1 ) Mahasiswa UPI Terancam Dicutikan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/419110/

Tuesday, 09 August 2011
BANDUNG– Ratusan mahasiswa UPI terancam dicutikan secara paksa. Hal ini terjadi setelah mereka terlambat melakukan registrasi pada waktu yang ditentukan pihak kampus 28 Juli 2011 lalu.”Tidak ada sosialisasi sebelumnya kalau terlambat membayar SPP kami dicutikan, karena semester kemarin yang telat masih bisa membayar secara manual di kampus,”kata mahasiswa yang menolak disebut namanya di kampus UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung,kemarin. Registrasi ditetapkan kampus pada 1 hingga 15 Juli 2011, kemudian diperpanjang hingga 28 Juli 2011. Namun,mereka tetap belum membayar sehingga pihak kampus mencutikan mereka. Parahnya lagi kata dia, apabila sejumlah mahasiswa tersebut tidak mengambil cuti pada tanggal 26 Agustus 2011 maka mereka dianggap droped out. Dia mengakui tidak mengetahui semua informasi tersebut karena sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN).

>>>

2 ) Undip Buka Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Calon Dosen
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/08/373/489518/undip-buka-pendaftaran-beasiswa-pendidikan-calon-dosen

Senin, 08 Agustus 2011 16:30 wib
JAKARTA – Universitas Diponegoro (Undip) membuka pendaftaran beasiswa pendidikan calon dosen melalui studi lanjutan di Undip program S-2 bidang Sosial Ekonomi.
Ada pun program studi yang ditawarkan yakni Pertanian, Perikanan dan Agribisnis. Beasiswa pendidikan ini akan fasilitasi Undip yang berasal dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Berikut persyaratan utama untuk mendapatkan beasiswa pedidikan tersebut:
1. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pun Calon PNS
2. Minimal IPK 3,0 skala 4
3. Usia maksimal 38 tahun
4. Jika program S2 sudah berakhir, pelamar bersedia ditempatkan di wilayah Indonesia.
5. Pendaftaran dibuka hingga 18 Agustus 2011.
Informasi lebih lengkap dan berkas administrasi yang perlu disiapkan, bisa dicek dengan mengakses website Undip dan memilih opsi Magister Ilmu Ekonomi.(rhs)

>>>

3 ) Menkokesra Serahkan Mikroskop ke USU
http://www.antaranews.com/berita/270784/menkokesra-serahkan-mikroskop-ke-usu

Senin, 8 Agustus 2011 18:27 WIB
Medan (ANTARA News) – Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menyerahkan hibah seperangkat alat mikroskop pemindai elektron dari Hitachi High Technologies Singapore kepada Universitas Sumatera Utara, Senin.Dalam kesempatan itu, Agung Laksono mengatakan, dengan adanya hibah mikroskop pemindai elekron tersebut diharapkan akan semakin mendorong kemajuan dunia pendidikan di Indonesia khususnya di Universitas Sumatera Utara (USU).Karena mikroskop pemindai eletron tersebut akan sangat bermanfaat untuk studi detil arsitektur permukaan sel dan selain itu juga dapat mengamati objek secara tiga dimensi.

…dst

4 ) Unissula Summer Programme di Malaysia
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/09/155515/Unissula-Summer-Programme-di-Malaysia

09 Agustus 2011
SEMARANG – Lima mahasiswa Fakultas Teknik Unissula Jurusan Teknik Sipil, mendapat kesempatan mengikuti “Summer School Programme” di Negeri Jiran, Malaysia, baru-baru ini. Program yang diselenggarakan Fakulti Kejuruteraan Awam (Fakultas Teknik Sipil), Universiti Teknologi Malaysia (UTM) itu diadakan setiap libur semester genap. Tahun 2011 merupakan kali kedua diadakannya program tersebut, setelah sebelumnya diselenggarkan pada 2010. Summer School Programme diikuti peserta dari dua negara, yaitu mahasiswa dari Malaysia dan Indonesia.Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang mendapat undangan dari UTM antara lain ITB, ITS, UGM, UI, dan Universitas Trisakti. “Ke depan, kami akan terus berusaha meningkatkan kualitas program ini. Insya Allah, tahun-tahun yang akan datang kami akan mengundang peserta bukan hanya dari Indonesia, melainkan juga dari berbagai negara lain untuk mengikuti program ini,” ungkap Dekan Fakulti Kejuruteraan Awam UTM, dalam rilisnya.

…dst

5 ) Mahasiswa Baru UNS Dibekali Akun Blog dan Email
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/08/09/249062/293/14/-Mahasiswa-Baru-UNS-Dibekali-Akun-Blog-dan-Email

Selasa, 09 Agustus 2011 00:06 WIB
SOLO–MICOM: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membekali mahasiswa barunya dengan akun blog dan email khusus. Perangkat teknologi informasi ini dalam rangka menunjang kelancaran pembelajaran. Rektor UNS, Ravik Karsidi mengemukakan hal itu usai menerima penyerahan 4.482 orang mahasiswa baru dari Ketua Panitia Seleksi Mahasiswa Baru (SPMB), Sutarno di halaman kampus tersebut, Senin (8/8). “Ini supaya mahasiswa melek teknologi informasi. Kami sudah minta pusat komputer (puskom) untuk menyiapkannya,” jelas Ravik. Untuk implementasinya, nanti seluruh dosen yang mengajar di semester satu wajib buka blog. Semua bahan ajar mata kuliah, minimal silabus ditaruh disitu sehingga bisa diakses mahasiswa dengan mudah.(OL-11)

>>>

6 ) Mahasiswa Miskin Dapat Beasiswa Pemkab Pidie Jaya
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/08/09/249068/293/14/Mahasiswa-Miskin-Dapat-Beasiswa-Pemkab-Pidie-Jaya

Selasa, 09 Agustus 2011 00:59 WIB
PIDIE JAYA–MICOM: Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, sekarang sedang meyalurkan Rp500 juta untuk membantu biaya kuliah mahasiswa miskin. Bantuan beasiswa itu diberikan kepada mahasiswa kurang mampu calon sarjana 1 (S1), S2 dan S3 yang kuliahnya sudah smester akhir atau sedang menyusun karya ilmiah seperti skripsi.
Hal itu dikatakan Bupati Pidie Jaya M Gade Salam, kepada Media Indonesia, Senin (8/8). Setiap mahasiswa miskin dibantu berkisar Rp1 juta-Rp2 juta yakni disesuaikan dengan dana yang tersedia dan jumlah permohonan. (OL-11)

…dst

OOT

7 ) Moratorium, Guru Kontrak Resah
http://cetak.kompas.com/read/2011/08/09/02275966/moratorium.guru.kontrak.resah

09 Agustus 2011
Kupang, Kompas – Rencana pemerintah melakukan moratorium pengangkatan pegawai negeri sipil membuat 1.257 guru kontrak di Nusa Tenggara Timur resah. Ini disebabkan mereka sudah mengajar belasan tahun, tetapi tidak memiliki kepastian masa depan. Mereka umumnya direkrut sebagai guru kontrak dan guru bantu sejak 2002 saat program itu pertama kali diluncurkan pemerintah. Namun, selama penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2002-2011 mereka dilarang melamar menjadi PNS dengan alasan kesempatan itu diberikan kepada CPNS jalur umum.  “Kalaupun mereka melamar, tidak akan diterima,” kata Ketua Forum Guru Kontrak dan Guru Bantu Kota Kupang Ferdy Tengah, Senin (8/8).Dari jumlah 1.257 guru itu terdiri dari 850 guru kontrak dan 407 guru bantu. Guru kontrak dibiayai oleh APBD, sedangkan guru bantu dibiayai APBN.”Gaji kami guru kontrak Rp 900.000 per bulan, sedangkan guru bantu Rp 1.000.000 per bulan. Jumlah ini pun kami terima setiap 2-3 bulan,” kata Ferdy. Dari jumlah 1.257 guru ini, hampir 70 persen atau 880 guru berusia di atas 46 tahun. Sesuai peraturan pemerintah, batas usia pengangkatan CPNS adalah 35 tahun untuk jalur umum, sedangkan tenaga honor, kontrak, dan tenaga pembantuan sampai usia 46 tahun. Lebih dari usia 46 tahun, nama mereka sudah dengan sendirinya hilang dalam database badan kepegawaian daerah (BKD) sehingga tidak bisa diangkat menjadi CPNS.

…dst

8 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan Menengah
Moratorium, Guru Kontrak Resah
Presiden Hibahkan Rp 565 Juta bagi Guru Daerah Khusus
SBY akan Berikan Gajinya ke 99 Guru Khusus
Pendidikan Karakter Masuk ke Mapel
Kemdiknas Aktifkan Kembali Tim BOS Daerah
Pencairan BOS Tak Lagi lewat APBD
Penyaluran BOS Dipegang Provinsi
Silaturahmi Ramadhan, Mendiknas Ajak Anak-Anak Bershalawat Badar
Mendiknas Berikan Bantuan Sosial SD Kabupaten Bogor Rp 14,2 Miliar
Kasus Nazaruddin
Nazaruddin Tertangkap 
Mau Apa Lagi Nazaruddin
Nazaruddin Ceroboh Karena Paspor
Nazaruddin Tertangkap Dengan Identitas …
KBRI Kolumbia Targetkan Deportasi Nazaruddin Pekan Ini 
Keterangan Lengkap Menkopolhukam Soal Penangkapan Nazaruddin
SBY Apresiasi Penangkapan Nazaruddin
SBY Minta Nazar Buka-bukaan Soal Kasus Wisma Atlet
Pesan SBY kepada Nazaruddin 
Nazaruddin Buron Pertama KPK yang Ditangkap di Luar Negeri
Saat Ditangkap Interpol, Nazaruddin Tidak Melawan
Kapolri Siapkan Pengawalan Ketat Untuk Nazaruddin
Pemulangan Nazaruddin Tunggu Proses Diplomasi dengan Kolombia
4 Hari Lalu, Mubarok Sudah Dapat ‘Bisikan’ Nazaruddin di Kolombia 
Paspor Palsu Nazaruddin Gunakan Foto Orang Lain, Dibuat di Polonia 
Terungkap, Lokasi Video Skype Nazaruddin dengan Iwan Piliang 
Ini Dia Kasus yang Menanti Nazaruddin di Indonesia
Komite Etik KPK Segera Periksa Nazaruddin
Nazaruddin Harus Berani Ungkap Pihak yang Terlibat
PKS Harap Nazaruddin Mampu Buktikan ‘Nyanyiannya’
Nazar Digelandang, Anas Merasa Tenang
Nazar Kabur Dikawal dan Didampingi Istri
Kasus Nunun
Jangan Ada Standar Ganda, Nunun Juga Harus Ditangkap
Prof. Hembing Meninggal
Pakar Herbal Profesor Hembing Meninggal Dunia
Kasus TKW dipancung
Sumbangan Darsem Disayangkan (TKW yang lolos hukum pancung)
Kerusuhan di London
Kerusuhan London Meluas Hingga Birmingham 
Penjarah di London Makin Brutal, 215 Orang Ditangkap
Kerusuhan di London Meluas, PM Cameron Persingkat Masa Liburan
Aksi Anarkistis Merembet ke Kota Pinggiran London
Pemberontak Libia masih kuasai Bir al-Ghanam
Thailand
Raja Thailand dukung Yingluck
Amerika
Rating AS Turun, Berdampak ke Sektor Riil
Lain-Lain
Mata-Mata Tersohor PD II Meninggal