Kontingen Indonesia Berlaga di Universiade XXVI

Written by Layanan Informasi
Thursday, 11 August 2011 11:39

Jakarta- Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh melepas 54 mahasiswa yang akan berlaga di kompetisi olahraga internasional, Universiade XXVI, di Shenzen, China.

Pelepasan kontingen Universiade Indonesia ini dihadiri juga oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang sekaligus Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo, Pelaksana Tugas Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Joko Pekik, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso, dan para Direktur di lingkungan Ditjen Dikti.

Universiade merupakan agenda dua tahunan yang diselenggarakan oleh FISU (Federation International Sport University) dan diikuti oleh mahasiswa hampir dari semua negara di dunia. Tahun  ini, Universiade Shenzen diikuti 148 negara dan mempertandingkan 22 cabang olah raga. Kompetisi yang memperebutkan 306 medali emas ini akan berlangsung dari 11 Agustus dan berakhir pada 23 Agustus 2011.

“Saya berharap para atlit dapat menyumbangkan medali di cabang olah raga yang diikuti. Sehingga, Merah Putih dapat berkibar di negara lain,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh. Nuh juga berpesan agar para atlet tetap menjaga integritas kepribadian atlet Indonesia. Sebagai suntikan moral bagi kontingen Universiade Indonesia, Mendiknas menjanjikan beasiswa S1 hingga S3 bagi atlet yang mampu menyumbangkan medali. “Kalau atletnya dengan senang hati menyumbangkan medali, maka kementerian juga dengan senang hati memberikan beasiswa, baik S1 maupun S2 atau S3,” ujarnya.

Rita Subowo dalam sambutannya menyatakan bahwa pekan olahraga mahasiswa, sebagai ajang kompetisi mahasiswa sebelum mereka terjun di kancah internasional seperti Universiade, masih perlu ditingkatkan lagi. Pemilihan cabang-cabang olah raga tertentu pada Universiade ini diharapkan ke depannya dapat menjadi cabang olah raga unggulan.

Senada dengan Menteri Nuh, Rita mengharapkan para atlet dapat menyumbangkan medali. Rita menilai, prestasi atlet di ajang Universiade ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa Indonesia yang memiliki keinginan bergelut di jalur olah raga.  Rita juga menambahkan bahwa partisipasi Indonesia kali ini dapat membuka gerbang kesempatan bagi Indonesia supaya menjadi tuan rumah kompetisi Universiade berikutnya.

Kontingen Universiade Indonesia terdiri dari 31 atlet putra dan 23 atlet putri dan didampingi oleh 46 officials. Kontingen Indonesia ini diketuai oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Illah Sailah. Semua atlet ini akan bertarung di sembilan kategori lomba yakni renang, aerobik, atletik, voli pantai, anggar, angkat besi, bulutangkis, tenis, dan catur.

Sumber :

http://www.dikti.go.id/