1 ) Sudah Lewat Cara Pandang Orang Miskin Dilarang Kuliah
http://www.antaranews.com/berita/254502/sudah-lewat-cara-pandang-orang-miskin-dilarang-kuliah

Sabtu, 16 April 2011 20:09 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menegaskan bahwa orang miskin dilarang kuliah merupakan cara pandang yang sudah lewat atau tidak ada lagi.”Tahun 2010, kami sudah menerima 20.000 mahasiswa dari program Bidik Misi atau beasiswa pendidikan miskin berprestasi, dan tahun ini juga sama,” katanya di Surabaya, Sabtu. Ia mengemukakan hal itu dalam dialog dengan 400-an mahasiswa ITS penerima Bidik Misi tahun 2011 di Grha ITS Surabaya dengan dipandu Rektor ITS, Prof Triyogi Yuwono, dan dihadiri sejumlah dekan dan ketua jurusan. Dalam kesempatan itu, Nuh yang juga mantan Rektor ITS itu memberikan motivasi belajar dengan mengajak sejumlah mahasiswa untuk berdialog langsung dengannya, terutama mahasiswa miskin yang yatim. “Nabi Muhammad SAW juga menghadapi cobaan hidup yang berat dengan ikut paman dan kakek, tapi beliau istiqomah, sehingga Allah SWT pun memberi jalan. Tidak ada kata menyerah, meski beliau secara ekonomi juga susah,” katanya. Sambil melirik Rektor ITS di dekatnya, Nuh menyatakan, 30 tahun lalu tidak ada yang menyangka bahwa orang Tulungagung bernama Triyogi akan menjadi Rektor ITS.

…dst

2 ) SP3 Terserah Rektor
http://www.antaranews.com/news/254489/sp3-terserah-rektor

Sabtu, 16 April 2011 18:58 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh, menyerahkan sepenuhnya masalah Sumbangan Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan (SP3) kepada rektor pada setiap universitas, baik besaran SP3 maupun rencana kenaikannya atau tidak. “Soal SP3 itu saya berikan sepenuhnya kepada kebijakan universitas yang bersangkutan. Yang penting, saya minta tidak ada siswa DO (drop out) hanya karena tidak mampu membayar SP3. Saya minta mereka yang tidak mampu dibantu dengan beasiswa,” katanya di Surabaya, Sabtu. Ia mengemukakan hal itu setelah berdialog dengan 400-an mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya penerima Bidik Misi tahun 2011 di Grha ITS Surabaya. Nuh, yang mantan Rektor ITS, kemudian langsung mengecek distribusi soal ujian nasional (UN) di Kepolisian Sektor (Polsek) Gubeng, Surabaya. Dalam beberapa pekan terakhir, mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya memprotes rektorat terkait kenaikan Sumbangan Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan (SP3) antara 30 persen hingga 100 persen untuk jalur mandiri/PMDK Umum. Selain itu, besaran SP3 untuk jalur SNMPTN juga berkisar antara Rp2,5 juta sampai Rp15 juta, namun protes itu hingga kini belum mendapatkan respons dari Rektor Unair Prof Fasich. “Lain kali saja,” kata Fasich di sela-sela kunjungan kerja Menter Kesehatan (Menkes) ke RSPT Unair.

…dst

3 ) Universitas Trisakti: Wisuda Sudah Dapat Izin Kopertis
http://www.antaranews.com/berita/254293/universitas-trisakti-wisuda-sudah-dapat-izin-kopertis

Jumat, 15 April 2011 13:10 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pihak Universitas Trisakti mengatakan pelaksanaan wisuda pada Sabtu (16/4) telah sesuai surat izin atau rekomedasi Kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III dan Kementerian Pendidikan Nasional. “Pelaksanaan wisuda tersebut telah sesuai surat izin/rekomendasi dari Kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III, Kementerian Pendidikan Nasional No.61/K3/KL/2011 tertanggal 4 April 2011,” kata Juru Bicara/Ketua Crisis Center Universitas Trisakti Dr Advendi Simangunsong, di Jakarta, Jumat. Hal ini diungkapkan pihak Universitas Trisakti menanggapi pemberitaan ANTARA tentang “Wisuda Universitas Trisakti Dinilai Ilegal” dan “Ijazah Trisakti Terancam Tak Sah”. Advendi mengungkapkan bahwa dalam surat izin/rekomendasi tersebut ditegaskan bahwa pelaksanaan wisuda sepenuhnya dilakukan oleh Rektor Universitas Trisakti dalam hal ini Prof Dr Thoby Mutis.

…dst

4 ) 6 Pemimpin BEM Akan Melawat ke Malaysia
http://edukasi.kompas.com/read/2011/04/17/0318226/6.Pemimpin.BEM.Akan.Melawat.ke.Malaysia

Minggu, 17 April 2011 | 03:18 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Atase Pendidikan Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur, Rusdi MA, berharap para mahasiswa Indonesia dan Malaysia dapat mengaktifkan forum komunikasi formal agar jalinan tali silaturahim kedua pihak berjalan lebih baik. “Kami berharap bisa diwujudkan dalam dialog para pemimpin mahasiswa kedua negara di Kuala Lumpur,” kata Rusdi di sela-sela pelatihan diplomasi dan negosiasi untuk mahasiswa di Melaka, Malaysia, Sabtu (16/4/2011). Ia menjelaskan, para pemimpin mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia akan melawat ke Kuala Lumpur sebagai upaya untuk meningkatkan jalinan tali silaturahim antarmahasiswa dua negara serumpun. “Ada enam pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari Indonesia yang akan ke Kuala Lumpur,” kata Rusdi. Enam pemimpin BEM itu dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Udayana, dan Universitas Negeri Padang.

…dst

5 ) Resimen Mahasiswa Jabar Mereformasi Organisasi
http://www.pikiran-rakyat.com/node/141889

SABTU, 16/04/2011 – 18:37
BANDUNG, (PRLM).- Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman Jawa Barat, secara bertahap melakukan reformasi organisasi. Salah satunya yakni melantik Djoni Widjaja Aluwi sebagai Komandan Menwa Mahawarman Jawa Barat. Dilantiknya Djoni memberi warna tersendiri dalam tubuh Resimen Mahasiswa. Alasannya, sejak didirikan Menwa pada 1959, komandan resimen mahasiswa selalu berasal dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), yaitu Asisten Teritorial Kodam III/SLW atas penunjukkan Pangdam. Dalam siaran pers yang diterima “PRLM”, Kepala Staf Resimen Mahasiswa, Kurniawan mengatakan, penunjukan Djoni sebagai Komandan Resimen Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat merupakan pertama kali dilakukan. Pelantikan Djoni sebagai Komandan Resimen Mahasiswa Mahawarman Jawa Barat digelar di Lapangan Gasibu Bandung, Sabtu (16/4).”Djoni merupakan anggota korps Resimen Mahasiswa Universitas Parahyangan yang pertama kali ditunjuk sebagai komandan resimen mahasiswa. Hal ini berbeda dengan pelantikan komandan resimen mahasiswa sebelumnya yang menunjuk dari kalangan TNI,” ungkapnya.

…dst

6 ) PASCASARJA
3.906 Peserta Ikuti Simak UI
http://edukasi.kompas.com/read/2011/04/16/10374568/Besok.3.906.Peserta.Ikuti.Simak.UI

Sabtu, 16 April 2011 | 10:37 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Universitas Indonesia (UI) akan mengadakan ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI) Program Pascasarjana gelombang pertama, Minggu (17/4/2011) pukul 07.00 di kampus UI, Depok. Ujian ini akan menjadi saringan masuk UI yang terintegrasi untuk seluruh jenjang pendidikan, mulai dari S-2, profesi, hingga doktoral. Materi ujian pada Simak UI pascasarjana ini adalah tes potensi akademik dan Bahasa Inggris. Pendaftaran gelombang pertama seleksi ini telah dilakukan pada 14 Februari-1 April 2011 secaraonline. Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengatakan, total pendaftar Simak UI pascasarjana tahun ini mencapai 3.906 orang. Dari jumlah tersebut, pendaftar S-2 sebanyak 3.318 orang, program profesi 191 orang, dan S-3 sebanyak 397 orang. Pengumuman Simak UI pascasarjana gelombang pertama akan dilakukan pada 22 Mei 2011.

…dst

7 ) Peneliti: Ulat Bulu di DIY Tidak Berbahaya
http://www.antaranews.com/berita/254439/peneliti-ulat-bulu-di-diy-tidak-berbahaya

Sabtu, 16 April 2011 07:55 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Ulat bulu yang menyebar di beberapa wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta bukan termasuk spesies yang berbahaya, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, kata peneliti dari Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Suputa. “Berdasarkan penelitian, ulat bulu di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berbeda dengan spesies ulat bulu yang menyebar di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ulat bulu yang ditemukan di DIY merupakan spesies Trabala sp dan Maenas sp, yang bukan termasuk ulat bulu gatal,” katanya di Yogyakarta, Sabtu. Menurut dia, ulat bulu spesies Trabala biasa hinggap di pohon salam, sedangkan Maenas hinggap di pohon kenanga. Spesies Trabala bertipikal kamuflase, yakni mampu menyesuaikan warna kulit dengan warna batang pohon atau daun, sehingga banyak orang yang tidak menyadari keberadaan jenis ulat itu. “Trabala telah ada sebelum isu ulat bulu merebak. Masyarakat biasa menyebutnya ulat Kirik,” kata dosen Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

…dst

8 ) Untuk Melawan Terorisme, Perlu Pendidikan Karakter
http://www.antaranews.com/berita/254484/untuk-melawan-terorisme-perlu-pendidikan-karakter

Sabtu, 16 April 2011 17:00 WIB
Purwokerto (ANTARA News) – Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Dr. Akhmaloka Ph.D. mengatakan, pendidikan karakter dapat mengantisipasi berkembangnya paham terorisme pada generasi muda. “Untuk mengatasi itu (terorisme), kami sebagai pendidik harus mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang tidak mudah frustasi,” katanya kepada ANTARA di sela kegiatan “Workshop Pendirian Program S3 Ilmu Biologi” di Unsoed Purwokerto, Sabtu. Menurut dia, tidak ada orang yang setuju dengan teroris karena teror menyebarkan ketakutan dalam masyarakat. “Teroris sebetulnya karena ketidakpuasan sehingga jadinya seperti frustasi, bunuh diri. Apalagi bomnya bunuh diri yang tidak sesuai dari sisi berbagai agama atau kepercayaan,” katanya. Oleh karena itu, kata dia, pendidik harus mampu membangun SDM yang berkarakter baik, tahan terhadap stres, dan berwawasan jangka panjang sehingga tidak muncul letupan emosi dan kefrustasian yang akhirnya menjadi penyebar ketidaknyamanan.

…dst

9 ) Norma, Normal, Norman
Oleh SARLITO WIRAWAN SARWONO
Guru Besar Fakultas Psikologi UI
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/393419/38/

Sunday, 17 April 2011
Ch a i ya…ch a i ya….” Itulah lagu yang terdengar tiap hari, setiap saat, setiap kali kita nyetel televisi selama 2-3 pekan terakhir ini. Anggota Brimob Briptu Norman Kamaru secara tidak sengaja jadi ngetop garagara iseng-iseng merekam dirinya sendiri sedang mencocokkan bibir dengan lagu (lip-sinc) ini sambil bergoyang India kocak dan tahu-tahu (di luar pengetahuan Norman) rekaman itu sudah beredar di Youtube. Dilihat dari sudut norma disiplin kepolisian, apalagi disiplin Brimob, kelakuan Norman tidak normal.Normalnya, kalau sedang jaga di pos, anggota harus siap siaga,waspada terhadap segala kemungkinan bahaya. Bukannya malah joget-joget.

…dst

10 ) Kemendiknas Minta Peserta UN tidak Percaya Kunci Jawaban
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/04/16/218515/293/14/Kemendiknas-Minta-Peserta-UN-tidak-Percaya-Kunci-Jawaban

Sabtu, 16 April 2011 21:13 WIB
PURWOKERTO–MICOM: Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) meminta para peserta ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA)/sekolah menengah kejuruan (SMK) tidak percaya pada kunci jawaban. Sebab, dalam UN tahun ini yang berlangsung mulai Senin (18/4) ada lima variasi soal, sehingga bisa meminimalkan kebocoran soal. “Sebab, sulit untuk menentukan jawaban yang pasti, karena ada lima variasi soal. Setiap soal tentu berbeda jawabannya, sehingga kami minta agar peserta UN jangan percaya pada kunci jawaban soal,” kata Sekretaris Jenderal Kemendiknas Dodi Nandika saat berada di Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (16/4). Mengenai kemungkinan kebocoran soal, lanjut Dodi, sangat kecil. Apalagi di pencetakan soal tidak hanya dipantau oleh pejabat daerah seperti tahun sebelumnya, tetapi juga oleh petugas dari pusat. “Selain itu, pengawalan saat ini juga lebih ketat,” ujarnya.

…dst

11 ) Menteri Bantah Kebocoran Soal Ujian Nasional
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/04/16/brk,20110416-327929,id.html

SABTU, 16 APRIL 2011 | 14:58 WIB
TEMPO Interaktif, Surabaya – Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menegaskan hingga saat ini tidak ada kebocoran soal ujian nasional siswa sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan yang pelaksanaannya pada Senin (18/4). “Kabar tentang kebocoran soal ujian yang beredar akhir-akhir ini hanya rumor,” kata dia usai berdialog dengan mahasiswa Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya pada Sabtu (16/4). Ia mengatakan rumor kebocoran soal itu justru berasal dari Jawa Timur. Bahkan lanjut M. Nuh ada yang mengatakan,” jika ingin jawaban bener seratus persen maka harus bayar Rp 13 juta, kalau mau jawaban bener delapan puluh persen maka harus bayar Rp 7 juta.” Kata dia, rumor tersebut jangan terlalu dirisaukan dan siswa harus tetap konsentrasi belajar untuk ujian nasional. “Jangan justru mbulet mencari-cari bocoran soal,” ujar dia.

…dst

12 ) Mendiknas Jamin UN Berjalan Lancar
http://kampus.okezone.com/read/2011/04/16/373/446840/mendiknas-jamin-un-berjalan-lancar

Sabtu, 16 April 2011 20:41 wib
SURABAYA- Jelang Ujian Nasional pada 18 April mendatang, Menteri Pendidikan Nasional menjamin jika semua distribusi soal sudah sesuai rencana.”Insyaallah ujian nasional aman. Dari sisi distribusi juga sudah aman jika melihat dari master schedul dengan mempertimbangkan sisa waktu dua hari ini,” ujar M. Nuh di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sabtu (16/4/2011). Sedang untuk siswa yang akan menghadapi ujian nasional Nuh berpesan lebih baik konsentrasi belajar dan berdoa saja daripada mencari bocoran soal.”Namanya saja isu. Bocorannya bisa 80 persen. Kalau bocornya 80 persen bukan bocor lagi tapi jebol. Lebih bagus konsentrasi belajar dan berdoa dibandingkan dengan mbulet mencari bocoran soal,” ujar Nuh. Dalam ujian nasional nanti, Nuh juga mengancam akan bertindak tegas terhadap aksi-aksi kecurangan. Baik yang dilakukan oleh siswa maupun guru. “Jika ada siswa atau guru yang membantu melakukan kecurangan, maka otomatis akan di delete,” ujar Nuh.

…dst

13) Tips Agar UN-mu Lancar
http://kampus.okezone.com/read/2011/04/15/373/446441/tips-agar-un-mu-lancar

16 Apeil 2011
Simak contekannya!
– Menjelang hari pertama UN, tidurlah lebih cepat dari biasanya agar kondisi tubuhmu bugar dan tidak mengantuk ketika mengerjakan soal-soal ujian.
– Cek dan siapkan lagi semua peralatan tulis menulis yang akan kamu gunakan ketika ujian. Selain kartu ujian, pastikan kamu telah memiliki pinsil 2B, penghapus pinsil, rautan pinsil, balpoin, mistar, dan alas tulis. Siapkan juga jam tangan untuk menghitung waktu ujian di kelas.
– Pada hari ujian, sebaiknya kamu bangun pagi-pagi agar tidak terlambat ujian. Usahakan tiba di sekolah setidaknya 30 menit sebelum ujian dimulai. Sempatkan sarapan dan jangan lupa meminta restu kedua orangtuamu sebelum berangkat sekolah.
– Tenangkan diri, dan bacalah doa sebelum mengerjakan soal-soal ujian. Mengerjakan soal dengan tenang akan membuatmu lancar menjawab soal. Jika kamu tegang, biasanya konsentrasimu justru akan buyar.

…dst

OOT:

14 ) Kosmonot, Tonggak Hubungan Indonesia-Rusia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/393340/

Sunday, 17 April 2011
Indonesia belum membuktikan prestasi dalam penjelajahan antariksa,walau impian menaklukkan antariksa sudah ada sejak Presiden Soekarno berkuasa. Bahkan penerbangan pertama manusia ke antariksa yang dilakukan kosmonot Rusia,Yuri Gagarin, memberikan kesan mendalam bagi presiden pertama Indonesia itu. Penerbangan selama 108 menit itu juga menjadi tonggak hubungan awal Indonesia dan Rusia,yang saat itu masih bernama Uni Soviet. Dua bulan setelah Gagarin ke antariksa,Bung Karno—demikian sapaan akrab Presiden Soekarno—terbang ke Moskow. Bukan hanya sebuah kunjungan kenegaraan biasa, Bung Karno juga merayakan hari ulang tahunnya yang ke-60 bersama teman-teman di Rusia dan dihadiri tamu istimewa, Gagarin. Bahkan boleh dibilang penerbangan Gagarin itu juga menjadi salah satu tonggakhubungan persahabatan awal yang dijalin Indonesia dan Uni Soviet kala itu.

…dst

15 ) 13 Tahun Mencari Tanpa Kepastian
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/393381/

Sunday, 17 April 2011
Dyah Sujirah masih terus mencari keberadaan Wiji Tukul, suaminya,yang hilang sejak 1998 lalu.Dia berjanji tidak akan menyerah,meski selama 13 tahun terakhir upayanya belum menunjukan hasil. Wiji Tukul merupakan korban penghilangan paksa aktivis 1997/1998.Peraih penghargaan bidang sastra di Negeri Belanda tahun 1991 ini hilang secara misterius di Jakarta pada 10 Januari 1998, diduga dilakukan oleh antekantek penguasa pada masa itu. Dyah Sujirah yang akrab disapa Sipon menyampaikan tak akan menyerah menelusuri keberadaan suaminya itu. Berbagai aral melintang justru kian membuat Sipon yakin bahwa upaya menemukan ayah dari Fitri Nganthi Wani dan Fajar Merah,makin dekat. “Banyak yang menyarankan saya untuk menyerah. Tapi saya tidak mau ikhlas,saya akan terus mencarinya,”kata Sipon bersemangat dalam pertemuan Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia (IKOHI) di Solo,kemarin.

…dst

16 ) Sekilas Dalam Negeri
Bentrok TNI-Warga Kebumen
Warga dan TNI Bentrok, Petinggi Jateng Kumpul di Pendopo Kebumen
Bentrok, TNI Tembaki Warga
Korban Luka Bentrokan TNI dengan Warga Capai 13, 4 Alami Luka Tembak
Kapendam Diponegoro: Masyarakat Terprovokasi Isu Tidak Benar
Pangdam IV Diponegoro: Saya Tidak Perintahkan Anggota untuk Menembak
Kodam: TNI Tembakkan Peluru Karet
IHCS: TNI Bertindak Brutal
Siaga Bom
Waspadai Modus Cuci Otak di Kota Bandung !
Siaga Bom, Polrestabes Bandung Awasi Rumah Ibadah
Kapolda Jabar: Yang Maha Kuasa Masih Berpihak ke Polisi
Pelaku Bom Bunuh Diri Diyakini Muchamad Syarif
Dikenal Kurang Bergaul dan Temperamental
Polisi Lakukan Tes DNA Pelaku dan Keluarga
Perompak Somalia
TNI Urung Serbu Perompak Somalia
Keluarga ABK Sinar Kudus Pantau Janji Pemerintah
Keluarga ABK Memantau Negosiasi
KPK Akui Kesulitan Tangani Kasus Gayus
Parlindungan: Cirus Sinaga Tersenyum
Cirus Sinaga
Cirus Sinaga Akhirnya Ditahan
Cirus Dikhawatirkan Hilangkan Barang Bukti
Cari Kekayaan, Cirus Dibawa Penyidik
Cirus Bantah Kasus Antasari Direkayasa
Kasus Pak Antasari
Antasari Pertanyakan Penyitaan Dokumen
Komisi Yudisial Temukan Pengabaian Bukti
KY: Terbukti Ada Suap, Hakim Dipecat
Temuan KY Tak Pengaruhi Kasus Antasari
Lain-Lain
ICMI Targetkan Cetak 10 Ribu Saudagar Muslim
Biaya DPR ke China Belajar RUU Fakir Rp1,4 M
4 Negara Asia dengan Belanja Militer Terbesar
Jepang Hari Ini
Rekonstruksi, Jepang Bakal Terbitkan Obligasi
Lagi, Jepang Dihajar Gempa 5,8!
Libya Hari Ini
Jerman Bekukan Aset Khadafi
Muammar Qaddafi Pecundangi NATO
Pertempuran merebak di Misrata
Pasukan Khadafi Gempur Misrata, 8 Tewas
Menlu Rusia Kecam Seruan NATO untuk Pengusiran Qaddafi
Perintah Sekutu Agar Qaddafi Mundur Bikin Rakyat Libya Tersinggung
5 Perwira Militer Libya Kabur ke Tunisia
Mesir
Mesir bubarkan kendaraan politik Mubarak
TKW Indonesia Tetap Ikut Hosni Mubarak
Mubarak Bisa Dijatuhi Hukuman Mati Jika Terbukti Bersalah
Kesehatan
Ibu Lahirkan Anak Hasil Pencangkokan Indung Telur Pertama di Dunia