Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIV

http://www.dikti.go.id/
Sunday, 24 July 2011 14:39
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIV digelar di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar 19-21 Juli 2011. Pimnas kali ini diikuti oleh 457 tim dari 91 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia. Tema yang diangkat pada Pimnas kali ini adalah “Inovasi Untuk Membangun Karakter Bangsa Maritim”.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia Djoko Santoso secara resmi membuka XXIV.  Dalam sambutannya saat membuka Pimnas XXIV, Dirjen Dikti menyampaikan bahwa perguruan tinggi melalui mahasiswa dan dosennya dituntut untuk menghasilkan karya yang sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing. Tujuannya antara lain adalah untuk menjaga keberlanjutan kehidupan atau paling tidak untuk bertahan hidup suatu bangsa, apalagi negara Indonesia memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang luar biasa yang harus dimanfaatkan secara optimal. “Melalui Pimnas, mahasiswa dan dosen dapat berinteraksi sehingga dapat menghasilkan berbagai inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ungkap Djoko.

Lebih lanjut Djoko juga menjelaskan bahwa para peserta Pimnas ini telah melalui berbagai seleksi, antara lain saringan secara teknis dan alamiah. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah proposal yang masuk dan jumlah perguruan tinggi yang mengirimkan proposal. Dari ribuan perguruan tinggi baik negeri dan swasta, hanya 91 perguruan tinggi yang lolos ke Pimnas, yang artinya kurang dari 10%  dari perguruan tinggi yang lolos. “Dari jumlah itu saja, dapat menunjukkan bahwa mereka adalah anak-anak yang luar biasa,” ujarnya.

Acara pembukaan yang berlangsung di Baruga Andi Pangeran Pettarani ini disaksikan pula oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang, Rektor Unhas Idrus A. Paturusi beserta jajarannya, Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti Suryo Hapsoro, para mahasiswa peserta Pimnas beserta dosen pembimbing, dan perwakilan dari perguruan tinggi peserta Pimnas lainnya. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa Tari Unhas.

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali mempertahankan predikat sebagai juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXIV. Ketua Dewan Juri Ronny R. Noor, mengumumkan secara resmi para peraih juara pada malam penutupan PIMNAS yang berlangsung di Gedung Baruga Andi Pangerang Petta Rani, Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar, Kamis (19/7/2011) malam. Di peringkat kedua ditempati oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan Universitas Negeri Semarang sebagai juara ketiga nasional.

Acara penutupan berlangsung dalam suasana cukup panas dan tegang. Tiap kali dewan juri menyebutkan tim yang menjadi juara di masing-masing kategori, langsung disambut yel-yel masing-masing kontingen perguruan tinggi. Lebih menegangkan lagi, saat jumlah perolehan medali emas antara UGM dan ITS saling susul-menyusul. Hingga akhirnya, Dewan Juri menyebutkan UGM yang berhak menyandang juara nasional.

Berikut ini adalah peringkat 10 besar PIMNAS XXIV:
1. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
3. Universitas Negeri Semarang
4. Institut Pertanian Bogor
5. Universitas Brawijaya, Malang
6. Universitas Airlangga, Surabaya
7. STIE Malangkucecwara
8. Universitas Muhammadiyah Surakarta
9. Institut Teknologi Bandung
10. Universitas Padjajaran.