponsnya sangat cepat. Selama satu pekan, video Briptu Norman Kamaru yang bertajuk “Polisi Gorontalo Menggila” sudah ditonton lebih dari 1,4 juta orang. Video lipsync Sinta dan Jojo hingga kini sudah ditonton oleh lebih dari 6,5 juta orang. Sementara video “Andai Aku Jadi Gayus Tambunan” milik Bona Paputungan menarik perhatian lebih dari 490.000 penonton.

…dst

11 ) Produk China di Setiap Lini
http://cetak.kompas.com/read/2011/04/11/03194964/produk.china.di.setiap.lini

11 April 2011
Jakarta, Kompas – Setelah satu tahun Perjanjian Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-China (ACFTA) diberlakukan, Januari 2010, produk China praktis menguasai setiap lini di negeri ini. Kualitas seadanya, tetapi harganya yang murah meriah membuat produk China laku keras. Kondisi itu terlihat dari data dan pantauan lapangan yang dihimpun Kompas sepanjang pekan lalu. Data menunjukkan, per akhir 2010, neraca perdagangan Indonesia-China defisit di pihak Indonesia. Nilai ekspor Indonesia ke China 49,2 miliar dollar AS, sementara nilai impor dari China sebesar 52 miliar dollar AS.

…dst

12 ) ASEAN-China FTA: Pemerintah Abai?
http://cetak.kompas.com/read/2011/04/11/03235537/asean-china.fta.pemerintah.abai

FAISAL BASRI 11 April 2011
Ekspor nonmigas Indonesia ke China meningkat tajam dari 8,9 miliar dollar AS pada 2009 menjadi 14,1 miliar dollar AS pada 2010. Hal itu berarti, setahun pelaksanaan Perjanjian Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN-China (ASEAN-China Free Trade Agreement/ACFTA), kita membukukan pertumbuhan ekspor nonmigas ke China dengan cukup menakjubkan, 58,4 persen. Tahun 2010 itu juga China menjadi tujuan ekspor terbesar kedua bagi Indonesia, menggeser posisi Amerika Serikat yang sekarang di urutan ketiga.

…dst

13 ) Bara Api Muncul Lagi
http://cetak.kompas.com/read/2011/04/11/0323097/bara.api.muncul.lagi

11 April 2011
YOGYAKARTA, KOMPAS – Proses erupsi Gunung Merapi tahun 2010 belum sepenuhnya berhenti karena dalam dua hari terakhir Merapi menunjukkan peningkatan aktivitas. Bahkan, bara api magma Merapi terpantau kamera CCTV pada 25 Maret lalu. Pengamat Gunung Merapi Posko Kaliurang Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Triyono, Minggu (10/4), melaporkan, sejak Kamis lalu aktivitas Gunung Merapi meningkat dan muncul gempa vulkanik yang frekuensinya terus meningkat hingga Sabtu.

…dst

14 ) Sekilas Dalam Negeri
Ketua MK
Ketua MK Minta Pemerintah Serius Tangani Korupsi Pejabat
Mahfud MD Sindir SBY
Video Porno
Video Porno Menggoyang Kredibilitas PKS
Situs Porno Tidak Bisa Diblokir 100%
Kominfo akan Usut Anggota FPKS Nonton Video Porno
Dewan Syariah PKS Panggil Ahli IT Periksa Video Porno Arifinto
Ada 60 Frame Foto Arifinto Asyik Tonton Video Porno
Bintang Porno Luar Negeri Sindir Arifinto
Pembobolan Bank
Bawazier: Mafia Perbankan Bermarkas di Kekuasaan
Pernyataan “TNI Boleh Berbisnis” Perlu Diluruskan
Asal Dana Nasabah Korban Malinda Harus Dilacak
Kemhan Akan Teliti Posisi Rio di Sarwahita (perusahaan Malinda)
Khawatir Jadi Korban, Nasabah Incar Bank Syariah
Perompak Somalia
Hikmahanto Desak Pemerintah Segera Tumpas Perompak Somalia
Surat Putri Nakhoda MV Sinar Kudus untuk Presiden SBY
Nasib ABK Sinar Kudus Belum Jelas
Negosiasi Tebusan dengan Perompak Somalia Masih Alot
TNI Pelajari Kemungkinan Pembebasan Kapal di Somalia
ACFTA
Tidak Serius Hadapi ACFTA
ASEAN-China FTA: Pemerintah Abai?
Pendidikan Menengah
Curang, Nilai Unas Dihapus
Semua Guru SLTP/SLTA Sumbar Terkualifikasi S-1/D-IV Pada 2013
Kesehatan
Autis Bukan Penyakit
Ribka: Jangan Biarkan Asing Kuasai Industri Kesehatan
Pengajaran utk TNI
Tak Bayar Tiket, 30 Anggota TNI Diturunkan Paksa dari Kereta
30 Oknum TNI Diturunkan Paksa
Lain-Lain
Briptu Norman Dapat Sambutan Meriah
Heboh Ulat Bulu Merambah Bali
Libya Hari Ini
Usul Perdamaian Uni Afrika Diterima Pemerintah Libia
NATO Hancurkan 17 Tank Tentara Qadaf …
Penengah Uni Afrika Tiba di Tripoli
Pemberontak Libya Kian Terdesak
NATO Serang Misrata
Pasukan Khadafi Kembali Luncurkan Serangan
Uni Afrika Bertemu Qadafi dan Kelompok Oposisi, Mau Damaikan Kedua Pihak
Pasukan Qadafi Serang Ajdabiyah. Sniper Mengincar Kepala Tentara Oposisi
Lho Kok…Korut Minta Warganya di Libya Jangan Pulang
Jepang Hari Ini
PM Jepang Sesalkan Radiasi
Naoto Kan: Kami Tak Akan Meninggalkan Anda
Bocor Radioaktif Fukushima belum Teratasi
Ditemukan, Ikan Tercemar Radioaktif Cesium
Mesir
Mubarak Terpaksa Pilih Pengacara Asing
Mubarak: Saya Sakit Hati Difitnah
Jaksa Agung Mesir Panggil Mubarak, Dua …
Suriah dan Gaza
Suriah Membara, 19 Polisi Tewas
Aktivis HAM: Pasukan Suriah Bunuh 28 Pemrotes
Jordania Kutuk Serangan Israel di Gaza