Kejutan Pasca Asean Ministerial Meeting di Bali

http://www.dikti.go.id/

Written by Layanan Informasi
Monday, 25 July 2011 15:40
Jakarta, 25 Juli 2011–Banyak kejutan muncul pasca Asean Ministerial Meeting dan Asean Regional Forum (AMM/ ARF) di Bali akhir pekan lalu. Menindaklanjuti pertemuan tersebut, Sekretaris Jenderal Asean Surin Pitsuwan melakukan video conference dengan negara anggota ASEAN di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional.

Menurut Surin hasil pertemuan di Bali pekan lalu di luar perkiraan. “Pertemuan ini menghasilkan banyak hal positif,” ujar Surin. Mantan Menteri Luar Negeri Thailand ini mengemukakan tiga hal yang dicapai dalam pertemuan tersebut.

Pertama, Asean berhasil mengesampingkan kepentingan masing-masing negara dan mementingkan Asean. Sekjen ASEAN asal Thailand ini, yakin keberhasilan di Bali terwujud karena desakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. SBY berharap negara anggota Asean mengesampingkan permasalahan dan ego pribadi serta bergerak cepat untuk mencapai kesepakatan negara-negara ASEAN.

Kedua, ajang tersebut mempertemukan Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (korut). Pertemuan ini ditunggu banyak pihak, pasca kedua belah pihak tidak pernah melakukan pertemuan lagi sejak 2008. Salah satu agenda pertemuan langka ini adalah pembahasan nuklir Korut.

Sedangkan yang ketiga, Surin mengemukakan keputusan Pengadilan Internasional PBB (International Court of Justice/ ICJ) mengenai Kamboja dan Thailand, membuktikan bahwa ICJ mengakui posisi Asean terkait masalah ini. Sebelumnya, ICJ memerintahkan kedua negara untuk menarik pasukannya dari perbatasan. ICJ pun akhirnya mengeluarkan keputusan mengenai kehadiran tim peninjau di wilayah perbatasan kedua negara tetangga tersebut.

Selain itu, Surin ini juga menegaskan perlunya peningkatan kerja sama yang menangani permasalahan pemuda. Pertemuan ASEAN yang akan datang, akan membahas dinamika kehidupan pemuda meliputi olahraga, pendidikan dan kebudayaan. Surin berharap pemuda ASEAN akan tampil di kancah internasional dengan lebih percaya diri.