1 ) Cinta Ilmu Pengetahuan, Dosen UGM Sumbangkan Jasadnya
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/07/17/242519/293/14/Cinta-Ilmu-Pengetahuan-Dosen-UGM-Sumbangkan-Jasadnya

Minggu, 17 Juli 2011 06:35 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Almarhum Dr Ir Fitri Mardjono Msc, dosen Fakultas Teknik jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM), menyumbangkan jasadnya (kadaver) kepada Fakultas Kedokteran universitas itu. Almarhum melakukan itu sebagai bentuk cinta pada perkembangan ilmu dan pengetahuan. Ia berharap jasadnya bisa dimanfaatkan oleh mereka yang memerlukan cangkok kornea mata, maupun bagian tubuh lainnya, termasuk sebagai bahan pendidikan. Fitri meninggal dunia pada Sabtu (16/7) sekitar pukul 02.00 WIB. Menurut Wakil Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UGM dr Muhammad Mansyur Romi SU PA(K) yang juga pakar anatomi, yang dilakukan oleh almarhum Fitri sangat jarang bahkan sulit dijumpai di Indonesia. “Kalau donor kornea mata memang sudah banyak. Lain dengan yang sudah menyumbangkan kadavernya,” kata Mansyur seusai pelepasan jenazah di Gedung Radioputro FK UGM.

…dst

2 ) Dosen Teknik UGM Donorkan Jasadnya Untuk Ilmu Pengetahuan
http://www.detiknews.com/read/2011/07/16/160601/1682697/10/dosen-teknik-ugm-donorkan-jasadnya-untuk-ilmu-pengetahuan

Sabtu, 16/07/2011 16:06 WIB
Jakarta – Dosen Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta almarhum Dr. Ir. Fitri Mardjono, M.Sc, menyumbangkan kornea mata dan jasadnya (Kadaver) ke Fakultas Kedokteran (FK). Kornea mata akan dicangkokkan pada orang yang membutuhkan donor kornea mata. Sedang jasadnya juga akan digunakan sebagai bahan pendidikan khususnya bagi kalangan dokter. Almarhum Fitri Mardjono meninggal dunia hari ini, Sabtu (16/7/2011) pukul 02.00 WIB. Kepada keluarga, almarhum sudah berwasiat sebelumnya soal itu sejak lama.

…dst

3 ) UI Juara Lomba Debat Internasional di Korsel
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/07/17/242594/293/14/UI-Juara-Lomba-Debat-Internasional-di-Korsel

Minggu, 17 Juli 2011 07:59 WIB
DEPOK–MICOM: Tim Universitas Indonesia berhasil menjuarai kategori English as second language (ESL) dalam The Australasian Intervarsity Debating Championship di Korea Selatan, 13 Juli lalu. Informasi kantor komunikasi Universitas Indonesia (UI), Sabtu (16/7) menyebutkan tim UI yang terdiri atas Riza Aryani (FISIP), Dimas Hokka Soebekti (Fakultas Teknik) dan Muhammad Subarkah Syafruddin (Fakulas Hukum), mengalahkan tim Universitas Hong Kong di final kompetisi debat kedua terbesar di dunia itu. Dalam final, Tim UI membahas pergerakan tenaga kerja di Asia Tenggara. The Australasian adalah kompetisi debat kedua terbesar di dunia dengan peserta dari seluruh Asia dan Oceania. Semua tim harus mengikuti delapan ronde awal sebelum dapat melaju ke babak lanjutan umum atau ESL. UI menjadi tim Asia pertama yang menjuarai kategori umum pada turnamen prestisius ini. UI juga sebagai satu-satunya tim dari Indonesia yang pernah menjuarai yang menjuarai kategori ESL lomba ini.

…dst

4 ) UBH Siapkan Menuju e-University
http://www.jpnn.com/read/2011/07/17/98227/UBH-Siapkan-Menuju-e-University-

Minggu, 17 Juli 2011 , 07:20:00
PADANG- Universitas Bung Hatta (UBH) menggelar workshop pengembangan sistem informasi manajemen diikuti seluruh Dekan di lingkungan UBH, beberapa waktu lalu. Workshop itu digelar untuk untuk mendorong peningkatan optimalisasi kinerja lembaga. Wakil Rektor I UBH Bidang Akademik Dr Eko Alvarez MSAA mengatakan, di lingkungan perguruan tinggi, pemanfaatan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat diwujudkan dalam suatu sistem yang disebut dengan sistem informasi akademik (SIA) berguna untuk mencapai e-University. Dikatakan, pengembangan e-University bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik kepada komunitasnya, baik di dalam maupun di luar perguruan tinggi tersebut melalui internet.

…dst

5 ) KPK Belum Akan Periksa Rektor PTN Terkait Proyek Nazaruddin
http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2011/07/17/brk,20110717-346919,id.html

MINGGU, 17 JULI 2011 | 07:00 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta -Komisi Pemberantasan Korupsi belum berencana memanggil sejumlah Rektor Perguruan Tinggi yang diduga menggarap proyek terkait perusahaan eks Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin. Ketua KPK, Busyro Muqoddas, mengatakan hal itu tidak menjadi prioritas lembaganya saat ini. “Satu kasus Nazarudin soal Wisma Atlet saja sudah njlimet (rumit),” kata Busyro di Yogyakarta, Sabtu, 16 Juli 2011. Menurut Busyro, KPK saat ini masih mengarahkan fokus perhatian untuk mengungkap kasus-kasus yang bukti-bukti kuatnya sudah ditemukan oleh tim penyidik. Adapun kasus-kasus lain soal bukti keterlibatan Nazarudin belum akan ditindaklanjuti karena bukti hukumnya yang kuat belum ada. “Kita harus memberi prioritas pada kasus yang bukti-buktinya sudah kuat,” kata Busyro … Sebelunya hasil dokumen salinan pembicaraan blackberry antara Muhammad Nazarudin dengan Mindo Rosalina Manullang yang diterima Tempo, mulai 8 November 2010 hingga 16 Februari 2011 menyebutkan keterlibatan Nazaruddin untuk mengegolkan sejumlah kucuran anggaran negara bagi beberapa proyek di badan usaha milik negara (BUMN) dan kampus-kampus negeri. Di antara kampus-kampus negeri itu adalah Universitas Sumatera Utara, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya dan sebagainya.

>>>

6 ) Muhammad Nuh: Kesetiaan NU Sudah Teruji
http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2011/07/17/brk,20110717-346962,id.html

MINGGU, 17 JULI 2011 | 14:35 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh, mengatakan kesetiaan Nahdlatul Ulama (NU) selaku organisasi masyarakat yang mengabdi kepada bangsa sudah teruji. Masyarakat tidak perlu meragukan lagi soal loyalitas NU. “Jadi, NU itu organisasi yang sudah teruji kesetiaannya sebagai warga bangsa, tak perlu diragukan lagi,” kata Nuh saat menghadiri peringatan Hari Kelahiran NU ke-85 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad, 17 Juli 2011. Menurut Nuh, peran vital NU yang selama ini sudah berjalan baik harus lebih ditingkatkan. Masyarakat harus turut serta dengan mendorong dan memperkuat peran NU.Ia menyebut ada 4 hal yang harus diperkuat NU, yaitu organisasi, pendidikan, keagamaan, serta nahdlatul tijar atau kebangkitan faktor ekonomi. “Karena dulu NU berkembang dari gerakan pemikiran, dan sekarang menjadi organisasi pendidikan, keagamaan, serta ekonomi,” kata Nuh.

…dst

7 ) Nuh Akui Bea Masuk PTN Hingga Rp200 Juta
http://www.jpnn.com/read/2011/07/16/98204/Nuh-Akui-Bea-Masuk-PTN-Hingga-Rp200-Juta-

Sabtu, 16 Juli 2011 , 20:12:00
JAKARTA–Pengelolaan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang berasal dari perguruan tinggi akan diatur ulang. Menurut Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh, upaya ini dilakukan lantaran angka PNBP dalam tiga tahun terakhir ini meningkat terus. “Selain itu, saat ini pendekatannya adalah untuk memberikan akses bagi adik-adik kita yang berasal dari ekonomi bawah bisa kuliah. Dengan apa? Ya dengan 20 persen Bidik Misi itu. Yang kaya, biar saja bayar mahal, wong dia kaya,” ujar Nuh kepada JPNN di akarta, Sabtu (16/7). Dikatakan, saat ini memang ada perguruan tinggi yang biayanya mahal sekali, tetapi ada juga yang gratis. Menurutnya, faktanya saat ini memang seperti itu. Bahkan di PTN, Nuh mengakui ada yang bianya mencapai Rp 200 juta meskipun di sisi lain ada yang tidak membayar sama sekali, yakni adanya program beasiswa Bidik Misi. “Dalam memahami masalah ini memang harus cermat. Saya pun memperhatikan PNBP dari perguruan tinggi itu tambah lama tambah naik,” terang Nuh.

…dst

8 ) Biaya Kuliah Makin Mencekik
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/413222/

Sunday, 17 July 2011
SEMARANG– Pendidikan merupakan hak seluruh masyarakat. Namun, tidak semua warga terutama yang tidak mampu bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) akibat tingginya biaya masuk. Di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, misalnya, biaya tertinggi untuk sumbangan pendidikan di kampus tersebut mencapai Rp100 juta. Sumbangan itu khusus bagi calon mahasiswa yang masuk melalui jalur Ujian Mandiri (UM) untuk Program Studi S-1 Fakultas Kedokteran (FK).Tahun ini pada jalur UM, semua mahasiswa di setiap program studi (prodi) dikenakan biaya sama dan tidak mengenal tinggi rendah sumbangan. “Tahun lalu memang masih ada perbedaan.Misalnya,di Fakultas Kedokteran yang memang tertinggi,dari satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya yang masuk dengan jalur sama seperti UM, bisa dikenakan biaya berbeda tinggi rendahnya. Namun, tahun ini tidak, jadi yang masuk melalui UM ya besarannya Rp100 juta. Tidak boleh ada yang lebih,kurang malah bisa jika memang dari keluarga tidak mampu,” papar Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi kemarin.

…dst

9 ) PPI Australia Jadi Aktor Perubahan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/413288/

Sunday, 17 July 2011
JAKARTA – Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) menggelar kongres ke-18 di Perth, Australia. PPIA mewakili kepentingan 18.000 pelajar Indonesia di berbagai jenjang pendidikan di Australia. Agenda kongres selain untuk konsolidasi, juga memilih ketua PPI Australia periode 2011–2012. Pada saat pembukaan kongres, Dubes RI untuk Australia Primo Alui Joelianto menyampaikan harapannya agar PPIA dapat bersinergi dengan kedutaan. Menurut dia, PPIA bisa memperkuat fungsi diplomasi dengan keahlian masing-masing. “Bahkan, duta besar sesungguhnya adalah mahasiswa Indonesia,” ungkapnya dalam rilis yang diterima SINDO kemarin. Mantan Ketua PPIA Bima Arya Sugiarto yang hadir sebagai pembicara meyakini bahwa PPIA memiliki potensi yang luar biasa sebagai kawah candradimuka bagi pemimpin masa depan. (rahmat sahid)

…dst

10 ) TNI IKUTI OLIMPIADE MILITER DUNIA DI BRASIL – Janji Buktikan Kemampuan Bertempur di Gelanggang Olahr
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/413289/

Sunday, 17 July 2011
Syafrin Sihombing masih mengenakan baret merah,menunjukkan ia seorang prajurit Kopassus.Ia merupakan salah satu dari 69 atlet TNI yang menjadi kontingen TNI dalam kejuaraan Olimpiade Militer Dunia V di Rio de Janeiro, Brasil,16–24 Juli 2011. Prajurit TNI kelahiran Tapanuli Utara,38 tahun silam itu akan menghadapi persaingan yang tidak ringan dalam cabang olahraga menembak.Selain karena banyaknya pesaing, ada 110 negara peserta,kiprahnya di ajang ini merupakan kali pertama bagi dirinya dan bagi kontingen TNI secara umum. Dia sadar betul akan hal ini. Namun,tidak ada keraguan dalam diri prajurit berpangkat sersan kepala itu untuk mengukir prestasi terbaik. Bekal untuk mencapai hal itu cukup banyak.Syafrin merupakan pemecah rekor nasional cabang menembak kelas sentra-fair yang telah bertahan 20 tahun. Ia juga anggota Pelantnas SEA Games sehingga kemampuannya tak perlu diragukan. Dia pun sudah menakarnakar peluangnya di Brasil. Dia bandingkan perolehan rekor tertinggi dalam kejuaraan itu dengan pencapaiannya di tingkat nasional.”Rekornas 583, sedangkan kita lihat di web untuk olimpiade 588.Kita masih berpeluang,hanya beda 5 poin,saya kira itu faktor luck,”tegasnya menjelang keberangkatan ke Brasil belum lama ini.

…dst

11 ) 60 Instansi Tak Rekrut CPNS Baru
Waspadai Strategi untuk Raih Remunerasi
http://www.jpnn.com/read/2011/07/17/98229/60-Instansi-Tak-Rekrut-CPNS-Baru-

Minggu, 17 Juli 2011 , 08:55:00
JAKARTA – Tuntas sudah pengajuan kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2011. Berdasar data dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB), hingga batas akhir pengajuan, terdapat 60 intansi yang tak memasukkan data kebutuhan pegawai baru. Ke-60 instansi tersebut terdiri atas instansi pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemen PAN dan RB, Ramli Naibaho menyambut baik sikap instansi-instansi tersebut. Menurutnya, pihak-pihak yang tidak mengajukan usulan CPNS baru tersebut karena aparatur mereka masih cukup. Kalaupun ada yang pensiun tahun ini jumlahnya tidak besar. “Tidak berpengaruh terhadap pelayanan masyarakat jika tidak ditutup langsung tahun ini,” tandas Ramli. Sebab, lowongnya kursi PNS akibat adanya pegawai yang pensiun tersebut, bisa diisi secara rapelan beberapa tahun kemudian. Selain persoalan tenaga yang masih cukup, Ramli menjelaskan jika banyaknya instansi yang tidak mengusulkan CPNS baru itu disebabkan masih berlangsungnya penataan birokrasi. Langkah tersebut, merupakan permulaan dari penerapan reformasi birokrasi.

…dst

12 ) PNS Membengkak Dampak Kepentingan Politik
http://www.jpnn.com/read/2011/07/17/98237/PNS-Membengkak-Dampak-Kepentingan-Politik-

Minggu, 17 Juli 2011 , 09:49:00
JAKARTA –Anggota Komisi II DPR Arif Wibowo mengatakan, sejak 2005 tidak ada hasil signifikan untuk menekan laju pertumbuhan jumlah pegawai. Dalam pengadaan PNS, lanjut dia, pemerintah tidak memiliki perencanaan yang matang dengan rasio sesuai kebutuhan. “Puncaknya adalah pengangkatan tenaga honorer secara masal sejak tahun 2005 yang hingga saat ini belum tuntas, yang jumlahnya mencapai 800 ribuan, bahkan cenderung membengkak tiap tahunnya,” kata politisi PDIP, itu. Menurut dia, pertumbuhan pegawai yang tidak terkontrol merupakan “buah” dari praktek pengelolaan kepegawaian yang berorientasi kepentingan politik kekuasaan dan mengabdi pada status quo. “Jadi, tidak konsisten dengan reformasi birokrasi yang acap digembar-gemborkan pemerintah selama ini,” kritiknya. Arif lantas membandingkan pemerintahan SBY dengan pemerintahan Megawati. Dia menyebut secara komulatif pertumbuhan pegawai secara nasional sejak 2005 ” 2011 rata-rata sebesar 3,9 persen.

…dst

13 ) Banyak Daerah Bangkrut, APKASI minta perekrutan PNS ditunda
http://www.jpnn.com/read/2011/07/17/98230/Banyak-Daerah-Bangkrut,-APKASI-minta-perekrutan-PNS-ditunda-

Minggu, 17 Juli 2011 , 05:14:00
JAKARTA — Ketua Asosiasi Pemerintah Kabutpaten Seluruh Indonesia (APKASI) Isran Noor berharap agar Mendagri benar-benar melakukan evaluasi tersebut. Sebab, dia sepakat jika ada indikasi bangkrut di beberapa daerah. Agar Negara tidak terus merugi, dia berharap agar pemekaran bisa di stop terlebih dahulu.”Pemekaran harus dihentikan. Banyak daerah pemerkaran yang belum sukses,” katanya. Termasuk dengan anggaran daerah yang dia nilai kebablasan karena tersedot banyak untuk belanja pegawai. Isran mengakui, jika masih banyak daerah yang 60 persen anggarannya untuk memenuhi sektor gaji. Pria Yang juga menjabat sebagai Bupati Kutai Timur itu khawatir jika pola tersebut tidak diubah, maka kepentingan rakyat akan dipertaruhkan. Bagaiamana caranya” Dia juga meminta agar pusat tidak lagi dengan mudah meminta ada perekrutan PNS. Menurutnya, alasan penyegaran karena pegawai jenuh bekerja kurang tepat.

…dst

14 ) Pembahasan Moratorium PNS Ditarget Oktober
Atasi Kurang Pegawai, Terapkan Mutasi
http://www.jpnn.com/read/2011/07/16/98178/Pembahasan-Moratorium-PNS-Ditarget-Oktober-

Sabtu, 16 Juli 2011 , 05:35:00
JAKARTA – Rencana pemerintah melakukan moratorium (penghentian sementara) penerimaan PNS terus dimatangkan. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan, kebijakan itu akan diterapkan setelah terbitnya keputusan presiden.”Sekarang sedang dalam pembahasan secara mendalam, dari undang-undang, peraturan, dan data-data kepegawaian,” kata Gamawan sebelum mengikuti rapat terbatas bidang polhukam di Kantor Presiden, kemarin (15/7). Jika proses tersebut sudah rampung, lanjut dia, nanti akan difinalisasi di tingkat presiden.Gamawan mengatakan, pembahasan itu diharapkan bisa selesai sebelum bulan Oktober. Sehingga daerah tidak menunggu dan segera mendapatkan kepastian. “Daerah kan banyak yang sudah mengusulkan pegawai, biasanya Oktober sudah bukaan. Mudah-mudahan sebelum Oktober (selesai),” urai mantan gubernur Sumatera Barat.

…dst

15 ) Sekilas dalam Negeri
Nazaruddin Bisa Dilacak dari BBM-nya
Roy Suryo: Periksa OC Kaligis untuk Temukan Nazaruddin
Roy Suryo: Pernyataan SBY mengenai BBM untuk OC.Kaligis
Sri Mulyani Tahu Rahasia Pemerintah
Sebut Partai Islam Tak Laku, Sri Mulyani Blunder
Libya
Pemberontak Kian Dekati Tripoli
China
China: Pertemuan Obama-Dalai Lama Rusak Hubungan