1 ) Mendagri: SKB moratorium PNS ditandatangani
http://www.antaranews.com/berita/272040/mendagri-skb-moratorium-pns-ditandatangani

Selasa, 16 Agustus 2011 19:37 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, surat keputusan bersama tiga menteri terkait penghentian sementara atau moratorium rekrutmen pegawai negeri sipil segera diterbitkan.”Insya Alah moratorium ini akan segera kami umumkan, kami akan mengeluarkan SKB tiga menteri, Menteri Dalam Negeri, Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi dan Menteri Keuangan, minggu-minggu depan ini,” katanya seusai pidato pengantar nota keuangan pemerintah di depan Sidang Paripurna DPR, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa. Menurut dia, moratorium akan diberlakukan selama 12 bulan ke depan. Namun demikian, moratorium tersebut juga akan memuat pengecualian-pengecualian yang sangat terbatas. Misalnya, menurut dia, wajib belajar untuk ikatan dinas seperti Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN). “Itu tidak mungkin tidak diangkat, karena itu sudah diatur sedemikian rupa sehingga begitu ia tamat ia harus diangkat menjadi PNS kan,” katanya. Sementara itu, rencana moratorium penerimaan CPNS didasari banyak alasan diantaranya karena komposisi dan distribusi pegawai yang tidak proporsional dan penempatan PNS yang tidak sesuai kompetensi. Jumlah PNS pada 2003 sekitar 3,7 juta dan meningkat menjadi 4,7 juta pada 2011.

…dst

2 ) Pidato Kenegaraan
Presiden: Rakyat Miskin Tetap Bisa Sekolah
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/16/12444337/Presiden.Rakyat.Miskin.Tetap.Bisa.Sekolah

Selasa, 16 Agustus 2011 | 12:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring dengan semakin membaiknya keuangan Negara, pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan akses warga Negara terhadap pendidikan dan kesehatan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, demi keadilan yang makin luas, pemerintah memberikan perhatian ekstra kepada masyarakat berpendapatan rendah. “Di masa lalu, masyarakat berpendapatan rendah sering mengalami kesulitan untuk mengakses pelayanan dasar. Alhamdullilah, keadaan ini telah berubah. Saat ini, saya dapat memastikan bahwa semua warga negara berpenghasilan rendah, memiliki hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan dan pendidikan dari pemerintah.

…dst

3 ) Serba Papua di Istana Merdeka
http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2011/08/17/brk,20110817-352186,id.html

RABU, 17 AGUSTUS 2011 | 09:52 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Istana membagikan cendera mata dalam upacara peringatan Proklamasi serba Papua. Cendera mata ini dikemas dalam tas warna putih dengan tulisan Papua dan corak khas provinsi itu. Dalam tas itu berisi kumpulan Pidato SBY Refleksi Reaktualisasi dan Revitalisasi Nilai Pancasila, kaus hitam dengan corak khas Papua, mug, tabloidBertindak untuk Rakyat, pamflet tentang Duta ASI, buku Papua Jejak Langkah Penuh Kesan, tas putih dengan tulisan Papua, dan sejumlah makanan ringan kering…cut…Semua tamu yang tiba di Istana Presiden disambut dengan nyanyian lagu khas Papua di depan pintu masuk Istana Negara. Kelompok ini merupakan paduan suara Merah Putih Papua yang ditempatkan dalam panggung kecil. Meski bukan semua anggotanya berasal dari Papua, lantunannya sudah seperti asalnya.

…dst

4 ) Malam Puncak Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2011
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/17/373/492987/malam-puncak-pemilihan-mahasiswa-berprestasi-2011

Rabu, 17 Agustus 2011 11:17 wib
JAKARTA – Pemilihan insan berprestasi dan mahasiswa berprestasi (mawapres) tingkat nasional sedang berlangsung di Menara Peninsula Hotel, Jakarta . Acara ini merupakan acara puncak pemilihan mawapres yang dijadwalkan dari 14-17 Agustus.Pemilihan mawapres 2011 ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu jenjang S-1 dan D-3. Tidak hanya pemilihan mawapres, pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan perguruan tinggi juga ikut diselenggarakan.Pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi dibagi menjadi enam kategori, yakni dosen atau tenaga pendidik, kepala program studi, laboran, pustakawan, tenaga pengelola keuangan, dan tenaga administrasi akademik.Keseluruhan rangkaian pemilihan insan berprestasi ini, mengikutsertakan pendidikan tinggi politeknik, termasuk peran sebagi tim juri sebagai bentuk apresiasi terhadap pendidikan vokasi.Mengenai kontes pemilihan ini, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Djoko Santoso mengatakan, Indonesia masih kekurangan mahasiswa, pendidik, dan tenaga kependidikan berkualitas.”Semoga acara ini bisa mendorong banyak pihak untuk unjuk gigi dalam pelaksaan tridarma di perguruan tinggi,” kata Djoko seperti dikutip dari laman Dikti, Rabu (17/8/2011).

…dst

5 ) Mendiknas Persilakan KPK Menyelidiki
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/421557/

Wednesday, 17 August 2011
JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mempersilakan aparat penegak hukum, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),untuk melakukan penyelidikan terkait kasus yang melibatkan M Nazaruddin di lingkungan kementeriannya. “Silakan, kami tentu bekerja sama dengan penegak hukum untuk ikut menyukseskan urusan penegak hukum,” katanya di Jakarta kemarin. Mendiknas mengaku tidak mengetahui secara pasti kasus yang melibatkan Nazaruddin terkait dengan pengadaan di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional tahun anggaran 2007. Namun, dia memastikan bahwa pihaknya akan membantu dan bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk mengungkap kasus tersebut. Mendiknas mengatakan pihak KPK sebelumnya telah melakukan pemeriksaan di Kemendiknas. “Kalau ada dari KPK, kejaksaan, kepolisian, silakan yang diperlukan apa saja,kami berikan,” katanya. Selain soal kasus korupsi Wisma Atlet, KPK juga tengah menyelidiki keterlibatan Nazaruddin dalam kasus pengadaan dan revitalisasi sarana dan prasarana di Direktorat Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan. Total nilai pengadaan proyek tersebut sekitar Rp142 miliar untuk tahun anggaran 2007. neneng s/ant

…dst

6 ) Telkom-Kemdiknas Perkenalkan SabakMoE
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/17/12190733/Telkom-Kemdiknas.Perkenalkan.SabakMoE

Rabu, 17 Agustus 2011 | 12:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyerahkan seperangkat tablet PC berikut konektivitas dan platform-nya sebagai tanda dimulainya pilot project SabakMoE kepada Kementerian Pendidikan Nasional. SabakMoE (Sabak Ministry of Education) merupakan program Kemdiknas bersama Telkom untuk mengembangkan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui konsep integrasi DNA (Device, Network, Application & Content). “SabakMoE merupakan pemikiran strategis Mendiknas bahwa standarisasi pendidikan dan penyebarluasan pendidikan hanya bisa ditempuh dengan penggunaan TIK pendidikan,” ujar Head of Corporate Communication and Affair Telkom Eddy Kurnia, Rabu (17/8/2011) di Jakarta.Terkait inisiatif tersebut Telkom akan mengembangkan sistem pembelajaran elektronik berbasis SabakMoE.

…dst

7 ) Program “global e-school” Unpad-Korsel mulai september
http://www.antaranews.com/berita/271938/program-global-e-school-unpad-korsel-mulai-september

Selasa, 16 Agustus 2011 09:20 WIB
Bandung (ANTARA News) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpad akan memulai rogram “Global E-School” dengan Sung Kyun Kwan University (SKKU) Korea Selatan pada September 2011.”Saat ini kami sedang menentukan mekanisme penyeleksian untuk mahasiswa yang akan bergabung dengan program tersebut,” ungkap Dekan Bidang Kemahasiswaan Fisip Unpad, Sonny Akhmad Nulhaqim, di Bandung, Selasa.”Global E-School” merupakan salah satu program perkuliahan lintas negara yang memanfaatkan jaringan internet untuk penghubungnya. Proses perkuliahan akan berlangsung dengan menggunakan teknologi “teleconference” yang memungkinkan mahasiswa dan dosen dari negara yang berbeda untuk berinteraksi secara langsung. Program ini ditujukan untuk Jurusan Ilmu Administrasi Publik, baik program reguler (S1) maupun pascasarjana (S2).Program berlangsung selama 16 kali pertemuan dan akan diakui sebagai salah satu matakuliah di Fisip Unpad yang masuk ke dalam kredit semester dan penilaian untuk mahasiswa.

…dst

8 ) Alokasi Anggaran Fungsi Pendidikan 2012 Rp 286,6 Triliun Diprioritaskan untuk BOS dan Sekolah Rusak
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2011/8/17/alokasi-bos.aspx

17 Agustus 2011 | Laporan oleh aline
Jakarta-Pemerintah mengalokasikan anggaran fungsi pendidikan tahun sebanyak Rp 286,6 triliun pada 2012. Prioritas utama penggunaan anggaran tersebut adalah untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan perbaikan sekolah rusak. Demikian disampaikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono saat menyampaikan pidato pokok-pokok kebijakan dan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2012 pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2011-2012 di Gedung Nusantara Majelis Permusyawaratan Rakyat, Jakarta, Selasa (16/08/2011). Presiden SBY menyampaikan, pada RAPBN 2012 mendatang pemerintah tetap dapat memenuhi amanat konstitusi untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN. “Kita bersyukur dari tahun ke tahun alokasi anggaran pendidikan dapat terus ditingkatkan, bahkan melampaui amanat konstitusi,” katanya.

…dst

9 ) Alokasi Dana BOS 2012 Naik 40,5 Persen
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2011/8/17/bos-naik.aspx

17 Agustus 2011 | Laporan oleh aline
Jakarta-Pemerintah berencana menaikkan alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menjadi Rp 23,6 triliun pada Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2012. Anggaran ini mengalami kenaikan sebanyak Rp 6,8 triliun atau 40,5 persen dari pagu APBN-P tahun ini. Demikian disampaikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada kesempatan menyampaikan pidato pokok-pokok kebijakan dan RAPBN 2012 pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2011-2012 di Gedung Nusantara Majelis Permusyawaratan Rakyat, Jakarta, Selasa (16/08/2011). Presiden SBY menyampaikan, alokasi dana BOS tersebut merupakan bagian dari dana penyesuaian yang mencapai Rp 58,4 triliun yang mengalami peningkatan Rp 3,9 triliun dari pagu APBN-P 2011 Rp 54,5 juta. Dana penyesuaian ini, kata Presiden, dimaksudkan sebagai stimulus bagi daerah dan bukan sebagai pengganti kewajiban daerah untuk menyediakan dana pendidikan BOS daerah.

…dst

10 ) Tiga Menteri Teken SKB Percepatan Pencairan Dana BOS
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2011/8/16/skb-bos.aspx

16 Agustus 2011 | Laporan oleh aline
Jakarta — Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, dan Menteri Keuangan Agus Martowardojo pada Selasa (16/08) di Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra), Jakarta menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Percepatan Pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2011. Menkokesra Agung Laksono menyaksikan penandatanganan. Menteri Agung menyampaikan, pemerintah menempuh berbagai upaya untuk mempercepat pencairan dana BOS agar sampai ke sekolah tepat waktu.

…dst

11 ) UNJ Siapkan 60 Kursi Khusus Atlet
http://www.jpnn.com/read/2011/08/17/100919/UNJ-Siapkan-60-Kursi-Khusus-Atlet-

Rabu, 17 Agustus 2011 , 00:49:00
JAKARTA – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) menyiapkan kuota kepada atlet-atlet Indonesia. Rektor UNJ, Bejo Sudjanto mengatakan, pemberian kuota khusus untuk atlet ini sudah mulai dibukan penerimaan mahasiswa tahun 2011. Bejo menyebutkan, di dalam penerimaan mahasiswa tahun ini, UNJ menerima lebih kurang 60 orang atlet dari berbagai cabang olahraga. Menurutnya, atlet-atlet yang diterima di kampus yang dulu bernama IKIP tersebut harus memiliki prestasi dan ada rekomendasi dari masing-masing perkumpulan atau induk olahraga. “Jumlah atlet yang kita terima tentunya akan berbeda di setiap tahunnya. Tahun ini kami menerima sebanyak 60 orang. Mengenai pembukaan kuota khusus atlet ini merupakan kebijakan dari saya sendiri selaku Rektor,” ungkap Bejo ketika ditemui sebelum penandatangan MoU dengan KONI Jakarta di Kampus UNJ, Jakarta, Selasa (16/8) malam.

…dst

12 ) Gubes Unair Luncurkan Buku Hukum Berbahasa Inggris
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/17/373/492962/gubes-unair-luncurkan-buku-hukum-berbahasa-inggris

Rabu, 17 Agustus 2011 10:32 wib
SURABAYA – Guru Besar (Gubes) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof. Peter Mahmud Marzuki meluncurkan buku pedoman hukum dalam bentuk bahasa Inggris.Buku yang berjudul An Introduction to Indonesian Law ini, sedianya menjadi referesnsi para praktisi hukum maupun mahasiswa di Indonesia. Selain itu, juga dapat dijadikan acuan bagi praktisi hukum asing untuk mengetahui bagaimana hukum di Indonesia.Peter mengaku, tujuan penulisan buku ini sebenarnya hanyalah untuk menyumbangkan pikiran terhadap dunia hukum di Indonesia terutama bagaimana pemahaman terhadap hukum bisnis.”Selama ini hanya sedikit praktisi hukum yang memahami Hukum Bisnis terutama yang menyangkut orang asing. Selain itu masih sedikit pengacara yang bisa membuat kontrak dengan bahasa asing,” kata Peter yang ditemui di sela-sela peluncuran buku tersebut di Surabaya, Selasa malam.

…dst

13 ) Pemerintah Siapkan Rp30,6 T untuk Tunjangan Guru
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/17/373/493015/pemerintah-siapkan-rp30-6-t-untuk-tunjangan-guru

Rabu, 17 Agustus 2011 12:15 wib
JAKARTA – Sesuai dengan arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada rapat pidato kenegaraan RUU APBN, para guru yang sudah melakukan sertifikasi akan dibayar tunjangan profesinya senilai Rp30,6 triliun. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan, selain dana Rp30,6 triliun untuk tunjangan profesi guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD), dalam RUU APBN 2012 juga disediakan dana tunjangan tambahan penghasilan guru PNSD yang belum memperoleh tunjangan tersebut sebesar Rp2,9 triliun. Mendiknas menjelaskan, pembayaran tunjangan profesi dan tambahan ini merupakan arahan langsung dari presiden. SBY sendiri mengarahkan pembangunan pendidikan di 2012 harus meningkatkan akses dan pemerataan layanan pendidikan yang bermutu dan terjangkau, baik jalur formal dan informal.”Ada lima point kebijakan pemanfaatan anggaran pendidikan 2012. Dan kesejahteraan guru berada dipoint kelima,” katanya usai Upacara Peringatan HUT RI ke 66, di Gedung Kemendiknas, Jakarta, Rabu (17/8/2011).

…dst

14 ) Sertifikasi Guru Harus Dipercepat
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/421463/

Wednesday, 17 August 2011
BANDUNG– Percepatan menjadi salah satu langkah yang harus diambil untuk memenuhi target sertifikasi 2,7 juta gurupada tahun 2014. Menurut Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Sunaryo Kartadinata, salah satunya dengan melipatgandakan kuota sertifikasi. “Secara nasional dari total 2,7 juta guru di Indonesia, baru sekitar 800.000 guru yang sudah disertifikasi. Artinya,dalam waktu empat tahun, kuota sertifikasi harus dilipatgandakan,” ujarnya ditemui usai acara Wisuda UPI di Gedung Gymnasium UPI, Jalan Setiabudi,Kota Bandung,kemarin. Selain melalui penambahan kuota, percepatan juga dapat dilakukan melalui program pendidikan guru dalam jabatan. Hal ini bisa menjadi akselerasi, namun kata Sunaryo dana yang dibutuhkannya pun cukup besar.”Oleh karena itu,pemerintah pusat dan daerah harus mempersiapkan dana saja, untuk membantu guru masuk pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan.Hal ini juga bisa dikatakan kendala,tapi semua pihak memang harus punya kesiapan,” ungkapnya. Meski dalam Permendiknas No 28/2010 seorang guru harus memiliki sertifikat pendidik (bersertifikasi),namun belum sepenuhnya diterapkan.

…dst

15 ) Antasari Azhar Terima Remisi Maksimal
http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2011/08/17/brk,20110817-352188,id.html

RABU, 17 AGUSTUS 2011 | 10:03 WIB

KepadaTempo Antasari pernah mengatakan, “Pada saatnya, setelah dua tahun di dalam (penjara), saya melihat kejernihan. Ibarat kolam, dulu jika saya bicara semua, pasti tidak akan didengar. Pasti orang bilang itu kan pembelaan karena kolam sedang keruh. Tapi sekarang kolam sudah jernih. Saya bisa lihat ikan. Saatnya saya berteriak tentang ini semua (rencana pembunuhan) tidak benar dan Tuhan tidak tidur,” kata Antasari. Di Lapas Dewasa, Antasari menempati Blok G. Dia bergaul dengan narapidana berbagai kasus. Di penjara ini ia juga bertemu dengan Daniel Daen Sabon, terpidana 18 tahun penjara. Daniel divonis karena menembak Nasruddin.

…dst

16 ) Luthfi, Anak Staf Khusus Mendiknas Hilang Sejak Minggu
http://www.detiknews.com/read/2011/08/16/230720/1705182/10/luthfi-anak-staf-khusus-mendiknas-hilang-sejak-minggu?n990102mainnews

Selasa, 16/08/2011 23:07 WIB
Jakarta – Orang tua M Luthfi Aupar Razaq (16) saat ini tengah kebingungan. Anak mereka yang duduk di bangku kelas dua SMA Lazuardi, Sawangan, Depok, tersebut hilang sejak Minggu (14/8/2011) sore. Kisah ini bermula saat Luthfi diantar oleh sang sopir menuju sekolahnya di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat. Saat itu, Luthfi minta diturunkan di depan toko Alfamart yang berjarak 100 meter dari sekolah. “Kata anak saya ke Alfamart dulu mau beli buat buka puasa,” kata ayah Luthfi, Sukemi, saat dihubungi detikcom, Selasa (16/8/2011).

…dst

17 ) Sekilas Dalam Negeri

Lagu Ciptaan SBY Muncul di Upacara Kemerdekaan   
Serba Papua di Istana Merdeka  
Kalla dan Hamzah Haz Hadir di Istana  
Kesekian Kalinya, Mega Tak Hadir di Istana
Antasari Azhar Terima Remisi Maksimal  
12 guru berprestasi Sumut diundang ke Istana
Pendidikan
Tercepat Salurkan BOS, Banyumas Dihadiahi Gedung SMK
Kemdiknas dan Coca-Cola Hadirkan Taman Bacaan Modern
Ekonomi dan Politik
Pacu Infrastruktur, Pangkas Subsidi
Lawan Upaya Penghancuran KPK 
Kasus Nazaruddin
janji Nazaruddin kepada SBY
Pengacara Akhirnya Bertemu Nazaruddin
Keluarga Siapkan Dokter dan Psikolog Pribadi
Demokrat Kritik Kunjungan Komisi Hukum ke Nazar
Ketua PPATK: Nazaruddin Tak Main Sendiri Gelapkan Uang Negara
Bertemu Chandra, Saan Mengaku Diajak Nazaruddin
Kasus Nazaruddin jadi Ajang Pembuktian KPK Berantas Korupsi
Kerugian Negara Jadi Faktor Kasus Nazar Diprioritaskan KPK
Busyro Pastikan Segera Kirimkan Red Notice untuk Neneng
Meski Sudah Dijaga Ketat, Peluang Nazaruddin Dihabisi Masih Besar
Libya
Khadafi Tembakkan Scud
Akses Tripoli ke perbatasan Tunisia terputus 
Malaysia
Malaysia Bentuk Panel Reformasi Pemilu
Amerika
AS terapkan sanksi atas tiga tokoh Jemaah Islamiyah Asia Tenggara