Robot Mengharumkan Nama Indonesia
http://www.dikti.go.id/

Written by Informasi dan Pelaporan
Monday, 11 April 2011 12:48

Jakarta, 11 April 2011-Tim robot dari Indonesia berhasil menjuarai kompetisi robot Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest di Hartford, Connecticut, AS, 9-10 April 2011. Tim ini berasal dari tim robot UNIKOM ,Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gajah Mada.

Ketua Tim Robotik Unikom, Yusrilla Kerlooza mengatakan bahwa timnya berhasil menjadi juara 1 di kelas advance serta juara 1 dan 2 di kelas standard dalam kategori RoboWaiter. RoboWaiter adalah kategori dimana robot-robot tersebut harus bisa menjadi pelayan bagi manusia.Pada kategori Robowaiter kelas expert (advance), robot dengan nama DU99 RWE keluar menjadi juara pertama. Sedangkan pada kategori Robowaiter kelas standard, Tim Robotika Unikom menguasai peringkat satu dan dua, melalui robot DU 99RWS dan DU99 RWS4.

Dua robot buatan mahasiswa ITB yang mewakili jenis robot berkaki (legged robot) meraih kemenangan di hari kedua. Kedua robot yang diberi nama Zarqun dan ASA masing-masing juara 1 dan 2 kategori Walking Robot.

Sementara dua robot buatan mahasiswa UGM yang mewakili Indonesia di kategori Senior Wheeled Robot juga meraih juara. Dua robot beroda yang diberi nama Koplax dan Iron masing-masing juara 1 dan 2.