1 ) Rekening Liar Makin Marak di PTN
http://www.jpnn.com/
Kamis, 16 Juni 2011 , 23:03:00
JAKARTA–Setiap pengurus Jurusan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) rawan membuka rekening liar, khususnya menjelang penerimaan mahasiswa baru. Tudingan ini langsung datang dari mulut Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh. “Kepemimpinan di universitas itu gonta-ganti terus mulai dari rektor hingga ketua jurusan. Bisa jadi rekening liar di jurusan,” ungkap Nuh di Jakarta, Kamis (16/6). Menurutnya, pembukaan rekening liar tersebut bukanlah dalam arti liar yang sebenarnya. Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini menjelaskan, jurusan di masing-masing PTN kerap membuka rekening karena sering mengadakan atau menjalin kerjasama pendidikan dengan pihak-pihak ketiga, misalnya perusahaan. Namun, lanjut Nuh, rekening itu jarang dilaporkan atau didaftaran ke Kementerian Keuangan. “Sehingga, ketika Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit, menilai bahwa rekening itu rekening liar,” jelasnya. Nuh mengungkapkan hingga saat ini pihaknya tetap terus melakukan perbaikan, termasuk penertiban pembukaan rekening-rekening di setiap PTN.

…dst

2 ) Tim Robot Undip Peringkat Enam Dunia
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/06/16/234680/293/14/Tim-Robot-Undip-Peringkat-Enam-Dunia

Kamis, 16 Juni 2011 17:40 WIB
SEMARANG–MICOM: Tim Roboboat Undip meraih prestasi menempati peringkat enam sebagai the best desaign dalam ajang Roboboat Competition. Ajang ini diselenggarakan Assosiation for Unamad Vehicle System International (AUVSI) Foundation and ONR’s 4th International RoboBoat Competition. Ajang internasional tersebut digelar 9-12 Juni 2011 di Virginia, AS. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi di Semarang, Jawa Tengah, mengatakan, selain mendapatkan prestasi tersebut tim Undip ini juga mendapat penghargaan tambahan dalam Inovation in design and cost performance. “Kompetisi Roboboat ini adalah sebuah ajang perlombaan bagi mahasiswa dalam menunjukkan kemampuannya menciptakan robot yang bisa di jalankan secara otomatis didalam air dengan tingkat kesulitan yang tinggi di perairan,” kata Rektor. Tim Undip terdiri dari Ahlan Z (Teknik Perkapalan), Mohamad Ansori (Teknik Perkapalan) Tri Bagus susilo (Teknik Elektro), Ogi Tridho Maroghi (Teknik Perkapalan), Fatih Khamdani (Teknik Mesin), Andi pratama (Teknik Perkapalan) dan Yudis (Teknik Mesin). Tidak kurang dari 15 Tim dari seluruh dunia berpartisipasi dalam acara tersebut.

…dst

3 ) Undip Raih Peringkat 6 di Roboboat Competition
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/16/10385550/Undip.Raih.Peringkat.6.di.Roboboat.Competition.

Kamis, 16 Juni 2011 | 10:38 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Setelah melalui perjuangan berat, Tim Roboboat Universitas Diponegoro Semarang, akhirnya berhasil meraih prestasi dalam ajang Roboboat Competition yang diselenggarakan Assosiation for Unamed Vehicle System International (AUVSI) Foundation and ONR’s 4th International RoboBoat Competition di Virginia. Dalam ajang yang berlangsung tanggal 9-12 Juni 2011, Roboboat Undip menempati peringkat 6 sebagai The Best Design. Kompetisi Roboboat ini adalah sebuah ajang perlombaan bagi mahasiswa dalam menunjukkan kemampuannya menciptakan robot yang bisa di jalankan secara otomatis didalam air dengan tingkat kesulitan yang tinggi perairan. Kegiatan ini diikuti 15 tim dari seluruh dunia antara lain adalah University of Rhode Island, University of Central Florida, Virginia Tech, University of Michigan, dan Nasional Cheng Kung University. Undip adalah satu-satunya peserta dari Indonesia dalam ajang tersebut. Pemenang dalam kompetisi ini dimenangkan Universitas Rhode Island, disusul Juara 2 University of Central Florida, dan Sistem Georgia Tech Lab Aerospace (3), Virginia Tech (4), Stevens Institute (5) , Juara 6 Undip, Indonesia (6) dan Georgia Tech Savannah Robotika (7).

…dst

4 ) Dikti dan 9 Kampus Bahas Pilkada Serentak
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/16/373/469351/dikti-dan-9-kampus-bahas-pilkada-serentak

Kamis, 16 Juni 2011 19:08 wib
YOGYAKARTA – Saat ini berkembang wacana melakukan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak seperti pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan presiden (pilpres). Wacana tersebut pun didiskusikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dengan para civitas academica Fakultas Hukum di berbagai perguruan tinggi. Diskusi yang digelar dengan fasilitas teleconference ini merupakan hasil kerja sama Ditjen Dikti dengan sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang penegakkan demokrasi di Indonesia, Kemitraan, dan Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM). Bertempat di gedung Ditjen Dikti, Kemendiknas, Jakarta, tiga pembicara memaparkan pandangan mereka, yaitu Ramlan Subekti dari tim Kemitraan, ahli Hukum Tata Negara Universitas Andalas (Unand) Saldi Isra, dan Ketua Komisi II DPR RI Chairuman Harahap. Pembahasan ini dikonferensikan ke sembilan perguruan tinggi di Indonesia. Kesembilan perguruan tinggi yang terlibat adalah Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Trunojoyo (Unojoyo), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Tanjungpura (Untan), Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Andalas (Unand), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Udayana (Unud). Diskusi jarak jauh ini juga disiarkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

…dst

5 ) Nasib Calon Dokter Terkatung
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/406441/

Friday, 17 June 2011
SUKABUMI– Sekitar 15.000 calon dokter dari berbagai keahlian atau spesifikasi terkendala uji kompetensi dokter Indonesia (UKDI). Akibatnya, mereka belum memiliki kejelasan untuk mendapatkan predikat profesi itu. Ketua Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning menjelaskan, ketatnya mekanisme dalam penerapan UKDI mengakibatkan belasan ribu calon dokter nasibnya terkatung-katung. Padahal secara nasional, sektor kesehatan masih mengalami kekurangan tenaga dokter hingga sebanyak 40.000 orang. “Mekanisme uji kompetensinya sangat kaku sehingga seorang calon dokter kesulitan untuk mendapatkan kejelasan profesinya. Akibatnya, banyak sekali calon dokter yang terkatung- katung. Ironisnya, di sisi lain pemerintah saat ini membutuhkan 40.000 tenaga dokter,” ungkap Ribka kepada SINDO,kemarin. Salah satu wilayah yang masih kekurangan banyak tenaga dokter adalah Pulau Jawa.Di wilayah tersebut ketersediaan tenaga dokter tidak lebih dari 40%. Rata-rata mereka bertugas di tingkat puskesmas. Ribka menjelaskan,tenaga dokter yang ada saat ini jumlahnya hanya 70.000 orang. Jumlah ini tidak sebanding dengan angka penduduk Indonesia yang mencapai 200 juta orang lebih.Dengan demikian, satu orang dokter harus melayani 3.400 orang warga. “Ini tentu sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Lebih dikhawatirkan lagi, akibat ketidakseimbangan jumlah tenaga dokter dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan ini, menjadikan seorang dokter bersikap pragmatis, yakni lebih mengutamakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mampu saja,”tuturnya.

…dst

6 ) Jurnal Ilmiah Indonesia Kurang Populer
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/06/16/234633/293/14/Jurnal-Ilmiah-Indonesia-Kurang-Populer-

Kamis, 16 Juni 2011 15:10 WIB
JAKARTA–MICOM: Jurnal ilmiah berbahasa Inggris di Indonesia masih tertinggal dan minim dibanding sejumlah negara di Asia. Persentase masyarakat Indonesia menulis dan membaca jurnal hanya 10% saja, masih kalah dibandingkan Malaysia mencapai 20%. Robin Brown, Native Language Editor of RIEBS (The Review of Indonesian Economic and Business Studies) menjelaskan bahwa bahasa Inggris atau bahasa asing lebih diterima masyarakat internasional. ”Pandangan tentang karya-karya ilmiah Indonesia akan lebih mendunia ketimbang hanya berbahasa Indonesia,” kata Brown di sela-sela peluncuran jurnal RIEBS di Jakarta, Kamis (16/6). Dampaknya akan terasa pada lembaga penghasil karya ilmiah seperti LIPI, untuk menjadi institusi yang lebih kuat dan mendunia. Menurutnya, banyak orang Indonesia memiliki pandangan bahwa karya ilmiah dan riset kurang teraplikasi secara nasional maupun global, karena keterbatasan menulis, khususnya dalam bahasa Inggris. ”Sayang sekali jika jurnal dari Indonesia hanya dikonsumsi secara lokal saja.”

…dst

7 ) Penerimaan Mahasiswa Baru
Peserta UMB-PT Bisa Pilih 7 Jurusan!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/16/15584859/Hore.Peserta.UMB-PT.Bisa.Pilih.7.Jurusan.

Kamis, 16 Juni 2011 | 15:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Ujian masuk bersama perguruan tinggi (UMB-PT) tahun ini tampaknya akan bisa menjadi alternatif pilihan. Setidaknya, hal itu menjadi pilihan kedua setelah gagal lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Pasalnya, tahun ini para peserta UMB-PT dapat memilih tujuh program sekaligus di tujuh perguruan tinggi negeri dan swasta…cut… Peserta UMB-PT dibagi ke dalam dua kelompok ujian dan dipecah menjadi beberapa jenis kategori biaya…cut…Pendaftaran UMB-PT dapat dilakukan melalui www.spmb.or.id atau www.penerimaan.spmb.or.id/umb/utama mulai tanggal 1 Juli sampai 7 Juli 2011 pukul 24.00. Adapun ujian dilaksanakan pada 9 Juli 2011. Hasil UMB-PT akan diumumkan mulai pukul 18.00 pada 17 Juli melalui http://penerimaan.spmb.or.id.

…dst

8 ) Penerimaan Mahasiswa Baru
Ada 10.000 Kursi PTN di UMB 2011

http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/16/15094522/Ada.10.000.Kursi.PTN.di.UMB.2011
Kamis, 16 Juni 2011 | 15:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Ujian masuk bersama perguruan tinggi atau UMB-PT 2011 yang akan digelar pada 9 Juli mendatang menjadi arena bagi para calon mahasiswa memperebutkan 10.238 kursi yang disediakan pada 467 program studi di 12 perguruan tinggi negeri dan 8.377 kursi pada 130 porogram studi di perguruan tinggi swasta. Ujian tulis UMB-PT sendiri berdasarkan tes nalar berbasis kurikulum, meliputi tes nalar Sains, tes Matematika dan bahasa, serta tes nalar ilmu sosial yang dilakukan pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.15 WIB atau pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.15 WITA…cut…Pada tahun 2011 ini UMB-PT diikuti oleh 12 perguruan tinggi negeri (PTN), yaitu Universitas Syiah Kuala Malikussaleh, Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, Universitas Jambi, Universitas Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Palangka Raya, dan UIN Alaudin Makassar. Selain itu, juga diikuti oleh delapan perguruan tinggi swasta (PTS), seperti Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Yarsi, Universitas Bakrie, Universitas Nasional, Universitas Pancasila, Universitas Trisakti, Universitas Widyatama, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, dan International Development Program.

…dst

9 ) 20 Perguruan Tinggi Gelar Ujian Masuk Bersama
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/06/17/234805/293/14/20-Perguruan-Tinggi-Gelar-Ujian-Masuk-Bersama

Jumat, 17 Juni 2011 04:14 WIB
JAKARTA–MICOM: Sebanyak 20 perguruan tinggi negeri dan swasta di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi menyelenggarakan Ujian Masuk Bersama 2011 calon mahasiswa baru yang diikuti 12 perguruan tinggi negeri dan delapan perguruan tinggi swasta. “Pelaksanaan Ujian Masuk Bersama (UMB) tahun 2011 ada yang berbeda karena kami melibatkan sejumlah perguruan tinggi swasta dan konsorsium universitas di Australia yang dikelola oleh International Development Program (IDP),” kata Ketua Perhimpunan SPMB Nusantara, Prof Asman Budi Santoso dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (16/6). Masuknya PTS dalam seleksi UMB untuk memberikan wawasan kepada masyarakat bahwa mutu pendidikan di perguruan tinggi swasta sama baiknya dengan negeri dan kondisi tersebut sudah lama dilaksanakan negara-negara lain. “UMB tahun 2011 menyediakan 10.238 kursi di 476 program studi di PTN dan 8.377 kursi pada 130 program studi di PTS,” kata Prof Asman didampingi sejumlah rektor dari Perguruan Tinggi Negeri di antaranya

…dst

10 ) IPB Seleksi Mahasiswa Baru dari Indonesia Timur di Makassar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/06/16/lmvtuu-ipb-seleksi-mahasiswa-baru-dari-indonesia-timur-di-makassar

Kamis, 16 Juni 2011 19:11 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR – Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) di Kota Makassar melalui program jalur masuk talenta mandiri, untuk tahun akademik 2011. Sekretaris Umum Himpunan Alumni IPB Sulsel Muh Ali Yahya di Makassar, Kamis, mengatakan, itu untuk menjaring lulusan SMA, SMK atau sederajat yang belum tertampung pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) yang baru digelar serentak oleh Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Ia mengatakan, pelaksanaan seleksi semacam itu baru pertama dilaksanakan di Makassar dengan pertimbangan sebagai pintu gerbang KTI. Selama ini penjaringan hanya dilaksanakan di kampus IPB. Penjaringan maba IPB di Makassar atas kerjasama alumni mahasiswa IPB asal Sulsel dengan pihak rektorat. “Bersyukur IPB mau menjaring mahasiswa di sini, selama ini banyak orang tua terkendala mendaftarkan anaknya disebabkan besarnya biaya karena harus ke Jawa,” ujar Ali Yahya. Sementara, proses pendaftaran maba digelar secara online dari 6-30 Juni, dengan mengakses website www.ipb.ac.id.

…dst

11 ) UI Jawara Kontes Robot Seni Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/16/373/469145/ui-jawara-kontes-robot-seni-indonesia

Kamis, 16 Juni 2011 17:11 wib
JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) berhasil menyabet juara pertama melalui aksi Robot Penari Klono Topeng, dalam Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) baru-baru ini. Pada kategori Kontes Robot Nasional (KRN) yang digelar di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu, UI bersaing dengan ratusan tim robot dari puluhan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis UI, Kamis (16/6/2011). KRN 2011 memperlombakan tiga kontes, yakni Kontes Robot Indonesia (KRI), KRSI, dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) yang terdiri dari kategori Robot Beroda, Robot Berkaki, dan robot Battle. Total ada 101 tim yang mewakili 51 perguruan tinggi ambil bagian dalam kompetisi tahunan ini. Juara pertama KRI diraih oleh Politeknik Batam. Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi juara pertama kategori KRCI Beroda dan KRCI Berkaki. Sementara pada kategori KRCI Battle, Politeknik Elektronika Surabaya (PENS) menyabet peringkat pertama.

…dst

12 ) Beasiswa
Beasiswa S-2 di NTU Singapura
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/16/12011112/Beasiswa.S-2.di.NTU.Singapura

Kamis, 16 Juni 2011 | 12:01 WIB
kandidat penerima beasiswa yang berasal dari negara-negara anggota ASEAN, kecuali Singapura, untuk menempuh pendidikan S-2 di Nanyang Technological University, Singapura. Kandidat yang diperkenankan mendaftar berasal dari negara Brunei Darrussalam, Cambodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand and Vietnam. Persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya, memiliki catatan akademik sempurna, lancar berbahasa Inggris, memiliki pengalaman kerja selama minimal 2 tahun, dan tidak sedang menerima beasiswa apapun. Untuk informasi jurusan apa saja yang dibuka bagi penerima beasiswa, bisa mengakses informasi selengkapnya di http://admissions.ntu.edu.sg/graduate/coursework.

…dst

13 ) 170 Mahasiswa Terima Beasiswa Smart
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/16/373/469151/170-mahasiswa-terima-beasiswa-smart

Kamis, 16 Juni 2011 18:21 wib
JAKARTA – Beasiswa menjadi solusi terbaik untuk menyiasati tingginya biaya pendidikan. Seperti yang diraih 170 mahasiswa peserta berbagai program beasiswa PT Smart Tbk ini. Direktur Utama PT Smart Tbk Daud Dharsono mengatakan, perusahaannya menyediakan berbagai beasiswa bagi para mahasiswa diploma dan sarjana. Program-program tersebut dimaksudkan meningkatkan potensi dan kualitas generasi muda yang lebih baik di masa mendatang. Mereka membuka program Smart Diploma, Smart Engineer, dan Tjipta Pemuda Bangun Palma, bekerja dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Smart Diploma misalnya, merupakan hasil kerja sama dengan Program Keahlian Perkebunan Kelapa Sawit dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Daud menjelaskan, program Smart Diploma melengkapi para pelajar sebelum bekerja di industri kelapa sawit dan menyediakan keahlian dasar untuk berkarier di bidang perkebunan. “Program Smart Diploma tersedia bagi seluruh karyawan dan pelajar yang berada di sekitar daerah operasi kami,” kata Daud seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (16/6/2011).

…dst

14 ) Beasiswa Unggulan Menanti Alumni Pontren
http://www.pikiran-rakyat.com/node/148809

Kamis, 16/06/2011 – 13:23
YOGYAKARTA, (PRLM).- Beasiswa unggulan (BU) bukan milik alumni sekolah favorit dan terkenal. Alumni pondok pesantren (pontren) dan madrasah memiliki kesempatan khusus meraih BU selama empat tahun dan mendapat gelar dobel (double degree). Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Ir. Gumbolo Hadi Susanto, M.Sc menyatakan alumni pontren yang mendapat BU angkatan 2010 di UII prestasinya sangat bagus. “Nilai mereka cumlaude semua,” kata dia, Kamis (16/6). Menurut dia, terdapat 123 penerima program BU angkatan 2010 di empat perguruan tinggi di Jateng-DI Yogyakarta, sebanyak 17 di antaranya alumni pesantren dan kuliah di lingkungan UII. “Kami ingin anak-anak alumni pesantren hati dan ilmu agamanya bagus, otaknya Jerman, Amerika, Belanda atau menjadi ahli seperti di negara-negara maju,” ujar dia. Khusus mahasiswa BU di UII, menurut dia, akan mendapatkan duble degree dari UII dan Saxion Universiy, Ultrech, Belanda. Perkuliahannya selama tiga tahun di UII dan setahun di Belanda. Mahasiswa FTI khususnya bisa bekerja di Belanda selama minimum dua tahun dan kamsimum lima tahun.

…dst

15 ) Wapres Lepas Mahasiswa KKN UGM
http://www.antaranews.com/berita/263278/wapres-lepas-mahasiswa-kkn-ugm

Kamis, 16 Juni 2011 10:02 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Wakil Presiden Boediono melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) antar semester Universitas Gadjah Mada 2011 di saat melakukan kunjungan kerja Ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis. “Beberapa waktu lampau menerima pesan bapak rektor kalau bisa melepas KKN, saya sangat bahagia dapat menghadiri dan melepas adik-adik sekalian. Setiap kali diundang berkaitan dengan generasi muda berbunga-bunga,” kata Wapres saat memberikan pengarahan melepas para mahasiswa KKN. Boediono dalam acara tersebut memberikan pengarahan dihadapan empat ribuan mahasiwa UGM yang akan melakukan KKN di berbagai daerah. Wapres, dalam amanatnya menyampaikan agar mahasiswa tetap semangat dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas untuk memperbaiki generasi sebelumnya. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya mengatakan, KKN merupakan program yang mendorong idealisme dan semangat membangun masa depan.

…dst

16 ) NTT Dapat Perhatian Khusus
http://cetak.kompas.com/read/2011/06/17/03443685/ntt.dapat.perhatian.khusus

Jumat,17 Juni 2011
Jakarta, Kompas – Nusa Tenggara Timur mendapat perhatian khusus dalam pelayanan pendidikan karena daerah tersebut masih tertinggal dalam banyak aspek pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia. Perhatian khusus ini termasuk juga dalam kucuran dana. Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh saat berkunjung ke Redaksi Kompas, Kamis (16/6), mengatakan, ketertinggalan Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam pendidikan antara lain terlihat dari indeks pembangunan manusia (IPM) tahun 2009 yang menempati urutan ke-31 dari 33 provinsi. Lama rata-rata bersekolah hanya 6,6 tahun atau tidak lulus kelas I SMP. Bahkan di tiga kabupaten, yakni di Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, dan Sabu Raijua, banyak yang tidak tidak lulus SD. Fakta itu sejalan dengan kondisi daerah tersebut yang termasuk termiskin di NTT.

…dst

17 ) Leo Plass Raih Sarjana pada Usia 99 Tahun
http://www.pikiran-rakyat.com/node/148887

Kamis, 16/06/2011 – 22:36
PORTLAND, (PRLM).- Seorang pria Oregon Amerika Serikat yang berusia 99 tahun dan keluar dari Perguruan Tinggi selama Great Depression tapi kini meraih gelar sarjana. “Saya cuma perlu waktu 80 tahun untuk menyelesaikan kuliah,” Leo Plass berkelakar dalam satu wawancara dengan Reuters, Kamis (16/6). Atas desakan kemenakan pria itu, Eastern Oregon University, yang dulu bernama Eastern Oregon Normal School, memeriksa karya tulis Plass dan menyadari berdasarkan ketentuan yang diperbarui Plass memenuhi syarat untuk meraih gelar setingkat sarjana dalam studi umum. Plass, yang meninggalkan Perguruan Tinggi untuk bekerja, menemukan kampus La Grand, Oregon, telah berkembang sejak Plass kuliah pada 1930-an. “Mereka membawa saya keliling kampus dan semuanya sudah berubah,” katanya. Warga Redmond, Oregon, itu yang berusia 100 tahun pada 3 Agustus, mengatakan ia tak memiliki rencana untuk terjun ke karier lain dengan gelar barunya. Ia mengatakan ia tak menyesal karena meninggalkan Perguruan Tinggi untuk bekerja. “Saya mendapat uang dua kali lebih banyak. Saya senang melakukannya.” (A-26/rtr)***

>>>

18 ) Sekilas Dalam Negeri
Kasus Pak Antasari
KY Minta Keterangan Antasari
KY Makin Yakin Ada Rekayasa Kasus Antasari
Mahfud: Hakim Antasari Wajib Penuhi Panggilan KY
Saya Tahu, Tapi Tak Bisa Mengatakan
Kasus Nyontek Massal
Presiden dan Wakil Presiden Dukung Kejujuran Siami
Kasus Siami Ekses Tuntutan Kelulusan UN Tinggi
Anies: Terapkan Penilaian Kejujuran Di Sekolah
Koalisi Kejujuran dan Potret Buram Dunia Pendidikan
Gara-gara Laptop, Keinginan Rizki Pupus (SMPN2)
Bantuan  Pascabencana
Mendiknas: Sekolah di Kawasan Rawan Bencana Merapi akan Direlokasi
Wapres Tinjau Lereng Merapi
Gandeng TNI, Salurkan Bantuan Penanganan Pascabencana
Calon pimpinan KPK
Pendaftar Sementara Calon Pimpinan KPK 93 Orang
Kasus Nunun
KPK: Nunun Nurbaeti Tidak Lagi di Kamboja
Kasus Nazaruddin
KPK Matangkan Penjemputan Paksa Terhadap Nazaruddin
Nazaruddin Minta OC Kaligis Sambangi KPK
Ini Aliran Suap Kemenpora ke DPR Versi Nazaruddin
Nazaruddin Sebut Tiga Nama Pemain Dalam Suap Kemenpora
Kasus Nurpati
Dewan Kehormatan Pegang Kunci Andi Nurpati
Kasus Pemalsuan Surat MK – Panja Pemilu Bongkar Kasus Lain
Bawaslu: Andi Nurpati Tak Bisa Dipidana
Sekilas Ekonomi
Bank Mandiri: Kasus Citibank adalah Hikmah
Momen Perbaikan Ekonomi
Indonesia Masuk Radar Dunia, SBY pun Bersyukur
Dari Tokyo, SBY Komentari Sidang Vonis Ba’asyir
Modal Awal BPJS Rp2 Triliun
Gugatan terhadap Obama
Olimpiade 2012 Dibayangi Konflik NATO Vs Khadafi
Obama Dituding Salah Saat Operasi di Libia
Anggota Parlemen AS Ajukan Gugatan Terhadap Obama Soal Libya
Ditentang Kongres, Gedung Putih Teruskan Misi Libia
Bawa AS Terlibat dalam ‘Operasi Libya’, Obama Digugat Parlemen Melaui Pengadilan …
Obama Yakin Operasi di Libya Sah – Tripoli Dibombardir
Berita Libya
Putra Gaddafi Serukan Pemilu di Libya
Qaddafi Siap Serahkan Kekuasaannya dalam Pemilu di Libya
NATO Menolak Dibilang Membom Bus Libya yang Menewaskan 12 Orang
Lagi, NATO Gempur Sekitar Kediaman Khadafi
Spanyol Usir Duta Besar Libya
NATO Bantah Klaim Membom Bus Libya Tewaskan 12 Orang
Pengganti Osama Bin Laden
Zawahiri Resmi Pimpin Al-Qaeda
Jepang
Duh…Daun Teh Hijau Tercemar Nuklir Ditemukan di Lima Pabrik Jepang
Israil
Israel Akan Hentikan Armada Kapal Tujuan Gaza
Malaysia
Peretas Serang Situs Malaysia dan CIA
41 Situs Pemerintah Dibombardir “Hacker”
Lain-Lain
Gerhana Terlama Sejak 10 Tahun
Facebook Bantah Kehilangan Pengguna