1 ) Inilah 5 Kampus Tertua di Indonesia Bentukan Belanda
http://kampus.okezone.com/read/2011/07/28/373/485477/inilah-5-kampus-tertua-di-indonesia-bentukan-belanda

28 Juli 2011 17:08 wib
JAKARTA – Simpang siur mengenai universitas tertua di Indonesia mungkin bukan hal yang menjadi sebuah kontroversi. Namun laman-laman universitas atau blog mengenai peruguran tinggi selalu memberikan kita hasil yang bervariasi hingga membuat kita bingung.Seperti yang dikatakan Sejarawan Anhar Gonggong, kita tidak boleh sembarang mengklaim kampus man yang paling tua karena perbedaan lini masa dan pendirinya. Dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu, okezone, Kamis (27/7/2011) merangkum lima kampus paling tua di Indonesia:
1. Universitas Indonesia (UI), merupakan kampus tertua di Indonesia. Berawal dari 1851, Pemerintah Hindia Belanda mendirikan sekolah yang ditujukan untuk menghasilkan asisten dokter, dengan gelar dokter Djawa. Kemudian pada 1898 sekolah tersebut dinamakan School tot Opleinding van Indiche Artsen (STOVIA). Sekolah kedokteran ini sempat beberapa kali berganti nama, yang akhirnya pada 1947 barulah dinamakan dengan UI dan diresmikan pada 1955 sesuai dengan Undang-undang Nomor 10.

…dst

2 ) Menilik Sejarah Kampus
http://kampus.okezone.com/read/2011/07/28/373/485470/menilik-sejarah-kampus

Kamis, 28 Juli 2011 16:30 wib
JAKARTA – Pernahkah kamu berpikir, setiap kali membuka situs-situs universitas, kita sering menemukan institut yang mengklaim kampusnyalah yang paling tua? Apalagi universitas yang sudah menjadi mainstream di Tanah Air, pasti menyisipkan informasi tersebut. Kesimpangsiuran ini sebenarnya tidak menjadi sebuah isu menggemparkan. Namun, sebenarnya malah membingungkan kita tentang sejarah universitas kita, bukan? Sejarawan Anhar Gonggong mengatakan, mengunkap sejarah universitas tertua tergantung dari lini masa bentukan mana universitas itu sendiri dilihat.”Karena bentukan itu berada pada tahun yang berbeda, maka berbeda pula usia satu universitas,” kata Ahnar kepada okezone Kamis (27/7/2011). Adapun perbedaan bentukan yang dimaksud Anhar yakni bentukan Belanda dan bentukan Republik Indonesia (RI). Bentukan Belanda, jelas Anhar, salah satunya adalah sekolah yang menghasilkan asisten dokter yang disebut School tot Opleinding van Indiche Artsen (STOVIA) dengan gelar dokter Djawa.”STOVIA memang yang pertama kali memberi gelar dokter pada lulusannya, tetapi dokter yang dimaksud tidak setara dengan lulusan fakultas,” jelas Anhar.

…dst

3 ) Undip Jawara JOVED UGM 2011
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/416322/

Friday, 29 July 2011
YOGYAKARTA– Tim Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berhasil menjuarai kompetisi debat bahasa Inggris nasional Java Overland Varsity English Debate (JOVED) 2011 yang digelar di UGM.Pada malam puncak kompetisi Selasa (26/7) lalu, tim Undip bertarung sengit melawan tim Institut Teknologi Bandung (ITB) di Auditorium Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Dalam topik THBT Weapon Manufacturers Should Make Financial Contribution in the State Were it Fuels Conflict tim ITB berperan sebagai tim positif yang mendukung topik.”Sementara tim Undip berperan sebagai tim negatif yang menentang topik tersebut. Pada akhirnya, dari sembilan juri yang menilai pertandingan tersebut, tujuh juri memberi kemenangan pada tim Undip dan dua juri memberi kemenangan pada tim ITB,” ungkap ketua pelaksana JOVED 2011 Jhendra A Samodra. Tim Undip terdiri atas Satrio Adi Pratama, Rizky Akita, dan Edward Sutanto, yang mengalahkan tim tuan rumah UGM di babak perempat final.

…dst

4 ) Dana Abadi Berkurang
http://cetak.kompas.com/read/2011/07/29/03443672/dana.abadi.berkurang

29 Juli 2011
Jakarta, Kompas – Dana abadi pendidikan batal mendapatkan tambahan sebesar Rp 2 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2011. Ini disebabkan sebagian dana itu masih diminta Kementerian Pendidikan Nasional untuk menutup program kerjanya.Oleh karena itu, dana abadi pendidikan hanya memperoleh tambahan sebesar Rp 1,617 triliun pada paruh kedua 2011 ini.Demikian terungkap dalam dokumen Paparan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2011 yang diterima Kompas di Jakarta, Kamis (28/7).Menurut Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati, dana abadi tidak mendapatkan tambahan Rp 2 triliun seperti yang diusulkan Kementerian Keuangan. Pasalnya, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) minta tambahan Rp 383 miliar yang diambil dari anggaran dana abadi pendidikan tersebut. Dana abadi pendidikan mulai dialokasikan dalam APBN 2008 sebagai akibat bertambahnya anggaran belanja negara. Sebesar 20 persen dari lonjakan belanja negara tersebut harus disisihkan sebagai tambahan dana pendidikan dan sebagian di antaranya menjadi dana abadi pendidikan sebesar Rp 1 triliun.Pada tahun 2011 Kementerian Keuangan mengusulkan agar dana abadi pendidikan ini ditambah Rp 2 triliun. Ini adalah sebagian dari tambahan anggaran pendidikan yang diperkirakan akan mencapai Rp 16,6 triliun pada sisa akhir 2011. Namun, keputusan akhir yang disepakati Badan Anggaran adalah tambahan untuk dana abadi tersebut hanya Rp 1,617 triliun. Penghasilan bunga dari investasi dana abadi pendidikan senilai Rp 1 triliun yang menganggur sejak 2008 telah mencapai Rp 72 miliar. Dana ini cukup untuk mengirim 350 orang ke jenjang pendidikan strata 2.

…dst

5 ) 39 Daerah Belum Salurkan Dana BOS
Nuh: Pak Bupati, Pak Wali, Ayo Segera Tobat
http://edukasi.kompas.com/read/2011/07/28/15151269/Nuh.Pak.Bupati.Pak.Wali.Ayo.Segera.Tobat

Kamis, 28 Juli 2011 | 15:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan Nasional M Nuh, Kamis (28/7/2011), di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, merinci 39 kabupaten/kota yang belum menyalurkan bantuan operasional sekolah (BOS) periode triwulan kedua. BOS ini seharusnya telah disalurkan ke sekolah paling lambat pada Juni 2011. Nilai uang BOS triwulan kedua yang belum disalurkan mencapai sekitar Rp 300 miliar.Nuh mengimbau agar para bupati/wali kota segera menyalurkan dana tersebut.”Pak Bupati, Pak Wali Kota, tolong ini kan hak murid-murid di kota kalian. Wong uangnya sudah dikirim sejak dulu kala. Tinggal nyalur-kan thok. Ayo, kita dorong segera tobat. Segera salurkan uang itu. Bagi-bagi duit (BOS) aja susah, apalagi cari duit,” kata Nuh kepada para wartawan.

…dst

6 ) APTISI: Kaji Ulang Beasiswa Bidik Misi
http://edukasi.kompas.com/read/2011/07/28/16444643/APTISI.Kaji.Ulang.Beasiswa.Bidik.Misi

Kamis, 28 Juli 2011 | 16:44 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Jawa Timur menilai, program beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga miskin atau Bidik Misi di perguruan tinggi harus dikaji ulang atau disempurnakan. Ketua APTISI Jatim Prof Suko Wiyono, mengatakan, program beasiswa yang diluncurkan Kemdenterian Pendidikan Nasional itu hanya memberikan peluang pada sekelompok golongan, yakni calon mahasiswa baru berprestasi dari kalangan tidak mampu.”Padahal kalau kami amati, kalangan masyarakat yang berprestasi tapi dari golongan kurang beruntung jumlahnya sangat terbatas. Justru kalangan kurang mampu ini sebagian besar prestasi akademiknya juga kurang bagus,” katanya, Kamis (28/7/2011).

…dst

7 ) Arsitek Jebolan ITS Juara 1 Lomba Desain Jembatan
http://kampus.okezone.com/read/2011/07/28/373/485249/arsitek-jebolan-its-juara-1-lomba-desain-jembatan

Kamis, 28 Juli 2011 10:58 wib
BANDUNG – Arsitek jebolan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Akhmad Zaki Yamani (34) berhasil memenangi Sayembara Desain Jembatan Siliwangi Bandung atau Siliwangi Pedestrian Bridge Design Competition (SPBDC) 2011.Karya desain Akhmad tersebut berjudul Jembatan Kujang Siliwangi berhasil menjadi juara dan menyingkirkan 10 finalis lainnya.Uniknya, pria asal Makassar, Sulawesi Selatan ini membuat desain tanpa meninjau langsung jembatan Siliwangi yang disayembarakan. Dia hanya melakukan riset visual lewat internet. “Saya belum pernah ke lokasi, hanya tahu jembatan Siliwangi lewat foto-foto saja,” ungkap Akhmad, di sela penganugerahan hadiah SPBDC 2011 di Balaikota Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/7/2011) malam.Lewat foto di internet, Akhmad dan empat rekannya harus bisa memperhitungkan tata letak dan kepadatan tanah di sekitar jembatan. Untuk menyelesaikan desain jembatan, timnya memakan waktu sekira dua bulan.Sarjana arsitektur ITS lulusan 2001 ini juga harus melakukan riset sejarah dan kebudayaan Kota Bandung. Perlu waktu dua minggu bagi Akhmad untuk menentukan konsep dan nilai filosofis jembatan. Selama dua minggu itu dia membaca buku tentang Bandung dan kebudayaan masyarakat Sunda.

…dst

8 ) Andeas Raharso Terpilih Jadi Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional
http://www.antaranews.com/berita/269171/andeas-raharso-terpilih-jadi-ketua-ikatan-ilmuwan-indonesia-internasional

Kamis, 28 Juli 2011 08:45 WIB
London (ANTARA News) – Dr. Andreas Raharso, Direktur Hay Group Global Research Center for Strategy Execution, di Singapura, terpilih melalui musyawarah dan mufakat menjadi Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) periode 2011-2013 pada Musyawarah Internasional (MUIN) II I-4 yang dilaksanakan di dunia maya dipandu Abdullah Abbas, di Malaysia.Ketua Panitia Musyawarah Internasional Ke-2 I4, Victoria Lelu Sabon di Rusia melalui surat elektronik yang diterima Antara London, Kamis mengatakan musyawarah berlangsung dengan menggunakan fasilitas webinar dan e-voting, diikuti secara serentak para ilmuwan Indonesia di lebih dari 20 negara dan dipandu dari Malaysia.Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 40 orang ilmuwan Indonesia dari seluruh dunia dan 20 orang mahasiswa Indonesia di berbagai negara yang tergabung dalam Tim Garuda I-4, juga memilih Dr. Taruna Ikrar, Leader Project Scientist di School of Medicine – University of California at Irvine, Amerika Serikat sebagai Wakil Ketua dari unsur luar negeri.

…dst

10 ) Undip Akan Dirikan Pusat Dokumentasi Diponegoro
2.075 Lulusan Diwisuda
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/07/29/154314/Undip-Akan-Dirikan-Pusat-Dokumentasi-Diponegoro

29 Juli 2011
SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) akan mendirikan pusat dokumentasi dan informasi Diponegoro. Wadah ini akan berguna untuk mengkaji nilai-nilai perjuangan pahlawan yang namanya dijadikan sebagai perguruan tinggi tersebut, sekaligus membekali mahasiswa supaya menjadi lulusan yang berkarakter.Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan, pendirian pusat kajian tersebut karena dilatarbelakangi nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme bangsa ini telah menurun. Pribadi dan kelompok lebih mengutamakan kepentingannya.
Karena itu, sebagai salah satu perguruan tinggi yang sangat menghormati jasa pahlawan dan memakai namanya, maka langkah ini sangat penting dilakukan untuk menyemai nilai-nilai kebangsaan. “Selain mendokumentasikan hal-hal penting dari Pangeran Diponegoro, informasi tersebut juga akan dibekalkan kepada mahasiswa mulai tahun ajaran baru 2011/2012 ini.Tujuannya untuk membentuk mahasiswa dan lulusan yang berkarakter berjiwa pemimpin serta berwawasan luas,” katanya, di sela-sela upacara wisuda Undip ke-123, Rabu (27/7) lalu.

…dst

11 ) UGM Merintis Budi Daya Ganggang Ulva
http://edukasi.kompas.com/read/2011/07/28/21050431/UGM.Merintis.Budi.Daya.Ganggang.Ulva

Kamis, 28 Juli 2011 | 21:05 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Gadjah Mada merintis kolam percontohan budi daya rumput laut jenis ganggang ulva di Pantai Kukup, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.”Kegiatan itu ditujukan untuk melakukan konservasi biodiversitas ganggang ulva yang selama ini oleh masyarakat sekitar telah diolah menjadi kripik, yang diberi nama keripik ulva,” kata Dekan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Retno Peni Sancayaningsih di Yogyakarta, Kamis (28/7/2011).
Menurut dia, Fakultas Biologi UGM dulu memulainya dengan mengajak masyarakat membuat keripik ulva, tetapi konservasinya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Padahal, Fakultas Biologi UGM juga bertanggung jawab untuk menjaga konservasi tersebut.

…dst

12 ) Orientasi Pengenalan Kampus
Korban Kekerasan Trauma Masuk Kampus
http://edukasi.kompas.com/read/2011/07/28/16043583/Korban.Kekerasan.Trauma.Masuk.Kampus

Kamis, 28 Juli 2011 | 16:04 WIB
GORONTALO, KOMPAS.com – Korban kekerasan saat orientasi pengenalan kampus (ospek) di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Muhammad Wahyu (18), mengaku trauma untuk masuk ke kampus.Hingga kini, Wahyu masih dirawat di Rumah Sakit dr Aloei Saboe di Kota Gorontalo. Wahyu masuk rumah sakit, karena ditendang bagian rusuk kirinya saat mengikuti ospek oleh seniornya.”Terus terang saja saya masih trauma untuk ke kampus. Saya belum bisa memutuskan apakah akan meneruskan kuliah di sini atau tidak, yang penting sembuh dahulu,” ujar Wahyu, saat ditemui di RS dr Aloei Saboe, Kamis (28/7/2011).Saat dimintai tanggapannya, Rektor UNG Syamsu Qomar Badu mengaku sudah memerintahkan kepada Pembantu Rektor III, agar mengusut tuntas kejadian ini. Jika terbukti ada kekerasan, pelaku akan dikenai sanksi.

…dst

13 )Mahasiswa Terima Bea Siswa Star Energy
http://www.pikiran-rakyat.com/node/153500

Kamis, 28/07/2011 – 21:13
BANDUNG,(PRLM).- PT Star Energy memberikan beasiswa kepada 32 mahasiswa berprestasi yang saat ini kuliah di program D-III Universitas Padjajaran Bandung serta Politeknik Negeri Bandung, Kamis(28/7).Vice President External dan Security PT Star Energy, Asrul Saleh Amru mengatakan, beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik.Secara keseluruhan lebih dari 78 mahasiswa berprestasi telah menerima beasiswa berupa pembebasab seluruh biaya pendidikan maupun biaya hidup selama kuliah yang ditanggung sepenuhnya oleh PT Star Energy.”Pemberian beasiswa bagi mahasiswa telah dilakukan sejak tahun 2005. Pemberian beasiswa ini merupakan bagian dari program CSR di bidang pendidikan. Dan tahun ini dialokasikan sebesar Rp 1,264 miliar yang tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi tetapi juga mereka yang tidak mampu terutama di tingkat SD, SMP, dan SMA,” katanya.

…dst

14 ) STAIN Surakarta Menjadi IAIN
http://edukasi.kompas.com/read/2011/07/28/19134450/STAIN.Surakarta.Menjadi.IAIN

Kamis, 28 Juli 2011 | 19:13 WIB
SUKOHARJO, KOMPAS.com – Menteri Agama Suryadharma Ali meresmikan perubahan status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Graha STAIN Surakarta, Sukoharjo, Kamis (28/7/2011).Perubahan status ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 1/2011 tanggal 3 Januari 2011. “Alih status ini untuk transformasi berpikir untuk mencapai cita-cita besar pendirian IAIN,” kata Suryadharma.IAIN Surakarta memiliki tiga fakultas, yakni Tarbiyah dan Bahasa, Syariah dan Ekonomi Islam, serta Ushuludin dan Bahasa. Ketua STAIN Surakarta Imam Sukardi mengatakan, IAIN Surakarta yang berada di pusat kebudayaan Jawa harus bisa mencetak ulama yang intelek dan intelek yang ulama.

…dst

15 ) Sampoerna Academy Diluncurkan di Bali
Beri Beasiswa 75 Siswa Beprestasi Prasejahtera
http://www.jpnn.com/read/2011/07/29/99276/Sampoerna-Academy-Diluncurkan-di-Bali-

Jum’at, 29 Juli 2011 , 00:07:00
JAKARTA – Putera Sampoerna Foundation bekerjasama dengan pemerintah provinsi (Pemrov) Bali meluncurkan sekolah berasrama setingkat SMA. Sekolah yang berstandar internasional ini khusus diperuntukkan bagi siswa dan siswi berprestasi yang berasal dari keluarga prasejahtera dari sembilan kabupaten yang di Bali.Setelah melakukan seleksi dari 400 pendaftar, 75 siswa terpilih mendapatkan beasiswa penuh selama tiga tahun dalam menempuh pendidikan di SMA Negeri Bali Mandara yang merupakan Sampoerna Academy mulai tahun ajaran 2011/2012.”Keberadaan sekolah ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemrov Bali dengan Putera Sampoerna Foundation demi memperluas kesempatan bagi para siswa berprestasi dari keluarga prasejahtera. Sehingga pada akhirnya dapat membawa perubahan positif bagi keluarga, komunitas, masyarakat dan daerah Bali maupun bangsa Indonesia,” kata Managing Director Putera Sampoerna Foundation Nenny Soemawinata dalam rilisnya yang diterima JPNN, Kamis (28/7).

…dst

16 ) Ilmuwan Korsel Ciptakan Anjing Bercahaya
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/07/29/245904/293/14/Ilmuwan-Korsel-Ciptakan-Anjing-Bercahaya

Jumat, 29 Juli 2011 06:14 WIB
TIDAK lama lagi, para pecinta anjing di seluruh dunia bisa mendapatkan anjing jenis baru. Tidak main-main, anjing jenis baru ini akan mengeluarkan cahaya dari dalam tubuhnya.Penciptaan anjing bercahaya ini diklaim oleh sekelompok ilmuwan Korea Selatan dari Universitas Nasional Seoul (SNU).Mereka menyatakan telah mampu menciptakan anjing jenis ini dengan menggunakan teknik kloning. Teknik yang dipakai ini biasanya digunakan untuk membantu menemukan obat bagi penyakit Parkinson serta Alzheimer.Dalam keterangannya, tim peneliti menyebut gen anjing bercahaya ini merupakan hasil modifikasi anjing betina jenis Beagle. Anjing bernama Tegon tersebut lahir 2009 lalu.Dalam penelitian yang dilakukan, diketahui anjing ini bisa menimbulkan cahaya berwarna hijau dibawah sinar ultraviolet jika diberikan antibiotik doxycycline.

…dst

17 ) Sekilas dalam Negeri

Bahasa Malaysia/Indonesia Diusulkan Sebagai Bahasa Resmi ASEAN
Pendidikan
Pemerintah Bentuk Tim Investigasi BOS
Menteri Nuh Marah, 39 Daerah Belum Salurkan Dana BOS
Masya Allah, Tujangan Guru Terpencil ‘Disunat’ 
Kemendiknas Siapkan Beasiswa Rp858 Miliar
Dirikan SMAN Internasional, Sampoerna Foundation ‘Bersekutu’ dengan Bali 
Kasus Nazaruddin
Demokrat: Nazaruddin Tertangkap! Tim Gabungan Bergerak Menjemput
Pengakuan Pengawal Uang Nazaruddin ke Kongres Demokrat
Aan: Pertemuan Chandra-Nazaruddin Selalu Lebih dari Satu Jam
Anas Pastikan Media Akan Diperiksa soal Tudingan Nazaruddin
Soal Nazar-Anas, Jasin Merasa Dilempari Telur Busuk
Kejaksaan Sebut Seluruh Kasus Nazar Ditangani KPK
KPK Tak Akan Umumkan 155 Perusahaan Nazaruddin
Terkait KPK
KPK akan Beri Sanksi Kode Etik bagi Anggotanya yang Terbukti Melanggar
Sanksi Komite Etik Tidak Sampai Pemecatan
KPK Bantah Ada Perpecahan Internal
Tiga Nama yang Disebut Nazar Gagal Jadi Calon Pimpinan KPK 
Chandra, Johan, dan Ade Rahardja Gagal dalam Seleksi
Jelang Pensiun, Ade Beber Pertemuan dengan Nazaruddin
Busyro Berjanji Tuntaskan Wisma Atlet 
Mengintip Proyek ‘Basah’ Hambalang
Pansel Hasilkan 17 Nama Calon Pimpinan KPK
Inilah Nama Calon Pimpinan KPK yang Lolos Tahap Kedua
Kasus Andi Nurpati
Andi Nurpati Akui Bertemu Masyhuri
Andi Nurpati Akan Dikonfrontasi dengan Arsyad Sanusi 
Andi Nurpati Pernah Perintahkan Sopirnya Serahkan Berkas ke Arsyad
12 Jam Dikonfrontir, Andi Nurpati Akui Banyak Lupa
3 Agenda Konfrontir Andi Nurpati-Masyhuri Hasan
Keterlaluan
Mahasiswa Bakar Lambang Negara
George Aditjondro Rugi Rp18 Miliar Karena Pembajakan 
Mesir
Mubarak Diadili di Kairo
Amerika
Utang Amerika Terancam Gagal Bayar
Norwegia
Tersangka Teroris Norwegia Mengaku Tak Sendirian
NATO: Pasukan Pro-Gaddafi Banyak Gunakan Fasilitas Sipil
Pemberontak Libya Tempatkan Duta Besar di Paris, London
Inggris Akui Dewan Pemberontak, Usir Seluruh Staf Gaddafi
Nick Davies Bukukan Skandal Penyadapan Telepon Inggris