1 ) Pemenang Ditunggu Beasiswa di Tanah Air
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/392737/38/

Wednesday, 13 April 2011
JAKARTA – Prestasi membanggakan diraih tiga kampus yaitu Universitas Gadjah Mada, InstitutTeknologi Bandung,dan Universitas Komputer Indonesia (Unikom) pada ajang TrinityCollegeFire- FightingRobot Contest di Hartford City, Connecticut, Amerika Serikat (AS). Kemenangan ini membuktikan, Indonesia sebagai negara berkembang berhasil mengaplikasikan teknologi robot di jenjang perguruan tinggi. Sepulangnya di Tanah Air nanti, penyambutan langsung dipimpin oleh Mendiknas Muhammad Nuh.Mereka yang menang akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Pada kontes yang berlangsung 9–10 April lalu, robot ciptaan mahasiswa Fakultas Teknik UGM, Luiz Rizki Ramelan, Farid Inawan, dan Noer Azis Ismail menang dalam kompetisi adu cepat mencari dan memadamkan lilin kategori robot beroda. Robot bernama Koplak dan Iron Fire ciptaan mahasiswa UGM berhasil meraih juara pertama dan kedua,menyisihkan pesaing dari 41 tim internasional lain.Kemenangan tim UGM juga diikuti tim dari ITB dan Unikom Bandung dalam kategori lomba berbeda pada kompetisi robot internasional yang digelar ke-18 kalinya tersebut. Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas Suryo Hapsoro Tri Utomo mengatakan, tim robotika ini memang telah melalui masa seleksi di tingkat perguruan tinggi,regional,dan nasional.

…dst

2 ) Rektor UGM Disomasi terkait Kartu Identitas Kendaraan
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/04/12/217399/293/14/-Rektor-UGM-Disomasi-terkait-Kartu-Identitas-Kendaraan

YOGYAKARTA–MICOM: Pokja Akuntabilitas Pendidikan Tinggi (Pati), yang terdiri dari Forum LSM DIY, WALHI DIY, ICM, LBH Yogyakarta melayangkan somasi terbuka kepada rektor UGM. Somasi tersebut terkait dengan peraturan yang diterbitkan Rektor UGM, tentang pemberlakuan kartu Identitas kendaraan (KIK) bermotor di kawasan kampus UGM.
Keputusan rektor UGM itu dikeluarkan itu sejak 29 Juni 2010. Kebijakan tersebut diberlakukan tidak hanya bagi civitas akademika UGM. namun, berlaku juga untuk masyarakat umum yang melintas di wilayah UGM yang dikutip Rp1.000 setiap kali melintas di kawasan utama UGM, seperti di bunderan UGM. Berdasarkan data Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Kementerian Keuangan RI, UGM belum mendapatkan penetapan sebagai lembaga yang berstatus Badan Layanan Umum (BLU). “Kebijakan KIK itu, bertentangan dengan UU Nomor 20 Tahun 1997, tentang penerimaan Negara bukan pajak,” ungkap Irsyad, Direktur LBH Yogyakarta, Selasa (12/4).

…dst

3 ) Penolakan Gedung Baru dari Akademisi Meluas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/392719/

Wednesday, 13 April 2011
JAKARTA – Penolakan dari kalangan cendekiawan terhadap rencana pembangunan gedung baru DPR kian meluas. Namun, pimpinan DPR tetap mengabaikannya. Proyek terus berlanjut. Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan mengatakan, lebih baik para wakil rakyat melakukan evaluasi personal dan koreksi internal soal etika kemudian memperbaikinya dari pada bersikukuh melanjutkan pembangunan gedung baru.”Seharusnya mereka (para anggota DPR) memahami bahwa mereka sedang jadi sorotan. Di luar kontroversi gedung baru ini, banyak pula kasus yang membuat etika DPR dinilai lemah. Dengan kondisi seperti ini, kenapa pembangunan gedung baru tetap diteruskan?” ujarnya di Jakarta kemarin. Dia lalu menyebut beberapa kasus di DPR yang memancing kegemasan publik seperti studi banding ke luar negeri, anggota yang menonton video porno saat rapat, dan lainnya.”Saya ingin mengatakan bahwa etika itu harus dibangun. Bila ada kekeliruan fatal maupun hal yang berpotensi keliru, tentu harus dikoreksi,” katanya.

…dst

4 ) Jatuh dari Plafon FKUI, Konsultan Arsitektur Tewas
http://www.tempointeraktif.com/hg/jakarta/2011/04/12/brk,20110412-326997,id.html

SELASA, 12 APRIL 2011 | 18:51 WIB
Besar Kecil NormalTEMPO Interaktif, Jakarta -Revianti Oksinta, konsultan arsitektur CV Noesis, tewas seketika setelah terjatuh dari plafon setinggi 7 meter di ruang diskusi Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, pada Selasa 12 April 2011 pukul 12.45. ” Korban jatuh telentang dengan kepala miring ke kanan,” ujar saksi mata bernama Satam, 43 tahun, pegawai kebersihan Departemen Fisiologi FKUI. Kata Satam, darah keluar dari kepala dan hidung korban. “Dia (Revianti) langsung digotong ke IGD RSCM,” kata pria yang sudah mengabdi 20 tahun di FK UI itu. Sayangnya, kata Satam, nyawa Revianti tidak tertolong. “Dia tewas di tempat.” Menurut Satam, kala itu Revianti berniat meninjau pembangunan laboratorium terpadu dengan melewati langit-langit atau plafon ruang diskusi Departemen Fisiologi FK UI. Jalur plafon ini memang sering dipakai teknisi gedung jika ada AC atau listrik mati. “Ia naik dengan tangga alumunium kemudian naik lagi ke dak dari kayu,” katanya.

…dst

5 ) Pemerintah Kaji Pendirian Pendidikan Perfilman
http://www.antaranews.com/news/253870/pemerintah-kaji-pendirian-pendidikan-perfilman

Selasa, 12 April 2011 15:38 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata sedang mengkaji untuk membuka sejumlah pendidikan tinggi perfilman di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan SDM di bidang perfilman dan sinematografi yang kian tinggi. “Banyak SDM yang kini bergerak di dunia perfilman tidak didasari pengetahuan akademis tentang film, sebagian lulusan SMP, SMA, dan hanya sedikit yang sarjana,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Kebudayaan dan Pariwisata Kemenbudpar, I Gde Pitana, di Jakarta, Selasa. Ia mengatakan, pihaknya telah menggandeng sejumlah pihak untuk mengkaji pendirian perguruan tinggi perfilman di Indonesia. Beberapa insan dari dunia perfilman pun dilibatkan untuk memberikan saran khususnya sejumlah dosen di program studi/jurusan film dan televisi di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). “Saat ini kami sedang dalam upaya mengkaji untuk pengembangan program studi perfilman di beberapa perguruan tinggi,” kata Pitana. Menurut dia, ada beberapa alternatif yang bisa dikembangkan yakni membuat fakultas baru di perguruan tinggi yang sudah ada sebelumnya, membuat program studi perfilman di beberapa jurusan komunikasi di universitas tertentu seperti di UGM, UI, atau Unpad, hingga mengembangkan media studies di ISI (Padangpanjang, Bandung, Solo, dan Yogyakarta).

…dst

6 ) ITS Miliki Rektor Baru Mulai 13 April
http://www.antaranews.com/berita/253942/its-miliki-rektor-baru-mulai-13-april

Selasa, 12 April 2011 23:41 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya memiliki rektor baru mulai 13 April yakni Prof Dr Triyogi Yuwono DEA. “Rabu (13/4) pukul 10.00 WIB, beliau dilantik bersama empat Rektor PTN lainnya,” kata staf khusus Mendiknas, Sukemi, kepada ANTARA per telepon dari Surabaya, Selasa. Ketika dihubungi ANTARA saat berada di Jakarta, ia menjelaskan pelantikan dilakukan untuk lima orang rektor dan seorang Direktur Politeknik Tanjungpura. “Lima rektor PTN adalah Rektor ITS, Unpad, UNS, Universitas Singaraja, dan sebuah PTN lagi di Kalimantan,” katanya. Bahkan, kata alumni ITS Surabaya itu, Prof Triyogi akan disambut 200-an dosen di Bandara Juanda Surabaya. “Rencananya, Prof Triyogi yang juga penggemar sepada onthel (sepeda angin/pancal) itu akan bersepeda onthel dari Juanda ke kampus,” katanya. Pemilihan Rektor ITS Surabaya itu sempat menimbulkan polemik terkait terpilihnya Prof Triyogi Yuwono sebagai Rektor ITS Surabaya untuk periode 2011-2015, padahal Senat ITS semula memenangkan Prof Priyo Suprobo, sehingga 12 anggota Senat menggugat ke MA.

…dst

7 ) Italia Beri Beasiswa Bagi WNI
http://www.antaranews.com/news/253944/italia-beri-beasiswa-bagi-wni

Selasa, 12 April 2011 23:47 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah Italia membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia (WNI) untuk mengikuti seleksi program beasiswa pendidikan di Italia, demikian pernyataan dari Kedutaan Besar Italia di Jakarta, Selasa. Beasiswa pada tahun ajaran 2010-2011 tersebut terdiri atas program setingkat Sarjana, Pascasarjana, Doktoral, kursus spesialisasi, kursus bahasa, serta budaya Italia yang diselenggarakan di berbagai universitas dan institusi pendidikan di Italia, kata pernyataan itu. Sejak diadakan pada 2003, program beasiswa pendidikan ini telah diberikan kepada ratusan WNI yang telah memenuhi persyaratan dan diseleksi oleh Komite Gabungan Bersama Indonesia-Italia. Bantuan beasiswa ini diharapkan dapat menumbuhkan interaksi positif dalam pertukaran bahasa, budaya, dan ilmu pengetahuan antarkedua negara sekaligus meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk sekolah di Italia.

…dst

8 ) Pengadilan Tegur Menkes, BPOM, dan IPB
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/392717/

Wednesday, 13 April 2011
JAKARTA– Pengadilan Negeri Jakarta Pusat merilis peringatan kepada Menteri Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta Institut Pertanian Bogor (IPB) agar segera mengumumkan merekmerek susu formula yang mengandung bakteri berbahaya Enterobacter sakazakii. Ini sesuai putusan Mahkamah Agung (MA) pada 2010. Atas teguran tersebut, ketiga pihak diperintahkan hadir di PN Jakpus pada Selasa (26/4) untuk mengambil surat peringatan ini.”Mereka harus datang menghadap kami sebagai pimpinan PN terkait hal ini,” ungkap Ketua PN Jakarta Pusat Syahrial Sidik.Pihaknya telah membuat penetapan menyangkut pemanggilan ini kemarin. Syahrial mengatakan, selambat-lambatnya delapan hari sejak peringatan diterima, ketiga pihak wajib melaksanakan putusan MA. Dalam pertimbangannya, Syahrial mengatakan, penetapan dikeluarkan karena tidak ada pihak yang mengajukan peninjauan kembali (PK) atas putusan MA.Dengan begitu,putusan tersebut sudah berkekuatan hukum tetap. Diberitakan sebelumnya, seorang warga masyarakat bernama David Tobing yang juga seorang pengacara mengajukan gugatan pada Kementerian Kesehatan, IPB, dan BPOM pada 2008.

…dst

9 ) Digugat Soal Susu, Menkes Siap ke Pengadilan
http://nasional.vivanews.com/news/read/214420-digugat-soal-susu–menkes-siap-ke-pengadilan

SELASA, 12 APRIL 2011, 21:52 WIB
VIVAnews – Menteri Kesehatan (Menkes), Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan siap memenuhi panggilan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat soal gugatan susu formula yang mengandung bakteri Enterobacter Sakazakii. “Kalau dipanggil, ya kita harus datang,” kata Endang, di Kantor Presiden, Selasa 12 April 2011. Hanya saja, menurut Endang, perlu dicermati panggilan tersebut ditujukan kepada siapa. “Kalau yang dipanggil menteri, ya saya akan datang. Tapi, kalau kementerian yang dipanggil, saya bisa mewakilkan,” ujar dia.

…dst

10 ) Pojok BEI, Ajang Mahasiswa Kenal Bursa
http://kampus.okezone.com/read/2011/04/12/373/444965/pojok-bei-ajang-mahasiswa-kenal-bursa

Selasa, 12 April 2011 11:13 wib
JAKARTA – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mendirikan Pojok Bursa Efek Indonesia untuk memperkenalkan dunia pasar modal Indonesia kepada para mahasiswa. “Pojok BEI berguna selain untuk memperkenalkan pasar modal Indonesia, juga mempersiapkan mereka untuk dapat berkecimpung di dunia pasar modal Indonesia. Karena, kita masih sangat membutuhkan sumber daya manusia guna mengembangkan dunia pasar modal Indonesia,” kata Direktur Utama BEI Ito Warsito kala ditemui dalam acaraOfficial Launch OSK Investment Challenge Indonesia(campus edition), di Hotel Kempinsky, Jakarta, Selasa (12/4/2011). Lebih lanjut Ito menjelaskan, saat ini BEI sudah memiliki 14 pusat informasi yang tersebar di empat lokasi di luar Jakarta, dan 10 lokasi di luar Jawa. “Kami berharap, dengan adanya pusat informasi ini orang-orang yang tadinya memiliki deposito di perbankan, menjadi beralih untuk berkecimpung di dunia pasar modal Indonesia,” ujar Ito mengimbuhkan. Rencananya, BEI juga akan membuka pusat informasi tersebut di wilayah Timur Indonesia, yakni Sulawesi dan Bali, serta menjajaki pembukaan pusat serupa di wilayah Nusa Tenggara dan Sumatra.

…dst

11 ) Saintifikasi Jamu Harus Berkelanjutan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/392716/

Wednesday, 13 April 2011
JAKARTA– Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Litbang Kemenkes) kini terus mendalami pembuktian ilmiah terhadap khasiat atau saintifikasi jamu. Kepala Litbang Kemenkes Trihono mengatakan, pihaknya kini sedang meneliti empat jenis ramuan, yakni ramuan untuk hipertensi (darah tinggi),hiperurisemia (asam urat), hyperinsulinemia (kelebihan gula darah), dan hiperkolesterol (kelebihan kolesterol). Dia menyebutkan, saintifikasi jamu akan dilakukan bertahap karena banyak sekali jenisnya. “Tahun ini ada empat, kalau itu selesai, tahun depan akan diteliti empat lagi,” ungkap Trihono di Jakarta, Senin (11/4).

…dst

12 ) Opsi Selamatkan ABK
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/392734/38/

Wednesday, 13 April 2011
Oleh HIKMAHANTO JUWANA, Guru Besar HI FHUI

Pembajakan terhadap kapal laut berbendera Indonesia MV Sinar Kudus dan penyanderaan para anak buah kapal (ABK) segera memasuki bulan pertama. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kemarin telah menyampaikan bahwa pemerintah tengah berupaya melakukan berbagai langkah untuk membebaskan ABK. Sehari sebelumnya Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto telah menyampaikan keterangan kepada publik apa yang tengah dilakukan.Keterangan yang disampaikan tentu sangat terbatas mengingat sebagian besar informasi kemungkinan harus dijaga kerahasiaannya.
Opsi
Bila menilik dari peristiwa sama yang dialami terlebih dahulu oleh sejumlah negara, pemerintah pada dasarnya memiliki dua opsi untuk menyelamatkan para ABK. Opsi tanpa menggunakan kekerasan dan opsi menggunakan kekerasan atau opsi militer. Dalam opsi tanpa menggunakan kekerasan, pemerintah harus memimpin dan mengoordinasi setiap langkah dari para pihak yang terlibat. Ada kalanya pemerintah memantau, namun turut mengambil keputusan. Ini terkait dengan negosiasi tebusan yang diminta para perompak atas ABK.

…dst

13 ) Mewujudkan Sebuah Impian Indah
Upayakan Operasi Jantung Murah untuk Semua Kalangan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/392703/

Wednesday, 13 April 2011
Operasi bedah jantung memang membutuhkan biaya yang tak sedikit.Tak jarang pasien terpaksa menjual harta benda mereka demi kesembuhan. Operasi semacam ini menjadi mimpi buruk bagi pasien dari kalangan keluarga miskin. Sudah susah mendapatkan akses perawatan kesehatan,biaya operasi bisa membuat mereka tambah sulit.Kesembuhan pasien pun terasa sangat jauh. Akibatnya,mereka hanya bisa pasrah. Kondisi inilah yang meresahkan dokter Devi Shetty. Dokter bedah jantung kondang asal India ini sangat prihatin dengan kondisi para pasien jantung yang berasal dari kalangan tak mampu. Shetty merasa miris,di negara dengan jumlah penduduk hampir 1,2 miliar orang ini hanya sedikit orang yang memiliki akses ke rumah sakit berkualitas.

…dst

14 ) Sekilas dalam Negeri
Penyelamatan Para Sandera
Tolong Bebaskan Kami
Seorang Awak Kapal Sinar Kudus Dikabarkan Kritis
Presiden Janji Bebaskan ABK
Dubes Somalia Dukung Intervensi Militer
Istana Rahasiakan Opsi Penyelamatan Kru MV Sinar Kudus
Demi Harga Diri, Militer Perlu Dikerahkan
Disiapkan, Operasi Menyerang Perompak Somalia
Panglima: TNI Mampu Tumpas Pembajak
PBB Desak Perangi Pembajak
Opsi Selamatkan ABK
Berharap Pemerintah Bertindak Cepat (rintihan Keluarga)
Thailand Bayar 5 Juta Dolar AS Untuk Bebaskan Kapal
Jangan Berlebihan Beritakan Perompak
Citibank
Hasil Pemeriksaan Citibank 2 Minggu Lagi
Visum Ganda Jazad Irzen Octa
Kontroversi Visum Debitor Citibank Irzen Octa
Keluarga Irzen Octa Mengaku Diteror
Aturan Kartu Kredit, RI Akan Ngekor Malaysia
7 Investor Minati Proyek PLTU PLN
Ekonomi dan Politik
Bangun Nuklir, RI Maju Terus Pantang Mundur
Mau Tau Kunci Utama Pertumbuhan Ekonomi?
Pemodal Asing Akan Diwajibkan Alih Teknologi
BMG Bangun Radar di Perbatasan Malaysia-Pilipina-Indonesia
SBY Beri Tenggat kepada PKS
PKS: Misbakhun Dizalimi, Tak Perlu Mundur Layaknya Arifinto
Perubahan Kontrak Koalisi Terlalu Krusial, DPP PKS Serahkan ke Majelis Syuro
Ubah Format Setgab, SBY Coba Perbaiki Hubungan dengan Partai Koalisi
Anas Tegaskan Demokrat Tak Curi Dede Yusuf dari PAN
Pindah Partai, Dede Yusuf Ingin Jadi Gubernur
PAN Kecewa Dede Yusuf Pindah ke Demokrat
Siapa Berani Menyusul Arifinto?
Arifinto Minta Maaf di Depan Konstitue …
Lain-Lain
Serangan Ulat Bulu Meluas
Brimob Gorontalo Merasa Kehilangan Norman
Malaysia Layangkan Protes Keras (penangkapan 2 kapal ikannya)
Jepang Hari Ini
Krisis Nuklir Jepang Setara Chernobyl
Krisis Fukushima Disamakan dengan Chernobyl
“Maaf,” Kata Bos TEPCO Kepada Penduduk Zona Bencana Jepang
Gempa Kuat 6,3 SR Kembali Guncang Jepang
Level Krisis PLTN Fukushima Dinaikkan
Tsunami Memang Hantam Ekonomi
Mesir Hari Ini
Mendagri Mesir: Hosni Mubarak Segera Diseret ke Pengadilan
Hosni Mubarak dirawat di rumah sakit
Libya Hari Ini
Khadafi Mundur Konyol
Gempuran NATO Masih Lembek
AS Halangi Eropa Damaikan Timur Tengah
Libya Akan Menolak Semua Intervensi di Misrata