1 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un
Empat Dosen Tewas Tergencet Kontainer
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/402998/

Thursday, 02 June 2011
UNGARAN– Empat dosen Universitas Terbuka (UT) Semarang tewas setelah mobil yang mereka tumpangi ditabrak truk kontainer di dekat Terminal Bawen, Kabupaten Semarang, kemarin. Kecelakaan maut ini diduga akibat rem truk tak berfungsi alias blong. Selain menghantam Toyota Avanza berwarna silver yang ditumpangi empat dosen tersebut, truk kontainer juga `menghajar’ lima kendaraan lain. Beruntung para pengendaranya hanya mengalami luka-luka. Empat dosen UT tersebut rencananya akan mengajar di Purbalingga.Identitas mereka adalah Bibit Sumanto,48, warga Gondang,Kebonarum, Klaten; Marsel,56, warga Kunci, Jamberawe, Magelang; Purwanto, 50,warga Gading RT4/5 Magelang dan Siwi Adiyanti, 52,warga Magelang. Menurut keterangan polisi, Purwanto diketahui sebagai sopir Avanza bernomor polisi AA 8986 MB tersebut. Para korban tewas berikut tujuh korban luka langsung dibawa ke RSUD Ambarawa. Keterangan yang dihimpun di tempat kejadian menyebutkan, siang kemarin truk kontainer bernomor polisi B 9810 UEH yang dikemudikan Sunarto, 36,warga Purwodadi melaju dengan kecepatan sedang dari arah Ungaran menuju Bawen.

…dst

2 ) ANGGARAN PENDIDIKAN
Apa Sebetulnya Prioritas Kemdiknas?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/01/15412949/Apa.Sebetulnya.Prioritas.Kemdiknas

Rabu, 1 Juni 2011 | 15:41 WIB
KOMPAS.com – Agak aneh dan membingungkan melihat target yang ingin dicapai oleh Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) untuk melakukan pemerataan pendidikan, terutama jika dikaitkan dengan program wajib belajar (wajar) 9 tahun dan Nota Keuangan Kemdiknas Tahun 2011. Pasalnya, porsi anggaran terbesarnya justeru pada pendidikan tinggi, bukan pendidikan dasar dan menengah. Tersebut dalam Nota Keuangan Kemdiknas Tahun 2011 itu adalah, besarnya anggaran yang dikucurkan Kemdiknas untuk pendidikan tinggi sebesar Rp 23.743 611 157. Sementara itu, program pendidikan TK dan pendidikan dasar hanya sebesar Rp 6.291.979.521, dan pendidikan menengah hanya Rp 3.189.750.300. Pertanyaannya, dengan melihat nota keuangan pendidikan tinggi mendapatkan porsi terbesar ini, analisa apa yang dilakukan oleh Kemdiknas? Bagaimana prioritas Kemdiknas terhadap Wajar? Apa kabar pengembangan pendidikan kejuruan di SMK yang konon diprioritaskan?

…dst

3 ) Ratusan Kursi PTN Terbuang Percuma
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/402942/

Thursday, 02 June 2011
SEMARANG– Ratusan kursi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) di Semarang dan Yogyakarta terbuang percuma. Calon mahasiswa yang telah lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan tak datang melakukan verifikasi data diri. Di Universitas Negeri Semarang (Unnes) tercatat 598 calon mahasiswa terpaksa dicoret dan dipastikan gugur karena tidak melakukan verifikasi data atau lapor diri pada 31 Mei–1 Juni.Pembantu Rektor I Unnes Agus Wahyudin mengatakan, jumlah tersebut antara lain berasal dari Fakultas MIPA sebanyak 44 orang, Fakultas Bahasa dan Seni (122), Fakultas Ilmu Pendidikan (54), dan Fakultas Hukum (61).Fakultas Ilmu Sosial (70),Fakultas Teknik (79), Fakultas Ekonomi (85),dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (83). “Dengan demikian,mereka dinyatakan gugur pada jalur SNMPTN undangan ini,” ujarnya kemarin. Agus mengaku tidak mengetahui alasan tidak datangnya calon mahasiswa untuk proses verifikasi tersebut.

…dst

4 ) Gagal SNMPTN? Tenang…Ikut Saja Program ‘Kelas Jauh ( mungkin maksudnya Jarak Jauh)’ PTN dengan Sistem e-Learning
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/06/01/lm3yv6-gagal-snmptn-tenangikut-saja-program-kelas-jauh-ptn-dengan-sistem-elearning

Rabu, 01 Juni 2011 18:06 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi menyiapkan program pendidikan jarak jauh untuk perguruan tinggi negeri untuk mengatasi tingginya jumlah calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. “Program pendidikan jarak jauh PTN ini untuk menampung anak-anak yang tidak tertampung pada penerimaan mahasiswa baru,” kata Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (salah, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan) Dirjen Dikti Ilah Sailah saat ditemui usai meninjau pelaksanaan SNMPTN di Kampus Diploma III IPB, Cilibende Kota Bogor, Rabu. Ilah mengatakan, program pendidikan jarak jauh akan menggunakan konsep e-learning dengan media komunikasi videoconference dan tatap muka tapi dengan cara kolaborasi. “Pelaksanaannya harus berkolaborasi dengan swasta untuk tutorialnya,” kata Ilah. Menurut Ilah, program tersebut memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi mahasiswa sehingga tidak ada alasan seseorang untuk sulit masuk perguruan tinggi negeri.

…dst

5 ) SELEKSI MAHASISWA BARU
Jumat, Pendaftaran Simak UI Dibuka
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/01/18354741/Jumat.Pendaftaran.Simak.UI.Dibuka

Rabu, 1 Juni 2011 | 18:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Indonesia kembali membuka pendaftaran Seleksi Masuk UI (Simak UI), Jumat (3/6/2011). Ujian ini merupakan saringan masuk terintegrasi dari seluruh jenjang pendidikan yang ada di UI, mulai jenjang Vokasi atau Diploma III (D-3) hingga jenjang Doktoral (S-3). Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengatakan, Rabu (1/6/2011), di Jakarta, pendaftaran secara online melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id itu dibuka sampai Jumat (24/6/2011). Adapun ujian tertulisnya akan dilaksanakan serentak pada 3 Juli 2011 di 10 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu Jakarta/Depok, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Makassar, dan Samarinda. “Satu lokasi ujiannya juga ada di luar negeri, yaitu di Brussel, Belgia,” papar Vishnu. Vishnu mengatakan, Simak UI akan menjadi seleksi masuk terpadu yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk bisa memilih satu hingga empat program pendidikan dengan pilihan maksimum sampai 8 program studi.

…dst

6 ) SNMPTN
Joki Beraksi di Unhas, 12 Peserta Ditangkap
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/01/15305294/Joki.Beraksi.di.Unhas.12.Peserta.Ditangkap

Rabu, 1 Juni 2011 | 15:30 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com – Sebanyak 12 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Makassar, Sulawesi Selatan, diamankan terkait dugaan bocornya soal ujian hari kedua. Diduga, ada praktik joki dalam pelaksanaan ujian kali ini. Mereka yang kedapatan menerima jawaban diamankan di dua lokasi SNMPTN yakni, kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) dan SMA Negeri 6. Ke 12 peserta ujian ini menerima jawaban dengan cara bervariasi. Menurut Humas Unhas Dahlan Abubakar, umumnya peserta mendapatkan jawaban melalui pesan singkat selular (sms) dan dari lembar jawaban soal. Mereka menerima jawaban di lokasi kampus, dari orang yang memiliki jawaban tersebut. “Katanya mereka tidak saling kenal. Mereka ketemu di kampus dan diminta bayar Rp 25 ribu,” kata Dahlan, Rabu (1/6/2011) di Gedung Rektorat Unhas.

…dst

7 ) Panitia SNMPTN Dugaan Kebocoran di Makassar
http://www.antaranews.com/berita/261240/panitia-snmptn-dugaan-kebocoran-di-makassar

Rabu, 1 Juni 2011 21:50 WIB |
Bogor (ANTARA News) – Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 masih menelusuri dugaan kebocoran soal ujian yang ditemukan dari tangan peserta ujian di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN Herry Suhardiyanto di Bogor, Jwa Barat, Rabu, mengatakan, jika memang temuan di Makassar itu adalah asli maka perlu ada langkah-langkah lanjutan, misalnya melakukan ujian ulang. Herry yang juga Rektor Institut Pertanian Bogor itu mengatakan, dalam pelaksanaan SNMPTN di Makassar pada Selasa dan Rabu, panitia setempat mendapati peserta membawa dua telepon genggam yang berisi jawaban soal SNMPTN.Selain itu ditemukan pula peserta yang kedapatan membawa kertas yang isinya diduga merupakan kunci jawaban soal SNMPTN.

…dst

8 ) Panitia Pusat Kumpulkan Informasi Joki
http://www.jpnn.com/read/2011/06/02/93838/Panitia-Pusat-Kumpulkan-Informasi-Joki-

Kamis, 02 Juni 2011 , 07:32:00
JAKARTA – Segala upaya dari panitia pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2011, belum bisa menghentikan sepak terjang para joki. Di beberapa panlok, muncul laporan joki SNM PTN. Panitia menghimbau, jika bisa dibuktikan mahasiswa yang jadi joki langsung dipecat. Data sementara yang terkumpul di panitia pusat, laporan joki menyebar. Diantaranya di Makassar, Banda Aceh, Bandung, Bogor, dan Semarang. Rata-rata, laporan kasus perjokian muncul di hari kedua ujian tulis SNM PTN. Kasus yang muncul di Makassar, berujung pada pengeluaran 12 peserta ujian. Mereka diduga menggunakan jasa joki dengan media SMS. Joki yang menyebar SMS berhasil diamankan. Joki di Makassar ini adalah mahasiswa universitas setempat dan sejatinya lulusan SMA 2006. Karena terbentur aturan, dia memalsukan ijazah menjadi lulusan 2011. Setelah itu, dengan bebas dia mengirim jawaban kepada pemesan yang sesuai dengan kode si Joki.

…dst

9 ) Gunakan Joki, Peserta SNMPTN Diciduk
http://www.jpnn.com/read/2011/06/02/93846/Gunakan-Joki,-Peserta-SNMPTN-Diciduk-

Kamis, 02 Juni 2011 , 08:33:00
BANDA ACEH–Diduga menggunakan jasa joki, seorang peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diamankan panitia lokal pada pelaksanaan ujian hari kedua di Universitas Syiah Kuala, Rabu (1/6). Sementara sang joki berhasil kabur. Calon mahasiswa bernama Beny Saif, warga Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan ini, diamankan ketika mengikuti ujian tulis masuk Fakultas Teknik di salah satu lokasi ujian SMPTN lantai tiga Fakultas Pertanian. Sementara gacok (joki), Doni Nur Yulidi, yang juga berasal dari Labuhan Haji ikut tes di ruang kuliah umum. Informasi diperoleh, Doni pernah tercatat sebagai mahasiswa FKIP Matematika Unsyiah lulusan tahun 2010 lalu.

…dst

10 ) Call Centre SNMPTN Terima Aduan Perjokian
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/402930/

Thursday, 02 June 2011
BANDUNG – Call Centre Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 Panitia Lokal (Panlok) Bandung menerima dugaan perjokian yang dilaporkan peserta ujian. Dalam laporannya beberapa hari menjelang pelaksanaan SNMPTN, peserta tersebut mengaku mendapat imingiming bisa masuk fakultas tertentu dengan imbalan sejumlah uang. “Dalam aduannya peserta mengaku mendapat telepon dan short message service (SMS) dari seseorang yang bisa menjamin masuk Fakultas Kedokteran melalui SNMPTN,” ujar Humas SNMPTN Panlok Bandung Weny Widyowati di Sekretariat SNMPTN Panlok Bandung, Jalan Ganeca,Kota Bandung,kemarin. Menurut dia, setiap tahun indikasi seperti itu selalu ada. Pihaknya menyelidiki berbagai laporan yang masuk. “Kalau dugaan perjokian selalu ada,tapi sejauh ini lancar,kami juga belum menemukan indikasi perjokian,” jelasnya. Bila terbukti ada praktik perjokian, pihaknya segera mengumumkan ke publik. “Kalau memang ada akan kami umumkan agar menjadi pelajaran bagi semuanya,”kata Weny.

…dst

11 ) Ribuan Peserta Gugur Dalam SNMPTN di Jatim
http://www.antaranews.com/berita/261220/ribuan-peserta-gugur-dalam-snmptn-di-jatim

Rabu, 1 Juni 2011 19:06 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Ribuan peserta gugur dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Jawa Timur, karena mereka absen dalam ujian tulis pada 31 Mei dan 1 Juni.”Hari kedua ujian tulis SNMPTN (1/6), kami mencatat ada 1.140 peserta yang absen, sedangkan hari pertama (31/5) tercatat 1.010 peserta,” kata koordinator pelaksana ujian tulis SNMPTN Lokal Surabaya (panitia daerah/Jatim), Dr Junaidi Khotib, Rabu. Didampingi Koordinator Humas SNMPTN Lokal Surabaya Prof Imam Mustofa, ia menjelaskan 1.010 peserta yang absen pada hari pertama terdiri dari 567 peserta IPA, 209 peserta IPS, dan 234 peserta IPC. Untuk 1.140 peserta yang absen pada hari kedua terdiri dari 582 peserta IPA, 288 peserta IPS, dan 270 peserta IPC. “Mereka yang absen akan otomatis gugur untuk bisa masuk ke salah satu dari sembilan PTN di Jatim, baik mereka yang absen di hari pertama maupun mereka yang absen di hari kedua, apalagi bila mereka absen selama dua hari,” katanya.

…dsgt

12 ) SNMPTN 2011
Tambahan Waktu Siswa Kebutuhan Khusus
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/01/11131976/Tambahan.Waktu.Siswa.Kebutuhan.Khusus

Rabu, 1 Juni 2011 | 11:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ujian tulis seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2011 untuk peserta berkebutuhan khusus wilayah DKI Jakarta juga dilaksanakan sejak Selasa (31/5/2011) kemarin. Dari 18 peserta yang terdaftar, hingga hari kedua, Rabu (1/6/2011), hanya 13 peserta yang tercatat mengikuti ujian tulis SNMPTN tersebut. Adapun 13 peserta yang tercatat mengikuti ujian tulis berasal dari seluruh program studi (prodi) IPA dan IPC masing-masing satu orang, dan 11 orang lainnya berasal dari prodi IPS. Sementara itu, terdapat seorang peserta lulusan tahun 2009, lima orang lulusan 2010, dan sisanya tujuh orang adalah lulusan 2011. Ketigabelas peserta tersebut juga terdiri dari tunadaksa dan low vision masing-masing satu orang dan 11 lainnya adalah peserta tuna netra.

…dst

13 ) 50 Peserta SNMPTN Diketahui Tak Berfoto
http://bandung.detik.com/read/2011/06/01/161324/1651960/486/50-peserta-snmptn-diketahui-tak-berfoto?g991102485

Rabu, 01/06/2011 16:13 WIB
Bandung – Sekitar 50 orang peserta ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Bandung melaporkan diri ke Sekretariat SNMPTN sebelum ujian dilakukan. Mereka diperiksa kembali data dirinya karena tak mencantumkan foto diri. Hal itu untuk mencegah kecurangan seperti adanya joki.”Ada sekitar 50 orang peserta lah yang kemarin datang untuk melapor. Itu karena mereka tidak ada fotonya, jadinya diharuskan melapor untuk diperiksa data diri. Benar atau tidak yang mengerjakan itu orang yang mendaftar,” ujar Sekretaris Eksekutif SNMPTN 2011 Panlok Bandung Asep Ghana Suganda saat ditemui di sekretariat SNMPTN di Kampus ITB Jalan Ganeca, Rabu (1/6/2011). Ia menuturkan, kewajiban peserta melapor setelah pelaksanaan ujian menjadi kerepotan sendiri bagi peserta. “Tapi ya risiko, suruh siapa engga ada fotonya,” katanya.

…dst

14 ) UNNES Coret 598 Calon Mahasiswa SNMPTN Undangan
http://www.antaranews.com/berita/261194/unnes-coret-598-calon-mahasiswa-snmptn-undangan

Rabu, 1 Juni 2011 17:15 WIB |
Semarang (ANTARANews) – Universitas Negeri Semarang mencoret 598 calon mahasiswa dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan karena mangkir dari keharusan melaporkan diri hingga batas terakhir 1 Juni ini. “Lapor diri bagi calon mahasiswa dari SNMPTN undangan berlangsung 31 Mei hingga 1 Juni 2011 dan sifatnya wajib tanpa kecuali, tidak boleh diwakilkan,” kata Pembantu Rektor I Unnes, Agus Wahyudin, di Semarang, Rabu. Ia menyebutkan total calon mahasiswa dari SNMPTN undangan yang diterima sebanyak 3.495 orang di delapan fakultas yang dimiliki, namun yang melakukan lapor diri sampai batas akhir hanya 2.897 calon mahasiswa.Sebanyak 598 calon mahasiswa tidak hadir saat lapor diri, kata dia, sehingga automatis dicoret atau dinyatakan gugur dari seleksi, dan kekurangan mahasiswa sebanyak itu akan diambilkan dari jalur SNMPTN tulis.

…dst

15 ) Bebatuan Pacitan Dinilai UNESCO Jadi Geopark Dunia
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/06/01/brk,20110601-338104,id.html

RABU, 01 JUNI 2011 | 13:02 WIB
TEMPO Interaktif, Pacitan – Aset geopark berupa struktur geologi dan peninggalan purbakala di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, bakal dinilai tim United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) untuk dimasukkan dalam Global Geopark Network. Struktur geologi dan peninggalan purbakala di Pacitan akan dinilai tim dari UNESCO pada 7-9 Juni nanti. “Aset itu berupa pegunungan, perbukitan, goa, pantai, sungai, telaga, dan ladang serta benda-benda peninggalan purbakala,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Pacitan, Mochamad Fathoni, Rabu, 1 Juni 2011. Struktur geologi dan benda peninggalan purbakala itu jika memenuhi syarat akan dimasukkan dalam aset geopark dunia. Benda-benda itu terutama tersebar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Donorojo, Punung, Pringkuku, dan sebagian kecamatan Pacitan (kota).

…dst

16 ) Anak TKI di Malaysia
Untan Seleksi Guru untuk Anak-anak TKI
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/01/22283759/Untan.Seleksi.Guru.untuk.Anak-anak.TKI

Rabu, 1 Juni 2011 | 22:28 WIB
PONTIANAK, KOMPAS.com — Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, siap menyeleksi guru yang akan dikontrak pemerintah untuk mengajar anak-anak tenaga kerja Indonesia di Sabah, Malaysia Timur. “Seleksi ini akan dilakukan secara nasional, dan untuk Kalbar, Untan dipercaya sebagai salah satu panitia seleksi,” kata Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Dr Aswandi di Pontianak, Rabu (1/6/2011). Ia menambahkan, keberangkatan guru yang lulus seleksi akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama pada September 2011, tahap kedua November 2011, dan tahap ketiga pada Mei 2012. “Guru kontrak yang ditempatkan di Malaysia mendapatkan tunjangan Rp15 juta per bulan. Itu menunjukkan pemerintah pusat sedang serius dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” kata Aswandi.

…dst

17 ) Unhas Terima Ambulans dari KBRI Belanda
http://id.berita.yahoo.com/unhas-terima-ambulans-dari-kbri-belanda-124014963.html

Rab, 1 Jun 2011
TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin, Makassar menerima sumbangan satu unit mobil ambulans dari Kedutaan Besar Belanda Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag Negeri Belanda, Rabu (1/6/2011). Ambulanas merek Chevrolet yang dilengkapi dengan kursi dorong untuk pasien itu diserahkan Kuasa Usaha Ad interim KBRI Belanda Umar Hadi kepada Rektor Unhas Prof Dr dr Idrus A Paturusi disaksikan Atase Perhubungan KBRI Den Haag Imran Rasyid dan para Wakil Rektor dan Dekan Fakultas di lingkungan Unhas. Umar Hadi mengatakan, sebelum Duta Besar RI di Den Haag Junus Effendy Habibie menyelesaikan masa tugasnya di Belanda Desember lalu, memperoleh bantuan ambulanas untuk Unhas, yang merupakan bantuan pertama kendaraan sejenis itu kepada sejumlah pihak penerima lainnya di Indonesia.

…dst

18 ) 30 Mahasiswa Jayapura Dikirim Kuliah di Salatiga
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/06/01/230512/293/14/30-Mahasiswa-Jayapura-Dikirim-Kuliah-di-Salatiga

Rabu, 01 Juni 2011 09:30 WIB
JAYAPURA–MICOM: Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, akan mengirim 30 mahasiswa melanjutkan studi di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah, guna menindaklanjuti program P5 (Penelusuran Pengembangan Potensi Putra Putri Papua asli Kabupaten Jayapura). Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Jayapura, Maikel Wutoy, di Sentani, Rabu, mengatakan, program pendidikan pada tahun ajaran 2011 ini khusus bidang teknologi. “Kami sudah membuka pendaftaran, 148 calon mahasiswa sudah mendaftar, selanjutnya mereka siap mengikuti seleksi dengan tes akademik dan psikologi yang disiapkan oleh UKSW,” katanya, Rabu (1/6). Ia mengatakan, ke146 calon mahasiswa yang sudah terdaftar tersebut akan mengikuti tes pada 15 Juni mendatang yang akan berlangsung di Kabupaten Jayapura.

…dst

19 ) BEASISWA LUAR NEGERI
6 Juni, Beasiswa ADS ke Australia Dibuka
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/01/10543067/6.Juni.Beasiswa.ADS.ke.Australia.Dibuka

Rabu, 1 Juni 2011 | 10:54 WIB
KOMPAS.com – Pemerintah Australia kembali meluncurkan program beasiswa Australian Development Scholarships (ADS), yaitu program beasiswa yang dibiayai melalui AusAID untuk program studi S-2 dan S-3 tahun ajaran 2011/2012 di universitas-universitas Australia. Beasiswa ini terbuka bagi sektor pemerintah dan swasta. Prioritas beasiswa ini diberikan untuk bidang-bidang studi yang menunjang tujuan peningkatan kemampuan sumber daya manusia Indonesia dan pembangunan yang akan mendukung, yaitu Pertumbuhan Berkelanjutan dan Manajemen Ekonomi; Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia; Demokrasi, Keadilan dan Pemerintahan yang Baik; serta Keamanan dan Perdamaian. Adapun prioritas beasiswa ADS akan dialokasikan ke provinsi-provinsi yang menjadi target Strategi Kerjasama Pembangunan Australia Indonesia 2008-2013. Untuk tahun 2011-2012 prioritas diberikan kepada geographic focus area, yaitu Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD).

…dst

20 ) BEASISWA PEMERINTAH
Indonesia Tawarkan Beasiswa ke UEA
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/01/10121733/Indonesia.Tawarkan.Beasiswa.ke.UEA

Rabu, 1 Juni 2011 | 10:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia bersama-sama dengan Amerika Serikat (AS) dan Jepang, menawarkan berbagai program beasiswa kepada pelajar Uni Emirat Arab (UAE). Beasiswa yang ditawarkan adalah program darmasiswa dan beasiswa seni budaya Indonesia yang masing-masing diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional dan Kementrian Luar Negeri RI. Demikian siaran pers KBRI di Abu Dhabi di Jakarta, Rabu (1/6/2011). Selain itu, KBRI juga menawarkan kegiatan “summer program” yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI). Selama dua hari dari 29 hingga 30 Mei 2011, KBRI Abu Dhabi turut berpartisipasi dalam pameran “scholarship exhibition” yang diselenggarakan oleh Zayed University dan Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Pembangunan Masyarakat di Abu Dhabi. Bahkan, seorang perwira berpangkat letnan dari Markas Besar Kepolisian Abu Dhabi meminta bantuan KBRI untuk mencarikan universitas yang memiliki bidang studi bahasa Indonesia untuk tingkat sarjana. Adapun Kepolisian Abu Dhabi berencana mengirimkan lima hingga enam orang stafnya untuk belajar bahasa Indonesia dan menjadikan mereka sebagai penerjemah karena banyak kasus-kasus WNI, khususnya TKW yang membutuhkan penerjemah dalam proses investigasi di kepolisian.

…dst

21 ) Guru Besar Unpad Jadi Saksi Ahli Kasus Priana
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/402924/

Thursday, 02 June 2011
BANDUNG– Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Bandung Priana kembali duduk di kursi pesakitan saat menjadi terdakwa dalam sidang lanjutan dugaan penyimpangan dana talangan dari pos dana stimulan APBD 2004 sebesar Rp2,5 miliar. Pada sidang di Pengadilan Tipikor Bandung kemarin, menghadirkan saksi ahli Guru Besar Hukum Administrasi Negara Universitas Padjadjaran (Unpad) I Gede Panca Astawa. Panca Astawa mengatakan, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tidak mempunyai kewenangan untuk menentukan adanya kerugian negara, karena secara hukum hanya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang memiliki wewenang tersebut.”Jika BPK telah menyatakan ada kerugian negara, maka aparat penegak hukum bisa menyeret oknum yang diduga menyelewengkan dana anggaran.Tapi,itu pun oknum tersebut harus mengembalikan kerugian negara.” “Nantinya jika BPK menyatakan terjadi kerugian negara, paling ekstrem hukuman yang harus dibayar oleh oknum tersebut yaitu membayar ganti rugi,” papar Panca di Ruang Sidang II Yudistira.

…dst

22 ) Mahasiswa Siantar Minta SKB 3 Menteri Dicopot
http://id.berita.yahoo.com/mahasiswa-siantar-minta-skb-3-menteri-dicopot-152411029.html

Rab, 1 Jun 2011
TRIBUNNEWS.COM, PEMATANGSIANTAR – Mahasiwa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Pematangsiantar – Simalungun menuntut pemerintah mencabut peraturan bersama menteri agama dan menteri dalam negeri tentang pedoman pendirian rumah ibadah. Kebijakan ini dianggap tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Tuntutan ini mereka sampaikan saat mendatangi kantor Wali Kota Pematangsiantar dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Rabu (1/6/2011).

…dst

23 ) Empat Mahasiswa Ditangkap
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/402935/

Thursday, 02 June 2011
YOGYAKRTA – Empat mahasiswa perguruan tinggi swasta di Yogyakarta tertangkap jajaran Satuan Narkoba Polresta Yogyakarta lantaran kedapatan mengonsumsi ganja. Dari tangan para mahasiswa ini, polisi berhasil mengamankan barang bukti ganja seberat 26 gram. Empat mahasiswa yang ditangkap masing-masing Indra, 23,asal Jambi; Rahmad,23,asal Baturaja, Sumatera Selatan; Ray Putra, 20, asal Baturaja, Sumatera Selatan; dan Rilva, 20,asal Jayapura. Kapolresta Yogyakarta AKBP Mustaqim mengatakan para tersangka membeli ganja dengan mentransfer sejumlah uang. Setelah mentransfer uang, barang yang dipesan kemudian diletakkan di satu tempat tertentu kemudian pembeli dihubungi untuk segera mengambil ke tempat yang dimaksud.

…dst

24 ) Akupunktur Bisa Sembuhkan Kanker Hati
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/402901/

Thursday, 02 June 2011
BEKASI – Penyakit kanker hati bisa disembuhkan melalui metode akupunktur. Hal itu terungkap dalam seminar Naturopathy di RS Masmitra Jalan Jatimakmur No 40,Pondok Gede, Kota Bekasi,kemarin. Seminar yang digelar RS Masmitra bekerja sama dengan Modern Cancer Hospital Guangzhou, China, ini menampilkan empat ahli penyakit kanker hati sebagai pemateri: Faizal Drissa,Wang Rong Hua,Jim Paul, dan Jamal Akhmad Subandi. Faizal Drissa menuturkan, karsinoma hepatoseluler (hepatocelluer carcinoma/HCC) merupakan salah satu kegnan yang sering dijumpai.Menurut dia,setiap tahun terdapat 1 juta kasus baru HCC di mana angka harapan 5 tahun sekitar 32,5%. Di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia,insiden HCC mencapai 10-20 per 100.000 populasi. “Penyakit HCC ini sulit terdeteksi, 40% penderita HCC tanpa gejala pada fase awal penyakit,” ungkapnya. Mengenai gejala klinis HCC, menurut Faizal, berupa kegagalan fungsi hati, pendarahan saluran cerna, nyeri kuadran kanan atas,penurunan berat badan, hepatomegali, rupture tumor hingga sindroma paraneoplastik.

…dst

25 ) Emisi CO2 Global Toreh Rekor Tertinggi
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/31/230297/89/14/Emisi-CO2-Global-Toreh-Rekor-Tertinggi

Selasa, 31 Mei 2011 17:27 WIB
SETELAH turun pada 2009, emisi karbon dioksida (CO2) global yang terkait dengan energi mencapai rekor tertinggi di 2010. Kenaikannya sebesar 5 persen dari catatan terakhir 2008, menurut perkiraan terbaru International Energy Agency (IEA). Emisi 2010 diperkirakan mencapai 30,6 gigaton (gt). Badan energi tersebut memaparkan, sekitar 80 persen emisi diproyeksikan dari sektor listrik pada 2020 dan ini sepertinya tidak akan berubah. Catatan terakhir 2008 dilaporkan bahwa emisi CO2 sebesar 29,3 gt yang diikuti dengan kemerosotan pada 2009 seiring resesi keuangan global. IEA melukiskan data dan emisi potensial 2010 merupakan kemunduran serius terhadap target pembatasan kenaikan suhu 2 derajat Celcius sesuai hasil pertemuan perubahan iklim PBB di Cancun, Meksiko, pada 2010.

…dst

26 ) Sekilas dalam Negeri
UN SMP
Nilai UN Jateng dan Kalbar Terburuk
Bali Raih Nilai UN SMP Tertinggi!
Tahun ini, 20.234 Siswa SMP Tidak Lulus
Pelajar SMA
Dua Siswa Kaltim Ikut Olimpiade Kimia di Slovakia
Gas Beraun Dieng
Ancaman gas beracun
Gas Beracun Naik 10 Kali Lipat
Teror gas beracun Dieng
Gas Beracun Mengarah ke Wonosobo
BEM Jateng-DIY Galang Dana Bencana Dieng
Erupsi Dieng Ganggu Proses Belajar Mengajar
Gempa Vulkanik di Bawah 1 SR Sering Terjadi di Dieng
Gunung Api Mengintai
Lima gunung api paling spektakuler
Pidato Pancasila
Inilah Pidato B.J. Habibie yang Membuat Hadirin Terpukau
Habibie: Pancasila Bukan Milik Satu Rezim Pemerintahan
Usai Pidato Pancasila, Megawati Enggan Salami SBY
Aktivis 77/78: Evaluasi UU Bertentangan Dengan Pancasila
Ideologi Pancasila Melindungi Semua Agama, Suku, Budaya, Bahasa
Mengenang Michael ( Mantan CEO PT Astra)
Tribute To Michael Ruslim ( oleh Rhenald Kasali )
Michael Memimpin dengan Hati (Penuturan Rini Soewandi )
Ekonomi
Ekspor Meningkat, Impor Masih Dikuasai Tiongkok
Persiapan Ambil Alih Inalum Sudah Matang
PLTA untuk Inalum Diserahkan 2012
Hasil Survei Dorong Investasi
Kontrak Asing Dikaji Ulang
Kebijakan Harga BBM Sandera Target Inflasi
Penjualan Ponsel di Indonesia Rp 23Triliun
Indonesia Tuan Rumah Pertemuan WEF Asia Timur (World Economic Forum)
Lelah Presiden
Presiden: Audit Pembelian Merpati
Presiden Lelah dengan “Gorengan” Politik
Kejagung Segera Tentukan Nasib Dugaan Korupsi Merpati
Kasus Nunun
Pemerintah Cabut Paspor Nunun
JK: Nunun Pasti Bisa Dibawa Pulang
Marty Natalegawa: Saya Tidak Hafal Nunun Kemana Saja
Demokrat Mengeluh
PD Sebut Pesaing Politik yang Merongrongnya Bermodal Besar
Ramadhan: Mr A Ingin Hancurkan Demokrat
Kasus Nazaruddin
PD Desak KPK Segera Panggil Nazaruddin
Anas Memperkenalkan, Nazar Yang Menggarap
Nazaruddin Akui “Nazaruddin78” Blognya
Nazar Diingatkan Tak Sembarang Menulis Blog
BK DPR Ancam Pecat Nazaruddin
Ketua FPD: Cuma Menemui, Sutan Tak Ajak Pulang Nazaruddin
Singapura, Negara Teraman untuk Penjahat
Menanti KPK
Janedjri Nantikan Tindakan KPK
Mahfud: Wajar Harta Sekjen MK Miliaran
KPK Akan Panggil Hatta Radjasa Lagi
Hakim Tertangkap
PN Jakpus Belum Tahu Ada Hakimnya yang Ditangkap KPK
KPK Amankan Barang Bukti Rp 250 juta dan Mobil Pajero
KPK: Hakim & Kurator PW Terkait Kasus Pailit
KPK Tangkap Hakim PN Jakarta Pusat
Pak Polisi Ditembak
Duh! 8 Polisi Tewas Tertembak Dalam 5 Bulan
TKI
Kepala BNP2TKI Pastikan TKI di Saudi Terlindungi
Pembatasan Enam Tahun Visa Kerja di Saudi Timbulkan Keruwetan
Kisruh PSSI
Menpora Janjikan Mediasi Sebelum Kongres PSSI
Libya Hari ini
Libya Siapkan Skenario Terburuk: Qaddafi …
Libya: NATO Bunuh 700 Warga Sipil
NATO Resmi Perpanjang Misi Libya
Sekjen NATO Harap Khadafi Turun Sebelum Misi Selesai
Selusin Ledakan Guncang Tripoli
Jepang
Badan Nuklir: Jepang Remehkan Tsunami
Jepang Abaikan Ancaman Tsunami
Kisah Keberanian Laskar Manula Berani Mati di Jepang, Siap Terjun ke F …
Pensiunan Jepang Bentuk Tim Sukarelawan
Penjualan Kendaraan Baru Jepang Turun 37,8 Persen
Arab Saudi
Arab Saudi Berencana Bangun 16 Reaktor Nuklir
Mesir
Mubarak dan Putranya Disidang 3 Agustus
Geliatkan Pariwisata, Mesir Membuka Tujuh Makam Kuno Era Fir’aun
Perompak Somalia
Korsel Hukum Perompak Somalia 15 Tahun Penjara
Ketimun Beracun
Uni Eropa Cabut Peringatan Bahaya Ketimun Spanyol
Lain-Lain
Maut di 13 Negara Intai Wartawan
WHO Peringatkan Ponsel Mungkin Sebabkan Kanker
Endeavour Masuki Pensiun (pesawat ulang alik)